Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175895 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Paramita Winny Hapsari
"Tesis ini membahas mengenai budaya penggemar, yang dilihat dari perilaku konsumsi, pola produksi dan motivasi para penggemar khususnya kepada penggemar musik VOCALOID di Jepang. VOCALOID merupakan sebuah fenomena saat ini di Jepang, yang dimulai sejak merebaknya peranti lunak yang disebut Desktop Music. Para penggemar VOCALOID ini telah membentuk komunitas besar yang bisa disebut sebagai fandom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perilaku konsumsi dan pola produksi yang dilakukan oleh komunitas penggemar musik VOCALOID serta motivasi mereka dalam menggemari musik-musik VOCALOID sebagai budaya penggemar. Komunitas penggemar musik VOCALOID ini melakukan proses konsumsi seperti penggemar lainnya, seperti membeli benda-benda kecil kegemaran mereka. Mereka juga melakukan kegiatan produksi yang membuktikan bahwa mereka merupakan penggemar aktif yang mampu menghasilkan nilai ekonomis tersendiri. Motivasi mereka dalam menggemari musik VOCALOID ternyata juga dipengaruhi oleh keadaan sosial masyarakatnya. Motivasi para penggemar inilah yang membuat mereka bersatu. Sesuai dengan konsep yang diungkapkan oleh Henry Jenkins, bahwa mayoritas dari penggemar tersebut tertarik pada hal-hal kecil dari objek fandom mereka dan menghabiskan sebagian besar waktu dan energi mereka dengan terlibat dalam kegiatan –kegiatan tertentu yang biasa dilakukan oleh fandom. Kegiatan yang dilakukan oleh individu-individu dalam fandom inilah yang bisa dikatakan sebagai budaya penggemar.

This thesis discusses about fan culture, as seen from the behavior of consumption, production patterns and fans motivations, especially from the VOCALOID music fans in Japan. VOCALOID is a current phenomenon in Japan, which started since the outbreak of software called Desktop Music. VOCALOID fans have formed large communities that can be called a fandom. The purpose of this study is to analyze the behavior of consumption and production patterns made by community of VOCALOID music fans as well as their motivation to like the music as a fan culture. This VOCALOID music fans are different from the consumption process as other fans. They are doing some production activities which differ them from other fans. This means that they are an active fans. They are capable of generating the economic value of its own. Their motivation for liking VOCALOID music was influenced by their society circumstances. The motivation of the fans is what brought them together. In accordance with the concept expressed by Henry Jenkins, that the majority of the fans are interested in the minutiae of the object of their fandom and spend most of their time and energy to engage in certain activities commonly conducted by the fandom. Activities undertaken by individuals in this fandom that can be regarded as fan culture.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhealma Nuhasti Avicena Fabian
"Mengoleksi merupakan salah satu budaya penggemar K-Pop. Photo card selama dua tahun terakhir menjadi komoditas koleksi yang paling banyak diminati di dalam fandom K-Pop. Bersamaan dengan tingginya minat koleksi photo card, muncul perubahan perilaku penggemar yang menjadi obsesif dan protektif terhadap photo card. Penelitian ini ditujukan untuk melihat perubahan perilaku konsumsi dan pemaknaan oleh penggemar terhadap photo card serta budaya penggemar mengoleksi photo card. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis keterlibatan emosional pada perubahan perilaku penggemar. Data yang diperoleh menjelaskan mengenai bagaimana perilaku penggemar dalam menjalankan dan memaknai aktivitas budaya penggemar koleksi photo card. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mencakup wawancara mendalam secara daring dan kajian pustaka. Informan yang terlibat merupakan penggemar K-Pop yang turut berpartisipasi menjadi kolektor photo card selama dua tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi yang dilakukan penggemar K-Pop dalam budaya penggemar koleksi photo card, dilakukan atas hubungan emosional, seperti hubungan parasosial, yang terbentuk pada penggemar terhadap idola dan sesama penggemar. Keterlibatan emosional dan perilaku konsumsi juga menjadi sesuatu yang saling berhubungan dan berpengaruh dalam pembentukan pola perilaku dan pemaknaan baru oleh penggemar terhadap photo card.

One aspect of K-Pop fan culture is collecting. Photo cards for the last two years have become the most sought-after collections in the K-Pop fandom. Along with becoming a collection of interests, comes a shift in obsessive fan behavior and protective photo cards. This study is aimed at looking at changes in consumption behavior and meaning among photo card fans and the culture of collecting photo cards. This research was conducted by analyzing the emotional interactions of changes in fan behavior. The data obtained explains the behavior of fans in carrying out and interpreting the cultural activities of photo card collections. This study uses a qualitative method, which includes in-depth interviews and literature reviews. Informants involved are K-Pop fans who participated as photo card collectors for the last two years. The results show that the consumption behavior of K-Pop fans in the fan culture of photo card collections is based on emotional relationships, such as parasocial relationships, which are formed by fans towards idols and fellow fans. Involvement and consumption behavior are also interconnected and influential in the formation of new behavior patterns and meanings by fans of photo cards."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridho Hadiantoro
"ABSTRAK
Merchandise jersey telah melekat dengan para fans olah raga sepak bola. Hal tersebut tidak terlepas dari komersialisasi dalam industri olah raga yang merambah komunitas fans-nya, sehingga melalui produksi merchandise secara terus menerus dan dalam jumlah banyak, fans olah raga terus menerus melakukan aktivitas mengonsumsi produk industri tersebut Studi-studi konsumsi dalam konteks olah raga sebelumnya cenderung memisahkan pembahasan terkait konsumsi yang didorong oleh keterkaitan identitas fans dengan tim olah raga tertentu dan konsumsi yang didorong oleh branding tim-tim olah raga. Artikel ini berargumen bahwa identifikasi terhadap identitas komunitas fans dan komersialisasi olah raga melalui produksi merchandise mendorong gaya hidup konsumsi di kalangan fans sepak bola, akibatnya kebutuhan mengonsumsi merchandise menjadi bagian yang melekat dengan identitas fans itu sendiri. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara dengan para anggota Komunitas Jersey Jakarta dan komunitas-komunitas kolektor jersey berdasarkan klub sepak bola.

ABSTRACT
Merchandise such as jersey or football shirt has been embedded in football fan. It cannot be separated from the commercialization in sports industry which had been penetrated to fan community, so that through continuous and massive merchandise production, sports fan keeps consuming those industry products. The previous studies about consumption in sports context tend to distinguish discussion about consumption which pushed by the linkages between fan identity and certain sports team and consumption which pushed by sports team branding. This article argues that identification towards fan community identity and sports commercialization through merchandise production push consumption lifestyle in football fans, as a result the need of consuming merchandise is becoming attached part of fan identity itself. This study used qualitative method through observation and interview with member of Komunitas Jersey Jakarta and several jersey collector communities based on football club."
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Janthi Dharma Shanty
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk menunjukkan konstruksi identitas Islam dalam perumahan Qoryatussalam Sani, salah satu dari banyak perumahan Muslim baru di kota Depok. Terletak di sisi Jalan KSU, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Qoryatussalam Sani dibangun pada tahun 2010 mengusung konsep Masyarakat Madani Baru yang didasari ideologi Tarbiyah konservatif. Dalam memasarkan produknya, perumahan ini tidak semata-mata berfokus pada dimensi fisik bangunan, tetapi lebih kepada pembangunan komunitas Islamnya. Orientasi ini terlihat dari brosur dan iklan yang menekankan pada aktivitas-aktivitas keagamaannya. Sementara itu, perumahan ini berlokasi di wilayah Kampung Parung Serab yang dihuni oleh masyarakat Muslim yang heterogen. Tesis ini memperlihatkan bahwa dalam paradigma hegemonik ideologi Tarbiyah, ada ruang untuk negosiasi dan kontestasi dari dalam dan luar masyarakat.

ABSTRACT
This Thesis aims at showing the Islamic identity construction in the Qoryatussalam Sani housing compound, one of the new Islamic housing estates in Depok. Next to the KSU road in the Sukmajaya regency, Depok, West Java, Qoryatussalam Sani, which was established in 2010, promotes the concept of the New Madinan Society, with an underlying conservative Tarbiyah ideology. In marketing the product, this housing estate does not focus merely on the physical dimension of the housing, but more on the Islamic community building. This orientation can be seen in the promotional brochures and advertisement, which stress on the proposed religious activities. At the same time, this housing estate is located in a Parung Serab village, with a more heterogenous, albeit Islamic settlers. The thesis argues that within the growingly strong hegemonic paradigm of the Tarbiyah ideology, there is a room for negotiation and contestation from within and outside the community."
2015
T48285
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edria Sandika
"Tesis ini membahas observasi dan partisipasi kegiatan komunitas tokusatsu dalam kaitannya dengan budaya konsumsi dan dinamika budaya penggemar teks budaya populer tokusatsu di indonesia. penelitian etnografis ini bertujuan untuk melihat interaksi budaya penggemar dalam komunitas yang menggemari budaya populer dan produksi budaya yang tercipta dari kegiatan penggemar budaya tersebut. hasil penelitian menyimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan di komutoku merupakan bentuk konsumsi kreatif dan menjadi komunitas sosial alternatif bagi penggemarnya.

This thesis discusses the observation and participation of tokusatsu community activities in relation to the culture of consumption and the dynamics of the fan culture of the popular tokusatsu cultural texts in Indonesia. This ethnographic study aims to see the interaction of fan culture in the community who favor popular culture and cultural production created by the activities of these cultural enthusiasts. the results of the study concluded that the activities carried out in comedy are a form of creative consumption and an alternative social community for fans."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T38590
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wina Diane Sari
"ABSTRAK
Pasar doujinshi merupakan sebuah tren yang berkembang di kalangan fans di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan. Pasar doujinshi merupakan bentuk dari budaya partisipatif yang menaungi fans untuk memiliki peran sebagai produser kebudayaan. Dalam budaya doujin, sebagian besar fans menciptakan karya turunan berdasarkan karya yang telah ada sebelumnnya, khususnya manga, anime, dan game. Lima tingkatan aktivitas fandom dalam budaya partisipatsi yang dicetuskan oleh Henry Jenkins dipakai untuk menganalisis hubungan antara pasar doujinshi di Indonesia, perilaku konsumsi produk bajakan oleh fans di Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa mesikpun doujinshi adalah produk unofficial, fans sebagai konsumen lebih memilih untuk membeli doujinshi dan bentuk fan merchandise lainnya daripada produk bajakan.

ABSTRACT
Doujinshi market has been a trend in recent years among Indonesian fans. It is a form of participation culture where fans also have roles as cultural producer. In doujin culture, majority of fans create derivative works based on existing works, especially manga, anime, and games. Henry Jenkins rsquo five levels of fandom activity in participatory culture are used to analyze the correlation between doujinshi market in Indonesia, and counterfeit goods consumption behavior by Indonesian fans. This research found that despite doujinshi is also a form of unofficial product, fans as consumer prefer to buy doujinshi and other form of fan merchandises rather than buying counterfeit products. "
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Varia Putri
"ABSTRAK
Kesuksesan dan popularitas boyband Korea Selatan bernama Wanna One tidak hanya semata-mata hasil kerja keras dari para anggota Wanna One saja, tetapi juga berkat adanya keterlibatan penggemar dalam berperilaku terhadap Wanna One sebagai media personae. Jurnal ini menganalisis perilaku penggemar terhadap Wanna One berdasarkan empat proses keterlibatan penonton terhadap media personae, yaitu transportasi, interaksi parasosial, identifikasi, dan pemujaan worship . Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk menjelaskan perilaku penggemar terhadap Wanna One berdasarkan empat proses keterlibatan penonton terhadap media personae. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan sumber data diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku penggemar terhadap Wanna One berbeda berdasarkan proses keterlibatan penonton terhadap media personae yang telah dialami.

ABSTRACT
The success and popularity of South Korean boyband, namely Wanna One is realizing not only because of Wanna One members rsquo hardwork, but also because of fans behavior involvement towards Wanna One as the media personae. This journal analyzes the behavior of fans towards Wanna One based on the four audience processes involvement with media personae, such as transportation, parasocial interaction, identification, and worship. The purpose of writing this journal is to explain the behavior of fans towards Wanna One based on the four audience processes involvement with the media personae. This Journal used descriptive qualitative research method. The collecting data of this research based on literature studies. The result of this research shows the differences of fans rsquo behavior towards Wanna One referring to the experience of audience involvement process with personae media."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Dewi Arlusy
"[ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang karakter Hello Kitty merupakan brand yang identik dengan generasi anak-anak dan gadis muda, namun digemari juga oleh generasi usia dewasa di Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa motivasi penggemar Hello Kitty dalam Kitty Chan Fan Club yang konsistensi menggemari Hello Kitty hingga saat ini. Penulis melakukan analisis motivasi penggemar Hello Kitty dengan menggunakan konsep encoding-decoding oleh Stuart Hall dan Sirkuit Kebudayaan oleh Paul du Gay. Penggemar Hello Kitty dalam Kitty Chan Fan Club menerima sepenuhnya ?pesan? yang disampaikan oleh Sanrio melalui karakter Hello Kitty. Kemudian anggota Kitty Chan Fan Club melakukan proses konsumsi seperti penggemar lainnya, membeli produk-produk Hello Kitty dan mengumpulkan dengan jumlah hingga ribuan item. Sehingga memberi identitas pada mereka sebagai penggemar Hello Kitty. Dari analisis tersebut didapat motivasi mereka dalam menggemari Hello Kitty. Mereka mendapatkan perasaan bahagia ketika bersama dengan Hello Kitty. Motivasi inilah yang melatarbelakangi para penggemar Hello Kitty dalam komunitas Kitty Chan Fan Club konsisten menggemari Hello Kitty.

ABSTRACT
This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ?message? delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty.;This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ?message? delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty.;This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ?message? delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty., This study discusses the character Hello Kitty is a brand that is synonymous with generations of children and young girls, but also favored by generations od adulthood in Japan. The purpose of this study is to analyze the motivation of fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club that consistency fond of Hello Kitty to date. The authors analyze the motivation of Hello Kitty fans by using the concept of encoding-decoding by Stuart Hall and the Circuit of Culture by Paul du Gay. Fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club receive the full ‘message’ delivered by Sanrio character Hello Kitty through. Then Kitty Chan Fan Club members perform processes such as the consumption of other fans, buy Hello Kitty products and collect the amount of up to thousands of items. So give identity to them as a fan of Hello Kitty. Obtained from the analysis of their motivation fond of Hello Kitty. They get a feeling of happiness when shared with Hello Kitty. Motivation is what lies behind the fans of Hello Kitty in Kitty Chan Fan Club community consistently fond of Hello Kitty.]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irawan Prayoga
"Tesis ini membahas tenlang studi strukturasi lerhadap musik indie di Jakarta. Secara khusus, penelitian ini melihat struktur dominasi induslri musik major label dan bagaimana produksi/rcproduksi sistem nilai pada musik indie tersebut_ Pcnclilian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis kritis. Dengan menggunakan pendekatan sosiokulluml, penelitian ini memakai teori strukturasi Anthony Giddens. Hasil penelitian menemukan bahwa sistem nilai yang dibangun oleh musik indie merupakan suatu relasi oposisi terhadap sistem nilai musik major label. Sistem nilai pamungkas milik musik indie yang tidak dapat disentuh oleh kapitalis adalah free culture."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33844
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yusufa Islam Armyando
"Kemajuan teknologi membawa perubahan dalam industri musik, baik dari sisi konsumen dan produsen. Konsumen kini memiliki akses terhadap musik yang sangat luas dengan layanan on-demand music streaming yang turut membentuk perilaku mereka. Produsen juga dapat memproduksi musik lebih mudah dengan bantuan digital audio workstation. Kemudahan yang dibawa oleh transformasi digital ini memungkinkan musisi independen untuk mencapai pasar yang semakin tersegmentasi. Penggemar dari kelompok musik pun akan muncul dan berkemungkinan besar untuk membentuk brand community mereka masing-masing. Perwujudan brand community tersebut dapat ditemui dalam skena musik indie di Indonesia, dalam hal ini adalah Kelelawar sebagai brand community penyuka kelompok musik .Feast. Penelitian ini mengungkap proses pembentukan brand community “Kelelawar” dan praktik mereka sebagai brand community. Praktik ini meliput ritual moshing, pembelian mechandise, berkumpul bersama, sampai pembuatan konten media sosial.

Technological advancement bring a change into the music industry. That applies on consumer and producer side. Consumers nowadays have a wide access into music with help of on-demand music streaming services. The producers also could produce music easier with the help of digital audio workstation. The easiness that bought with the digital transformation enable independent musician to reach more segmented market. The fans of those music groups will emerge and could make their own brand community. The embodiment of that brand community can be found on Indonesia’s indie music scene. This research take Kelelawar as that embodiment as .Feast’s brand community. This research uncover the building process of “Kelelawar” brand community and their practices as a brand community. The practices includes moshing ritual, merchandise buying, get together, until making social media content.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>