Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53953 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Saskia
"ABSTRAK
Etilena adalah suatu bahan kimia intermediate yang digunakan sebagai bahan
baku produksi untuk bahan kimia lain dan pembuatan plastik. Pembuatan etilena
dilakukan melalui proses yang kompleks yang mungkin memberikan kontribusi
negatif pada lingkungan, sehingga kinerja ekonomi dan lingkungan merupakan
faktor penting dalam keberhasilan pembuatan produk downstream dari etilena.
Sebagai langkah kunci dalam membangun kinerja lingkungan, maka dilakukan
penilaian siklus hidup untuk pembuatan etilena. Penelitian ini menggunakan Life
Cycle Analysis (LCA) yang memiliki kerangka kerja untuk mengkarakterisasi
dampak terhadap lingkungan dari produksi etilena dengan menggunakan ruang
lingkup yang telah ditentukan dari skripsi dan design pabrik. Beberapa aspek
lingkungan yang perlu diperhatikan, yaitu efisiensi pemanfaatan bahan baku,
efisiensi energi, pembakaran hidrokarbon, penggunaan air, dan emisi yang
dihasilkan. Penelitian ini didasarkan hanya pada operasi normal, mengecualikan
efek dari start-up, shut down, operasi abnormal, konstruksi, dan dekomisioning.
Hasil dari penelitian ini kemudian akan dibandingkan dengan studi literatur
lainnya.

ABSTRACT
Ethylene is an intermediate chemical material of major importance products in the
chemical industry, as a feedstock for many downstream chemicals and plastics.
The process of ethylene manufacture is one of the complex processes in material’s
production that might contribute certain environmental impacts; therefore its
economic and environmental performance is a significant factor in the success of
the downstream process. As a key step in establishing its environmental
performance, it is proposed to perform a life cycle assessment for ethylene
manufacture. This study uses a life-cycle assessment (LCA) framework to
characterise comparative environmental impacts from the production ethylene
manufacture within the final year project and design project basis. Some key
environmental aspects include feedstock utilization efficiency, energy efficiency,
the flaring of hydrocarbons, water consumption, and emissions produced will be
inclusive within the study. This research was based only on the normal operation,
neglecting the effects of start-up, shut down, abnormal operation, construction,
and decommissioning. The impact assessment and any key findings result from
this study will then be compared with other literature study."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57065
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Susanto
"Studi ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris apakah manajemen aset berpengaruh terhadap performa aset negara. Indikator asset life cycle management (ALCM) digunakan untuk mengestimasi parameter manajemen aset sebagai variabel prediktor terhadap variabel respon berupa performa aset negara. Melalui penggunaan metode regresi logistik biner, kami menemukan bahwa terdapat dua faktor ALCM yang memberikan pengaruh signifikan terhadap performa aset negara. Estimasi pada masing-masing jenis aset menunjukkan pengaruh dan besaran yang berbeda dibanding dengan model estimasi keseluruhan. Identifikasi lanjutan melibatkan aspek spasial sebagai pembobot dalam interaksi antar variabel prediktor dengan variabel respon melalui pendekatan Geographically Weight Logistic Regression (GWLR) tidak berhasil menemukan adanya pengaruh yang signifikan

This study aims to obtain empirical evidence whether asset management affects the performance of state assets. The asset life cycle management (ALCM) is used as an indicator of asset management to predict state asset performance as a dependent variable. Using binary logistic regression method, we found that there are two aspects of ALCM affect significantly on the performance of state assets. Estimation on specific asset shows different effects and magnitudes compared to the previous estimation. Further identification involving the spatial aspect using the Geographically Weight Logistic Regression (GWLR) failed to find a significant effect on ALCM and performance asset."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bagas Johantri
"ABSTRAK
Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk menganalisis manajemen pemeliharaan pada Politeknik Keuangan Negara ndash; STAN PKN STAN dengan Maintenance Management Framework, dan mengaplikasikan life cycle cost aset untuk mendapatkan perkiraan anggaran biaya pemeliharaan. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi kondisi. Analisis dilakukan dengan membandingkan kesesuaian antara manajemen pemeliharaan yang ada dengan kriteria dalam maintenance management framework. Perhitungan anggaran pemeliharaan dilakukan aset berdasarkan kondisi aset dan life cycle cost. Hasil penelitian menunjukkan belum ada kesesuaian manajemen pemeliharaan yang dilakukan dengan maintenance management framework. Perhitungan kebutuhan anggaran pemeliharaan menunjukkan bahwa anggaran yang ada saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pemeliharaan.

ABSTRACT
This research is a case study aimed at analyzing the maintenance management of Financial Polytechnic State STAN PKN STAN with maintenance management framework, and application of asset life cycle cost to get the maintenance budget estimations. The study was conducted by interviewing and observing the condition. The analysis is done by comparing the fit between the existing maintenance management with the criteria in maintenance management framework. The calculation of the maintenance budget is based on the life cycle cost of assets according to the existing conditions. The results showed that the maintenance management done is not in accordance with the maintenance management framework. Calculation of the maintenance budget shows that the current budget is not sufficient to meet the maintenance requirements."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yang, Andrew Jackson
"Perencanaan merupakan dasar dari strategi yang efektif, perencanaan ini juga menjadi salah satu indikator yang baik dalam siklus manajemen. Rumah Bersalin St.Josef didirikan pada tahun 1975 yang merupakan satelit RS St. Carolus yaitu kepanjangan sarana pelayanan sosial dari Rumah Sakit St. Carolus untuk melayani masyarakat yang kurang mampu di wilayah Jakarta Utara. Pelayanan yang diberikan meliputi pelayanan persalinan, klinik dokter spesialis obstetri dan ginekologi, balai kesehatan ibu dan anak, balai pengobatan umum dan balai pengobatan gigi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis setiap produk pelayanan Rumah Bersalin melalui variabel-variabel Produk Life Cycle yaitu: sales, revenue, cost, profit, cash flow, capital access, competitor, market growth dan market share, untuk mengetahui posisi setiap produk menurut siklus hidupnya yang akan menjadi dasar untuk menentukan formulasi rencana strategis pengembangan Rumah Bersalin St. Josef tahun 2009-2013. Penelitian ini merupakan penelitian operasional, analisis dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan kelima produk yaitu Persalinan, SPOG, KIA, BP Umum dan BP Gigi, semuanya berada dalam fase PLC maturity. Dengan melakukan matching strategi yang diusulkan para ahli maka didapatkan formulasi strateginya adalah strategi kombinasi, dimana dua tahun pertama menggunakan strategi retrenchment, tiga tahun selanjutnya menggunakan strategi diversification. Dengan mengimplementasikan strategi terpilih diharapkan Rumah Bersalin St.Josef dapat lebih berkembang dimasa mendatang.

Planning is foundation of the effective strategy, planning is also one of the good indicator in management cycle. St.Josef Maternal Hospital was established in 1975 as a satellite clinic of St.Carolus Hospital, i.e. social service of St.Carolus Hospital for North Jakarta poor citizen. The services given are birth delivery services, obstetric and gynecology specialist, mother and children health services, general medical services and dental services.
This research aim to analyze every product services through Product Life Cycle variables i.e. sales, revenue, cost, profit, cash flow, capital access, competitor, market growth and market share in order to define each position according to its life cycle as the basis in formulation of the development strategic planning of St.Josef Maternal Hospital year 2009-2013. This is an operational research with qualitative and quantitative approach.
The result shows that all products are in the maturity phase of product life cycle. By matching strategy that were proposed by the expert it was concluded that the strategy was a combination strategy, where in the first two years using retrenchment strategy and in the next three years using diversification strategy. By implementing the chosen strategy, it was hoped that the St.Josef Maternal Hospital become widely developed.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
T21788
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Erlangga Rizqi Fitriansyah
"Jembatan Selat Sunda (JSS) merupakan mega proyek dengan dana terbesar di Indonesia. Peran jembatan ini sangat penting sebagai fungsi transportasi penghubung Jawa dan Sumatra. Permasalahan baru timbul akibat rendahnya tingkat pengembalian investasi jembatan jika hanya mengandalkan dari pendapatan lalu-lintas. Sebuah gagasan untuk meningkatkan fungsi dari jembatan ini telah diteliti pada penelitian sebelumnya melalui penambahan fungsi energi dan pariwisata. Dari penelitian ini didapat desain konseptual struktur JSS dengan penambahan fungsi energi dan pariwisata serta estimasi Life Cycle Cost sebesar Rp 201,07 Trilyun di tahun 2017.

Sunda Strait Bridge (SSB) is a mega project with the largest funds in Indonesia. This has an important role as a bridge connecting Java and Sumatra. A new problems appears due to the low rate of return on investment if only rely on bridge traffic revenue. An idea to improve the function of the bridge has been investigated in previous research through the addition of energy and tourism functions. This research shows conceptual design SSB structure with the addition of energy and tourism functions and Life Cycle Cost estimated of Rp 201.07 trillion in 2017.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41702
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatharani Lutfhi Hafizah
"Seiring dengan perkembangan populasi, urbanisasi dan industrialisasi, kebutuhan terhadap jaringan lalu lintas berupa jalan tol semakin meningkat. Jalan tol dapat memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi dengan melajunya perkembangan proyek infrastruktur tersebut memberikan dampak terhadap konsumsi energi dan polusi lingkungan. Salah satu solusi untuk menangani ini adalah dengan implementasi jalan tol hijau. Melihat bahwa penerapan jalan tol hijau di Indonesia hanya mencapai 2% dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut dan hubungan antar faktor. Metode peneltian yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah validasi pakar, pilot survei dan survei responden. Dengan metode uji PLS-SEM dengan aplikasi SMARTPLS. Berdasarkan hasil validasi pakar ditemukan terdapat 17 indikator yang mempengaruhi implementasi jalan tol hijau di Indonesia. Berdasarkan nilai T-Statistics tahap konstruksi merupakan tahap dengan signifikansi tertinggi. Regulasi mengenai proyek jalan tol hijau, pengalaman dalam mendesain, training terkait metode konstruksi serta apresiasi dari pemerintah merupakan indikator yang paling signifikan dari setiap siklus hidup proyek. Berdasarkan penelitian ini implementasi jalan tol hijau paling signifikan pada jalan tol eksisting yang belum bersertifikat hijau.

Along with population development, urbanization and industrialization, the need for a traffic network in the form of toll roads is increasing. Toll roads can facilitate humans in everyday life. However, the accelerated development of these infrastructure projects has an impact on energy consumption and environmental pollution. One solution to deal with this is the implementation of green toll roads. Seeing that the implementation of green toll roads in Indonesia has only reached 2%, this research was conducted with the aim of analyzing the factors that influence this implementation and the relationship between factors. The research methods used to achieve the goal are expert validation, pilot surveys and respondent surveys with the PLS-SEM test method with the SMARTPLS application. Using PLS-SEM with the help of SMARTPLS application it was found that there are 17 indicators that influence the implementation of green toll roads in Indonesia.  Based on T-statistics, construction stage is the stage with the highest significance. Regulations regarding green toll road projects, experience in designing, training related to construction methods and appreciation from the government are the most significant indicators base of project life cycle. Green toll road implementation is most significant applied in existing toll road.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramadian Nadif Haikal
"Indonesia merupakan negara yang termasuk ke dalam salah satu penyumbang karbon dioksida terbesar di dunia. Industri semen merupakan industri yang masuk ke dalam sector IPPU (industrial process and product used) yang mana menyumbang emisi gas rumah kaca pada sector tersebut dibandingkan industri lainnya. Semen yang menjadi salah satu bahan baku yang dibutuhkan untuk sebuah infrastruktur bangunan. Indonesia yang sedang menggalangkan pembangunan infrastruktur nasional harus memerhatikan dampak lingkungan proses produksi semen terhadap lingkungan. Maka, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak lingkungan yang dihasilkan dari proses produksi semen dengan menggunakan metode life cycle assessment. Terdapat dua tahapan produksi yang memberikan dampak terbesar yaitu klin process dan finish mill & pack yang disebabkan akibat pembakaran batu bara. Penelitian ini membuat analisis perbandingan antara kondisi sekarang dengan target perusahaan dalam meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif sebesar 15% dengan mengidentifikasi risiko yang berpotensi muncul dan membuat mitigasi pencegahan resiko
Indonesia is a country that is included in one of the largest carbon dioxide emitters in the world. The cement industry is an industry that is included in the IPPU (industrial process and product used) sector which contributes to greenhouse gas emissions in that sector compared to other industries. Cement is one of the raw materials needed for a building infrastructure. Indonesia, which is promoting the development of national infrastructure, must pay attention to the environmental impact of the cement production process on the environment. Thus, this study was conducted to analyze the environmental impact resulting from the cement production process using the life cycle assessment method. There are two stages of production that have the biggest impact, namely the klin process and the finish mill & pack caused by burning coal. This study makes a comparative analysis between the current condition and the company's target in increasing the use of alternative fuels by 15% by identifying risks that have the potential to arise and making risk prevention mitigations."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hery Wahyudi Wibowo
"Setiap pembangkit memiliki karakteristik umur hidup yang diharapkan mampu berkelanjutan hingga waktu kontrak yang telah disepakati sebelumnya. Untuk dapat berkelanjutan, pembangkit perlu dilakukan perbaikan maupun penggantian peralatan yang terindikasi telah mengalami penurunan kinerja. Dengan distribusi Weibull didapatkan koefisen siklus hidup peralatan sub sistem pembangkit yang kemudian disimulasikan dengan Monte Carlo bermanfaat dalam pengambilan keputusan manajemen pengoperasian dan pemeliharaan PLTU. PLTU Lontar menjadi salah satu pembangkit yang menggambarkan dari kondisi pembangkitan tenaga listrik di system Jawa Bali dengan faktor kapasitas sebesar 48,84 dan faktor ketersediaan sebesar 53,77 . Dari hasil perbandingan beberapa skenario menunjukkan bahwa dengan tindakan perbaikan dapat meningkatkan faktor ketersediaan hingga 77,66 dan IRR sebesar 19.02 .
Power plant has a characteristic life cycle which is expected to sustain until the contract that has been agreed in advance. To be sustainable, power plant needs to necessary repair or replacement of equipment which is indicated has experienced a decline in performance. Weibull distribution is used to determine life cycle coefficient of the equipment sub generating system. Monte Carlo simulation then performed to achieve economic feasibility. Lontar power plant became one of the plants that describe the condition of the steam power plant in the Java Bali system with a capacity factor of 48.84 and 53.77 of availability factor. From the comparison of multiple scenarios indicate that the corrective actions can increase the availability of power plant up to 77.66 and an IRR of 19,02 ."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Rahayuningtyas
"Belakangan ini, isu terkait kinerja non-finansial perusahaan menjadi sorotan para pemangku kepentingan dan hal tersebut dapat berpengaruh pada kinerja finansial perusahaan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kinerja Environmental, Social, and Governance (ESG) terhadap kebijakan dividen serta peran moderasi dari siklus hidup perusahaan dalam memperkuat pengaruh tersebut. Penelitian dilakukan dalam lingkup perusahaan publik non-keuangan di negara-negara di wilayah ASEAN yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand dengan periode penelitian 2015-2019. Kelima negara tersebut dirasa telah mewakili beragam iklim usaha dan kesamaan sebagai negara berkembang. Metodologi yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan metode Least Square dengan jumlah observasi 515 firm-year. Beberapa kontribusi dari penelitian ini antara lain meneliti pengaruh kinerja Environmental, Social, and Governance (ESG) terhadap kebijakan dividen, termasuk peran moderasi dari siklus hidup perusahaan dalam memperkuat pengaruh tersebut dengan menggunakan analisis antar negara ASEAN yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa kinerja ESG tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen. Selain itu, ditemukan bahwa peran siklus hidup perusahaan yang memperlemah pengaruh kinerja ESG terhadap kebijakan dividen. Hal ini dikarenakan pemangku kepentingan perusahaan yang memang tidak terlalu memerhatikan aspek ESG dan lebih fokus pada kinerja keuangan perusahaan saja dan siklus hidup perusahaan yang sudah berada dalam tahapan dewasa (mature) tetapi masih memiliki peluang untuk tumbuh.

Recently, issues related to the firm's non-financial performance have become stakeholders’ concern and can affect firm performance. Therefore; the aim of this study is to empirically examine the effect of environmental, social and governance (ESG) performance on dividend policy and the moderating role of the firm life cycle. The research was conducted within the scope of non-financial public companies in ASEAN countries, located in Philippines, Indonesia, Malaysia, Singapore, and Thailand for 2015-2019. The five countries are deemed to have represented the business climate and the region as developing countries. The methodology used is multiple linear regression with the Least Square method with 515 firm-year observations. Some of the contributions of this study include the influence of the effect of Environmental, Social, and Governance (ESG) performance on dividend policy, including the moderating role of firm life cycle by using analysis among ASEAN countries, located in Philippines, Indonesia, Malaysia, Singapore and Thailand. The result shows that ESG’s performance has no effect on dividend policy. As well as the role of the firm life cycle which weakens the effect of ESG performance on dividend policy. This is because company’s stakeholders do not really pay attention to ESG aspects, instead the pay more attention to focus on the company's financial performance and the life cycle of a company on a mature stage, yet has a chance to grow."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Omar Perpatih
"Ketiadaan kajian dampak lingkungan pada konstruksi Pembangunan DPPU Kertajati menjadikan munculnya persoalan-persoalan seperti penggunaan material tanah urug yang besar dan penggunaan kendaraan transportasi dan alat berat yang masif.
Tujuan penelitian ini untuk melakukan kajian siklus hidup lingkungan guna mengetahui kinerja lingkungan dari fase konstruksi Pembangunan DPPU Kertajati, menentukan pekerjaan konstruksi yang memberikan konstribusi tersignifikan dan skenario untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Batasan penelitian ini adalah gate-to-gate terbatas lingkup aktivitas dan pekerjaan dalam area proyek konstruksi.
Metode yang digunakan adalah metode penilaian siklus hidup lingkungan dengan metode penilaian dampak titik tengah menggunakan metode IPCC dan CML-2001:2016 serta metode penilaian dampak titik akhir menggunakan Eco-Indicator99.
Hasil penelitian memberikan bahwa pekerjaan pengurugan lahan dan pemadatan lahan menjadi kontributor utama untuk konsumsi energi berbasis bahan bakar solar yaitu sebesar 8.323.958,27 MJ. Pekerjaan ini juga menjadi kontributor utama potensi pemanasan global (GWP100) yaitu sebesar 666.059,33 Kg-CO2.Ekivalen, potensi eutrofikasi lingkungan yaitu sebesar 312,746 Kg-PO4.Ekivalen dan kontributor tersignifikan kedua pada potensi pengasaman lingkungan yaitu sebesar 5.979,67 Kg-SO2.Ekivalen. Pekerjaan bangunan beton berkontribusi tersignifikan untuk potensi pengasaman lingkungan yaitu sebesar 6.420,87 Kg-SO2.Ekivalen, muncul akibat penggunaan batu bata pada dinding bangunan beton.
Strategi yang dilakukan untuk mengurangi dampak lingkungannya dibuat dalam skenario opsi kedua, yaitu: melakukan pemasangan lapisan perkuatan tanah geosintetik untuk mengurangi volume pengurugan lahan, melakukan subsitusi material bata merah menjadi material bata ringan hebel (autoclaved aerated concrete, AAC), dan menggunakan mechanical joint untuk penyambung pancang dan mengurangi konsumsi listrik secara signifikan.

The absence of an environmental impact study on the construction of the Kertajati DPPU development has led to problems such as the use of large fill soil materials and the massive use of transportation vehicles and heavy equipment.
The purpose of this study is to conduct a study of the environmental life cycle in order to determine the environmental performance of the construction phase of the Kertajati DPPU construction, determine construction works that make a significant contribution and scenarios to reduce their impact on the environment. The limitation of this research is that gate-to-gate is limited to the scope of activities and work in the construction project area.
The method used is the environmental life cycle assessment method with the midpoint impact assessment method using the IPCC and CML-2001:2016 methods and the end point impact assessment method using the Eco-Indicator99.
The results showed that land filling and compaction were the main contributors to energy consumption based on diesel fuel, amounting to 8,323.958.27 MJ. This work is also a major contributor to the potential for global warming (GWP100) which is 666,059.33 Kg-CO2. Equivalent, the potential for environmental eutrophication is 312,746 Kg-PO4. Equivalent and the second significant contributor to the potential for environmental acidification is 5,979.67 Kg-SO2 .equivalent. Concrete building work contributes significantly to the potential for environmental acidification, which is 6,420.87 Kg-SO2. Equivalent, arises due to the use of bricks on the walls of concrete buildings.
The strategy taken to reduce the environmental impact is made in the second option scenario, installing a geosynthetic soil reinforcement layer to reduce the volume of land filling, substituting red brick material into hebel lightweight brick material (autoclaved aerated concrete, AAC), and using mechanical joint as a pile connector and reduce electricity consumption significantly.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>