Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 106366 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ardita Febrini Asweva
"Dalam melakukan penelitian, Campina akan dipergunakan sebagai subjek penelitian. Hal ini karena Campina sebagai salah satu perusahaan es krim terkemuka di Indonesia, membutuhkan analisis yang kompleks dalam mengembangkan perencanaan pemasarannya. Selain itu, hal lain yang menarik dari Campina adalah luasnya target pemasaran bagi Campina, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji lingkungan eksternal dan internal Campina saat ini dengan menggunakan analisis "SWOT" dan "PESTLE". Selain itu, rencana pemasaan akan dikembangkan berdasarkan temuan ini, dengan menggunakan teori "Marketing Mix". Pada bagian pertama, penjelasan mengenai latar belakang penelitian akan dijabarkan untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai penelitian ini . Bagian ini akan dibagi menjadi dua, yaitu latar belakang mengenai perencanaan marketing (definisi) dan latar belakang perusahaan. Selanjutnya, teori akan dipaparkan pada bagian selanjutnya. Penelitian ini akan menggunakan tiga teori: analisis "SWOT", analisis "PESTLE" dan "Marketing Mix". Peneliti akan menjelaskan hasil pada bagian berikut berikutnya dan menutup penelitian ini dengan kesimpulan. Kelemahan dan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut juga akan diuraikan pada bagian terakhir.

In examining the research, Campina will be taken into account as the research subject. It is because Campina, as one of the leading ice cream company, potentially require complex analysis in developing the marketing planning. Moreover, it is an interesting point for researcher to examine the variant market that it’s targeting. The purpose of this study is to examine Campina’s current external and internal environment by using SWOT and PESTLE theory. Furthermore, a market plan will be developed based on the findings of assessing the external and internal conditions, using the Marketing Mix theory. On the first part, an overview towards the research background will be elaborated to illustrate the reader about this research. The introduction will be divided into two parts, which are an overview about marketing planning itself and the company’s background. Move to the next part, theories will be described. This research will use three theories: SWOT analysis, PESTLE analysis and Marketing Mix. The researcher will explain the result and discussion in the next following parts and finished with conclusion. Weaknesses and recommendations for further research will also be elaborated in this particular section.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Syarief Hidayatullah Az Zaky
"Pasar es krim di Indonesia merupakan pasar yang cukup menarik untuk digarap. Hal ini dapat dilihat dengan makin banyaknya perusahaan yang terjun di industri ini, baik itu perusahaan lokal maupun perusahaan multinasional. Penelitian karya akhir ini bertujuan untuk menganalisis brand equity Es Krim Campina melalui pengukuran elemen-elemen pembangun brand equity, yaitu brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty. Dari hasil pengukuran brand awareness, Es Krim Walls menempatio posisi Top of Mind di mata konsumen, sedangkan Es Krim Campina hanya mampu menempati urutan kedua. Walaupun Es Krim Walls tergolong pemain baru dalam pasar es krim Indonesia, namun karena didukung oleh gencarnya promosi baik melalui media cetak maupun elektronik, maka Walls berhasil menempati posisi Top Of Mind. Es Krim Campina sendiri walaupun masuk pasar Es Krim Indonesia sejak tahun 1970-an, namun karena kurangnya promosi hanya dapat menempati urutan kedua.
Untuk brand association, dari tujuh asosiasi awal yang didasarkan pada penelitian pendahuluan, setelah melalui analisis, ternyata hanya ada 5 asosiasi yang terbukti terkait langsung dengan Es Krim Merek Campina. Asosiasi-asosiasi tersebut adalah es krim dengan harga yang terjangkau, mudah diperoleh, es krim dengan pilihan rasa yang banyak, es krim dengan pilihan rasa yang unik (rasa lokal) dan produk es krim yang halal.
Analisis perceived quality menunjukkan hasil rata-rata importance (harapan) sebesar 4,19 dan performance (kinerja) sebesar 4,07. ini menunjukkan bahwa kinerja Es Krim Campina dirasakan kurang memenuhi harapan konsumen. Atribut-atribut yang harus dijaga kinerjanya karena sudah dianggap baik oleh konsumen adalah atribut harga produk dan kemudahan memperoleh. Perusahaan wajib mempertahankan dan bila mungkin meningkatkan kinerja atribut-atribut ini.
Analisis brand loyalty menunjukkan persentase terbesar pads satisfied buyer (64,57%). Ini berarti sebagian besar konsumen Es Krim Campina telah merasa puns dengan rasa Es Krim Campina. Dan sebaliknya, persentase terkecil ada pada tingkat brand switcher, yaitu sebesar 8,66%. Ini berarti bahwa factor utama yang menjadi alasan mengkonsumsi Es Krim Campina bukanlah karena faktor harga, tapi lebih karena faktor-faktor lain.
Hasil analisis ini diharapkan akan menjadi masukan yang berguna bagi manajemen Es Krim Campina untuk melakukan perbaikan-perbaikan di masa mendatang.

Ice-cream market in Indonesia is market that interesting enough to be entered. This could be seen with the increasing number of companies that entered this industry, both local and multinational company. Premium brands now more and more stepping into Indonesia ice-cream market. Mentioned Haagen-Dazs, Baskin-Robbins, New Zealand Nature, and others. This causes the competition in this industry to be increasingly tight. The strictness of this competition caused the importance of brand equity management for the company to increase the competitive advantage. The brand with strong brand equity will be easy in seizing the market opportunity.
This research aims to analyze the brand equity of Ice-Cream Campina through measurement of constructor elements of brand equity: brand awareness, brand association, perceived quality and brand loyalty. In analyzing brand equity there are some methods, and one of them is is based on perception of consumer (Customer Based Brand Equity). In this way, the result will not in a financial manner, but results of the research could give the information about brand equity of Campina Ice-cream in the eyes of the consumer.
This research involved 127 respondents; each is given questionnaires relating to former elements brand equity.
The result of brand awareness measurement, Ice-Cream Walls occupied position of Top Of Mind, while Ice-Cream Campina can only occupy the second place. Although Ice-Cream Walls classified as the new player in Indonesia ice-cream market, but because of being supported by intensive promotion either through print medium and also electronic, hence Walls successfully occupies position of Top Of Mind. Ice-Cream Campina itself, although came on the market Indonesia Ice-Cream since 1970s, but because the shortage of promotion can only occupy second place.
For brand association, out of seven initial associations based on the introductory research, after through analysis, evidently there's only 5 proven associations with Brand Ice-Cream Campina. These associations are ice-cream with a covered price, easy to gain, ice-cream with the choice of many flavor, ice-cream with the choice of unique flavor (local flavor) and a halal ice-cream product. Perceived quality analysis shows average yield importance 4,19 and performance 4,07. This indicates that Campina Ice-Cream performance is felt unable to fulfill consumer hope. Attributes that must be maintained by his achievement because of being it was considered good by the consumer were the attribute of the price of the product and the ease of obtain. Company is obliged to maintain and if possible increases this attributes performance. Brand loyalty analysis shows the biggest percentage to satisfied buyer ( 64,57%). This means most of Campina Ice-Cream consumer has satisfied with Ice-Cream taste. And on the other hand, smallest percentage is on level of brand switcher, that is equal to 8,66%. This means that main factor becoming reason of consuming Ice-Cream Campina is not because price factor, but more because other factor.
Result of this analysis expected will become an input for management of Ice-Cream Campina to carry out improvements in the future."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2007
T19685
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitriani
"Industri es krim Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk berkembang. Hal ini ditandai dengan makin banyaknya tempat-tempat dan counter-counter es krim yang tersebar di pusat-pusat perbelanjaan. Diantara Persaingan yang ketat antara produk-produk es krim lokal, terdapat 3 merek yang produknya dikenal luas dan cukup banyak dikonsumsi masyarakat. Ketiga merek es krim ini (Wall?s, Carnpina, dan Meiji Indoeskrim) mempunyai distribusi yang luas untuk produk-produknya, Memenuhi kebutuhan dan kepuasni konsumen adalah tujuan pemasaran perusahaan. Untuk ¡tu penting bagi perusahaan memahami persepsi, preferensi dan keinginan konsumennya.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui atnbut-atribut es krim dan tingkat kepentingannya, (2) mengetahui persepsi dan preferensi konsumen terhadap 3 merek es krim (Wall?s, Campina, Meiji Indoeskrim), dan (3) mengetahui atribut yang diinginkan konsumen terdapat pada es krim yang dikonsumsinya.
Pada penetitian ini menggunakan convenience sampling sebagai metode pengambilan sampel, Responden yang diambil sebagai sampel adalah konsumen berusia 13 tahun keatas dan pernah mengkonsumsi ketiga merek es krim (Wall?s, Campina, Meiji Indoeskrim), serta berlokasi di Jakarta dan Depok. Ada 4 metode analisis data yang dipakal, yaltu : analisa deskriptif, analisa asosiatif, analisa inferensial dan analisa faktor.
Dari penelitian eskploratori diperoleh hasil bahwa terdapat 10 atribut es krim yang dipertimbangkan konsumen dalam mengkonsumsi produk ini, meliputi variasi jenis rasa, kesesuaian rasa yang mengacu pada rasa manis dan kombinasi 2 rasa atau lebih, kelembutan, kemudahan memperoleh, bentuk, desain kemasan, harga, iklan, variasi ukuran dan warna. Dan kesepuluh atribut tersebut, maka atribut kesesuaian rasa dan kelembutan dianggap penting oleh responden.
Penelitian terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi es krim menghasilkan es krim merek Wall?s sebagai merek yang paling sering dikonsumsi. Alasan kenikmatan merupakan alasan yang terbanyak dipilih responden dalam mengkonsumsi es krim. Konsumen paling sering mengkonsumsi es krim sebagai cemilan dan tempat untuk membelinya paling banyak di warung/toko dekat rumah. Jumlah konsumsi es krim rata-rata responden perbulannya adalah sebanyak 1-2 kali. Dari sekian banyak rasa es krim, maka es krim rasa cokiat adalah menjadi pilihan pertama oleh sebagian responden. Sedangkan untuk bentuk es krim bentuk stik merupakan pilihan pertama untuk dibeli.
Dalam penelitian mengenai persepsi konsumen terhadap 3 merek es krim, maka hasilnya menunjukan Wall?s memiliki citra yang baik bahkan terbaik untuk atribut-atribut variasi jenis rasa, ikian, bentuk cone, kemudahan memperoleh dan kelembutan. Sedangkan es krim merek Campina memiliki kesesuaian rasa yang dianggap telah sesuai dengan yang diinginkan konsumen, produk es krimnya lembut, mudah diperoleh dan variasi jenis rasanya beragam. Dan untuk Meiji lndoeskrim, kesesuaian rasanya sama dengan dengan kedua merek lainnya, namun responden menganggap kelembutannya sedang, kemudahan memperolehnya biasa saja dan variasi jenis rasanya beragam.
Konsumen menginginkan atribut yang ada pada produk es krim yang dikonsumsinya adalah rasa yang kaya unsur alaminya dibandingkan dengan unsur kimianya, kandungan lemak dalam produk rendah dan tidak mudah mencair.
Wall's dapat menjalankan strategi-Strategi baru untuk mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik dan tak kalah penting adalah melakukan pengawasan terhadap penerapan strategi tersebut. Untuk Campina., perusahaan sebaiknya melakukan pengembangan produknya, seperti menghasilkari produk yang ditujukan untuk segmen remaja dan dewasa Selain itu dennan melakukan promosi yang gencar dan memperluas pemasaran Sedangkan unluk MCI Indoeskrim dapat melakukan promosi yang menonjolkan diferensiasi produk yang dimilikinya. selain dari inovasi terus-menerus pada produknya dan memperluas distribusi.
Untuk mernenuhi tuntutan konsumen terhadap atnibut yang diinginkan mereka, maka perusahaan dapat melakukan hal-hal, yaitu memerbanyak penggunaan bahan-bahan alami dalam produksinya. seperli pewarna, essence/sari, menghasilkan produk dengan kandungan lemak rendah dan memperluas area pemasaran dengan memperbanyak, freezer-freezer dan armada penjualan keliling serta menggunakan es kering untuk produkriya yang ingin dibawa konsumen ke rumah."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T1805
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penghematan energi adalah suatu keharusan sekarang ini Jika dahulu1 manusia merancang suatu alat atau sistem hanya memperhatikan kemampuan pengoperasiannya saja,. maka pada saat ini mereka memperhatikan juga aspek efisiensi yang juga berarti penghematan, Hal ini mulai difikirkan karena adanya kesadaran akan keterbatasan sumber energi di alam (jika tidak diolah dengan baik I optimum). Berangkat dari pemahaman tersebut, maka PT. XYZ yang bergerak di bidang produksi es krim, menghendaki adanya perubahan sistem refrigerasi yang beroperasi pada hari libur (sistem tidak beroperasi kecuali untuk daerah penyimpanan es krim), agar prestasi sistem di pabrik meningkat. Dalam refrigerasi, ada banyak sistem yang dapat dipilih. Pemlihan tersebut tergantung dari kondisi operasi yang dikehendaki. Ada sistem satu tingkat, sistem banyak tingkat, sistem absorpsi dl1, yang masing-masing memiliki karakter tersendiri. Skripsi ini membahas tentang usaha peningkatan prestasi sistem reftigerasi

Saving on energy is a must nowadays. In the past, human only concerned about the operational capability of the system or machine when designing it. Today, they also concern about the efficiency of the system or machine which also means the economizing.It is because of their consciousness of limited energy resources in the earth. Based on this reason, a firm named PT. XYZ which moves in ice cream production, wants to have change on the refrigeration system when it operates in holy day (the system doesn't operate except in the ice cream storage area), so that the performance increases. In refrigeration, there are many systems could be chosen which is based on the operation condition. They are single stage system, multi-stage system, absorption system, etc, which every of them have their own characteristics. Content of this script is about the effort to increase the performance of refrigeration system in ice cream factory of PT. XYZ when it operates in holyday, by searching alternative systems and comparing them. The paramater which"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37676
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almansyah Auriyanto
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh brand experience terhadap brand loyalty pada produk es krim. Di dalamnya terdapat juga variabel kepuasan dan brand trust yang akan membangun brand loyalty. Lebih lanjut lagi, skripsi ini melihat besarnya pengaruh terhadap brand loyalty yang ditimbulkan oleh brand experience, kepuasan, dan brand trust. Brand experience merupakan hal yang subjektif atas tiap-tiap konsumennya. Oleh karena itu, skripsi ini ingin menunjukkan sejauh mana objek penelitian telah mengemas brand experience-nya untuk dapat membangun loyalitas dari konsumennya. Objek penelitian ini adalah es krim dengan merek 'Magnum' yang merupakan produk baru di pasar es krim Indonesia. Penilitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa brand experience berpengaruh pada kepuasan dan brand trust, namun tidak berpengaruh langsung terhadap brand loyalty. Pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial serta saran untuk penelitian selanjutnya.

This study discusses the effect of brand experience on brand loyalty of an ice cream product. This study also includes two other variables, namely satisfaction and brand trust antecedents of brand loyalty. Furthermore, this study looks at how brand loyalty is influenced by brand experience, satisfaction, and brand trust. Brand experience is a subjective thing upon each consumer. Object of this study is Magnum ice cream brand, which is a new product in Indonesia ice cream market. This study results that brand experience has influence toward satisfaction and brand trust, but has not influence toward brand loyalty. There are also managerial implications and advices for the next research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44561
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Agung Radtya
2011
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Ramanitya Citra Khadifa
"ABSTRAK
Hertog Ijs merupakan produk es krim Belanda yang hanya dipasarkan di Belanda. Banyaknya produk es krim terkenal di Belanda menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan Hertog Ijs untuk menjaga eksistensinya dalam bersaing dengan produk lain. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Hertog Ijs memperkenalkan dan mempertahankan eksistensi produknya melalui iklan televisi yang dikemas secara unik dan berbeda. Dalam beberapa tahun, iklan produk Hertog Ijs menunjukkan suatu latar, tokoh, dan karakter yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ciri-ciri yang khas ditampilkan dalam iklan Hertog Ijs dari tahun 2002 hingga 2007 menggunakan model SPEAKING dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini akan menunjukkan bahwa ciri-ciri khas yang ditunjukkan dalam iklan-iklan Hertog Ijs menjadi salah satu upaya agar penonton dapat mengenali bahwa iklan tersebut adalah iklan dari produk Hertog Ijs.

ABSTRACT
Hertog Ijs is a Dutch ice cream brand that is only marketed in the Netherlands. Currently, the brand is facing a challenge to keep their existence in the market due to fierce competition among the ice cream brands. To encounter the challenge, Hertog Ijs has been maintaining its brand awareness by putting out unique campaigns for their new launches. Over the years, the advertisement have always been consistent with the typical storyline, character, and characteristics. Using the qualitative descriptive method, the study aimed to define the characteristics which the brand had used consistently in the Hertog Ijs TV advertisement from 2002 to 2007 with the SPEAKING model. In accordance with that, the analysis showed that their peculiar style of advertising has created a competitive advantage by gaining more recognition of the audience."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf;
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Abdullah
"Sejak masuknya IT Unilever Indonesia ke jajaran produsen es krim di Indonesia pada tahun 1992 dengan merek WALL'S ,terjadi peuingkatan konsumsi es krim di Indonesia yang semula hanya sebesar 29,3 ribu kilo liter pada tahun 1991,maka pada tahun 1995 konsumsi es krim di Indonesia menjadi 73,2 ribu kilo liter.Hanya dalam rcntang waktu yang begitu singkat atau kurang lebih 4 tahun ,PT Unilever Indonesia dapat dipastikan telah menguasai pasar es krim di Indonesia.Keberhasilan itu tidak terlepas dari terobosan yang dilakukan oleh PT Unilever Indonesia dalam memasarkan es krim di Indonesia ,terbukti dengan banyaknya perusahaan yang mengikuti jejak WALL'S dalam pemasaran produk es krimnya.
Pemasaran saat ini merupakan pertempuran persepsi.dan membangun persepsi ini dapat dilakukan melalui strategi brand image terliadap merek suatu produk.Sangatlah tidak mudah bagi produsen dalam membangun mcreknya,mulai dari tahap menancapkan brand awareness sampai loyalitas konsumen terhadap suatu merek sehingga bisa membuat maypritas target pasamya menjadi committed AwyerAtas dasar itulah penulis mengadakan penelitian terhadap Strategi Brand Image yang telah dilakukan oleh PT Unilever Indonesia sehingga dapal menguasai pangsa pasar es krim di Indonesia melalui pent-ukuran Brand Awarc'-msm perceived Quality,dan Brand Loyalty dari es krim merek WALL'S di Indonesia.
Dari hasil penetitian terlihat bahwa es krim merek WALL'S berhasil menduduki posisi Top of Mind,yang berarti merek tersebul paling diingat pertama kali dalam benak konsumen (47%) dibandingkan es krim merek lain.Hal ini disebabkan gencamya promosi yang telah dilakukan PT Unilever Indonesia melalui media cetak maupun elektronik.ataupun menjadi sponsor penyelenggaraan even olahraga atau seni terutama even yang diperuntukkan bagi kawula muda dan game fun bagi anak-anak.
Dilihat dari Brand Loyalty .yaitu tingkat kesetiaan konsumcn terhadap es krim merek WALL's.maka merek WALL'S memiliki persentase terbesar pada Satisfied buyer ( 63,5 % ).Ini menunjukkan sebagian besar konsumen sudah merasa puas dengan rasa es krim yang ditawarkan oleh WALL'S.Sebaliknya persentase terkecil berada pada ttngkal Switcher atau price buyer ( 11,1 % ),yang menunjukkan bahwa sedikit konsumen yang mempunyai alasan mengkonsumsi WALL'S karena factor harga yang murah.Hal ini berarti alasan utama membeli es krim merek WALL'S bukan karena factor harga ,tapi lebih disebabkan oleh factor- factor lain .seperti rasanya yang sesuai dengan selera,mudah diperoleh.mcrck yang sudah dikenal dan mutu yang terjamin.
Mengenai Perceived Quality,ternyata konsumen mempunyai persepsi yang baik terhadap es krim merek WALL'S ,yaitu sebesar 79,4 % .artinya sebagian besar konsumen yang lelah membeli es krim merek tersebut merasa puas karena es krim merek WALL'S dapat memenuhi harapan mereka bahkan mampu melebihi haranan mereka (36,5%).
Berdasarkan hasil penelitian maka PT Unilever Indonesia tetap harus mengadakan promosi secara lebih konsisten dengan variasi pada promosi penjualan dan pemilihan media yang lebih efektif karena terbukti bahwa promosi yang dilakukan melalui radio tidak terlalu mengena pada konsumen.Selain itu perlu adanya pengawasan yang lebih ketat terhadap harga jual,dan penambahan jumlah mobile cabinet unluk lebih mcndckatkan pada konsumen."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T372
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>