Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5493 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Thornburg, Ryan
"The dazzling speed of change in online journalism can mask a simple truth: online news is still news. Cutting-edge technology benefits the audience only when journalists apply it in the service of good stories. Building on a foundation of news stories, Producing Online News shows students how to use the right tools to get the right information to the right people at the right time. The goal is to become a full-fledged online news producer and transform stories into a complete news experience for an ever more demanding audience."
Washington, DC: CQ Press, 2011
070.4 THO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fijri Sandra Zakaria
"Media sebagai salah satu alat komunikasi dapat memengaruhi sudut pandang pembaca terhadap informasi yang disampaikan. Kasus penembakan warga negara Georgia Zemlikhan Khangoshvili sebagai salah satu kasus yang mendapat perhatian dari pemerintah Jerman. Kasus ini diduga adanya campur tangan pemerintah Rusia karena Khangoshvili dilaporkan pernah terlibat dalam aksi terorisme di Kaukasus Utara (2004). Pengadilan Berlin kemudian memvonis seorang warga negara Rusia, Vadim Krasikov sebagai tersangka kasus penembakan Khangoshvili. Bias pemberitaan pada putusan dan media pemberitaan kasus Khangoshvili menyebabkan putusan persona non grata terhadap dua orang diplomat Rusia dari Jerman dan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Pan dan Kosicki untuk mengidentifikasi realitas yang dibingkai oleh suatu media dengan menganalisis struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Media berita yang digunakan adalah DW milik Jerman dan RIA Novosti miliki Rusia, keduanya merupakan media berita yang didanai oleh pemerintah setempat. Hasil penelitian menemukan adanya realitas pada media berita DW tuduhan kepada pemerintah Rusia berupa hubungan kasus Khangoshvili dengan kasus Skripal di Inggris (2017). Berbeda dengan RIA Novosti, RIA menampilkan Khangoshvili sebagai seseorang yang terlibat aksi terorisme di Kaukasus Utara. Tuduhan konsisten yang ditampilkan oleh Jerman menyebabkan putusan yang bersifat bias.

Media as a communication can influence the reader’s perspective on the information conveyed. The shooting case of Georgian citizen Georgia Zemlikhan Khangoshvili is one of the cases that got attention from the German government. In this case, the Russian government suspected there was interference because Khangoshvili was reported involved in acts of terrorism in the North Caucasus (2004). A Berlin court convicted a Russian citizen, Vadim Krasikov, as a suspect in Khangoshvili case. The bias in reporting on the verdict and the media reporting on the Khangoshvili case led to persona non grata against two Russian diplomats from Germany and vice versa. This study uses analysis framing Pan and Kosicki method to identify reality framed by a media by analyzing the syntactic, script, thematic, and rhetorical structures. The news media used are Germany’s DW and Russia’s RIA Novosti, both of which are news media funded by the local government. The results of this study found that there was a reality in DW which accused the Russian government of the relationship between Khangoshvili case and Skripal case in England (2018). Unlike RIA Novosti, RIA shows Khangoshvili as terrorism in North Caucasus. The consistent accusations from Germany led to a biased verdict."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sherly Haristya
"Dengan karakter kebaruan yang dimiliki oleh berita online sebagai salah satu bentuk computer mediated communication: multimediality, archivaiity, hypertextuality, dan interactivity, user semakin dihadapkan kepada informasi yang beragam di dalam berita online dan semakin memiliki kebebasan untuk mengklik informasi mana yang mereka inginkan. Di tengah hal tersebut maka dengan menggunakankonsep audiens aktif, penelitian ini berusaha melihat aktivitas pencarian informasi di da!am konsumsi berita online oleh user digital native yang merupakan salah satu pengakses berita online yang akan menjadi langkah perkembangan teknologi baru di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus intrinsik dan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Ditemukan bahwa aktivitas user bergerak dari sekedar resepsi kepada pencarian, konsultasi, dan interaksi yang semakin gencar lagi dan personal di tengah konten berita online yang semakin beragam.

With its novelty characteristics as a form of computer mediated communication: multimediality, archivality, hypertextuality, and interactivity, users of online news more confronted to various information and freedom to read the information they need. Considering those matters, with the use of active audience concept, this research tried to analyse infoimation seeking activity in consuming online news by digital native users who are going to forge new technologies development in the future. This study used an intrinsic case study approach and qualitative method with in-depth interviews as data collection techniques. It is found that users' activity in this research is not only reception but to the more frequent and personal search, consultation, and interaction among various information in online news."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T28502
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Dony Rahman
"ABSTRAK
Analisis Situasi Jurnalisme tidak lepas dari salah satu cakupannya yaitu Jurnalisme Olahraga, ketertarikan khalayak terhadap konten jurnalistik di bidang olahraga pun terbilang sesuatu yang signifikan karena berita ndash; berita olahraga bisa dibilang mengandung materi yang lsquo;ringan rsquo; namun banyak dicari oleh khalayak. Hal inilah yang mengakibatkan menjamurnya berbagai bentuk media bertemakan olahraga, khususnya di media online.Futsal sekarang menjadi salah satu olahraga yang paling digandrungi banyak remaja hingga dewasa dalam beberapa tahun terakhir. Terbukti dari banyaknya kompetisi ndash; kompetisi futsal tingkat SMA, Mahasiswa dan umum yang ada di indonesia. Tentu kalangan pecinta futsal pun membutuhkan informasi terkini mengenai serba serbi futsal yang ada di indonesia maupun di luar negeri. Namun, sedikitnya portal berita yang menyediakan berita khusus futsal sampai saat ini hanya bolalob.com menyebabkan belum adanya berita yang berkualitas serta mendalam untuk disebarkan ke khalayak umum, khususnya pecinta futsal di tanah air.BAGIAN 2Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe Manfaat Bagi Khalayak: Futsalisme menjadi media untuk para khalayaknya untuk menambah wawasannya terhadap isu dan kejadian yang sedang terjadi dalam dunia futsal. Menambah referensi dan pengetahuan baru untuk khalayak terapkan di kehidupan nyata, khususnya dalam bermain futsal. Memberikan kemudahan akses para khalayaknya untuk mengonsumsi informasi tentang futsal karena bisa diakses lewat berbagai perangkat berkoneksi internet. Menawarkan sebuah alternatif bagi khalayak untuk dapat mengonsumsi berita dalam kemasan yang sesuai dengan kaidah jurnalistik yang ada.Manfaat bagi pengelola: Meningkatkan kesadaran pengelola untuk mencari info yang penting untuk dimuat di Futsalisme. Menerapkan ilmu yang sudah pengelola dapatkan di bidang jurnalisme. Mendapat informasi yang lebih mendalam untuk pengelola sendiri, karena pengelola terjun langsung dalam mengolah berita. Mendapatkan keuntungan dari berbagai iklan yang masuk Menjadi sumber penghasilan bagi pengelola mediaTujuan: Menjadi pilihan utama khalayak untuk mendapat informasi secara mendalam tentang futsal baik dalam maupun luar negeri. Menambah wawasan tentang penerapan penulisan jurnalistik secara baik dan benar di bidang jurnalisme olahraga. Menawarkan inspirasi para pembaca dengan semua konten berita yang ada di dalam portal berita online Futsalisme. Dapat diakses berbagai kalangan baik yang baru mengikuti perkembangan dunia futsal ataupun yang sudah lama mengikuti berita berita futsal. Strengths: Portal berita didukung dengan rubrikasi yang beragam sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembacanya. Meski targetnya jelas, namun majalah ini juga memungkinkan diakses oleh khalayak diluar target utama khalayak.Weaknesses: pengelola media kurang berpengalaman, modal terbatasOpportunities: hadir dengan sesuatu yang baruThreats: kompetitor yang lebih kuat, isu royalti yang mengancam keberadaan situsBAGIAN 3Prototype yang Dikembangkan Prototype yang dikembangkan adalah portal berita olahraga bernama Futsal Is Me. Pemilihan portal berita ini berdasarkan hasil riset khalayak yang disebar ke 30 responden. Target primer media ini adalah remaja yang menyukai olahraga futsal. Target sekundernya adalah adalah khalayak yang senang mencari tahu sesuatu yang baru dan mempunyai akses internet, berumur 16 ndash; 35 tahun, SES B-C-D.BAGIAN 4Evaluasi Pre-test dilakukan dengan cara menyebar kuesioner online dan prototype Futsal Is Me kepada masing-masing 30 responden yang sebelumnya pernah mengisi kuesioner riset khalayak dan membuka website Futsal Is Me. Sebelum menjawab kuesioner pre-test, responden harus melihat prototype terlebih dahulu. Evaluasi akan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisikan pranala portal berita Futsalisme dan kuesioner berbentuk online ke e-mail para responden yang telah mengakses portal berita Futsal Is Me. Selain itu, pengelola menyediakan laman Kritik dan Saran untuk menampung segala masukan dari para pengakses situs.Input: mengukur keinginan dan kebutuhan khalayak dari kualitas konten yang dimuat di situs baik isi maupun cara penyampaian.Output: laman Kritik dan Saran yang disediakan di situsOutcome: menggunakan instrumen observasi langsung kepada para responden yang merupakan khalayak pengakses portal berita Futsalisme, evaluasi ini birsa berbentuk wawancara ataupun Focus Group Discussion FGD . BAGIAN 5Anggaran Anggaran pembuatan prototype : Rp 2.125.000Investasi Awal : Rp 96.750.000Total Pengeluaran Bulanan : Rp 87.900.000Total Pengeluaran Per Tahun : Rp 1.054.800.000Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama : Rp 913.275.000Perkiraan Pendapatan Tahun Kedua : Rp 2.694.600.000Perkiraan Rugi Tahun Pertama : -Rp 275.983.500 Perkiraan Laba Tahun Kedua : Rp 1.255.956.000BEP akan dicapai pada tahun kedua bulan kedua.

ABSTRACT
Situation Analysis Journalism can not be separated from sports journalism, the public interest against the content in the field of sports journalism was something significant because the news arguably contain material that 39 light 39 but much sought after by the audience. This has resulted in the proliferation of various forms of sports themed media, especially in online media. Futsal is now becoming one of the sport 39 s most loved by many teenagers and adults in recent years. Evident from the competition futsal competition high school level, students and the public in Indonesia. Of course, futsal enthusiasts also need the latest information about sundries futsal in Indonesia and abroad. However, at least the news portal that provides customized news futsal until now only bolalob.com led to the absence of quality news and in depth for distribution to the general public, especially futsal enthusiasts in the country.PART 2Benefits and Objectives Benefits for Audience Futsalisme become a medium for the audience to add his insights to the issues and events that are happening in the world of futsal. Adding a reference and apply new knowledge to audiences in real life, especially in playing futsal. Provide easy access to the audience to consume information about futsal because it can be accessed through a variety of internet connected devices. Offer an alternative for the audience to be able to consume news in packaging in accordance with existing rules of journalism.Benefits for administrator Raising awareness of managers to find the info that 39 s important to be loaded in Futsalisme. Applying the science that has been the manager get in journalism. Got more in depth information for its own managers, because managers directly involved in processing the news. Benefit from the various advertising sign in Become a source of income for media managersObjectives Become the ultimate choice of the public to obtain in depth information about futsal both inside and outside the country. Add knowledge about the application of journalistic writing is good and true in the field of sports journalism. Offering inspiring readers with all the news content in the online news portal Futsalisme. Accessible various groups following the development of the world 39 s new futsal or who have long followed news futsal news. Strengths powered with diverse rubric, so as to meet the needs of readers. Despite the obvious target, but also allows the magazine accessible to audiences outside of the main target audiences.Weaknesses less experienced media managers, limited capitalOpportunities comes with something newThreats competitors are more powerful, royalty issues that threaten the existence of the sitePART 3Prototype The prototype that are being developed is a type of news portal named Futsal Is Me. This news portal is chosen based on our research that has been spread to 30 respondents. The prime target of this media is the teenagers who love the sport of futsal, the secondary target is the people who pleased to find out something new and have internet access, aged 16 35 years, SES B C D. PART 4Evaluation The Pre test is done by spreading the online questioner and Futsal Is Me rsquo s prototype to each of the 30 respondents that has filled the research rsquo s questioner. Respondents are required to see the prototype before filling the pre test rsquo s questioner. Evaluation is done by sending link of the Futsal Is Me portal through the online questioner to the respondents rsquo s email. Other than that, evaluation was also done by comment box in every articles with the direct observation from the administrator and followed by in depth interviews to a number of respondents. Input to seek public 39 s wants and needs from the quality of the message, content, and medium.Output Futsal Is Me evaluation through comment box and Kritik dan Saran page.Outcome Changing attitudes and behavior of readers. The instruments will be using Focus Group Discussion FGD . PART 5Budgeting Production of Prototype rsquo s Budget Rp 2.125.000Initial Investment Rp 96.750.000Total of Monthly Expenses Rp 87.900.000Total of Annual Expenses Rp 1.054.800.000First Year rsquo s Predicted Income Rp 913.275.000Second Year rsquo s Predicted Income Rp 2.694.600.000First Year 39 s Predicted Loss Rp 275.983.500 Second Year 39 s Predicted Profit Rp 1.255.956.000 BEP will be reached in the second year on the second month. "
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Larashayu Prima Hapsari
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas program REDD+ sebagai skema yang dibentuk PBB dalam upaya mengatasi dampak perubahan iklim, ditinjau dari gambaran yang dipublikasikan Media Indonesia online. Media Indonesia online dipilih karena selain menjadi salah satu media massa nasional beroplah tinggi, juga setiap saat dapat diakses secara cepat, mudah dan praktis. Konten berita dianalisis secara deskriptif menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita mengenai program REDD+ di Media Indonesia online secara implisit mengutamakan ideologi pemilik modal dan mendukung kapitalisme pemerintah dalam mengelola keuntungan yang didapat dari program REDD+.

ABSTRACT
This thesis is discussing about REDD+ program as scheme made by the UN in their effort to overcome the impact of climate change that was reviewed in online version of Media Indonesia. Media Indonesia online was chosen as it is one of the biggest circulation national media, easily accessed, simple and practical. The news content is about REDD+ program which analyzed descriptively using quantitative research method. The result of the research indicated that news about REDD+ in Media Indonesia online prioritizes implicitly the ideology of its hareholders and frames the government's capitalism in managing profit from REDD+ program."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rumaysha Gikha Nisrina
"Media daring memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk realitas di masyarakat. Realitas yang disajikan terkait dengan banyak aspek termasuk mengenai identitas gender. Sebagai kelompok minoritas, perempuan kerap kali dilekatkan dengan stereotip gender dalam pemberitaan di media daring, termasuk di bidang olahraga yang identik dengan maskulinitas. Atlet perempuan rentan mengalami body shaming karena pandangan patriarkis yang hanya menitikberatkan pada penampilan fisik atlet. Melalui penelitian ini, peneliti berusaha untuk menemukan makna yang terdapat dalam teks berita olahraga di media daring dalam konteks kesetaraan gender. Kasus yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kasus body shaming yang dialami oleh atlet angkat besi Indonesia Nurul Akmal pasca partisipasinya di Olimpiade Tokyo 2020 pada delapan portal berita media daring yakni CNNIndonesia.com, Kompas.com, Tempo.co, Detik.com, Republika.co.id, Liputan6.com dan Okezone.com dengan menggunakan metode analisis teks dari Alan McKee dan dan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif serta paradigma konstruktivis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam 8 teks berita media daring, terdapat konstruksi realitas bahwa komentar negatif mengenai bentuk tubuh atau body shaming yang dialami oleh atlet perempuan merupakan candaan semata dan atlet perempuan yang mengalami pelecehan fisik atau body shaming berada dalam posisi subordinat sehingga tidak berdaya untuk melakukan perlawanan atas apa yang dialami.

Online media have a significant influence in shaping reality in society. The reality presented is related to many aspects including gender identity. As a minority group, women are often attached to gender stereotypes in online media coverage, including in sports which are identical with masculinity. Female athletes are prone to body shaming because of the patriarchal view that only focuses on the athlete's physical appearance. Through this research, the researcher tries to find the meaning contained in the text of sports news in online media in the context of gender equality. The case selected as the research sample was the case of body shaming experienced by Indonesian weightlifter Nurul Akmal after his participation in the 2020 Tokyo Olympics on eight online media news portals namely CNNIndonesia.com, Kompas.com, Tempo.co, Detik.com, Republika.co.id, Liputan6.com and Okezone.com analyzed using text analysis method from Alan McKee and descriptive qualitative approach with constructivist paradigm. The results show that in 8 online media news texts, there is a reality construction that negative comments about body shape or body shaming experienced by female athletes are just a joke and female athletes who experience physical abuse or body shaming are in a subordinate position so they are powerless to do any resistance to what happened.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rendra
"Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meneliti perbedaan perceived risk antara online shoppers dan non-online shoppers pada jual beli online. Non online shoppers adalah responden yang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam berbelanja online. Sedangkan online shoppers adalah responden yang sudah memiliki pengalaman dalam berbelanja secara online.Dalam penelitian ini penulis mengkhususkan objek penelitiannya yaitu jual beli melalui media internet dalam bentuk forum jual beli. Dimensi-dimensi perceived risk yang digunakan dalam penelitian ini adalah financial risk, psychological, time risk, privacy risk, fraud risk, product risk, information risk, dan delivery risk. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa terdapat perbedaan perceived risk antara online shoppers (pada forum jual beli kaskus.us) dan nononline shoppers pada jual beli online di internet. Responden non-online shoppers mempunyai nilai rata-rata perceived risk yang lebih tinggi dari online shoppers yang artinya responden non-online shoppers merasakan risiko lebih tinggi daripada responden online shoppers.

The main purpose of this study was to examine the perceived risks diferent between online shoppers and non-online shoppers at e-commerce. Non-online shoppers is respondent's cattegory who had no experience at all in online shopping. While online shoppers is the respondents who already had experience in in online shopping. This study specialize the form of buy and sell forum as research object. In this study also elaborated the dimentions of perceived risk in online shopping at pervious research. Those the dimensions of perceived risk used in this study is financial risk, psychological, time risk, privacy risk, fraud rsik, product risk, information risk, and delivery risk. The results of this study, it is known that there are differences between online shopper's perceived risk (in the buy and sell forum kaskus.us) and non-online shopper's perceived risk in online shopping. As expected, non-online shoppers viewed online shopping riskier than did online shoppers."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Puspita
"[ABSTRAK
Tesis ini bertujuan mengungkap dampak kapitalisme baru terhadap jurnalisme
online. Kapitalisme baru dibangun dengan logika jangka pendek, yaitu proses
harus berlangsung dengan cepat untuk mendapatkan keuntungan. Penelitian ini
menggunakan paradigma kritis dan studi kasus sebagai strategi penelitiannya.
Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis berita. Metode
analisis data, yaitu logika jangka pendek milik Richard Sennett. Determinasi
teknologi mendorong perusahaan terus berubah sehingga memunculkan
ketidakgunaan dan politik konsumsi yang menempatkan berita sebagai komoditas.
Jurnalisme jangka pendek ditandai dengan berita ringkas, stripping, sensasional,
berbagi konten, topik terhangat, dan viewers. Logika jangka pendek
mengembalikan jurnalisme kuning ke media baru dan mengeksploitasi wartawan.

ABSTRACT
This thesis aims to reveal the impact of new capitalism on online journalism. The
new capitalism emphasis on short-term thinking. The process must be fast and
quick to gain profit for the company. This research uses a critical paradigm and
case studies as a research strategy. Data are collected through interviews,
observation, and content analysis. The method of data analysis is Richard
Sennett’s short-term thinking. Technological determination pushes media
company to keep change. This process led to the uselessness and political
consumption that put news become commodity. Short-term thinking on
journalism characterized by concise news, stripping, sensational, sharing content,
hot topic, and viewers. Short-term thinking brought yellow journalism to new
media and exploit journalists, This thesis aims to reveal the impact of new capitalism on online journalism. The
new capitalism emphasis on short-term thinking. The process must be fast and
quick to gain profit for the company. This research uses a critical paradigm and
case studies as a research strategy. Data are collected through interviews,
observation, and content analysis. The method of data analysis is Richard
Sennett’s short-term thinking. Technological determination pushes media
company to keep change. This process led to the uselessness and political
consumption that put news become commodity. Short-term thinking on
journalism characterized by concise news, stripping, sensational, sharing content,
hot topic, and viewers. Short-term thinking brought yellow journalism to new
media and exploit journalists]"
2015
T43736
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Caecilia Eersta A. Prihmartani
"Kidung Karsa merupakan situs berita daring mengenai kisah nostalgia yang diambil dari pengalaman hidup masyarakat. Khalayak sasaran media ini adalah usia 21-28 tahun yang aktif menggunakan internet setiap hari. Media ini akan menyebarkan kisah nostalgia, sesuai dengan tujuan jurnalisme sosial. Terdapat lima rubrik yang disesuaikan dengan kebutuhan khalayak sasaran, seperti Kisah Kemarin Sore yang membahas informasi mengenai kisah pengalaman masa lalu yang diambil dari sudut pandang masyarakat. Situs ini dibentuk untuk menyajikan informasi serta hiburan kepada khalayak melalui pop nostalgia. Tujuan dibuatnya media ini adalah menjadi situs berita daring yang dapat diandalkan dalam memberikan sensasi historical nostalgia dan collective nostalgia pada khalayak. Dahulu nostalgia dianggap sebagai sebuah penyakit psikologis yang berkaitan dengan gejala depresi pada diri seseorang. Seiring perkembangan waktu, kini nostalgia dianggap sebagai salah satu sarana psikologis yang membantu menenangkan jiwa seseorang ketika menghadapi dinamika kehidupan. Efek yang ditimbulkan dari nostalgia dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang.

Kidung Karsa is an online news site about nostalgic stories drawn from people's life experiences. The target audience for this media is 21-28 years old who actively use the internet every day. This media will spread nostalgic stories, in line with the aims of social journalism. There are five rubrics that are tailored to the needs of the target audience, such as Kisah Kemarin Sore which discusses information about stories of past experiences taken from the community's point of view. This site was formed to provide information and entertainment to audiences through pop nostalgia. The purpose of this media is to become an online news site that can be relied upon in providing historical nostalgia and collective nostalgia sensations to audiences. In the past, nostalgia was considered a psychological illness related to depression symptoms in a person. Over time, nostalgia is now considered a psychological tool that helps calm one's soul when facing the dynamics of life. The effect of nostalgia can make someone feel calmer."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Meissara Jovie Rosiana
"Konvergensi media menjadi salah satu strategi media bertahan dalam persaingan industri yang cukup kuat di era digital seperti saat ini. Kompas yang telah hadir lebih dari setengah abad sebagai media yang dipercaya masyarakat sebagai salah satu sumber berita yang kredibel pun ikut beradaptasi dengan mempraktikkan konvergensi media, sehingga lahir entitas baru salah satunya online. Sebagai entitas baru, Kompas.com melakukan rebranding untuk mempertegas positioning-nya.
Tesis ini menguraikan bagaimana strategi dalam proses rebranding Kompas.com. Penelitian ini dilakukan agar media baru yang semakin kompetitif dapat mempelajari strategi untuk penguatan branding dari salah satu media terbesar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan adalah Umbrella Branding Strategy yang menggunakan merek tunggal sebagai payung yakni, Kompas. Kemudian hasil dari strategi rebranding ini berimplikasi pada model bisnis Kompas.com untuk pertumbuhan pasar yang positif.

Media convergence became one of the media strategies to survive in digital era as it is today. Kompas has been present for more than half a century as a printed media which has trusted by the public as one of the credible news sources also participate in adapting to practice media convergence, so that the birth of new entities one of them online. As a new entity, Kompas.com rebranding to reinforce its positioning.
This thesis describes how the strategy in the process of rebranding Kompas.com. This research is conducted in order for an increasingly competitive new media to learn strategies for strengthening branding from one of the largest media in Indonesia. This research uses qualitative approach.
The results of this study shows that the strategy used is Umbrella Branding Strategy that uses a single brand as an umbrella namely, Kompas. Then the results of this rebranding strategy have implications on the market growth.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T48392
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>