Ditemukan 2732 dokumen yang sesuai dengan query
Wan Yusof Hasan
Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka, 1999
899.33 WAN o
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Dinda Tasya
"Penerapan sistem pembelajaran jarak jauh sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 memberikan pengaruh terhadap kesehatan jiwa remaja. Selama pembelajaran jarak jauh, remaja seringkali mengalami jenuh; malas melakukan aktivitas; tugas yang terlalu banyak; sulit berkonsentrasi; cemas; bahkan stres yang nantinya berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan jiwa. Dukungan sosial dari orang disekitarnya terutama orang tua yang merupakan orang terdekat bagi remaja akan memberikan pengaruh positif kepada remaja terutama selama pembelajaran jarak jauh ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran dukungan sosial orang tua pada remaja selama pembelajaran jarak jauh. Sampel penelitian ini adalah 313 siswa SMP Negeri 5 Depok dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS) (r = 0,962) hanya mengukur pada Sub Skala Dukungan Sosial Orang Tua. Hasil penelitian menunjukkan selama pembelajaran jarak jauh remaja memperoleh dukungan sosial orang tua yang tinggi. Diperlukan adanya promosi kesehatan terkait pentingnya dukungan sosial orang tua bagi perkembangan dan kesehatan jiwa remaja terutama selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh.
The application of the distance learning system as an effort to prevent the transmission of COVID-19 has an impact on the mental health of adolescents. During distance learning, adolescents often experience boredom; are lazy to do activities; have too many tasks; difficulty concentrating; anxiety; and even stress that has the potential to cause mental health problems. Social support from the people around them, especially parents who are the closest people to adolescents, will have a positive influence on adolescents, especially during distance learning. This study is a quantitative study with a descriptive design that aims at the description of parent social support to adolescents during distance learning. The sample in this study was 313 students of SMP Negeri 5 Depok with a simple random sampling technique. This study used the Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS) instrument (r = 0.962) only to measure the Parental Social Support Sub Scale. The results showed that during distance learning, adolescents received high parental social support. There is a need for health promotion related to the importance of parental social support for the development and mental health of adolescents, especially during distance learning."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Al-Balagh, Muassasah
Jakarta: Islamic Center Jakarta, 2002
297.2 ALB at
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Lo, Chor Pang, 1939-
Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press), 1996
621.367 8 LO at (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Sutanto
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press , 1994
621.367 8 SUT p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Sutanto
Yogyakarta: Gadjah Mada Univeraity Press, 1986
621.367 8 SUT p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Sutanto
Yogyakarta: Gadjah Mada Univeraity Press, 1994
621.367 8 SUT p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Sutanto
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1987
621.367 8 SUT p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Lo, Chor Pang, 1939-
Jakarta: UI-Press, 1995
621.367 8 LO p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Sutanto
Yogyakarta: Gadjah Mada Univeraity Press, 1992
621.367 8 SUT p
Buku Teks Universitas Indonesia Library