Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10470 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sirait, Stefiani
"Bagian 1 Analisis Situasi: Lingkungan hidup tidak bisa terpisahkan dari manusia karena lingkungan sangat penting bagi kehidupan manusia, sehingga manusia perlu melestarikan lingkungan hidup. Kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab semua lapisan masyarakat, termasuk generasi muda yang merupakan agen perubahan di negara ini. Namun, kesadaran generasi muda akan melestarikan lingkungan hidup sangat minim karena pengetahuan akan lingkungan hidup sangat minim juga. Oleh karena itu, dengan dibuatnya program feature "TraxGreen Spotlight" di radio Trax FM dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran anak muda betapa pentingnya melestarikan lingkungan hidup.
Bagian 2 Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe: Manfaat bagi khalayak: pendengar dapat mengetahui dan menambah wawasan mengenai lingkungan hidup. Manfaat bagi pengelola: menimbulkan citra positif bagi stasiun radio Trax FM karena menyiarkan sebuah program yang bersifat mengangkat lingkungan hidup Indonesia Tujuan secara sosial: membentuk generasi muda yang peduli dan cinta terhadap lingkungan hidup Indonesia. Tujuan secara politik: menjadi data atau referensi pemerintah dalam menentukan program kerja pemerintah dalam gerakan peduli lingkungan.
Bagian 3 Prototipe yang Dikembangkan: Program ini berjudul "TraxGreen Spotlight", berformat feature, secara spesifik mengangkat isu tema lingkungan hidup di Indonesia, direncanakan untuk ditayangkan di radio TraxFM setiap hari Senin pukul 16.15 WIB selama 10 menit pada acara "Skuldesak". Program ini akan disiarkan ulang sebanyak dua kali dalam seminggu pada program yang berbeda, yaitu pada program "Morning Zone" hari Rabu pukul 07.15 WIB dan pada program "ClubSky" hari Jumat pukul 23.10 WIB. Program ini ditargetkan untuk khalayak anak muda yang berusia 15 - 25 tahun dengan S.E.S A dan B.
Bagian 4 Evaluasi: Pre-test terhadap prototipe akan dilakukan sebelum siaran dengan metode Focus Group Discussion (FGD) yang terdiri dari 20 pendengar Trax FM berusia 15 ? 25 tahun; menggunakan instrumen berupa Panduan FGD dan dilakukan setelah prototipe selesai dibuat. Evaluasi akan dilakukan setelah program disiarkan; dilakukan baik secara aktif maupun pasif. Metode yang akan digunakan adalah survei via telepon untuk evaluasi produksi dan kualitas program serta khalayak.
Bagian 5 Anggaran:
Jumlah total anggaran pembuatan prototipe program: Rp 240.000
Jumlah total anggaran pembuatan promosi program: Rp 84.000
Jumlah total biaya produksi selama 13 mingggu: Rp 5.304.000
Jumlah total/harga penjualan program selama 13 minggu sebelum
diskon Rp 44.000.000 dan setelah diskon Rp 24.000.000
Jumlah anggaran pre test: Rp 5.340.000
Jumlah anggaran evaluasi (post test): Rp 2.750.000
Jumlah anggaran evaluasi (post test): Rp 2.750.000

Part 1 Situation Analysis: Environment cannot be separated from human beings because it is very vital for human's life, so we need to preserve the environment very carefully. The environment preservation is our responsibility, altogether, especially the young generation as the agent of change in this country. Nowadays, young people are less aware to preserve the environment because in fact they are also lack of information and knowledge of doing so. Therefore, presenting feature program TraxGreen Spotlight in Trax FM hopefully can give information, and increase the awareness of young generation about the importance of preserving the environment.
Part 2 The Advantages and the Purposes of Prototype Development: The advantages to listeners: listeners can find out and increase knowledge of Indonesia's environment. The advantages for the radio station: create a positive image for the Trax FM radio station for broadcasting a program which promotes Indonesia?s environment. Purposes: socially, to establish young generation to be more aware and to love the environment wholeheartedly. Politically, it is used to be data or references for goverment to establish many programs of caring and preserving the evironment.
Part 3 The Developed Prototype: The program "TraxGreen Spotlight", is formatted as a feature, specifically to raise the local environmental issues as the main theme. The program is planned to be broadcasted on radio Trax FM every Monday at 4.15 pm for 10 minutes on the program "Skuldesak" and will be re-run twice a week in different programs every Wednesday at 07.15 am on the program "Morning Zone" and Friday at 23.10 pm on the program "ClubSky". This program is targeted for young people aged 15-25 years with Social and Economic Class A and B.
Part 4 The Evaluation: Pre-test of prototype will be performed before the program is aired, by using Focus Group Discussion (FGD) method, in which it is consisted of 20 listeners of Trax FM aged 15-25 years; the instrument that will be used is the form of FGD guide, and will be done after the prototype is made. Evaluation will be done after the program is aired. It will be done either actively or passively. The methods to be used: a telephone survey for the evaluation of production, examining the quality of programs by the audiences evaluation.
Part 5 Budget:
Total budget of prototipe program process : 240.000 IDR
Total budget of program promotion process: 84.000 IDR
Total budget of program production process for 13 weeks:
5.304.000 IDR
The price of program sale for 13 weeks before discount: 44.000.000 IDR
The price of program sale for 13 weeks before discount: 24.000.000 IDR
Total budget of pre test: 5.340.000 IDR
Total budget of evaluation (post-test): 2.750.000 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sirait, Stefiani
"Analisis Situasi
Lingkungan hidup tidak bisa terpisahkan dari manusia karena lingkungan sangat penting bagi kehidupan manusia, sehingga manusia perlu melestarikan lingkungan hidup. Kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab semua lapisan masyarakat, termasuk generasi muda yang merupakan agen perubahan di negara ini. Namun, kesadaran generasi muda akan melestarikan lingkungan hidup sangat minim karena pengetahuan akan lingkungan hidup sangat minim juga. Oleh karena itu, dengan dibuatnya program feature "TraxGreen Spotlight" di radio Trax FM dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran anak muda betapa pentingnya melestarikan lingkungan hidup.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat bagi khalayak: pendengar dapat mengetahui dan menambah wawasan mengenai lingkungan hidup.
Manfaat bagi pengelola: menimbulkan citra positif bagi stasiun radio Trax FM karena menyiarkan sebuah program yang bersifat mengangkat lingkungan hidup Indonesia
Tujuan secara sosial: membentuk generasi muda yang peduli dan cinta terhadap lingkungan hidup Indonesia. Tujuan secara politik: menjadi data atau referensi pemerintah dalam menentukan program kerja pemerintah dalam gerakan peduli lingkungan.
Prototipe yang Dikembangkan
Program ini berjudul "TraxGreen Spotlight", berformat feature, secara spesifik mengangkat isu tema lingkungan hidup di Indonesia, direncanakan untuk ditayangkan di radio TraxFM setiap hari Senin pukul 16.15 WIB selama 10 menit pada acara "Skuldesak". Program ini akan disiarkan ulang sebanyak dua kali dalam seminggu pada program yang berbeda, yaitu pada program "Morning Zone" hari Rabu pukul 07.15 WIB dan pada program "ClubSky" hari Jumat pukul 23.10 WIB. Program ini ditargetkan untuk khalayak anak muda yang berusia 15 - 25 tahun dengan S.E.S A dan B.
Evaluasi Pre-test terhadap prototipe akan dilakukan sebelum siaran dengan metode Focus Group Discussion (FGD) yang terdiri dari 20 pendengar Trax FM berusia 15 - 25 tahun; menggunakan instrumen berupa Panduan FGD dan dilakukan setelah prototipe selesai dibuat. Evaluasi akan dilakukan setelah program disiarkan; dilakukan baik secara aktif maupun pasif. Metode yang akan digunakan adalah survei via telepon untuk evaluasi produksi dan kualitas program serta khalayak.
Anggaran
􀁸 Jumlah total anggaran pembuatan prototipe program: Rp 240.000
􀁸 Jumlah total anggaran pembuatan promosi program: Rp 84.000
􀁸 Jumlah total biaya produksi selama 13 mingggu: Rp 5.304.000
􀁸 Jumlah total/harga penjualan program selama 13 minggu sebelum
diskon Rp 44.000.000 dan setelah diskon Rp 24.000.000
􀁸 Jumlah anggaran pre test: Rp 5.340.000
􀁸 Jumlah anggaran evaluasi (post test): Rp 2.750.000

Situation Analysis
Environment cannot be separated from human beings because it is very vital for human?s life, so we need to preserve the environment very carefully. The environment preservation is our responsibility, altogether, especially the young generation as the agent of change in this country. Nowadays, young people are less aware to preserve the environment because in fact they are also lack of information and knowledge of doing so. Therefore, presenting feature program TraxGreen Spotlight in Trax FM hopefully can give information, and increase the awareness of young generation about the importance of preserving the environment.
The Advantages and the Purposes of Prototype Development The advantages to listeners: listeners can find out and increase knowledge of Indonesia?s environment. The advantages for the radio station: create a positive image for the Trax FM radio station for broadcasting a program which promotes Indonesia?s environment.
Purposes: socially, to establish young generation to be more aware and to love the environment wholeheartedly. Politically, it is used to be data or references for goverment to establish many programs of caring and preserving the evironment.
The Developed Prototype
The program "TraxGreen Spotlight", is formatted as a feature, specifically to raise the local environmental issues as the main theme. The program is planned to be broadcasted on radio Trax FM every Monday at 4.15 pm for 10 minutes on the program "Skuldesak" and will be re-run twice a week in different programs every Wednesday at 07.15 am on the program "Morning Zone" and Friday at 23.10 pm on the program ?ClubSky?.This program is targeted for young people aged 15-25 years with Social and Economic Class A and B.
The Evaluation
􀁸 Pre-test of prototype will be performed before the program is aired, by using Focus Group Discussion (FGD) method, in which it is consisted of 20 listeners of Trax FM aged 15-25 years; the instrument that will be used is the form of FGD guide, and will be done after the prototype is made.
􀁸 Evaluation will be done after the program is aired. It will be done either actively or passively. The methods to be used: a telephone survey for the evaluation of production, examining the quality of programs by the audiences evaluation.
Budget
􀁸 Total budget of prototipe program process : 240.000 IDR
􀁸 Total budget of program promotion process: 84.000 IDR
􀁸 Total budget of program production process for 13 weeks: 5.304.000 IDR
􀁸 The price of program sale for 13 weeks before discount: 44.000.000 IDR
􀁸 The price of program sale for 13 weeks before discount: 24.000.000 IDR
􀁸 Total budget of pre test: 5.340.000 IDR
􀁸 Total budget of evaluation (post-test): 2.750.000 IDR.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Novita Soraya Christina
"Lingkungan demikian penting bagi manusia dan perlu dilestarikan untuk menjaga kelangsungannya. Tanggung jawab pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama termasuk generasi muda sebagai penerus bangsa. Media massa merupakan salah satu alat yang efektif untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya pelestarian lingkungan. Diperlukan media yang representatif dan dekat dengan generasi muda seperti radio guna membangun kesadaran dan kepedulian mereka akan lingkungan hidup.
Radio mahasiswa seperti RTC UI FM sebagai media dalam ?Green Campus? Universitas Indonesia tidak memiliki program yang membahas tentang lingkungan hidup. Radio mahasiswa sebagai radio komunitas sering dilupakan sebagai wadah penyebar informasi lingkungan hidup karena jangkauan siarannya yang terbatas. Padahal informasi tersebut seharusnya menjadi salah satu materi siaran radio tersebut, karena wacana yang dikembangkan dalam siaran radio dapat mempengaruhi cara berpikir akademisi dan akan mempengaruhi masyarakat sekitarnya.
Earth Spotlight dirancang untuk menjadi sebuah program di RTC UI FM yang fokus membahas isu lingkungan hidup di setiap edisinya. Tujuan program tersebut adalah untuk memberi pengetahuan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan lingkungan hidup.

Environment is essential for human kind and it is important to maintain its sustainability. The responsibility to ensure the sustainability of the environment lies in the hand of human beings, including the young generation. Mass media is one of the means that are effective to promote environmental sustainability. Media plays an important role to promote young generatrion?s awareness and representative media such as radio can be utilized to address this purpose.
Students radio such as RTC UI FM as one of the media in the ?Green Campus? University of Indonesia doesn?t have a special programme to address the environmental issues. Actually, information about environmental issues can be developed into a radio programme, because the discourse can influence the way academic society and the community think and act. Students radio as an example of community radio is often forgotten to be utilized as a means of communicating information about environmental issues because of its limited coverage.
Earth Spotlight is designed to be a programme in RTC UI FM that will focus on environmental issues in each of its episodes. The purpose of this programme is to share knowledge and promote awareness and eco-friendly lifestyles towards the environment."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hutagalung, Donna Wilhelmina
"Analisis Situasi
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar. Lebih dari tujuh belas ribu pulau di Indonesia memiliki keindahan panorama dan kekayaan alam yang luar biasa. Selain itu Indonesia juga kaya akan kebudaayaan dan sejarah. Hal ini menjadikan Indonesia berpotensi untuk dijadikan tempat pariwisata. Namun, akses informasi mengenai pariwisata tersebut sangat minim khususnya di radio. Padahal remaja dan orang dewasa muda masih senang mendengarkan radio dan juga senang akan kegiatan pariwisata sehingga membutuhkan informasi tempat-tempat pariwisata dalam negeri. Oleh karena itu, dengan dibuatnya program feature "Jempol" (Jalan-ampe Pol) di radio Gen FM yang merupakan radio anak muda paling terkenal saat ini. Program ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan informasi wisata di Indonesia sekaligus dapat memperkenalkan objek-objek wisata dalam negeri kepada kaum remaja dan dewasa.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe Manfaat bagi khalayak: pendengar mendapatkan informasi yang mendalam tentang objek wisata dalam negeri dan memperbanyak referensi tujuan wisata dalam negeri. Manfaat bagi pengelola: pihak stasiun radio bisa mendapatkan pemasukan dari pengiklan dan sponsor, terkhususnya dari sektorsektor yang bergerak dibidang pengembangan pariwisata .
Tujuan: mendorong pendengar untuk mulai menikmati objek wisata yang ada di Indonesia dibandingkan dengan objek wisata luar negeri dan mengajak pendengar untuk mengetahui dan mencintai kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia baik dari segi alam, budaya, dan sejarah.
Prototipe yang Dikembangkan "Jempol" (Jalan-jalan Ampe Pol), berformat feature, secara spesifik mengangkat tema objek-objek wisata yang ada di Indonesia. Ada 3 jenis wisata yang akan diangkat yaitu: wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah, di rencanakan akan disiarkan di radio Gen FM setiap hari Senin pukul 19.10 WIB selama 10 menit pada acara Gen 48, dan ditargetkan untuk pendengar Gen FM atau remaja/dewasa awal dengan S.E.S A,B, dan C.
Evaluasi
1. Pre-test akan dilakukan setelah prototipe jadi namun belum disiarkan, dengan metode Focus Group Discussion (FGD) yang terdiri dari 4 kelompok berdasarkan usia dan jenis kelamin. Pembagian jenis kelamin ada 2 yaitu perempuan dan laki-laki, sedangkan pembagian berdasarkan umur yaitu umur 18-24 dan 25-34. Satu kelompok berisi 5 orang. FGD menggunakan instrumen berupa panduan FGD dan dilakukan setelah prototipe selesai dibuat.
2. Evaluasi akan dilakukan setelah program disiarkan; dilakukan baik secara aktif maupun pasif. Metode yang akan digunakan: telephone survey untuk evaluasi produksi dan kualitas program dan evaluasi khalayak.
Anggaran
1. Jumlah total anggaran pembuatan prototipe: Rp 600.000
2. Jumlah total anggaran pembuatan program: Rp 1.704.000
3. Jumlah total biaya produksi selama 13 mingggu: Rp 22.152.000
4. Jumlah total biaya promosi Rp 90.000
5. Jumlah anggaran evaluasi
- Pre-test: Rp 5.340.000
- Post-test: Rp Rp. 2.750.000
6. Jumlah total pendapatan:
- Rp 207.758.000 (sebelum Diskon)
- Rp 115.758.000 (setelah Diskon)

Situation Analysis
Indonesia is a country that has the biggest archipelago in the world. There are more than 17.000 islands in this country with beautiful panorama and lots of natural resources. Additionally, Indonesia is also rich with its national cultures and histories, supposedly it makes Indonesia become so potential in tourism section. Nevertheless, the spread of information about tourism in Indonesia is still very lack, especially in the radio station. Nowadays, many teenagers and adults like listening to the radio and also travelling and of course they need more information about any regional sites in this country. Therefore, by making this feature program, Jempol, in Gen FM radio, which is the most famous radio nowadays, it is expected to teenagers and adults.
The advantages and the Purposes of Prototype Development
The advantages to the listeners: listeners will get in-depth information about tourism in Indonesia. Furthermore, listeners will get more reference about travels Indonesia. The advantages to the radio station: the radio station will gain some benefits from the advertisement and sponsor, especially who are involved in tourism areas.
The aim to listeners: encouraging the listeners to enjoy Indonesian tourism, and to challenge them to know and love the wealth of Indonesian tourism in natural, cultural, and historical sides.
The Developed Prototype
The program is titled "Jempol" (Jalan-jalan Ampe Pol), formatted as feature, specifically raised the Indonesian tourism issues as its main theme, for instance in the wealth of Indonesian tourism in natural, cultural, and historical sides. This program is planned to be broadcasted on radio Gen FM every Monday at 19.10 WIB for 10 minutes on Gen 48 program, and targeted to the listeners in the ages about 18-34 with social economic class A,B, and C.
The Evaluation
1. The Pre- test will be held after the prototipe had been made but not yet be broadcasted, by using Focus Group Discussion method. There are four groups divided by age and gender. By gender: men and women, and by age: 18-24 and 25-34. Each of group consists of five people. The instrument that will be used is the form of FGD guidance, and will be done after the prototype is made.2. The evaluation will be held after the program is aired. It will be done either actively of passively. The method to be used is telephone survey for evaluation of production and quality of program, and also for the audience evaluation.
Budget
1. Total budget of prototypes production: Rp 600.000
2. Total budget of program production process: Rp 1.704.000
3. Total budget of program production process for 13 weeks: Rp 22.152.000
4. Total budget of promotion: Rp 90.000
5. Total budget of evaluation
- Pre-test: Rp 5.340.000
- Post-test: Rp Rp. 2.750.0006.
6. Total budget of income:
- Rp 207.758.000 (before discount)
- Rp 115.758.000 (after discount
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Faisal Ramadhan
"Analisis Situasi
Remaja perkotaan yang mempunyai segudang aktivitas, biasanya sering melewatkan hal-hal kecil yang sebenarnya berguna bagi kesehatannya. Mereka juga tak terlalu tahu banyak pengetahuan untuk menjaga kesehatannya. Hal ini karena program kesehatan pada umumnya belum terlalu banyak, apalagi yang dipresentasikan dengan pendekatan yang enerjik dan dinamis seperti remaja. Oleh karena itu, mereka membutuhkan informasi yang mampu memberi pengetahuan tentang kesehatan, serta menjadi pengingat bagi mereka. "Healthy Zone", diharapkan bisa menjadi program yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut bagi remaja.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat Sosial: Menambah pengetahuan remaja mengenai informasi kesehatan, dengan harapan mereka dapat menjaga kesehatan diri sendiri.
Manfaat Bagi Stasiun Radio: Memperkuat citra radio. Tak hanya sekedar memainkan musik, tetapi juga menambah wawasan. Tujuan Sosial: membentuk generasi muda yang sadar akan isu kesehatan dan mampu menjaga kesehatan mereka sendiri secara.
Tujuan Komersial: Mendatangkan pengiklan dan sponsor yang akhirnya mendatangkan keuntungan bagi stasiun radio.
Prototipe yang Dikembangkan
Program ini bernama "Healthy Zone" dan berformat sequence. Program ini mengangkat berbagai isu-isu kesehatan, dan direncanakan untuk disiarkan di Mustang FM pada hari Senin pukul 17.00-19.00. Target pendengar program ini adalah remaja dan dewasa muda usia 15-25 tahun tahun, di Jabodetabek, dengan SES A, B, dan C.
Evaluasi
Pre Test dilakukan dengan metode FGD. Pesertanya dibagi menjadi dua kelompok berisi enam orang. Pre test akan dilakukan setelah prototipe program "Healthy Zone" selesai dibuat, dengan instrumen FGD sebagai panduan. Evaluasi akan dilakukan secara berkala selama tiga bulan pertama. Evaluasi melalui metode penyebaran kuesioner (bagi khalayak), FGD (bagi tim produksi), dan melihat berbagai respon yang diterima di berbagai channel.
Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan Program: Rp 1.440.000
Jumlah Biaya Produksi 13 Episode: Rp 18.720.000
Prakiraan pendapatan per episode (tanpa sponsor): Rp 13.710.000
Jumlah Angaran Pre Test: Rp 1.215.000
Jumlah Anggaran Evaluasi: Rp 350.000

Situation Analysis
The teenagers who lived in the city, usually have so many activities that they forget small things which actually beneficial for their health. They also don’t have much knowledge so that they can take care of their health. This is because there aren’t many program which present information about health, moreover the energetic and the dynamic one, which reflects the teenagers themselves. In that case, they need a program which gives them information about health, and also as their reminder to protect their health. "Healthy Zone" is expected to be a program which fulfills information about health needed by city teenagers.
The Advantages and The Purposes of Prototype Development
Social advantage: Enhance the teenager’s knowledge about health information, so that they can take care of their health.
Advantage for Radio Station: Improve the image of radio station. The Radio Station is not just a means to play songs; they can also enhance the knowledge of their listeners.
Social Purpose: To create a young generation which aware about health issues and able to protect their health independently.
Commercial Purpose: To attract advertiser and sponsor, and this will give profit for the radio station.
The Developed Prototype
The program is called "Healthy Zone" and it formatted as sequence. This program talks about health issues, and planned to be broadcasted at Mustang FM every Monday at 5 to 7 p.m. The program is aimed to be listened by teenager to early adult aged 15 to 25 years old, with the primary target aged 18 to 22 years old, who lives in Jabodetabek, with social economic class level A, B, and C.
The Evaluation
The method applied for the pre test is FGD. There will be 2 groups consisted of six people in each group. Pre test will be performed after the prototype made, and an FGD instrument will be used as a guide. The Evaluation will be executed periodically in the first three month. The Evaluation will be performed with spreading questionnaire to the listener, FGD for the production team, and checking the listener’s response from many channels.
Budget
Total budget of prototype production: 1.440.000 IDR
Total budget of program production: 18.720.000 IDR
Estimation of income per episode without sponsor: 13.710.000
Total budget for pre test: 1.215.000 IDR
The budget for evaluation: 350.000 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lodelvi
"Bagian I - Analisis Situasi
Era ekonomi baru, yakni ekonomi kreatif sedang berkembang di Indonesia. Ekonomi kreatif dilihat sebagai suatu era ekonomi yang berpeluang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa. Dalam sektor ini, perempuan mempunyai peluang yang cukup besar untuk berpartisipasi karena sektor ini mengandalkan kreasi dan inovasi dalam pengerjaannya. Di sinilah media berperan sebagai sarana komunikasi yang dapat menambah wawasan sekaligus memotivasi perempuan-perempuan Indonesia agar berani mengembangkan potensi mereka. Karena itulah, program profile feature ?Inspirative Female? hadir di Female Radio, yang memiliki target khalayak perempuan. Program ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan perempuan-perempuan Indonesia akan sebuah program yang dapat menginspirasi mereka dalam mengembangkan potensi dan kreasi mereka.
Bagian II - Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat bagi khalayak: memberikan informasi yang mendalam kepada khalayak mengenai profil perempuan pelaku ekonomi kreatif, serta memberikan program alternatif yang bersifat inspiratif kepada khalayak. Manfaat bagi pengelola: memperoleh keuntungan dari pihak pengiklan dan sponsor yang memiliki target konsumen perempuan.
Tujuan: untuk memotivasi perempuan Indonesia agar terdorong untuk berani mengembangkan keahlian, bakat dan kreativitas mereka dalam bidang ekonomi, serta untuk menambah wawasan khalayak terkait peran perempuan dalam bidang ekonomi kreatif.
Bagian III - Prototipe yang Dikembangkan
Program ini merupakan program dalam bentuk profile feature yang berjudul ?Inspirative Female?. Dalam program ini akan ditampilkan profil perempuan-perempuan sukses yang bergelut di bidang ekonomi kreatif. Profil perempuan yang ditampilkan akan bervariasi sesuai dengan beragamnya subsektor industri kreatif yang ada. Program ini disiarkan di Female Radio setiap hari Senin pada pukul 17.00-17.10 WIB di program Female Afterglow. Target pendengar program ini adalah perempuan berusia 25-35 tahun, dengan Status Ekonomi Sosial A,B.
Bagian IV - Evaluasi
1. Pre-test dilakukan setelah program ini selesai diproduksi, namun belum disiarkan kepada khalayak. Metode yang dilakukan adalah evaluasi di dalam tim internal produksi dan juga dengan metode Focus Group Discussion (FGD). FGD terdiri dari 2 kelompok yang dibagi berdasarkan kelompok usia mereka, yakni perempuan yang berusia 25-30 tahun dan yang berusia 31-35 tahun. Tiap kelompok berisi 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam FGD adalah berupa daftar pertanyaan terkait materi program yang sudah disiapkan oleh tim evaluasi
2. Post-test dilakukan setelah program disiarkan kepada khalayak. Metode evaluasi yang digunakan mencakup evaluasi produksi dan kualitas program, evaluasi khalayak, dan evaluasi biaya. Untuk evaluasi produksi dan kualitas program, serta khalayak dilakukan dengan metode penyebaran kuisioner secara langsung kepada pendengar program. Selain itu, pihak stasiun radio juga melakukan evaluasi berdasarkan kritik dan saran yang masuk ke dalam email dan social media (Facebook dan Twitter) Female Radio.
Bagian V - Anggaran
1. Jumlah total anggaran pembuatan prototipe: Rp 200.000
2. Jumlah total anggaran pembuatan program: Rp 480.000
3. Jumlah total biaya produksi selama 12 minggu: Rp 5.760.000
4. Jumlah total biaya promosi: Rp 180.000
5. Jumlah anggaran evaluasi
- Pre-test: Rp 4.460.000
- Post-test: Rp 4.550.000
6. Jumlah total pendapatan
- Sebelum diskon: Rp 314.060.000
- Setelah diskon: Rp 186.060.000

Part I - Situation Analysis
There's such a new era in economy called ?the creative economy', which is now growing in Indonesia. Creative economy is seen as an economic era that has the chance to support the nation's economic growth. In this sector, women have a big opportunity to participate because this field emphasize the participants' creation and inovation. This is where the media rules as a means of communication that can motivate Indonesian women to develop their potential. For that reason, ?Inspirative Female? the profile feature program, presented at Female Radio, the radio which target audience's are women. This program is expected to meet the need of Indonesian women for a program that can inspire them to develop their potential and creativity.
Part II - The Advantages and the Purposes of Prototype Development
The advantages for the listeners: listeners will get in-depth information about the profile of the women who has participated in creative economy. Furthermore, listeners will get an alternative inspiring program. The advantages to the radio station: the radio station will gain some benefits from the advertisers and sponsors who have targeted female consumers.
The aim to listeners: motivating the women listeners to be encouraged to bodly develop their skill, talents, and creativity in the field of economic, as well as to broaden the listeners' insight about women's role in the fields of creative economy.
Part III - The Developed Prototype
The program is formatted as profile feature program, named ?Inspirative Female?. This program will show many profiles of Indonesian women that successfully as creative economic actors. The women profile will be showed according to the variety of existing creative industry sub-sectors. This program is planned to be broadcasted on Female Radio every Monday at 17.00-17.10 WIB in Female Afterglow program. Target listeners are women in the ages about 25-35 which their social economic class belongs to A and B.
Part IV - Evaluation
1. The pre-test will be held after the production is done, but this won't be broadcasted to the audiences. It will apply internal evaluation method within the production team and also use Focus Group Discussion (FGD) method. FGD will be divided into two groups, based on their ages, which is women aged 25-30 years old and 31-35 years old. Each group consists of eight persons. The instrument that will be used in the FGD is question lists related to the content program which has been prepared by the evaluation team.
2. Post-test will be held after the program is broadcasted. The evaluation method that will be used are production and programme quality evaluation, audience evaluation and cost evaluation. The production and programme quality evaluation, and audience evaluation will use questionnaires that are distributed directly to the listeners. Beside that, the radio station will also conduct the evaluation based on criticism and suggestions from listeners to the radio by email or Female Radio's social media.
Part V- Budget
1. Total budget of prototype's production: Rp 200.000
2. Total budget of program production process: Rp 480.000
3. Total budget of program production process for 12 weeks: Rp 5.760.000
4. Total budget of promotion: Rp 180.000
5. Total budget of evaluation
- Pre-test: Rp 4.460.000
- Post-test: Rp 4.550.000
6. Total budget of income
- Before discount: Rp 314.060.000
- After discount: Rp 186.060.000
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S44280
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4769
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Khairunnisa
"Bagian 1
Analisis Situasi
Perkembangan musik indie di Indonesia sedang mencapai titik puncak kreativitasnya. Namun sayangnya media tidak memberikan ruang yang cukup untuk musik indie. Padahal sebagian besar pendengar radio membutuhkan informasi mengenai musik indie. Dengan adanya program “Indie Go”, diharapkan kebutuhan akan informasi para pendengar bisa terjawab dan menularkan kreativitas, semangat, dan referensi musik berkualitas.
Bagian 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat sosial: meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai musik kepada pendengar, menambah referensi, inspirasi serta kreativitas kepada pendengar Manfaat bagi stasiun radio: Memperkuat citra radio yang mendukung musik non-mainstream, menarik pendengar dan pengiklan.
Tujuan sosial: memenuhi kebutuhan pendengar mengenai musik indie, menginspirasi dan mendorong pendengar untuk berkarya, dan membuka wawasan bagi mendengar.
Tujuan ekonomi: mendatangkan pengiklan dan sponsor yang akhirnya mendatangkan keuntungan bagi stasiun radio.
Bagian 3
Prototipe yang Dikembangkan
Program ini bernama “Indie Go” dan berformat air magazine. Program ini akan mengangkat album, single, fenomena, konser, dan lifestyle yang sedang berkembang di dunia musik indie. Disiarkan setiap hari Rabu pukul 19.00-19.30 dengan target pendengar remaja dan dewasa muda usia 15-25 tahun, di Jabodetabek dengan SES ABC+.
Bagian 4
Evaluasi
Pre-test dilakukan dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan dua kelompok yang masing-masing beranggotakan enam orang. Pre-test dilakukan sebulan sebelum program “Indie Go” disiarkan. Sedangkan evaluasi dilakukan sebulan setelah program “Indie Go” disiarkan dengan metode telesurvei dan melihat respon pendengar dari berbagai media.
Bagian 5
Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan prototipe: Rp 198.000
Jumlah biaya produksi 13 episode: Rp 10.010.000
Prakiraan pendapatan per episode (tanpa sponsor): 42.640.000
Jumlah anggaran pre-test: Rp 1.080.000
Jumlah anggaran evaluasi: Rp 1.800.000

Part 1
Situation Analysis
The development of indie music in Indonesia is attaining its peak point of creativity. Unfortunately, the mass media nowadays has not given enough space to indie music, while most of the radio listeners need information about it. “Indie Go” program is expected to meet audience needs of indie music information, as well as to spread the creativity, spirit, and reference of qualified music.
Part 2
Benefits and Objectives of Developing Prototype
Social benefits: to increase the listeners’ insight and knowledge about music, also to add reference, inspiration, and creativity to the listeners. Benefits for the Radio Station: to strengthen the station image that is supporting non-mainstream music, as well as to attract more listeners and advertisers.
Social objectives: to fulfill the listeners’ needs of indie music, as well as to inspire and encourage them to create something, also to broaden listeners’ insight about music.
Economic objectives: to gain more advertisers and sponsors that eventually will give more profit back to the station.
Part 3
The Developing Prototype
This program named by “Indie Go” and has air magazine format. “Indie Go” picks various themes such as album, single, concert, lifestyle, and other phenomenon that is currently growing in indie music world. The program will be aired every Wednesday at 19.00 to 19.30 in Trax FM. Its primary target listeners are teenagers and young adult whose age between 15-25 years old, located in Jabodetabek with SES ABC+.
Part 4
Evaluation
Pretest will be conducted by doing Focus Group Discussion (FGD) to two groups consist of six members of each group. It will be conducted one month before the “Indie Go” program being aired. While the evaluation will be conducted one month after the program being aired by using tele-survey method, as well as seeing listeners’ response from various media.
Part 5
Budgeting
Total Prototype Production Budget: Rp 198.000
Total Production Cost (13 episodes): Rp 10.010.000
Net Income Estimation per Episode (without sponsor): Rp 42.460.000
Total Pretest Budget: Rp 1.080.000
Total Evaluation Budget: Rp 1.800.000
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Issha Harruma
"BAGIAN 1
Analisis Situasi
Sejarah yang sudah terlanjur dianggap membosankan serta gempuran kebudayaan asing yang masuk, membuat banyak remaja Indonesia tidak tertarik untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan negaranya sendiri. Media massa yang punya peran besar dalam mengedukasi masyarakat pun hanya sedikit yang mengangkat kedua tema tersebut menjadi program rutin. Padahal sejarah dan kebudayaan adalah hal penting yang harus diketahui oleh anak bangsa. Oleh karena itu, mereka membutuhkan informasi yang mampu memberi pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia. Program “IndoTraxia” diharapkan bisa menjadi program yang mampu memenuhi kebutuhan bagi remaja tersebut.
BAGIAN 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat Bagi Khalayak: Memberikan informasi dan pengetahuan mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia kepada para remaja. Manfaat Bagi Stasiun Radio: Menunjukkan bahwa Trax FM Jakarta peduli dengan kondisi sosial saat ini, yaitu banyak remaja yang mulai tidak tertarik dengan sejarah dan kebudayaan Indonesia.
Tujuan Sosial: Menjadi sarana informasi serta memenuhi kebutuhan pendengar akan informasi mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia yang masih minim diangkat media massa.
Tujuan Ekonomi: Menarik para sponsor dengan menawarkan konten yang tidak biasa, jarang, mengedukasi, dan juga peduli terhadap keadaan sosial para remaja saat ini yang kurang tertarik dengan sejarah dan kebudayaan bangsanya sendiri.
BAGIAN 3
Prototipe yang dikembangkan
Program ini bernama “IndoTraxia” dan berformat feature. Program ini mengangkat berbagai tema sejarah dan kebudayaan Indonesia, serta direncanakan untuk disiarkan di Trax FM Jakarta pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.30-09.35, 18.30-18.35, 15.30-15.35, 21.30-21.35 dan 23.30-23.35. Target pendengar utama program ini adalah remaja dengan usia 15-21 tahun yang berada di Jabodetabek, dengan SES A, B, dan C+. Sedangkan target sekundernya adalah anak muda dengan usia 22-25 tahun.
BAGIAN 4
Evaluasi
Pre test dilakukan dengan metode Focus Groud Discussion (FGD). Peserta berjumlah 12 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Pre test akan dilakukan dua minggu sebelum program "IndoTraxia" disiarkan dengan daftar pertanyaan FGD sebagai instrumen. Sedangkan, evaluasi akan dilakukan setelah empat episode pertama ditayangkan. Evaluasi dilakukan dengan FGD dan melihat berbagai respon yang masuk melalui berbagai channel.
BAGIAN 5
Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan Program: Rp 385.000,-
Jumlah Biaya Produksi 35 episode: Rp 13.475.000,-
Prakiraan Pendapatan 35 Episode: Rp 214.025.000,-
Jumlah Anggaran Pre Test: Rp 691.400,-
Jumlah Anggaran Evaluasi: Rp 813.500,-

PART 1
Situation Analysis
History, which has been considered as boring stuff, and the large influence of foreign culture are the reasons why a lot of teenagers in Indonesia are not interested in studying their own history and culture. Even mass media which has an important part in educating people rarely raised both themes into a regular topic. Though history and culture are important things that should be known by the young generation. Therefore, they need more information which can provide knowledge about history and culture of Indonesia. "IndoTraxia" program is expected to be able to provide that information for teenagers.
PART 2
Benefits and Objectives of the Developing Prototype
Public Benefit: To provide information and knowledge about history and culture of Indonesia to the teenagers.
Benefit for Radio Station: To indicate that Trax FM Jakarta concerns about current social condition that is Indonesian teenagers are starting to be less-interested in their own nation’s history or culture.
Social Objective: To be the main source of information, as well as to provide information about history and culture for listeners.
Economic Objective: To attract sponsorships by offering unusual and educative content that also concerns to social circumstances of the teenagers today who are less-interested in studying their own history and culture.
PART 3
The Developing Prototype
The program is called "IndoTraxia" by using feature format. It picks up various themes of history and culture of Indonesia. "IndoTraxia" is planned to be broadcasted at Trax FM Jakarta on Monday to Friday, at 09.30-09.35, 18.30-18.35, 15.30-15.35, 21.30-21.35 and 23.30-23.35 WIB. The primary target is teenager whose age 15-21, and are located in Jabodetabek, with SES A, B, C+; while the secondary target is young people age 22-25.
PART 4
The Evaluation
Pre test will be conducted using Focus Groud Discussion (FGD) method two weeks before the launch of the program. Total participants are 12 which are divided into two groups. Meanwhile, the evaluation will be conducted after the first four episodes being aired. It will be done by FGD as an instrument and by seeing responses coming in through various channels.
PART 5
The Budget
Total Budget of Prototype Production : 385.000 IDR
Total Budget of Production (13 episodes): 13.475.000 IDR
Estimation of income (13 Episodes): 214.025.000 IDR
The Budget of Pre Test: 691.400 IDR
The Budget for Evaluation: 813.500 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58597
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sefiana Putri Tingginehe
"Bagian Satu Analisis Situasi: Menjelang dibukanya Komunitas ASEAN tahun 2015 masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui hal ini Salah satunya anak muda yang akan sangat merasakan dampak dari Komunitas ASEAN Oleh karena itu penulis merasa dibutuhkan suatu program khusus yang membahas Komunitas ASEAN untuk anak muda Media yang akan digunakan adalah radio karena sifatnya yang interaktif dan juga personal Hasil riset kepada 40 anak muda pendengar radio yang dituju menunjukkan mayoritas dari mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Komunitas ASEAN dan setuju dengan pembuatan program Komunitas ASEAN khusus anak muda.
Bagian Dua Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe: Manfaat bagi khalayak Mendapatkan informasi menarik seputar Komunitas ASEANManfaat bagi pengelola Meningkatkan citra radio di mata masyarakat Tujuan sosial Mempersiapkan anak muda menghadapi Komunitas ASEANTujuan ekonomi Mendatangkan keuntungan melalui iklan dan sponsorship.
Bagian Tiga Prototipe yang Dikembangkan: Prototipe yang dikembangkan adalah program radio bertema Komunitas ASEAN yang interaktif untuk anak muda Rencananya program bernama ldquo TeenASEAN rdquo Teenager of ASEAN ini akan disiarkan di KBR setiap Sabtu pukul 19 00 ndash 20 00 WIB Acara ini berdurasi satu jam dan akan diisi dengan bincang bincang dan interaksi dengan pendengar.
Bagian Empat Evaluasi: Media pre test dilakukan dengan metode FGD sebanyak dua kali dan dilakukan setelah prototipe program selesai dibuat minimal 1 bulan sebelum diluncurkan ke publik Untuk evaluasi akan dilakukan dengan metode kuesioner digital dan memantau respon yang masuk ke email maupun Twitter.
Bagian Lima Anggaran: Anggaran pembuatan program per episode Rp 1 430 000 00Total biaya produksi program selama tiga bulan 13 episode Rp 18 590 000 00Anggaran Evaluasi per bulan Rp 400 000 00.

Part One Analysis of Situation: Towards the opening of ASEAN Community in 2015 many people in Indonesia still have no idea about that including teenagers the one who will face the biggest impact of ASEAN Community Therefore the writer think they need special program about ASEAN Community The program will be made on the radio because radio is interactive and personalSurvey of 40 teenagers that listen to radio shows most of them are interested in knowing more about ASEAN Community They also agree to the idea of the program.
Part Two Benefits and Goals: Benefit for public Getting interesting informations about ASEAN CommunityBenefit for media Creating a good image of the radio in public eyes Goal for public Preparing the teenagers to face ASEAN CommunityTujuan ekonomi Profitable for the radio company through advertising and sponsorship.
Part Three Prototype: The writer is making an interactive radio program about ASEAN Community special for teenagers The program will be called ldquo TeenASEAN rdquo Teenager of ASEAN It will be broadcasted on KBR every Saturday from 7 to 8 PM This program lasted for one hour The segment of this program are chit chat with guest star and audiences.
Part Four Evaluation: The media pre test will be conducted using FGD method in twice It will be conducted one month before the program rsquo s launched Media evaluation is conducted by using digital questionnaire method and feedback from the audiences.
Part Five Budgeting: Cost for program production per episode Rp 1 430 000 00Total cost of program production in 3 months 13 episode Rp 18 590 000 00Evaluation cost per month Rp 400 000 00.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>