Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 206132 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Monica Devina
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat organizational citizenship behavior, self-efficacy, komitmen organisasi, dan kepemimpinan yang melayani di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, serta untuk mengetahui apakah self-efficacy dan komitmen organisasi memediasi pengaruh kepemimpinan yang melayani terhadap organizational citizenship behavior di Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Responden penelitian adalah 113 pegawai Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada berbagai bidang dan tingkatan. Penelitian ini menggunakan analisis causal step yang dikembangkan oleh Baron dan Kenny (1986) untuk menentukan mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organizational citizenship behavior dan self-efficacy termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan komitmen organisasi dan kepemimpinan yang melayani termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan self-efficacy memediasi penuh pengaruh kepemimpinan yang melayani terhadap organizational citizenship behavior. Sedangkan, komitmen organisasi memediasi parsial pengaruh kepemimpinan yang melayani terhadap organizational citizenship behavior.

This study aims to determine the level of organizational citizenship behavior, self-efficacy, organizational commitment, and servant leadership in Jakarta Education Office, and determine whether self-efficacy and organizational commitment mediates the effect of servant leadership towards organizational citizenship behavior in Jakarta Education Office. The respondents were 113 employees of Jakarta Education Office in various fields and levels. This study uses causal step analysis developed by Baron and Kenny (1986) to determine the mediation. The results showed that organizational citizenship behavior and self-efficacy are in the high category, whereas organizational commitment and servant leadership are in the medium category. In addition, the results showed that self-efficacy completely mediates the effect of servant leadership towards organizational citizenship behavior, while organizational commitment partially mediates the effect of servant leadership on organizational citizenship behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54401
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Noviyanti Sari
"ABSTRAK
Belum terpenuhinya kebutuhan SDM mendorong Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk menemukan solusi atas permasalahan terkait role overload dan efeknya terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Tujuan penelitian ini adalah untuk memeriksa pengaruh role overload terhadap OCB pegawai BSN yang dimediasi oleh emotional exhaustion serta dimoderasi oleh dukungan otonomi dari atasan. Model penelitian disusun berdasarkan teori Conservation of Resource dan teori Self-Determination. Seluruh responden penelitian ini merupakan pegawai tetap BSN. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei online dan analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS. Berdasarkan hasil pengolahan 212 data pegawai BSN diperoleh hasil yang mendukung model hipotesis dan menjelaskan hubungan antarvariabel penelitian. Role overload diketahui memiliki pengaruh negatif dan tidak langsung terhadap OCB melalui emotional exhaustion, dan dukungan otonomi dari atasan sebagai penyangga efek negatif dari role overload terhadap emotional exhaustion, serta secara tidak langsung terhadap OCB. Hasil ini membantu kita untuk memahami variabel intervening yang menjelaskan hubungan negatif antara OCB dan challenge stressors. Selain itu, hasil penelitian ini memberikan informasi mengenai praktik manajerial pada instansi pemerintahan untuk mengurangi efek negatif dari role overload.

ABSTRACT
The lack of human resources encourages the National Standardization Agency (BSN) to find solutions to role overload problems and their effect on the organizational citizenship behavior (OCB). The objective of this research is to examine the influence of role overload on OCB of BSN employees, mediated by emotional exhaustion and moderated by supervisor autonomy support. The proposed model was built based on the Conservation of Resource theory and the theory of Self-Determination. All of the participants in this study were permanents employees of BSN. Data were collected using an online survey, and all analyses were carried out using SEM-PLS. Based on the study of 212 employees from BSN, the results provide support for a hypothetical model that determines the correlation among all variables. The role overload was found to have an indirect and negative effect on OCB through emotional exhaustion, and supervisor autonomy support was found to buffer the negative relationship between role overload and emotional exhaustion, and indirectly to OCB. These findings help us to understand the intervening variable that explain the negative relationship between OCB and challenge stressors. Furthermore, this findings provide information about managerial practices at government agencies to reduce the negative effects of role overload."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azrin Rasuwin
"ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keadilan Organisasi dan Pengembangan Karir dalam Reformasi Administrasi Perpajakan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Pegawai KPP Pratama Jakarta Kemayoran.
Populasi dari penelitian ini adalah 87 pegawai yang aktif bekerja di KPP Pratama Jakarta Kemayoran dan melalui formula slovin respondennya 47 pegawai.
Analisis Regresi Linier digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) Keadilan distributif, keadilan prosedural, keadilan interaksional dan pengembangan karir secara sendiri-sendiri berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (Perilaku Ekstra Peran ) .(2) Keadilan distributif, keadilan prosedural, keadilan interaksional dan pengembangan karir secara bersama-sama berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (Perilaku Ekstra Peran ).(3) Keadilan distributif, keadilan prosedural, keadilan interaksional secara bersama-sama berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (Perilaku Ekstra Peran ).(4) Pengaruh paling kuat terhadap OCB (Perilaku Ekstra Peran) adalah semua variabel bebas secara bersama-sama terhadap OCB 9Perilaku Ekstra peran).(5) Diantara variabel bebas yang paling kuat pengaruhnya adalah variabel Keadilan Prosedural dan yang paling lemah pengaruhnya adalah Pengembangan karir.

ABSTRACT
The purpose of this research was to determine the effect of Organizational Justice and Career Development in the Reform of Tax Administration to Organizational Citizenship Behavior on Employee at KPP Primary Jakarta Kemayoran.
The population of this study were 87 employees who actively work in the KPP Primary Jakarta Kemayoran and through Slovin formula respondents 47 employees.
Linear regression analysis is used to test the hypothesis. The results showed the following: (1) Distributive justice, procedural justice, interactional justice and career development independently affect Organizational Citizenship Behavior (Extra Role Behavior). (2) Distributive justice, procedural justice, interactional justice and career development are jointly influence on Organizational Citizenship behavior (Extra role behavior). (3) Distributive justice, procedural justice, interactional justice jointly affect Organizational Citizenship behavior (Extra role behavior). (4) The most powerful influence on OCB (behavior extra role) are all independent variables together to OCB (extra role behavior). (5) Among the independent variable is the variable most strongly influence Procedural Justice and the weakest effect is career development."
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2013
T32726
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inggit Inggriani
"Penelitian ini menganalisis pengaruh kepribadian dan iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior pada organisasi JOB XYZ. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 178 sampel pada JOB XYZ. Sampel didapatkan dengan menggunakan probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling untuk mendapatkan proporsi responden dari PT X, PT Y dan JOB XYZ hire. Penelitian ini mengukur organizational citizenship behavior menggunakan Organizational Citizenship Behavior Scale (Podsakof, 2000), kepribadian diukur berdasarkan skala Five Factor Personality Scale (Goldberg, 1999), iklim organisasi diukur menggunakan Organizational Climate Scale (Litwin & Stinger, 1968). Analisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, heterokesdatisitas dan multikolaritas kemudian menggunakan inferential multiple regression. Penelitian ini menemukan bahwa kepribadian memiliki pengaruh signifikan terhadap OCB karyawan. Begitu juga halnya iklim organisasi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap OCB karyawan.

This study describes about the influence of personality and organizational climate related to organizational citizenship behavior JOB organization XYZ. This study used a quantitative approach by distributing questionnaires to 178 samples at XYZ JOB. Samples of this study obtained by using probability sampling that is proportionate stratified random sampling to achieve the proportion of respondents from PT X, Y and JOB PT XYZ. This study measured the Organizational Citizenship Behavior by using Organizational Citizenship Behavior Scale (Podsakof, 2000), personality measured by the scale of the Five Factor Personality Scale (Goldberg, 1999), organizational climate is measured by using the Organizational Climate Scale (Litwin and Stinger, 1968). The data is analyzed by using the classical assumption of normality test, heteroskedastic and multicorrelation then using inferential multiple regression. This study found that the personality has significant influence to the OCB of employees. Moreover, the organizational climate has significant influence to the OCB of employees as well."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Hutomo Pamungkas
"Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai kepribadian, motif, dan iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior. Analisis kepribadian yang digunakan adalah dua faktor dari big five personality, yaitu kepribadian agreeableness dan kepribadian conscientiousness karena kedua kepribadian tersebut paling menggambarkan organizational citizenship behavior (Organ, 1995). Motif yang digunakan adalah motif prosocial value dari Rioux dan Penner (2001), sedangkan iklim organisasi menggunakan 9 dimensi dari Litwin dan Stringer (1968).
Penelitian dilakukan pada 111 pegawai PT ABCD (Persero) Corporate University. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara signifikan dari 3 variabel yang diteliti kepada organizational citizenship behavior. Ketiga variabel yang berpengaruh positif secara signifikan tersebut adalah kepribadian agreeableness, kepribadian conscientiousness, prosocial value, dan iklim organisasi. Hasil ini mengkonfirmasi penelitian-penelitian sebelumnya yang mengatakan hal yang sama. Sedangkan kepribadian conscientiousness tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Faktor bias dan ketiadaan variabel mediator dapat menjadi penyebab hasil ini. Hasil analisis regresi berganda penelitian ini mengkonfirmasi bahwa model penelitian diterima.

The research is aimed to analyze the influence of four independent variables: agreeableness personality, conscientiousness personality, prosocial value motive, and organizational climate to organizational citizenship behavior. Agreeableness personality and conscientiousness personality were adopted from the big-five personality concept. Researches have found that those two factors are significant antecedents of organizational citizenship behavior in term of personality. Prosocial value motive was adapted from Rioux and Penner (2001) and organizational climate is based on 9 dimentions of Litwin and Stringer (1968).
Survey was conducted based on responses from 111 respondents of PT ABCD (Persero) Corporate University. Results showed that three independent variables have significant positive influence to organizational citizenship behavior, they are agreeableness personality, prosocial value motive and organizational climate. The result is confirming previous study that show the same results. However, conscientiousness personality has no significant positive influence to organizational citizenship behavior. Bias and the absence of mediating variable are suggested to explain this finding. The result of multiple regression analysis confirmed that the model of this research is accepted. 
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilevany Siami Setyoasih
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana perilaku organizational citizenship behavior (OCB) dan perilaku berbagi pengetahuan pada guru dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keduanya. Penelitian ini dilakukan terhadap guru-guru di SMP-SMP terpilih yang berada di kota Serang dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil pada penelitian ini menemukan bahwa OCB dipengaruhi secara positif oleh kepuasan kerja dan komitmen afektif organisasi, sedangkan perilaku berbagi pengetahuan tidak dipengaruhi secara positif oleh kepuasan kerja dan komitmen afektif organisasi.

The focus of this study is to see organizational citizenship behavior and knowledge-sharing behavior of Junior High School teachers in Serang, and to know what factors that influence both of them. This research used a total of 150 Junior High School teachers for the sample. This research is quantitative descriptive interpretive. The result of this research found that job satisfaction and organizational affective commitment have an impact on organizational citizenship behavior, and knowledge-sharing behavior doesn?t influenced by job satisfaction and organizational affective commitment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56761
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Arum Puspitasari
"Kondisi karyawan dengan kinerja yang relatif rendah dapat dipengaruhi oleh tingkat perilaku organisasi yang minimal (OCB). Studi sebelumnya menyatakan bahwa OCB untuk karyawan dapat dibentuk melalui dukungan internal dan organisasi individu. Berbeda dengan penelitian sebelumnya, penelitian ini melihat kekuatan dalam organisasi terutama yang dimiliki oleh para pemimpin sebagai cara untuk membentuk OCB bagi karyawan. Power diyakini dapat mempengaruhi perilaku seseorang sehingga OCB juga bisa dinaikkan di antara karyawan. Dengan demikian, penelitian ini membahas hubungan antara tingkat kekuatan pemimpin dan tingkat OCB.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan sejumlah kuesioner yang dibagikan kepada responden termasuk dalam kerangka sampel di setiap divisi di Perusahaan "X". Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara tingkat kekuatan pemimpin dan tingkat karyawan OCB. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat OCB untuk karyawan memiliki tingkat yang rendah dan tingkat kekuatan pemimpin memiliki tingkat yang lemah.

The condition of employees with relatively low performance can be influenced by the minimum level of organizational behavior (OCB). Previous studies state that OCB for employees can be formed through internal support and individual organizations. In contrast to previous research, this study looks at strengths in organizations especially those possessed by leaders as a way to form OCB for employees. Power is believed to influence a person's behavior so that OCB can also be raised among employees. Thus, this study discusses the relationship between the level of leader strength and the level of OCB.
The research method used is quantitative, with a number of questionnaires distributed to respondents included in the sample framework in each division in the "X" Company. The results showed that there was a positive relationship between the level of leader strength and the level of OCB employees. The results of this study also show that OCB levels for employees have low levels and leader strength levels have weak levels.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Adi Prihantoro
"Organisasi pembelajar yang menempatkan unsur transfer pengetahuan sebagai pusat aktivitas merupakan kebutuhan utama bagi perusahaan yang padat teknologi dengan usia pegawai beragam dari tiga generasi yaitu Baby Boomer, Generasi X, dan Generasi Y. Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam beberapa penelitian telah terbukti sebagai pendorong optimalnya transfer pengetahuan di organisasi. Untuk itu penelitian ini menguji faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap peningkatan OCB, yaitu psychological capital, organizational justice, dan organizational trust. Hasil penelitian terhadap 206 karyawan yang bekerja di PT Pembangkit Listrik ABC menunjukkan bahwa psychological capital dan organizational justice memiliki pengaruh signifikan terhadap OCB, sedangkan organizational trust memiliki pengaruh terhadap OCB di PT Pembangkit Listrik ABC meskipun tidak signifikan. Peneliti mengajukan rancangan intervensi agar PT Pembangkit Listrik ABC menggunakan strategi personalisasi melalui jalur implementasi yang menempatkan manusia sebagai pusat aktivitas KM dengan menerapkan program pasar pengetahuan yang mendorong optimalnya psychological capital pegawai dan memperbesar peluang meningkatnya organizational justice karena menyediakan mekanisme yang adil dalam transfer pengetahuan.

The learning organization that placing knowledge transfer as the center of activities is special need for technology-intensive company with three ages generation employees that are baby boomer, X generation, and Y generation. Organizational Citizenship Behavior (OCB) in the various researches was proofed as the booster for optimizing transfer knowledge in organization. This research aimed to proof the factors that have effect to improvement OCB, that are psychological capital, organizational justice, and organizational trust. The result from 206 responden from PT Pembangkit Listrik ABC proofed psychological capital and organizational justice have significantly effect to OCB, whereas organizational trust has effect to OCB in PT Pembangkit Listrik ABC but has not significantly. Researcher propose project intervention for PT Pembangkit Listrik ABC using personalisation strategy through implementation path that placing human capital as center of KM activities following knowledge market program for optimizing employee?s psychological capital pegawai and gaining opportunity for improve organizational justice because it provides fair mechanism in knowledge transfer."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T44043
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christianto Utomo
"Pelayanan berkualitas tinggi merupakan peluang bagi dealer untuk bersaing di industri alat berat yang saat ini kompetitif. Oleh karena itu, menjaga kepuasan pelanggan setia tetap menjadi prinsip bisnis yang vital dalam industri ini. Kualitas pelayanan akan ditentukan oleh peran penting dari gaya kepemimpinan. Para peneliti telah menyampaikan tentang hubungan antara gaya kepemimpinan yang dimediasi oleh customer oriented-organizational citizenship behavior (CO-OCB) mempengaruhi perilaku kualitas layanan, sementara yang lain berpendapat bahwa CO-OCB meningkat secara signifikan dengan adanya mediasi trust in leaders (TIL). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model paternalistic leadership Indonesia (PLI) dan model employee service quality (ESQ) untuk mengeksplorasi pengaruh gaya kepemimpinan pada kualitas layanan melalui CO-OCB dan TIL sebagai mediator. Untuk membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan digunakan Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) untuk pengolahan data dan juga pendekatan Multisample, yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner pada 1.700 karyawan melalui HR manager dan berkomunikasi langsung terhadap sebagian karyawan yang bekerja seluruh cabang operational sebuah dealer alat berat di Indonesia, sekaligus melihat pengaruh kepemimpinan paternalistik pada kualitas layanan karyawan. Studi ini ingin mengungkapkan bahwa pada industri alat berat, pengaruh paternalistic leadership Indonesia pada customer oriented-organizational citizenship behavior yang dimediasi sebagian oleh trust in leaders akan mempengaruhi employee service quality. Selain itu melalui pendekatan multisample dibuktikan bahwa sektor bisnis tidak mempengaruhi semua pengaruh variabel dependen terhadap variabel independen dalam model penelitian.  

High quality service is an advantage for dealers to compete in today's competitive heavy equipment industry. Therefore, maintaining the satisfaction of loyal customers remains a vital business principle in this industry. Service quality will be determined by the important role of leadership style. Researchers have conveyed about the relationship between leadership style mediated by customer oriented-organizational citizenship behavior (CO-OCB) affecting service quality behavior, while others argue that CO-OCB increases significantly with trust in leaders (TIL) mediation. In this study, the researchers used the paternalistic leadership Indonesia (PLI) model and the employee service quality (ESQ) model to explore the influence of leadership style on service quality through CO-OCB and TIL as mediators. To prove the hypothesis that has been formulated, Structural Equation Modeling (SEM) is used for data processing and also the Multisample approach, which is carried out by distributing questionnaires to 1,700 employees through the HR manager and communicating directly with some employees who work in all operational branches of a heavy equipment dealer in Indonesia, while looking at the influence of paternalistic leadership on the quality of employee service. This study wants to reveal that in the heavy equipment industry, the influence of Indonesia's paternalistic leadership on CO-OCB which is partially mediated by trust in leaders affect employee service quality. In addition, through the multisample approach, it is proven that the business sector does not affect all the effects of the dependent variable on the independent variables in the research model"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Maryam Karimah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh person-job fit dan person-organization fit terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dengan keterikatan pegawai sebagai variabel mediasi. Penelitian ini mengambil studi pada PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk dengan karyawan tetap kantor pusat perusahaan ANTAM Tbk sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teori person-job fit, person-organization fit, organizational citizenship behavior, dan keterikatan pegawai untuk mengkaji permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey kuesioner menggunakan total sampling terhadap karyawan tetap PT ANTAM Tbk di head office yang berjumlah 144 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk menguji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antar setiap variabel. Selain itu terdapat pula pengaruh signifikan antara person-job fit terhadap organizational citizenship behavior melalui keterikatan pegawai dan person-organization fit terhadap organizational citizenship behavior melalui keterikatan pegawai.
This study aims to analyze the effects of person-job fit and person-organization fit on organizational citizenship behavior (OCB) with employee engagement as a mediating variable. This research takes a study in Aneka Tambang (ANTAM) Tbk company with permanent employees of PT ANTAM Tbk at head office as the object of research. This study uses the theory of person-job fit, person-organization fit, organizational citizenship behavior, and employee engagement to study the problem. The data collection technique used in this study was a quantitative approach using a questionnaire survey method that used total sampling of permanent employees of the PT ANTAM Tbk at the head office which amounted to 144 respondents. This study using path analysis method) to test the hypothesis.The result show that there is a significant efffect between each variable. Furthermore, there is a significant effect between person-job fit on organizational citizenship behavior (OCB) with employee engagement as a mediating variable and person-organization fit on organizational citizenship behavior (OCB) with employee engagement as a mediating variable."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>