Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 75309 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andrian Surya Wirawan
"Limbah minyak yang mencemari perairan dapat bercampur dengan limbah rumah tangga seperti deterjen membentuk emulsi yang stabil. Pada penelitian ini akan dilakukan demulsifikasi dan adsorpsi solar dari model limbah emulsi solar dalam air menggunakan adsorben zeolit admisel polistirena. Kondisi optimum pembuatan model limbah emulsi solar dalam air yang stabil adalah konsentrasi surfaktan SDS 0,02 M sebanyak 20 mL ditambah minyak solar 0,05 mL; waktu pengadukan 15 menit; dan kecepatan pengadukan 450 rpm. Kestabilan emulsi ditentukan dengan turbidimeter didapatkan nilai turbiditas 413 NTU. Ukuran partikel ditentukan dengan Particle Size Analyzer (PSA) didapatkan ukuran partikel yang seragam sebesar 372,6 nm. Pembuatan adsorben diawali dengan pembentukan admisel, yaitu pembentukan lapisan bilayer pada permukaan zeolit dengan konsentrasi HDTMA-Br 70 mmol/L. Selanjutnya mengadsolubilisasi stirena yang ditentukan dengan menggunakan UV-Visible spectrophotometry, didapatkan konsentrasi optimum sebesar 1,6 x 10-3 M. Terakhir dilakukan polimerisasi dengan menggunakan inisiator Kalium Persulfat (K2S2O8). Adsorben zeolit admisel-polistirena digunakan untuk demulsifikasi dan adsorpsi solar dari emulsi solar dalam air. Kondisi optimum untuk adsorpsiDS- adalah pada dosis adsorben 0,4 gram, waktu pengadukan 40 menit dengan pH 6,5 dengan DS- teradsorpsi sebesar 0,04986 mg/gram. Kondisi optimum adsorpsi solar adalah dosis adsorben 0,4 gram, waktu pengadukan 30 menit dan pH 6,5 dengan solar teradsorpsi sebesar 79 mg/gram adsorben.

Water pollution is a very serious problem, especially in Indonesia. One of kind waste disposed by oil industry is diesel oil. Waste oil that contaminates water is normally with household waste such as detergents produced stable emulsion. Demulsification is the process of separating two liquid phases are homogeneously mixed with each other to form an emulsion. This research studied the adsorption of waste oils and detergents that form emulsions by using polystyrene adsolubilized in admicelle HDTMA zeolite. First, a stable emulsion sample of waste oil was prepared by mixing diesel oil and detergent, namely Sodium Dodecyl Sulfate (SDS) surfactant with some of variations: variation of the surfactant concentration, variations in the volume of diesel oil, stirring time variation, and variation of stirring speed of the emulsion. Turbidity values of the most stable emulsion was 413 NTU with a particle size of 372.6 nm homogenously. Then, modified zeolite using the styrene polymer adsolubilized into admicelle HDTMA. The optimum value of the styrene adsolubilized using UV -Visible spectrofotometry is at 1.6 x 10-3 M. Zeolite has been modified styrene polymers can adsorb and demulsificate oil waste and detergent. Then do a wide variety of applications to demulsification and adsorption process, including variations in adsorbent dose, stirring time, and pH. The optimum value of adsorbent dose on the adsorption variation of diesel oil and surfactant SDS is 0,4 grams, stirring time of 30 minutes with a pH value of 6,5 obtained for the solar adsorption at 79 mg/g adsorbent, while for the adsorbed surfactant SDS at 0.04986 mg/g of adsorbent.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S54394
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qurrota A`yun
"Adsorpsi merupakan salah satu metoda yang dapat digunakan untuk menangani masalah limbah emulsi minyak solar.Pada penelitian ini digunakan adsorben admisel zeolit HDTMA-Br teradsolubilisasi polimetil metakrilat (PMMA) untuk demulsifikasi dan adsorpsi solar. Kondisi optimum pembuatan model limbah emulsi solar adalah konsentrasi SDS 0,002 M, perbandingan minyak : air yaitu 5x10-4:1, kecepatan pengadukan 450 rpm selama 15 menit. Hasil uji kestabilan emulsi minyak dalam air dengan turbidimeter didapatkan nilai turbiditas 388 NTU dan uji ukuran partikel dengan PSA didapatkan 337,9 nm. Pembuatan adsorben zeolit admisel-PMMA dilakukan dengan melalui tahapan: adsorpsi surfaktan HDTMA-Br pada permukaan zeolit membentuk admisel, mengadsolubilisasikan monomer metil metakrilat (MMA) ke dalam admisel dan polimerisasi MMA dengan menambahkan inisiator kalium persulfat (K2S2O8). Keberhasilan pembentukan zeolit admisel-PMMA tersebut dibuktikan dengan spektrofotometer FTIR. Analisis kuantitatif adsorpsi minyak solar oleh zeolit admisel-PMMA digunakan metode ekstraksi gravimetri dan adsorpsi SDS menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Kondisi optimum adsorpsi adalah massa adsorben 0,6 gram, waktu pengadukan 45 menit dan pH 7,3. Kapasitas adsorpsi optimum untuk solar adalah 97,46 mg/gram dan untuk SDS 16,52 x 10-4 mmol/L.
Adsorption and demulsification is the one solution to handle waste diesel oil emulsion. Therefore, in this research, applications of zeolite admicelle HDTMA - Br adsolubilized polymethyl methacrylate (PMMA) for demulsification and adsorption waste of diesel oil emulsion. The optimum condition of fuel emulsion waste includeof SDS concentration of 0.002 M, the variation ratio of oil:water is 5x10- 4:1, stirring 450 rpm for 15 minute. Result of stabilized emulsion with turbidimeter is 388 NTU as amount of turbidity and 337,9 nm of particle test with PSA. Making adsorption zeolite admicelle-PMMA through the stages of HDTMA-Br surfactant adsorption on the surface of the zeolite, adsolubilized methyl methacrylate monomer into the zeolite admicelle and polymerization initiator admicelle by adding calium persulfate (K2S2O8).The success of the modifications proved by FTIR spectrophotometer showed that the spectrum of PMMA has appeared on zeolite admicelle-PMMA. The efficiency of zeolite admicelle PMMA forming was proven by FTIR spectrophotometer. On the other hand, quantitative analysis of fuel emulsion adsorption by zeolit was using gravimeter extraction method while SDS adsorption was using UV-Vis spectrophotometer. The optimum condition of adsorption are 0,6 gram adsorbent mass, 45 minutes agitation time and pH 7,3. Optimum adsorption capacity of fuel is 97,46 mg/gram and 16,52 x 10-4 mmol/L for SDS."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S53919
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Theodorus Ramando Revandika
"Zeolit alam yang dimodifikasi dengan HDTMA-Br dan polistirena dapat digunakan sebagai adsorben minyak solar. Pembuatan adsorben melalui mekanisme polimerisasi admisel terdiri dari pembentukan admisel, adsolubilisasi monomer, polimerisasi, dan pencucian lapisan atas surfaktan. Admisel terbentuk pada penambahan HDTMA-Br pada zeolit dengan konsentrasi 70 mM. Konsentrasi optimum adsolubilisasi monomer stirena yang dapat diukur dengan spektrofotometer UV-Vis adalah 1,6x10-3 M. Polimerisasi stirena menggunakan inisiator kalium persulfat dengan konsentrasi 1,6 x 10-3 M. Karakterisasi FTIR menunjukkan bahwa polimer stirena telah terbentuk pada zeolit termodifikasi surfaktan. Dispersi solar-air dibuat dengan sonikasi dan diperoleh kondisi paling stabil pada perbandingan volume solar-air 1:90 selama 5 menit sonikasi pada suhu 30oC. Pengukuran dengan turbidimeter menunjukkan nilai turbiditas sebesar 370 NTU dan pengukuran dengan PSA menunjukkan ukuran partikel homogen dengan ukuran 89 nm yang mengindikasikan bahwa dispersi minyak-air tersebut stabil. Berdasarkan massa solar yang teradsorpsi, zeolit admisel polistirena yang telah dicuci memiliki daya adsorpsi yang paling baik dibandingkan zeolit-Na dan zeolit admisel dengan massa solar teradsorpsi 182,5 mg/g adsorben pada massa adsorben 0,2 g. Optimasi pada zeolit admisel polistirena yang telah dicuci dilakukan untuk memperoleh kondisi paling optimum untuk mengadsorpsi solar yaitu pada dosis 0,3 g dengan waktu pengadukan 5 menit pada suhu 29oC yaitu sebesar 165 mg/g adsorben.

Natural zeolite which modified by HDTMA-Br and polystyrene can be used as an adsorbent of diesel oil. Fabrication of the adsorbent through admicellar polymerization consists of admicelle formation, monomer adsolubilization, polymerization, and removal the top layer of surfactant. Admicelle formed with addition of HDTMA-Br at zeolite by 1,6x10-3 M. The optimum concentration for adsolubilization of the styrene monomer which can measured by UV-Vis spectrophotometer is 1,6x10-3 M. Styrene polymerization use potassium persulfate as an initiator by 1,6x10-3 M. FTIR characterization showed that styrene polymer formed at surfactant modified zeolite. Dispersion of diesel oil-water made by sonication and formed the most stable at diesel oil : water volume ratio 1 : 90 with 5 min sonication time at 30 oC. The turbidity measurement showed the turbidity point of 370 NTU and PSA measurement showed the homogenous particles with 89 nm which indicates that the oil-water dispersion is stable. The mass ratio of adsorbed diesel oil showed that washed polystyrene admicelle zeolite has better adsorption capability than Na-zeolite and admicelle zeolite with adsorbed diesel oil mass of 182,5 mg/g adsorbents at 0,2 grams dosage. Optimation of washed polystyrene admicelle zeolites treated at the optimum state with 0,3 grams dosage during 5 min stirring time at 29oC with 165 mg/g adsorbents."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54413
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Pratiwi
"ABSTRAK
Keberadaan komponen sulfur dalam bahan bakar merupakan masalah lingkungan yang cukup serius dimana pembakaran bahan bakar yang mengandung komponen sulfur akan menghasilkan gas SO2. Komponen sulfur dalam bahan bakar juga merupakan racun bagi katalis yang digunakan pada kendaraan bermotor. Cara umum yang telah dilakukan untuk mengurangi kadar sulfur dalam bahan bakar yaitu dengan desulfurisasi. Desulfurisasi dilakukan dengan menggunakan metode adsorpsi. Adsorben yang digunakan yaitu Zeolit, Gamma Alumina dan Karbon Aktif. Percobaan pengurangan kadar sulfur dilakukan dengan impregnasi adsorben dengan variasi konsentrsi ion Cu dan uji kemampuan adsorpsi menggunakan larutan ion sulfida dan minyak solar . Hasil impregnasi ditentukan melalui pengukuran AAS, karakteristik adsorben ditentukan dengan metode BET, penentuan kadar sulfida dengan titrasi dan karakteristik minyak solar dengan FTIR . Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi ion Cu yang digunakan, semakin banyak ion yang diserap . Hasil BET menunjukkan kemampuan adsorpsi karbon aktif paling tinggi dibandingkan gamma alumina dan zeolit karena memiliki luas permukaan yang paling besar yaitu 745,317 m2/g. Karbon aktif ? Cu memiiki kemampuan adsorpsi ion sulfida paling tinggi hal ini ditunjukkan dengan kadar ion sulfida yang terserap 920, 34 ppm dalam waktu 12 jam. Hasil FTIR pada minyak solar yang diberikan adsorben yang telah terimpregnasi ion Cu menunjukkan pengurangan luas area pada puncak di bilangan gelombang 2670 cm-1pada vibrasi S-H thiols, artinya bahwa kadar sufur pada minyak solar mengalami penurunan.

ABSTRAK
The existence of sulfur in diesel fuel is an environmental problem where the combustion of fuel containing sulfur compounds will produce SO2 gas. Components of sulfur in the fuel is also poison for catalyst used in motor vehicles.Common way has been done to reduce sulfur in fuels is by deulfurization. Desulfurization process is using adsorption method. The adsorbent used Zeolite, Gamma Alumina and Activated Carbon. The experiment of sulfur reduction conducted by impregnation the adsorbent with various concentration Cu ion and capacity of adsorption using sulfide ion solution and diesel fuel .The results of impregnation determined by AAS, characteristics of the adsorbent determined by BET method, determination of sulfide by titration and characteristics functional groups of diesel fuel by FTIR. The results showed that the higher concentration of Cu ion is used, the more ions are adsorbed.The results of BET shown the adsorption capacity of activated carbon is the highest compared with gamma alumina and zeolite, the surface area is 745.317 m2 / g .Activated carbon - Cu has the highest adsorption capacity showed by the levels of sulfide ion adsorbed 920, 34 ppm within 12 hours. FTIR results on diesel fuel given adsorbent which has been impregnated Cu shown the reduction in the peak area, the wave number 2670 cm-1 in S-H thiols vibration, meaning that the levels of sulfur on diesel fuel was decreased.
"
2016
S64237
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Irfan
"Semakin tingginya kebutuhan BBM, dan semakin menurunnya cadangan minyak bumi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka para peneliti akan berusaha untuk mencari alternatif bahan bakar lain. Salah satu solusi tersebut yaitu bahan bakar yang diproses dari minyak nabati yang merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Pada penelitian ini, akan dibuat bahan bakar dari minyak nabati yang disebut dengan renewable diesel. Renewable diesel merupakan generasi kedua dari biofuel yang menggunakan minyak nabati. Bahan baku yang dipilih dalam penelitian ini yaitu minyak sawit. Renewable diesel ini diharapkan memiliki komposisi yang menyamai petroleum diesel, dan juga memiliki spesifikasi yang minimal sama dari petroleum diesel, tetapi di sisi lain juga memiliki keunggulan yaitu seperti angka setana yang lebih tinggi dan kandungan impurities yang lebih rendah. Adapun metode yang digunakan untuk mensintesis renewable diesel yaitu metode hidrodeoksigenasi dengan menggunakan katalis Pd/Zeolit dengan bahan baku minyak sawit. Pada reaksi hidrodeoksigenasi ini, kondisi operasi yang diberlakukan yaitu tekanan 9 bar, 12 bar, dan 15 bar dan variasi suhu operasi yang digunakan yaitu 375oC dan 400oC. Harapan yang ingin dicapai dari proses ini yaitu konversi setinggi-tingginya, angka setana yang lebih tinggi dari solar komersial, dan kandungan impurities serendah-rendahnya.

Time by time, the demand for fuel is getting higher, while petroleum reserves is decreasing significantly, then the researchers will try to look for other alternative fuels. One best solution is processed fuel from vegetable oil which is a natural resource that can be renewed. In this study, the solution will be made from vegetable oil fuel called renewable diesel. Renewable diesel is a second generation of biofuels that use vegetable oil. Raw materials that are selected in this study, namely palm oil. Renewable diesel is expected to have an equal composition of petroleum diesel, and also have the same minimum specifications of petroleum diesel, but on the other hand also has the advantage of such a higher cetane number and lower content of impurities. The method used to synthesize the renewable diesel is hydrodeoxygenation method using the Pd/Zeolite catalyst with palm oil feedstock. In this hydrodeoxygenation reaction, the operating conditions are pressure of 9 bar, 12 bar, and 15 bar and operating temperature variations used are 375oC and 400oC. Hopefully the ressult achieved from this process is the conversion as high as possible, higher cetane number than commercial diesel, and the content of impurities as low as possible."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54842
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Kartini
"Renewable diesel merupakan biofuel generasi kedua setara solar yang memiliki sifat dan struktur kimia yang mirip dengan solar minyak bumi. Penelitian ini menganalisis potensi minyak dedak padi (rice bran oil) sebagai bahan baku dalam produksi renewable diesel melalui reaksi dekarboksilasi menggunakan katalis NiMo/Zeolit. Renewable diesel disintesis pada tekanan 12 bar, 9 bar dan 6 bar pada suhu operasi 375°C.
Hasil analisis produk renewable diesel yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa renewable diesel yang dihasilkan memiliki spesifikasi seperti densitas, viskositas dan indeks setana yang lebih baik dari biodiesel dan sesuai dengan standar solar komersial (ASTM D-975). Selektivitas dan yield tertinggi diperoleh pada tekanan 12 bar dengan selektivitas 28,12% dan yield 19,99%.

Renewable diesel is a second generation of biofuel with the same characteristic and chemical structure as petroleum diesel. This research analized potentiality of rice bran oil as raw material for renewable diesel production through decarboxylation reaction using NiMo/Zeolit catalyst. Renewable diesel is synthesized at 12 bar, 9 bar and 6 bar pressure at the same temperature, 375°C.
The result of the test obtained specification of renewable diesel such as density, viscosity and cetane index better than biodiesel and suitable to commercial diesel standard (ASTM D-975). The highest selectivity and yield obtained at pressure 12 bar there are 28.12% and 19.99%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58894
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Husein Shahab
"Kebutuhan Indonesia akan bahan bakar diesel semakin meningkat setiap tahunnya sehingga tidak dapat dipenuhi dengan produksi dalam negeri, oleh karena itu pemerintah melakukan kebijakan import untuk memenuhinya. Biofuel merupakan salah satu alternatif bahan bakar yang sangat potensial untuk menjawab pemasalahan tersebut, salah satu jenis biofuel ialah renewable diesel, yang merupakan senyawa turunan hidrokarbon yang dihasilkan dari reaksi hidrodeoksigenasi terhadap minyak nabati. Salah satu sumber minyak nabati tersebut ialah minyak biji nyamplung. Minyak nyamplung dipilih karena kandungan trigliserida yang tinggi, tidak digunakan sebagai bahan pangan, dan juga karena produktivitasnya yang tinggi di Indonesia. Minyak tersebut kemudian digunakan sebagai bahan baku dalam mensintesis renewable diesel melalui rangkaian reaksi hidrodeoksigenasi dengan katalis NiMo/Zeolit dan NiMo/Karbon. Sebagai hasil dari reaksi yang terjadi pada kondisi tekanan 10 dan 12 bar serta temperatur 375⁰C renewable diesel yang dihasilkan memiliki spesifikasi melebihi solar komersial, dengan hasil terbaik didapatkan dengan rekasi meggunakan katalis NiMo/Karbon teraktifasi dengan indeks setana sebesar 81,83 , konveri 81,99%, yield sebesar 68,08% dan selektifitas sebesar 84,54%.

Indoneisa's need of diesel fuel are increasing every year and getting urge, thus the need can?t be fulfilled by domestic production. Therefore the government applied the import regulation to overcome the demand.. Biofuel is very potential to answer such a problem, one type of biofuel is renewable diesel, which is hydrocarbon derivative from hydrodeoxygenation reaction from vegetable oil. One of the source of the vegetable oil is Calophyllum Inophyllum oil. This oil was chosen because of its high content in triglyceride, inedible, and it?s high productivity rate in Indonesia. This oil then used as the raw material to synthesize renewable diesel through hidrodeoxygenation reaction catalyzed by NiMo/Zeolite and NiMo/Carbon. As the result of the reaction in controlled condition with 10 and 12 bar pressure and constant temperature at 375⁰C, the obtained renewable diesel exceeding the specification of commercial petroleum diesel. The best result obtained with NiMo/Carbon activated catalyzed reaction, with cetane index."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64071
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Green diesel merupakan bahan bakar generasi kedua dari biofuel yang menggunakan minyak nabati. Bahan baku yang dipilih adalah minyak nyamplung yang memiliki kadar minyak 50 hingga 70%. Green diesel ini diharapkan dapat menyamai bahakan melebihi petroleum diesel dengan keunggulan angka setana dan impurities yang lebih rendah, juga memiliki spesifikasi yang minimal sama dengan petroleum diesel yang ada saat ini. Adapun metode yang digunakan untuk mensintesis green diesel yaitu metode hidrodeoksigenasi dengan menggunakan katalis NiMo/Zeolit dengan bahan baku minyak nyamplung. Kondisi operasi yang digunakan yaitu pada tekanan 12 bar dan variasi suhu operasi yang digunakan yaitu 350oC, 375oC dan 385oC. Hasilnya didapat bahwa Kondisi operasi optimal dicapai pada suhu 375oC dan tekanan 12 bar dengan spesifikasi green diesel yang didapatkan memiliki densitas 0,829 g/cm3, viskositas 0,344 Cp, dan indeks setana 63. Selanjutnya penelitian ini dapat lebih disempurnakan lagi untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi., Green diesel is a second generation biofuel that being converge from 100% vegetable oil. The raw material that chosen is an oil that being produced from Calophyllum inophyllum seed that have oil content between 50 and 70%. Green diesel hypothised to be in par with petroleum diesel and have higher cetane number and fewer impurities. Moreover, at least, have a minimum specification as same as petroleum diesel. The method that being used to synthesize green diesel is hydrodeoxygenation method using NiMo/Zeoilt as catalyst. In this research, the operation condition that being applied is the pressure at 12 bar and temperature at 350oC, 375oC dan 385oC. the result shows that the optimum Operaton condition is temperature at 375oC and pressure at 12 bar. the specification of green diesel density at 0,829 g/cm3, viscosity at 0,344 cSt, dan cetane number 63. In the future this research can be perfected in order to get a higher conversion, yield and selectivity of product.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58837
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Widyastuti
"Zeolit dan y-alumina yang telah iliengadsorpsi surfaktan kationik secara bilayer dapat dimanfaatkan sebagai penukar anion dan adsorpsi senyawa organik non polaL Mekanisme pembentukan bilayer surfaktan·pada adsorben sangat bergantung kepada kerapatan muatan permukaan . adsorb en .. Untuk permukaan dengan kerapatan muatan permukaan tinggi, . adsorpsi surfaktan .diawali dengan adsorpsi surfaktan · berupa ·agregat yang menyerupai misel. Untuk, adsorben dengan kerapatan muatan permukaan · rendah diawali dengan adsorpsi surfaktan berupa monomer. Penelitian ini bertujuan t:Jntuk mengetahui mekanisme pembentuk"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Indonesia, 2006
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Zeolit dan γ-alumina yang telah mengadsorpsi surfaktan kationik
secara bilayer dapat dimanfaatkan sebagai penukar anion dan adsorpsi
senyawa organik non polar. Mekanisme pembentukan bilayer surfaktan pada
adsorben sangat bergantung kepada kerapatan muatan permukaan
adsorben. Untuk permukaan dengan kerapatan muatan permukaan tinggi,
adsorpsi surfaktan diawali dengan adsorpsi surfaktan berupa agregat yang
menyerupai misel. Untuk adsorben dengan kerapatan muatan permukaan
rendah diawali dengan adsorpsi surfaktan berupa monomer.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pembentukan
bilayer pada adsorpsi Hexadecyltrimethylammonium–Br (HDTMA-Br) pada
zeolit alam Clinoptilolite dan pada γ-alumina. Juga untuk mengetahui laju
adsorpsi dan desorpsi dengan cara model kinetika difusi parabola.
Mekanisme pembentukan bilayer dapat ditentukan dari pengukuran
konsentrasi kesetimbangan terhadap variasi waktu adsorpsi. Laju adsorpsi
dapat ditentukan dari harga konstanta laju adsorpsi dan desorpsi dari
HDTMA+ dan Br-. Konsentrasi awal HDTMA-Br divariasikan mulai dari ECEC
sampai lebih besar dari CMC adsorpsi.
Pada penelitian ini untuk zeolit diperoleh nilai ECEC pada konsentrasi
75 μmol/L adalah sebesar 95,65 meq/Kg, nilai CAC = 125 μmol/L dan nilai
CMC adsorpsi = 175 μmol/L. Untuk γ-alumina diperoleh nilai PZC (Point of
Zero Charge) dengan metode titrasi adalah sebesar 7,5. Nilai ECEC berada pada konsentrasi 75 μmol/L. Nilai CAC berada pada konsentrasi 125 μmol/L.
Nilai CMC adsorpsiberada pada konsentrasi 175 μmol/L.
Penyerapan HDTMA pada zeolit Clinoptilolite sebelum waktu transisi
menghasilkan penurunan konsentrasi kesetimbangan HDTMA, maupun
konsentrasi Br-. Hal tersebut menunjukkan bahwa adsorpsi HDTMA pada
permukaan zeolit diawali dengan adsorpsi dalam bentuk agregat misel dan
proses adsorpsi berlangsung cepat. Pada γ-alumina, sebelum waktu transisi
menghasilkan penurunan konsentrasi HDTMA tetapi tidak disertai dengan
penurunan konsentrasi Br-. Hal ini berarti pada adsorpsi HDTMA pada
permukaan HDTMA diawali dengan adsorpsi dengan bentuk monomer. Dari
harga konstanta laju adsorpsi dan desorpsi yang dihitung dengan
menggunakan model kinetika difusi parabola, diperoleh bahwa proses
adsorpsi awal berlangsung dengan cepat, sedangkan proses selanjutnya
berlangsung dengan lebih lambat."
Universitas Indonesia, 2006
S30629
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>