Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7241 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kireyev, M.
Moscow: MIR Publisher, 1967
621.317 3 KIR s (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ravindranath, B.
New Delhi: John Wiley Eastern, 1977
621.317 3 RAV p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kery Anindita Wakman
"Keandalan suatu sistem listrik pada suatu operasi kilang sangatlah penting untuk mendukung produksi. Pada kilang Tangguh LNG, peralatan esensial untuk mendukung operasi terhubung pada sistem emergency switchgear. Konfigurasi emergency switchgear saat ini merupakan single bus dan hanya disuplai dari satu sisi (couple normal at one end). Dengan kondisi seperti ini, saat terjadi kegagalan pada bus switchgear atau jika akan dilakukan pemeliharaan, maka mengharuskan sistem dipadamkan. Tetapi hal ini tidak mungkin dilakukan dengan konfigurasi yang ada, dikarenakan kilang akan mengalami shutdown serta kehilangan proses operasi emergency yaitu safe shutdown dan blackstart. Oleh karena itu diperlukan studi untuk menganalisa nilai keandalan dari konfigurasi sistem emergency switchgear yang ada. Tesis ini akan memaparkan analisa keandalan berdasarkan nilai unavailability dari konfigurasi emergency switchgear yang ada dan membandingkan dengan usulan desain yang baru dan kemudian dikaji dari sisi manajemen risiko finansial. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, diperoleh bahwa dengan konfigurasi sistem emergency switchgear yang baru, waktu pemeliharaan dapat dilakukan tanpa menghentikan operasi kilang. Selain itu saat terjadi gangguan pada bus switchgear, operasi dari safe shutdown dan blackstart dapat tetap berfungsi. Nilai unavailability juga menurun dari 155.93 menit/tahun menjadi 11.6 menit/tahun. Selain itu, berdasarkan analisis manajemen risiko, nilai kerugian finansial juga dapat diturunkan.

The reliability of an electrical system in a refinery operation is very important to support production. At Tangguh LNG plant, the essential equipments to support operations is connected to the emergency switchgear system. The current emergency switchgear configuration is a single bus and is only supplied from one side (normal couple at one end). Under these conditions, when a switchgear bus fails or when maintenance is to be carried out, the system must be shutdown. However, this is not possible with the existing configuration, because the refinery will experience shutdown and lose the emergency operation process, which are safe shutdown and blackstart. Therefore, a study is needed to analyze the reliability value of the existing emergency switchgear system configuration. This thesis will describe a reliability analysis based on the unavailability value of the existing emergency switchgear configuration and compare it with the new design proposal and then be reviewed from the side of financial risk management. Based on the results of the analysis carried out, it was found that with the configuration of the new emergency switchgear system, maintenance time can be carried out without stopping the operation of the refinery. In addition, when there is a disturbance in the switchgear bus, the operation of safe shutdown and blackstart can still function. The unavailability value also decreased from 155.93 minutes/year to 11.6 minutes/year. In addition, based on risk management analysis, the value of financial losses can also be reduced."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Anwar Sadat Faidar
"Dengan perkembangan ekosistem kendaraan elektrik yang semakin pesat, muncul kekhawatiran terhadap keamanan kelistrikan dari kendaraan elektrik. Kekhawatiran ini disebabkan oleh permasalahan yang ada pada kendaraan elektrik, yang tidak dapat digunakan sama sekali pada saat tidak sedang digunakan dalam waktu lama. Permasalahan ini disebabkan oleh sistem ringkat tegangan rendah, yang tidak tersedia pada saat kendaraan elektrik sedang berada pada kondisi tersebut. Selain itu muncul kekhawatiran atas penggunaan sistem tegangan tinggi yang ada pada kendaraan elektrik, yang dapat merusak dan berbahaya bagi manusia serta kendaraan elektrik itu sendiri Pada penelitian ini dirancang sebuah power distribution unit yang dapat disematkan sebuah algoritma yang dapat mendukung pengamanan atas ketersediaan energi listrik tingkat tegangan rendah. Serta penyaluran daya listrik bertegangan tinggi pada sistem kednaraan elektrik. Hasil riset ini menunjukkan bahwa algoritma yang dibuat dapat memberikan pengamanan terhadap ketersediaan energi listrik tingkat tegangan rendah, serta memastikan penyaluran daya listrik bertegangan tinggi dapat terlasalurkan dengan aman. Penyediaan sistem tegangan rendah, dilakukan dengan mengatur prosedur pengisian lead-acid battery. Sedangkan penyaluran tegangan tinggi, dilakukan dengan sistem buka tutup kontaktor berdasarkan pembacaan sensor tegangan yang ada pada PDU. Kendaraan tidak akan dapat digunakan apabila salah satu kondisi algoritma tidak terpenuhi, sehingga memastikan keselamatan kendaraan elektrik tetap terjaga.

With the rapid development of the electric vehicle ecosystem, concerns have emerged regarding the electrical safety of electric vehicles. These concerns are caused by issues that render electric vehicles unusable when not in use for an extended period of time. This problem is attributed to the compact low-voltage system that is not available during such conditions. Additionally, there are concerns about the use of high-voltage systems in electric vehicles, which can be damaging and pose risks to both humans and the electric vehicles themselves. In this research, a power distribution unit is designed, which incorporates an algorithm to support the safety of low-voltage electrical energy availability and the distribution of high-voltage electrical power in the electric vehicle system. The research findings demonstrate that the developed algorithm provides safety measures for low-voltage electrical energy availability and ensures the safe distribution of high-voltage electrical power. The provision of the low voltage system is achieved by regulating the lead-acid battery charging procedure, while the high voltage distribution is carried out through the opening and closing of contactors based on the readings from voltage sensors in the power distribution unit (PDU). The electric vehicle will not be operable if any of the algorithm conditions are not met, thus ensuring the safety of the electric vehicle is maintained."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dava Kamlasi
"Bus listrik adalah kendaraan umum yang beroperasi dengan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energi. Bus listrik memiliki alat yang dapat bekerja sama untuk memastikan kendaraan dapat beroperasi dengan baik. Salah satu alat tersebut adalah Power Distribution Unit atau disingkat PDU. Alat ini memiliki fungsi untuk memproteksi alat listrik didalam bus dan membagikan daya pada tiap-tiap komponen listrik supaya mendapatkan daya yang sesuai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk bangun PDU yang cocok untuk bus listrik, menganalisis fungsi kerja PDU untuk bus listrik, dan menganalis komunikasi antara PDU dengan VCU.Metode penelitian yang dipakai terbagi atas beberapa proses dan dibantu beberapa aplikasi seperti Solidwork, Kicad 6.0, dan Arduino IDE.                

Electric bus is a public vehicle that operates using electric power as a power source. Electric bus has electric components that work together to ensure the vehicle can operate properly. One of that component is the Power Distribution Unit (PDU). This device functions to protect the electric component inside the bus and distribute power to each electrical component to receive the appropriate power. This research is conducted to determine the form of PDU building that is suitable for electric bus, and analyze communication between PDU and VCU. The research methodology consists of several processes and assisted by several applications such as Solidwork, Kicad 6.0, and Arduino IDE.  "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pansini, Anthony J.
New York: McGraw-Hill, 1983
621.319 2 PAN e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Brown, Richard E.
Boca Raton: CRC Press, Taylor & Francis Group, 2009
621.319 BRO e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Buku yang berjudul "Industrial power systems handbook" ini membahas tentang sistem tenaga industri, seperti pemilihan sistem tegangan listrik, sistem distribusi, dan lain sebagainya."
New York: McGraw-Hill, 1955
R 621.319 IND
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Gonen, Turan
New York: McGraw-Hill, 1986
621.319 GON e (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gonen, Turan
New York: McGraw-Hill, 1987
621.319 GON e (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>