Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2640 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Skousen, Philip L.
New York: McGraw-Hill, 2011
621.84 SKO v
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ulanski, Wayne
New York: McGraw-Hill, 1991
621.84 ULA v (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ansell Alvarez Anderson
"Interaksi RKKY (Ruderman-Kittel-Kasuya-Yosida) adalah interaksi exchange tidak langsung antara dua buah momen magnet terlokalisasi yang dimediasi oleh elektron pita konduksi. Interaksi exchange tidak langsung dalam struktur multilayer magnetik spin valve bisa dimediasikan oleh elektron konduksi milik lapisan pemisah non-magnetik. Interaksi RKKY umum ditemukan pada struktur multilayer yang lapisan pemisahnya bersifat konduktor listrik. Namun dalam eksperimen ditemukan lapisan pemisah LaAlO3 dalam struktur spin valve bisa memediasikan interaksi exchange berjarak jauh meskipun memiliki sifat sebagai insulator. Dalam penelitian ini, kami meneliti mekanisme interaksi RKKY di dalam LaAlO3. Dalam eksperimen lain, ditemukan bahwa transfer muatan bisa menginduksi munculnya sifat konduktor pada LaAlO3. Untuk mempelajari efek transfer muatan, pendekatan density functional theory (DFT) dilakukan di dalam penelitian ini untuk mendapatkan struktur pita elektronik LaAlO3 dengan doping muatan. LaAlO3 yang tidak terdoping memiliki celah pita sebesar 3 eV dengan puncak pita valensi dan lembah pita konduksi masing-masing berada di titik R dan Γ. Kami menunjukkan sifat konduktor muncul dari energi Fermi yang meningkat melalui doping muatan. Dengan tambahan doping muatan pada perhitungan DFT, kami menunjukkan bahwa LaAlO3 bisa memiliki sifat konduktor yang sesuai dengan eksperimen transfer muatan pada LaAlO3. Selanjutnya, LaAlO3 bersifat konduktor bisa memediasi interaksi RKKY dalam struktur spin valve. Penelitian ini bermanfaat untuk aplikasi LaAlO3 dan semikonduktor dalam heterostruktur magnetik.

RKKY interaction is an indirect interaction between localized magnetic moments mediated by conduction electron. Indirect exchange interactions between two magnetic layers in spin valve structure can be mediated by the conduction electron of the nonmagnetic spacer. RKKY exchange interaction is mostly found in magnetic multilayer involving conductor as the non-magnetic spacer. However, recent experiment shows that LaAlO3 spacer can intermediate of long-range exchange interaction even though it is an insulator. Here we study the mechanism of RKKY interaction in LaAlO3. An experiment shows that charge transfer can induce a conducting characteristic of LaAlO3. To study the effect of charge transfer, we perform a density functional theory (DFT) approach to obtain the band structure of LaAlO3 with charge doping. Undoped LaAlO3 has an indirect band gap around 3 eV with peak valence at R symmetry point and lowest conduction point at Γ point. We show that the conducting characteristic arise from Fermi energy shifts via charge doping. By adding charge doping into DFT calculation, we show that LaAlO3 can have conductor characteristic, in agreement with charge transfer experiment on LaAlO3. Furthermore, the conducting LaAlO3 is able to mediate RKKY interaction in spin valve structure. Our study is useful for application of LaAlO3 and semiconductor by extension in magnetic heterostructures."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jepry
"Kebutuhan manusia akan energi semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk. Fuel cell merupakan salah satu alternatif renewable energy yang sekarang banyak dikembangkan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan manusia. Fuel cell memanfaatkan energi yang dihasilkan dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen yang selanjutnya akan diubah menjadi energi listrik yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Untuk mendapatkan reaksi kimia yang sesuai, dibutuhkan pengendali untuk mengatur actuator valve fuel cell sehingga keluaran gas hidrogen dapat bercampur dengan gas oksigen dalam komposisi yang sesuai dan energi yang dihasilkan optimal.
Pada skripsi ini akan dibahas tentang perancangan pengendali PID untuk proportional valve pada fuel cell dengan menggunakan DC geared motor beserta tuning parameter PID dengan korelasi Ciancone. Tuning parameter terbaik dipilih untuk memberikan hasil yang baik pada sistem berupa perbaikan respon transien dan steady state. Pengendali ini akan digunakan sebagai sub-sistem dari sistem kendali fuel cell.

Human need for energy increases from time to time along with the rapid population growth. Fuel cell is one of the renewable energy alternatives that have been developed nowadays to meet the demands of human needs. Fuel cells use energy produced from the chemical reaction between hydrogen and oxygen which is converted into electrical energy that can be used as an energy source. To obtain a suitable chemical reaction, the control is needed to manage the fuel cell valve actuator so that the output of hydrogen gas can be mixed with oxygen gas in the appropriate composition and optimal energy could be produced.
This thesis will discuss about the design using PID control for the proportional valve control in the fuel cell with geared DC motor along with PID tuning parameter using Ciancone correlation. The best tuning parameter will be selected to improve transient and steady state response. This controller will be used as a sub-system of the fuel cell control system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51240
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aziz Mansykur Lubad
"Dalam industri pengolahan minyak dan gas bumi, istilah relief valve berkaitan erat dengan istilah pressure relief valve (PRV), pressure safety valve (PSV) dan safety valve. Relief valve merupakan jenis valve yang digunakan untuk mengontrol atau membatasi tekanan dalam suatu sistem. Tujuan utama dari relief valve adalah untuk menjamin personal dan peralatan operasi terlindungi dari kondisi tekanan berlebih (overpressure). Relief valve didesain untuk mencegah terjadinya kecelakaan dengan cara melepas tekanan berlebih yang terjadi selama gangguan proses, kegagalan sistem, dan kebakaran. Perhitungan yang akurat terhadap kapasitas relief valve merupakan salah satu faktor kunci dalam keselamatan kilang. Penentuan kapasitas dan jenis relief valve membutuhkan analisis proses yang mendalam dari sistem yang akan diproteksi. Tujuan dari studi ini adalah menentukan kapasitas dan jenis relief valve berdasarkan analisis proses dengan menggunakan alat bantu simulasi proses dan pemrograman visual basic. Komposisi dan kondisi operasi gas dari salah satu lapangan gas Pertamina Jambi digunakan sebagai studi kasus. Selanjutnya dilakukan analisis proses untuk mengetahui penyebab terjadinya overpressure. Simulasi proses digunakan untuk membuat Process Flow Diagram (PFD) dan menghasilkan neraca massa dan panas sedangkan pemrograman visual basic digunakan untuk menghitung kapasitas relief valve.

In the oil and natural gas processing, the term relief valve is associated with the terms pressure relief valve (PRV), pressure safety valve (PSV) and safety valve. A relief valve is a type of valve used to control or limit the pressure in a system. The primary purpose of the pressure relief system is to ensure that the operation?s personnel and equipment are protected from overpressure conditions. It is designed to avoid accidents by relieving overpressure that happen during process upsets, power failures, and external fires. Accurately calculation for the relief valve capacity is key factor of plant safety. It requires deeply process analysis of system will be protected. The purpose of this study is to determine the relief valve capacity and type base on process analysis using process simulation dan visual basic programming. The gas composition and operating condition from Pertamina Jambi gas field is used as a case study. Then, process analysis is performed to know cause of overpressure. Process simulation is used to create Process Flow Diagram (PFD) and generate heat and material balance while visual basic programming is used to calculate the relief valve capacity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T27947
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Deri Ramadhan
"Gas – Oil Separator merupakan salah satu peralatan utama dalam Fasilitas Pemrosesan Gas Bumi. Gas – Oil Separator merupakan suatu bejana tekan yang berfungsi untuk memisahkan fluida dari sumur migas menjadi fasa gas dan fasa cair. Peralatan ini dipasang pada Fasilitas Pemrosesan Gas Bumi sebagai peralatan pertama yang dilalui oleh fluida produksi yang mengalir dari sumur migas dan jaringan pipa pengumpul. Separator akan memisahkan fluida produksi tersebut menjadi gas, kondensat, dan air. Dengan demikian, cairan dan gas akan memenuhi ruang separator. Volume cairan dan tekanan gas harus dapat dikendalikan untuk menjamin process safety. Untuk mencegah terjadinya risiko keselamatan, komponen instrumentasi keselamatan dibutuhkan untuk dapat mengendalikan fluida di dalam sistem, sehingga risiko tersebut dapat dicegah. Dalam hal ini, salah satunya diperlukan pemilihan desain dan ukuran yang sesuai dari sebuah liquid control valve untuk menjamin process safety. Liquid control valve digunakan untuk mengendalikan ketinggian cairan di dalam separator untuk mencegah fluida dapat mencapai batas ketinggian maksimum maupun minimum cairan di separator. Untuk menghasilkan sebuah liquid control valve yang handal, diperlukan perhitungan sizing dan pemilihan tipe desain yang sesuai dengan kondisi operasional yang diinginkan. Penelitian ini menghasilkan perhitungan sizing dan pemilihan desain yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sebuah liquid control valve yang tepat dan handal untuk dipasang pada Sistem Gas – Oil Separator.

Gas – Oil separator is one of the main equipment in Gas Processing Facility. Gas – Oil Separator itself is a pressure vessel used for separating a well stream into gaseous phase and liquid phase. It is installed in the Gas Processing Facility as the first equipment where the production fluid flow through from wells and gathering pipeline. The separator will separate the fluid into gas, condensate, and water. So, the liquid and gas will fill the separator. Liquid volume and gas pressure has to be controlled to obtain a process safety. To prevent the risks, the safety instrumentation components is required to control a fluid so the risk would not be happened. For this case it needs a proper design of liquid control valve to obtain a process safety. Liquid Control Valve is used to control liquid level in the Separator to prevent high and low level liquid in the separator. To provide a reliable Liquid Control Valve we need to run a sizing calculation and design selection to determine the size and type of Liquid Control Valve that suits an operational condition. The Research resulted the size and type of Liquid Control Valve that should be fulfilled to install a capable and reliable Liquid Control Valve in Oil – Gas Separator system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surbakti, Ronald Nugroho
"Syngas yang dihasilkan bahan bakar batu bara melalui gasifikasi unit dimanfaatkan sebagai alternatif bahan bakar pada mesin generator set diesel, namun masih memanfaatkan sejumlah bahan bakar diesel sebagai igniter kompresinya. Dalam pemanfaatan syngas tersebut diperlukan suatu modifikasi terhadap saluran masuk syngas. Saluran masuk syngas diaplikasikan melalui saluran masuk udara yang sekaligus menjadi tempat pencampuran antara syngas dan udara tersebut (mixture valve) sebelum masuk ke dalam mesin. Mesin dengan dua bahan bakar yang berbeda tersebut disebut juga Dual - Fuel Engine. Karakteristik mesin dual fuel ini bergantung pada komposisi yang juga merupakan kualitas bahan bakar yang masuk. Dalam pencampuran kedua bahan bakar tersebut, perbandingan Hydrogen (H2) dan Carbon Monoxide (CO) pada control volume tertentu bervariasi terhadap nilai kalornya sehingga dalam perancangannya memerlukan perhitungan alternatif laju aliran bahan bakar syngas menurut nilai kalornya dengan efisiensi thermal yang dimiliki mesin.

Syngas that is produced by coal fuel through gasification unit used as a substitution fuel in a diesel engine generator set, but it still takes smaller amount of diesel fuel as the Compression Igniter. In using of two kind of those fuels, modification is needed at the intake of the engine. By applying the syngas inlet to the intake as well as a place of mixture happened between the air and the syngas (mixture valve) before get into the engine. The engine with those two different fuels is called Dual - Fuel Engine. Characteristics of dual fuel engines depend on composition or quality of the syngas. Syngas composition ratio between Hydrogen (H2) and Carbon Monoxide (CO) at certain volume control have many varies so it requires an alternative calculation of the syngas flow rate according to the heating value of the syngas with thermal efficiency of the engine which also influential factors."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45055
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riry Rizky Arumdina
"Baterai merupakan komponen penting pada pembangkitan yang menggunakan sumber energi terbarukan (energi surya).Sehingga pemilihan baterai yang digunakan harus sesuai dengan kondisi PLTS. Untuk menentukan baterai yang tepat untuk digunakan maka perlu diketahui karateristik baterai dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja dan umur pakai baterai. Baterai merupakan komponen yang mahal dimana harganya sekitar 40% dari biaya pembangunan system fotovoltaik. Salah satu pengujian yang dapat memperkirakan umur baterai tersebut adalah dengan melakukan pengujian kapasitas awal, uji ketahanan siklus, dan pengujian kapasitas sisa.
Pengujian dilakukan terhadap 3 contoh uji baterai dengan laju pelepasan dan pengisian berbeda.Metode perkiraan umur pakai baterai dilakukan melalui pendekatan matematik dengan bantuan software yaitu pendekatan eksponensial, pendekatan logaritma, dan pendekatan pangkat.
Didapatkan umur perkiraan adalah 7.21 tahun untuk sampel kedua dengan pendekatan pangkat dan 4.63 tahun untuk sampel ketiga dengan pendekatan eksponensial.Untuk sampel pertama tidak didapatkan prediksi umur karena perlakuan kapasitasnya tidak sesuai dengan teori.

The battery is an important component in the generation that use renewable energy sources, especially solar energy. So the selection of used batteries must be in accordance with the conditions of electric solar system. To determine the correct battery to be used then people need to know the battery characteristics and other factors that can affect the performance and lifetime of the battery. Batteries are expensive component which cost about 40% of the cost of construction of the photovoltaic system.
The test that can estimate the battery life is by testing the initial capacity, cycle endurance test, and testing of remaining capacity. Tests carried out on three samples test the battery and charging different release rates. The method estimates the battery life time is done through a mathematical approach with the help of software that is exponential approach, logarithmic approach, and power approach.
Obtained approximate age is 7.21 years for the second sample with the power approaches and 4.63 years for the third sample with the exponential approaches. For the first sample was not obtained life prediction because of the treatment capacity is not in accordance with the theory.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47153
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ihsan Barran
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi sekarang ini banyak membuat inovasi sistem yang baru, termasuk di bidang perindustrian. Selain di perindustrian biasanya teknologi terbaru juga berperan aktif dalam pengembangan alat transportasi baik di darat maupun lautan. Indonesia merupakan negara kemaritiman yang luas keseluruhan wilayahnya hampir berisi lautan, oleh karena itu perkembangan teknologi di dunia kemaritiman harus dikembangkan secara baik termasuk teknologi yang digunakan di dalam sistem yang ada pada kapal laut.
Sumber daya alam yang banyak diperairan Indonesia membuat para pembuat kapal berlomba-lomba guna mengembangkan teknologi sistem kapal yang bisa menghemat bahan bakar dan efisien. Anjungan-anjungan lepas pantai yang berjamuran di perairan Indonesia tidak lepas dari penggunaan transportasi laut, secara umum kapal tugboat biasa digunakan sebagai media transportasi serta kebutuhan yang berhubungan dengan pengoperasian suatu pekerjaan.
Tugboat secara umum mempunyai sistem yang sama dengan kapal lainya, namun memiliki daya mesin yang cenderung lebih besar dari kapal lainya, karena sesuai fungsinya juga yaitu menarik kapal besar di pelabuhan maupun menarik bangunan lepas pantai yang baru dibangun. Sistem pelumas diantaranya merupakan salah satu sistem yang ada di mesin tugboat, fungsinya buat melumasi agar kerja mesin tetap baik dan menjaga suhu mesin agar tetap berada pada suhu operasinya. Selain itu dengan pelumasan ini juga membuat material pada mesin tidak cepat mengalami keausan, karena dengan adanya kerusakan material pasti efisiensi mesin akan menurun. Di dalam sistem pelumasan tentunya banyak berbagai katup yang digunakan, diantaranya adalah termostatik valve. Termostatik valve berfungsi mengalirkan minyak pelumas menuju mesin, namun jika temperatur minyak pelumas tersebut terlalu tinggi termostatik valve tersebut mengalirkan fluida ke sisi lainya yaitu menuju heat exchanger. Sistem kontrol pada termostatik valve ini di rancang agar menjaga suhu minyak pelumas, karena pengaruh temperatur terhadap kekentalan minyak pelumas sangat erat kaitanya. Sebuah sistem pelumas tidak baik jika viskositasnya terlalu rendah karena temperatur yang tinggi. Dengan sistem kontrol valve ini diharapkan dapat meningkatkan kerja dari mesin itu sendiri dan menjaga keawetan material yang ada di dalam mesin.
ABSTRACT
Technological development is now widely create new systems of innovation, including in the field of industry. In addition to the latest technology in the industry usually also play an active role in the development of transportation on land or sea. Indonesia is a vast maritime territory nearly the entire ocean contains, therefore, the development of technology in the world of maritime must be well developed, including technology used in existing systems on ships.
Natural resources that many Indonesian waters make the shipbuilders vying to develop technologies that can save the ship's systems and fuel efficient. -Offshore rig which shot up in the waters of Indonesia can not be separated from the use of sea transport, generally tugboat used as a transport medium and needs associated with the operation of a job.
Tugboat in general have the same system with other ships, but has a machine which tend to be larger than other ships, as well as its function is attractive large ships in the harbor and offshore interesting new buildings are built. Lubrication system is one such system in the engine tugboat, functions for lubricating the engine in order to work well and keep the temperature of the engine to remain at operating temperature. In addition to lubrication also makes the material on the machine does not quickly wear out, because of the existence of material damage certainly will decrease the efficiency of the engine. In the lubrication system is certainly a lot of various valves are used, such as thermostatic valve. Thermostatic valve serves the lubricating oil to the engine, but if the lubricating oil temperature is too high the thermostatic valve to drain fluid that is towards the other side of the heat exchanger. The thermostatic valve control system is designed to maintain the temperature of the lubricating oil, because of the influence of temperature on the viscosity of lubricating oil is very close relation. A lubrication system is not good if the viscosity is too low due to high temperatures. With the valve control system is expected to improve the working of the machine itself and maintain the durability of the material that is in the machine."
2015
S57744
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afiq Amhar Nuryadin
"Multiple Evaporator Loop Heat Pipe (MELHP) adalah alat penukar panas kinerjanya sudah teruji dan bisa dikatakan sebagai alat yang berpotensi untuk diterapkan pada aspek-aspek yang membutuhkan manajemen termal yang optimal. MELHP memiliki kelebihannya dibandingkan dengan LHP dalam jumlah beban panas yang dapat ditransfer, luas permukaan kontak sumber panas, serta fitur yang melekat pada MELHP yaitu, pembagian beban panas antara evaporator disebut berbagi beban panas. Meskipun telah diuji, MELHP memiliki kompleksitasnya sendiri lebih tinggi dari LHP. Tidak ada perbandingan kinerja yang jelas antara MELHP dan LHP karena fitur berbagi beban panas ini. Penelitian ini gunakan katup tiga arah dengan konfigurasi T (katup port t tiga arah) untuk mengontrol aliran fluida sehingga rangkaian dapat berfungsi sebagai MELHP atau LHP. Selain itu, penggunaan valve ini dapat menjadi media untuk mengontrol fitur beban panas Berbagi MELHP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah evaporator yang terpengaruh kinerja sirkuit, dimana pengaruh ini dapat meningkatkan kinerja sirkuit membuat atau menurunkan kinerja sirkuit yang sudah dibuat.

Multiple Evaporator Loop Heat Pipe (MELHP) is a heat exchanger its performance has been tested and can be said as a tool that has the potential to be applied to aspects that require optimal thermal management. MELHP has its advantages over LHP in the amount of heat load that can be transferred, the contact surface area of ​​the heat source, as well as the inherent feature of MELHP namely, sharing of heat load between evaporators. is called heat load sharing. Despite being tested, MELHP has its own complexity higher than LHP. There is no clear performance comparison between MELHP and LHP due to this heat load sharing feature. This study uses a three-way valve with a T configuration (three-way t port valve) to control fluid flow so that the circuit can function as a MELHP or LHP. In addition, the use of this valve can be a medium to control the MELHP Share heat load feature. The results show that the number of evaporators is affected by the performance of the circuit, where this effect can increase the performance of the circuit, or decrease the performance of the circuit that has been made.
"
Depok: Fakultas teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>