Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182557 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simatupang, Idayu Kristina
"Penyusunan strategi komunikasi politik yang sesuai setelah seorang pemimpin terpilih sangat dibutuhkan guna mendapat dukungan masyarakat atas program-program politik yang telah dirancang tokoh tersebut. Saat tokoh politik berhasil mendapat pemaknaan citra yang positif di benak konstituennya, diharapkan program-programnya akan mendapat dukungan penuh.
Penelitian ini menggali pemaknaan masyarakat terhadap proses Image Management yang telah dilakukan oleh Jokowi melalui peran Political Public Relations ?PPR- yang menggunakan pendekatan digital dalam penyampaian strategi penyampaian komunikasi politik Jokowi, yaitu pada tahap pasca (?to govern? phase) Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Perumusan pemaknaan masyarakat terhadap gaya-gaya baru kegiatan PPR di era new media menjadi sentral tulisan ini.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan in-depth interview terhadap beberapa informan. Melalui wawancara mendalam, penelitian ini diharapkan dapat memotret pemaknaan sepenggal masyarakat DKI terhadap penggunaan new media dalam pembentukkan citra politik Jokowi.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya perspektif akan pemaknaan masyarakat pada proses image management tokoh politik yang menggunakan peranan Political Public Relations berbasis digital atau dikenal dengan istilah Digital Political Public Relations ?DPPR- yang dewasa ini sudah mulai diperhatikan untuk pembentukan image.

The right political communication strategy is based on the citizen?s characteristics ir really important to consider to. The assumption is the program from politician must be run well if public have the good perspective on them.
This research studies about reception of DKI?s citizen toward image management Jokowi whose created with his Political Public Relations by using digital approachment as their political communication strategy for Jokowi, pasca (?to givern? phase) Jakarta Local Governor Election 2012. The formula of DKI?s citizen reception while seeing their government using the new media is a key research of this.
Indepth interviews with the informant were conducted, and it is helped to analyse how far the using of new media gave the interpretation among DKI?s citizen to see the success of image management?s Jokowi.
The result of this research give more perspectives about PPR who using the digital approachment or called digital political public relations ?DPPR- whose used for political image.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S53152
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Marini Novianty
"Tesis ini meneliti secara empiris citra brand Jokowi sebagai seorang petahana dalam berita ndash; berita yang tayang di tiga laman berita daring dengan pengakses terbanyak di Indonesia, Tribunnews.com; Detik.com; dan Liputan6.com dalam kerangka pemerintahan yang telah berjalan selama tiga tahun. Peneliti mengambil fokus bahwa brand dibangun dari asosiasi brand yang disematkan, isu yang dipilih, hingga visibility dan valensi berita yang terlihat dari sentiment pemberitaan. Peneliti juga menggali mediatisasi politik serta kampanye permanen yang dilakukan oleh seorang petahana. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa terdapat perbedaan antara brand yang dibangun oleh Jokowi saat menjadi kandidat presiden dan petahana saat ini. Namun terdapat kesamaan bahwa pemberitaan Jokowi lebih banyak bernada positif dibandingkan negatif. Temuan ini mengimplikasikan bahwa citra brand politik yang dibangun oleh Jokowi sebagai seorang petahana saat ini, memang dipengaruhi oleh asosiasi brand yang dikaitkan dengan namanya, isu yang diberitakan oleh media massa, hingga penempatan deskripsi tentang dirinya serta sentiment dalam konten pemberitaan.

This research examines Jokowi rsquo s brand image as an incumbent on most accessed online news media outlets in Indonesia with his leadership for the past three years as the big frame. Those online news media outlets are Tribunnews.com Detik.com and Liputan6.com. Researcher focuses on the foundation that brand is built from the brand association which is embodied to the subject, the chosen issues by the media, its visibility, and news valence which can be seen from the news sentiment. Researcher also digs the politics mediatization and permanent campaign conducted by an incumbent. As the result, researcher found that there are differences between brand built by Jokowi when he was still a candidate in presidential election and being an incumbent at this moment. Nevertheless, there is still similarity that Jokowi is still heavily associated with positive things rather than negative one. These finding implied that Jokowi rsquo s political brand image as an incumbent at the moment, is influenced by the brand association of his persona, issue chosen by the media to publish, to the placement of his self description, and the news sentiment for him."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T50027
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Idham Holik
"Penelitian ini merupakan studi tentang komunikasi politik pencitraan kandidat dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012, khususnya yang difokuskan pada pencitraan Jokowi. Kemenangan Jokowi dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012 sangat fenomenal Jokowi adalah kandidat yang berasal dari luar Jakarta mampu mengalahkan kandidat petahana (incumbent). Pencalonan Jokowi menjadi cermin bahwa Partai PDI Perjuangan sebagai partai yang berorientasi pasar dan konsultan (consultant-and-market oriented party) atau disebut juga dengan istilah professionalized party. Keunggulan skor Jokowi dalam hasil Survei Opinion Leader (Cyrus Network & Laboratorium Psikologi Politik UI) menjadi rujukan utama kebijakan Partai PDI Perjuangan dalam mencalonkan Jokowi sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta pada Pemilukada 2012. Jokowi adalah kandidat pilihan pasar (market-choice candidate). Jokowi adalah kandidat ideal yang diyakini memiliki kompetensi kepemimpinan untuk memimpin Jakarta. Cyrus Network, sebuah lembaga konsultan politik, bersama Laboratorium Psikologi Politik UI telah menjadi promotor atau endorser pencalonan Jokowi.
Profesi sebagai promotor atau endorser kandidat ideal telah menjadikan Cyrus Network menjadi penciptra tradisi baru dalam dunia konsultansi politik di Indonesia dan dunia selama ini belum ada publikasi hasil penelitian yang menyatakan ada sebuah lembaga konsultan politik menjadi promotor kandidat. Cyrus Network mendobrak tradisi lama dalam dunia konsultasi politik dimana keterlibatan konsultan politik dalam pemilu didorong oleh semangat bisnis (market-driven consultant). Dukungan Cyrus Network terhadap Jokowi dilandasi oleh semangat idealisme (idealism driven consultant).
Dalam riset-riset terdahulu dinyatakan bahwa konsultan politik sangat dominan dalam mencitrakan kandidat sehingga konsultan politik disemati dengan beragam profesi seperti sebagai image merchants (Heibert, et al, 1971), arsitek kampanye dan ahli komunikasi politik (Napolitan, 1972), professional image makers (Nimmo, 1976), issue primers (Medvic, 1997), candidate marketers (Dulio, 2000), dan konsultan citra (image consultant) (Perloff, 2010).
Untuk kasus kampanye citra (image-making campaign) Jokowi, konsultan politik tidak demikian. Jokowi sangat dominan dalam kampanye citranya, sehingga konsultan politik tidak sama sekali memodifikasi citra politik Jokowi, tidak seperti Fauzi-Nara –di putaran kedua, konsultan politiknya melakukan perubahan citra politik Fauzi misalnya dari gaya komunikasi arogan menjadi santun. Komunikasi politik pencitraan Jokowi menggunakan pendekatan alamian (natural approach). Jokowi adalah kandidat yang memiliki citra otentik (authentic image). Jokowi adalah seorang kandidat yang memiliki kecerdasan dalam marketing politik, public relations politik, manajemen isu politik, manajemen kesan politik, dan estetika komunikasi politik. Produk-produk politik seperti baju kotak-kotak, salam metal, kampanye blusukan, dll merupakan murni gagasan Jokowi sendiri, bukan konsultan politik. Ini semakin menegaskan bahwa masa kampanye adalah masa penguatan citra politik bukan penciptaan citra politik kandidat. Ini artinya bahwa selain terkait dengan kualitas personalitas, citra politik kandidat tidak terlepas pada persoalan rekam jejak politik masa lalu kandidat kampanye permanen menjadi kunci pencitraan kandidat petahan. Kasus Jokowi semakin menegaskan bahwa di era personalisasi politik, citra politik kandidat harus otentik bukan kemasan. Di era personalisasi dan mediatisasi politik elektoral, otentisitas adalah kunci efektivitas komunikasi politik pencitraan kandidat. Inilah yang penulis sebut dengan istilah Universitas Indonesia authentic candidate theory. Konsultan politik hanya mengkomunikasikan otentisitas citra kandidat. Dalam era personalisasi politik elektoral, konsultan politik hanya sebagai manajer kampanye (campaign manager) dan penguat citra politik (political image reinforcer).
Temuan disertasi ini menjadi kritik terhadap deliberative priming theory (Medvic, 1997) dimana sebagai primer atau issue chooser, konsultan politik merekayasa citra kandidat melalui pemilihan isu politik. Selain itu juga, temuan riset ini menjadi kritik atas temuan dari penelitian De Landtsheer, De Vries, dan Verstessen (2008:225) tentang penampilan politik yang pantas (the appearance of political suitability) dalam manajemen kesan politik (political impression management). Citra politik kandidat sangat bergantung pada kepantasan politik dan ini terletak pada penampilan fisik kandidat. Oleh karennya, kandidat memungkinkan untuk memanipulasi atau merekayasa penampilan fisiknya seperti yang diinginkan (politically desirable).

The research is a part of study of political communication that explains the imagemaking of candidate in 2012 Jakarta Gubernatorial Elections, especially Jokowi. Jokowi’s electoral triumph in 2012 Jakarta Gubernatorial Election is the most phenomenal he is a candidate from outside Jakarta who have been defeated the powerful incumbent candidates Fauzi-Nara. Jokowi’s candidacy represents that Indonesian Democratic Party of Struggle (PDI Perjuangan) is as a consultant-centered and-market-oriented party –in the other words, it is a professionalized party. Excellence of Jokowi’s grade in Opinion Leader Survey findings (issued by Cyrus Network a political consultant firm, and Political Psychology Laboratory of University of Indonesia) become as a main source of PDI-P’s policy in nominating Jokowi as a gubernatorial candidate in 2012 Jakarta direct local elections. Jokowi is a market-choice candidate. Jokowi is an ideal candidate who is believable to have the high competence of leadership to lead the Jakarta province. The Cyrus Network and the Political Psychology Laboratory of UI were political promoters or endorsers for Jokowi’s candidacy.
The profession made them as the makers of new tradition in the world of political consultancy in Indonesia and the world wide –there is no publication of research of political consultants in all the time that describes the political consultants as the candidate promoters or endorsers. The Cyrus Network have broken the old tradition of political consultancy where involvement of the consultants in elections were driven by the spirit of business –in the other word, they are the market-driven consultants. Cyrus Network’s endorsement for Jokowi’s candidacy was based by the spirit of political idealism –in the other words, it is an idealismdriven consultant.
According the previous research of political consulting, the political consultants were the most dominant in making candidates’ image. Therefore, political consultants’ profession were as image merchants (Heibert, et al, 1971), campaign architects and experts of political communication (Napolitan, 1972), professional image makers (Nimmo, 1976), issue primers (Medvic, 1997), candidate marketers (Dulio, 2000) and image consultant (Perloff, 2010). However for the case of Jokowi’s image-making campaign, it was different where the political consultant was not dominant in modifying or reengineering. Jokowi’s political image, not as the case of Fauzi-Nara –in the second round of the direct local elections, their political consultants have been modified or reengineered their image, e.g. the political consultant have modified Fauzi’s political style from arrogant to be polite.
In the practice of political communication of image making, Jokowi had used the natural approach that created authentic image –in the other words, Jokowi was an authentic candidate. It was caused by Jokowi’s intelligence in political marketing, political public relations, political issues management, political impression management, and aesthetics of political communication. All of Jokowi’s political products was his brilliant ideas e.g. “iconic” checkered shirt, metal sign or greeting, “blusukan” (impromptu visits) campaign, etc, not the political consultants. It argues that the campaign is a phase of political image reinforcement, not political image formation. It explains to us that the politician’s past record is the key of successful of candidate’s image formation –especially, the permanent campaign is the key success for the Universitas Indonesia incumbents. In personalization era, the main factor of image making is authenticity, not modifications or packaging as well as engineering. The authenticity is the main factor for making political communication of candidate image-making more effective. So, the writer calls it as the authentic candidate theory. The political consultants only communicate the authenticity. In this era, they are just as the campaign manager and political image reinforcers or sharpener.
This research’s finding becomes as criticism for the deliberative priming theory (Medvic, 1997) that explained political consultants as issue primers or choosers whose political skill in engineering the candidate’s image through political issue priming. It is also criticism for a research that is hold by De Landtsheer, De Vries, & Verstessen (2008). Their research finding explains that the appearance of political suitability in political impression management is rooted to candidate’s physical appearance. Therefore, it is possible to manipulate the physical appearance of candidate in a “politically desirable” sense.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
D1996
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Setya Arifina
"Tesis ini membahas mengenai citra Jokowi-JK sebagai pemimpin politik yang ditampilkan dalam foto kolase di media sosial Instagram. Foto kolase yang menampilkan Jokowi dan JK bersama tokoh-tokoh internasional akan dianalisa menggunakan metode semiotika Roland Barthes untuk membedah foto kolase dan mengetahui mitos yang dikonstruksikan dalam foto kolase tersebut. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi realitas sosial milik Peter L.Berger dan Thomas Luckmann. Dalam penelitian ditemukan bentuk kepemimpinan baru yang mengubah nilai-nilai kepemimpinan lama yang mana bentuk kepemimpinan baru ini digambarkan melalui aspek visual, verbal, dan teknis dalam foto kolase. Proses konstruksi realitas sosial melalui tiga tahapan yaitu eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi dapat menjelaskan bagaimana simbol-simbol visual dalam foto kolase dapat mengkonstruksikan image politik seseorang.

This thesis discusses the Jokowi-JK’s image as political leaders that appeared on the photo collages in social media Instagram. Photo collage that exposed Jokowi-JK with international musicians and figures will be analyzed using the method of semiotic Roland Barthes to explore photo collages and to know myths constructed in photo collages. The theory that used in this research is the theory of social construction of reality belongs to Peter L.Berger and Thomas Luckmann. Researcher discovered a new form of leadership that changed the old leadership values which form the new leadership. This kind of leadership is illustrated through visual aspect, verbal, and technical in the photo collages. The construction process of social reality through three stages, namely externalization, objectivation, and internalization can explain how visual symbols in a photo collage can construct one's political image.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43751
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sawqi Muttaqi
"ABSTRAK
Seorang presiden perlu melakukan tindakan membangun dan menjaga hubungan dengan media seperti jurnalis, pemimpin redaksi, dan pemilik media. Hubungan tersebut tidak hanya dilaksanakan oleh staf kepresidenan atau staf humas Presiden, tetapi dari Presiden sendiri juga harus ikut terlibat secara personal dengan para awak media. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menggambarkan tindakan Presiden Jokowi menjalin hubungan dengan para awak media dari semenjak beliau menjabat sebagai Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan menjadi Presiden RI ke-7 hingga tulisan ini dibuat. Hal yang ditemukan dalam penulisan ini, bahwa hubungan Jokowi dengan media sangat dekat dengan dibuktikan bahwa yang bersangkutan mendapat label media darling dari kalangan media sendiri yang dianugrahkan pada Hari Dewan Pers Nasional tahun 2014. Selain itu, Jokowi juga melaksanakan berbagai program media relations sesuai dengan metode media relation menurut Michael Bland, Alison Theaker, dan David Wrag.
Kesimpulan yang didapatkan adalah adanya perubahan strategi media relations Presiden Jokowi dari menjadi seorang Walikota hingga menjadi Presiden RI ke-7. Hal yang perlu diingat dalam membangun hubungan dengan para media membutuhkan usaha dan proses yang cukup besar dan lama.

ABSTRACT
A president needs to take action in order to build and maintaining relationships with the media, such as a journalist, editor, and media owners. The relationship is not only carried out by the presidential staff or public relations staff of the President, but the President himself should also be involved personally with the media crew. The purpose of this paper is to describe Jokowi?s action in maintaining a relationship with the media crew, since he served as mayor of Solo, Jakarta Governor, and ultimately, became the seventh President until now. It is found in this article, regarding the relationship between Jokowi and the media in the form of a label obtained by Jokowi as a media darling. The ?media darling? label Jokowi got from media crew in National Press Council Day in 2014. Then any changes since the Jokowi media relations strategy of becoming Mayor of Solo to become President 7th. In addition, in this article it will be discussed about how to implement various Jokowi?s media relations programs in accordance with the method according to Michael Bland, Alison Theaker, and David Wrag.
The conclusion obtained is that there are some changes in the form of President Jokowi media relations strategy from the beginning he as mayor until he became the seventh President of Indonesia. Another thing to make sure that in building relationships with the media requires great effort and a fair amount of time.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Gultom, Atikah Putri Adrilia
"ABSTRAK
Penggunaan media sosial tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, jumlah penggunanya di Indonesia meningkat setiap harinya terutama masyarakat di kota-kota besar. Tujuan penelitian ini ialah untuk menambah pengetahuan terkait faktor perkembangan teknologi informasi yang menjadi salah satu penyebab munculnya Vlog di YouTube serta melihat motivasi penggunaan dan perkembangan industri media baru itu sendiri di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu melakukan wawancara mendalam dengan narasumber. Penelitian menunjukkan motivasi dari pengunaan video blog YouTube memiliki beberapa manfaat yang berkaitan dengan perkembangan industri itu sendiri. Temuan penelitian ini adalah adanya pengaturan monetisasi di YouTube menyebabkan seorang vlogger bisa mendapatkan keuntungan secara finansial. Vlogger yang mampu mempertahankan konsistensinya dalam mengunggah video dan aktif menggunakan media sosial lainnya akan semakin popular karena khalayak aktif dapat terus berkomunikasi dengannya.

ABSTRACT
The use of social media can t be separated from daily life, the number of users in Indonesia increases every day, especially in big cities. The research objective is to increase knowledge related to the development of information technology that became one of the causes of the emergence of Vlog on YouTube, see the motivation of using new media, and the development of new media industry itself in Indonesia. Research shows that the motivation of using YouTube has several benefits. YouTube and Google AdSense provide profit. The research finding is setting of monetization on YouTube that causes vlogger has benefit financially. Vloggers who are able to maintain consistency in uploading videos and actively using other social media will be more popular because active audiences can communicate with them continuously."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Alberthiene Endah Kusumawardani
Solo: Metagraf, 2012
923.2 ALB j
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rent Chairing
"Tesis ini membahas komunikasi politik memanfaatkan saluran media sosial yang dilakukan oleh akun @Triomacan2000 dan akun @Jasmev20. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana akun Twitter @Triomacan2000 dan @Jasmev20 melakukan framing terhadap aktor politik, yaitu Jokowi-Ahok selama Pilkada DKI Jakarta 2012 serta interaksi frame dari kedua akun tersebut. Penelitian yang bersifat kualitatif dan deskriptif ini menggunakan metode analisis framing dari Gamson dan Modigliani. Selain itu digunakan konsep komunikasi politik dan the sympathic model sebagai strategi komunikasi politik. Hasil penelitian memaparkan bahwa terdapat perbedaan frame antara akun @Triomacan2000 dan @Jasmev20 dalam membahas isu tentang Jokowi-Ahok. Frame yang ditampilkan oleh akun @Triomacan2000 tentang Jokowi Ahok antara lain: Jokowi-Ahok sebagai pelaku korupsi, misi SARA di balik simbol kampanye, pencitraan palsu Jokowi, serta sejumlah elit politik di belakang Jokowi-Ahok. Sedangkan frame yang dihadirkan oleh @Jasmev20 terdiri dari: Jokowi-Ahok sebagai tokoh anti korupsi, Jokowi-Ahok sebagai tokoh pluralis, dan Jokowi sebagai sosok yang sederhana. Interaksi frame terbentuk karena terdapat interplay antara frame @Triomacan2000 dan @Jasmev20 dimana salah satu pihak memposisikan diri sebagai pihak yang mengkritisi dan pihak lain yang berperan mengcounter isu.

The focus of this study is political communication using social media which is utilized by @Triomacan2000 dan @Jasmev20. The Purpose of this thesis is to analyze the framing of political figures Jokowi-Ahok by @Triomacan2000 and @Jasmev20 during the 2012 Jakarta Governor election and describe frame interaction between both accounts. This qualitative and descriptive research use Gamson and Modigliani framing analysis method to identify the frame formed. This research also use political communication concept and the sympathic model as political communication strategy. The research result shows frame difference formed by twitter account @Triomacan2000 and @Jasmev20 regarding Jokowi-Ahok issues. The frame formed by @Triomacan200o regarding Jokowi-Ahok are about corruption issues, Racist issues behind their campaign symbol, Jokowi's false image, and the political elite who support Jokowi-ahok in the election. The frame formed by @jasmev20 shows Jokowi-Ahok as figures that support anti-corruption and support pluralism. Jokowi is also presented as a humble person. Frame interaction is formed because of frame interplay between @Triomacan200 and @Jasmec20. @Triomacan2000 positioned itlsef as a critic, while @Jasmev20 positioned itself as issues addresser.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Disna Harvens
"Penelitian ini membahas mengenai penggunaan twitter oleh Jokowi Basuki pada saat Pemilukada DKI Jakarta 2012. Pemilukada DKI Jakarta tergolong fenomenal karena hampir semua kandidat menggunakan situs kandidat dan twitter dalam berkampanye. Di antara kandidat lainnya Jokowi Basuki adalah pasangan kandidat yang menggunakan twitter secara efektif dalam berkampanye. Efektivitas penggunaan tersebut terlihat dari tingginya popularitas dan elektabilitas mereka di dalam media sosial yang kemudian menyebabkan mereka memenangkan. Pemilukada DKI Jakarta Tingginya popularitas dan elektabilitas mereka di media sosial berkaitan erat dengan penerapan dan strategi pemasaran politik yang mereka gunakan selama berkampanye dengan menggunakan twitter. Fokus penelitian ini adalah membahas mengenai penerapan dan strategi penggunaan twitter Jokowi Basuki pada saat berkampanye di Pemilukada DKI Jakarta 2012. Selain itu penelitian ini ingin menganalisis hubungan antara penggunaan twitter terhadap kemenangan Jokowi Basuki.

The purpose of this research is to analyze the use of twitter by Jokowi Basuki during the Jakarta rsquo s Local Government Election 2012. In this Jakarta Local Government Election is different than another election because all candidates use social medialike twitter as their alternative basis of campaign. Among all candidates Jokowi Basuki were the most successful candidate that used this media of campaign Their success was due to the practice and strategy that they used all through the campaign. The focus of this research to describe the campaign strategy in twitter by Jokowi Basuki during election. Futhermore this research is going to analyze the relation betweenthe use of twitter toward Jokowi Basuki rsquo s victory in the election."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S44856
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Savindraputra Muksan
"Makalah ini menganalisis fungsi dan aktivitas petisi online. Fungsi dan aktivitas ini dianalisis berdasarkan dua petisi Change.org yang sukses di Indonesia, yaitu `# TolakRUUPermusikan` sebagai Studi Kasus 1 dan `Presiden Jokowi, Jangan Setuju RKUHP di Sesi Paripurna DPR` sebagai Studi Kasus 2. Kedua studi kasus dijelaskan terlebih dahulu, dan ini dilakukan secara deskriptif. Setelah itu, makalah ini menggunakan studi kasus berganda dan embedded. Unit analisis embedded pertama dimulai dari tingkat individu, tingkat organisasi sampai tingkat sistem, sedangkan, unit analisis embedded kedua dikategorikan oleh aktivitas online dan offline. Makalah ini menemukan bahwa fungsi dan kegiatan studi kasus memiliki kesamaan dan perbedaan. Terlepas dari kesamaan dan perbedaan ini, penelitian ini menyimpulkan bahwa petisi online tetap menjadi alat penting untuk advokasi kebijakan, meskipun mereka digolongkan sebagai taktik gerakan sosial berbasis internet dengan ambang batas rendah.
This research paper analyses the functions and activities of online petitions. These functions and activities are analysed based on two successful Indonesian Change.org petitions, namely `#TolakRUUPermusikan` as Case Study 1 and `Presiden Jokowi, Jangan Setujui RKUHP di Sidang Paripurna DPR` as Case Study 2. Both case studies are examined individually first, and this is done in a descriptive manner. An embedded, multiple case study research is then utilised. The first embedded unit of analysis starts from the individual-level, the organisational-level to the system-level, while the second embedded unit of analysis are categorised by online and offline activities. The research paper finds that both case studies` functions and activities possess similarities and differences. Despite these similarities and differences, the research concludes that online petitions remain an important tool for policy advocacy, even though they are classified as a low threshold internet-based social movement tactic."
2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>