Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 133125 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andika Julian
"Laporan magang ini membahas tentang pengajuan Panjer Kerja (PK) pada PT Elnusa Petrofin, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi bahan bakar minyak (BBM) yang meliputi pendistribusian BBM, penjualan zat aditif untuk bahan bakar dan penjualan BBM untuk Inmar (Industri and Marine). PK merupakan dana kerja yang digunakan untuk kegiatan pendistribusian BBM ke daerah-daerah. Pengajuan PK ini merupakan pengajuan permintaan dana dari Unit di daerah kepada kantor pusat. Pengajuan PK ini sangat penting bagi perusahaan, karena apabila terjadi ketiadaan dana di Unit maka kegiatan pendistribusian BBM di daerah akan terhambat dan menimbulkan kerugian. Walaupun sistem pengajuan PK ini memiliki Pengendalian Internal yang baik, Tetapi dalam prosesnya terjadi kendala yaitu dibutuhkan waktu yang lama dalam pemrosesannya. Hal itu akan berdampak dengan terganggunya kegiatan pendistribusian BBM di daerah. Oleh karena itu diperlukan penyesuaian dan perubahan pada sistem agar pengajuan PK tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.

The internship report describes about the submission of Panjer Kerja (PK) of PT Elnusa Petrofin, a public company focuses on distribution of gas, selling of additive matter to gas and selling gas for Industries and Marine sector. PK is a financial plan, which used for the process of gas distribution to the remote station throughout Indonesia. PK?s submission is a process to be done by the unit office for the Headquarter. PK submission plays important role in the Company, whereas if there is insufficient fund in the unit office, the distribution will get troubled, which will incur loss for the Company. Although the system of the PK submission has its own Internal Control, but in reality the process has its own problem, i.e. the lead time. Hence the system needs more adjustment here and there to make it more effective and efficient."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahman Shah B.
"Tesis ini membahas Penanganan Program Kerja Audit dengan Pendekatan Risk Based Internal Audit sebagai langkah awal usulan penerapan RBIA pada Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Perancangan yang dilakukan di dalam tesis ini dititikberatkan kepada auditan yang berisiko tinggi dan auditan yang berisiko rendah.
Penlitian ini adalah penelitian dengan desain deskriptif kualitatif dengan pemilihan sampel didasarkan pada teknik nonprobabilily sampling dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu (purposive sampling) terhadap sampel dengan risiko yang tinggi dan rendah.
Hasil penelitian menyarankan perubahan atas pendekatan yang selama ini dilakukan terhadap audit program atau Program Kerja Audit (FKA) yang kurang efektif untuk auditan yang tingkat risikonya tinggi dan kurang efisien untuk auditan yang tingkat risikonya rendah dengan menggunakan pendekatan Risk Based Infernal Audit sehingga kebutuhan akan man-days dapat diketahui dengan akurat.

This thesis discusses the design of Audit Work Program by Risk Base Internal Audit approach as a first step in the proposed implementation of RBIA the Inspectorate General of Ministry of Energy and Mineral Resources. T design done in this thesis focused to high-risk audit and low risk auditee.
This research is a qualitative descriptive design, with sample select based on sampling techniques with non probability certain consideration (purposive sampling) to sample with high and low risk.
The results suggest changes in the approaches that have been made tot audit program or the Audit Work Program -- which is less effective for the audit with high level of risk and less efficient for low-risk audit the level -- with 1 Risk Based Internal Audit approach. Thus the need for man-days can be knot accurately.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33219
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Rachman Putera
"Laporan ini memaparkan proses pengendalian internal yang diterapkan pada siklus penggajian di PT AB. Proses penggajian yang dibahas mencakup peng-update-an master file pemggajian jika ada perekrutan karyawan abru, atau karyawan yang naik level atau grade, perhitungan kompensasi dan keuntungan karyawan, proses absen ke aplikasi ATA, perhitungan piutang atau pengurangan karyawan yang akan mempengaruhi potongan gajinya, perhitungan gaji karyawan, pembayaran gaji karyawan melalui bank ke rekening masing-masing, pembayaran pajak penghasilan, dan potongan jamsostek ke perusahaan asuransi. Pengendalian internal PT AB sudah memadai, serta siklus penggajian yang dterapkan PT AB telah berjalan dengan baik.

This report describes the internal control process in payroll cycle. The payroll process consist of updating the master file of payroll if there are new employee, or employee that upgrade their level/grade, calculating employee?s compensation and benefit, calculating employee?s receivable or any deduction that have an impact to their salary, calculating employee?s salary, payment employee?s salary via bank to their bank account, paying employee?s income taxes, and ?jamsostek? dedcution to insurance company. The internal control in PT AB is adequate, as well as the payroll cycle that applied in PT AB has gone well."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hutagalung, Angga Trisali
"Laporan magang ini menjelaskan tentang penerapan pengendalian internal atas skema pembayaran menggunakan SKBDN pada PT BLEM. Skema pembayaran ini digunakan perusahaan untuk pembayaran pembelian minyak solar. Aspek-aspek yang akan dibahas di dalam laporan magang ini mencakup konsep SKBDN, jenis SKBDN yang digunakan perusahaan, skema pembayaran menggunakan SKBDN, pengendalian internal yang diterapkan oleh PT BLEM terkait SKBDN, dan analisis pengendalian internal skema pembayaran SKBDN tersebut. Analisis pengendalian internal yang dilakukan di dalam laporan magang ini berfokus pada aktivitas pengendalian yang dijalankan oleh perusahaan dalam transaksi pembelian minyak solar.

This internship report describes the implementation of internal control over payment methods using SKBDN in PT BLEM. This payment method used by the company for the payment of the purchase of high-speed diesel fuel. Aspects that will be covered in the report include the concept of SKBDN, the type of SKBDN used by companies, payment scheme using SKBDN, internal controls applied by PT BLEM related SKBDN and internal control analysis of payment method using SKBDN. Internal control analysis performed in this internship report focuses on control activities undertaken by the company in the purchase of diesel fuel."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rinda Vembisam Putri
"Laporan magang ini bertujuan menganalisis perlakuan akuntansi terkait piutang usaha dan pendapatan utama pada PT. RVP, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan penyewaan mesin fotokopi. Dalam laporan ini dapat disimpulkan bahwa prosedur penyetujuan kredit PT. RVP sudah berjalan dengan baik, penagihan piutang PT. RVP juga semakin baik dari tahun 2011-2012 yang dilihat dari average collections period, metode penyisihan piutang tak tertagih yang digunakan sudah cukup efektif dan prosedur penghapusan piutang yang telah memiliki pengendalian internal yang memadai. Saran yang diberikan oleh penulis kepada PT. RVP adalah terkait metode penyisihan piutang tak tertagih yang sebaiknya menggunakan persentase piutang, perlunya meningkatkan upaya penagihan piutang untuk mempercepat A/R Collection Days dan memberikan peraturan yang lebih tegas kepada para pelanggan terkait transfer pembayaran.

This internship report aims to analyze the accounting treatment related revenue and accounts receivable at PT. RVP, which is a company that has main business in selling and leasing photocopy machines. In this report it can be concluded that the credit approval procedure PT. RVP has been going well, collection of accounts receivable PT. RVP is also better from 2011 to 2012 that seen from average collections period, method of allowance for doubtful accounts that is used is quite effective and procedures of receivables write-off have adequate internal controls. Advice given by the author to PT. RVP is associated method of allowance for doubtful accounts receivable should use percentages, the need to increase efforts to speed up the collection of accounts receivables and make a firmer regulations to customers related to the transfer payment.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Hakim
"Laporan Magang ini membahas tentang perubahan dari proses yang dilakukan dalam bagian pengadaan SOP keuangan PT. XYZ disebabkan oleh perubahan struktur organisasi dan ekspansi bisnis yang meningkatkan kompleksitas kegiatan operasional PT. XYZ. Dalam proses update, ada analisis melalui pengendalian internal berbasis COSO guidance dalam sistem internal monitoring, kemungkinan risiko yang bisa timbul, dan prosedur yang dilakukan. Proses update yang dilakukan yaitu dengan melakukan wawancara dan walkthrough pada anggota Person in Charge atau penanggung jawab dari proses yang dioperasikan oleh PT. XYZ dalam beberapa kali dan membuat koreksi SOP keuangan yang ada.
Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa setelah memperbarui SOP keuangan terhadap proses pengadaan, ada perubahan yang cukup signifikan mengenai proses dioperasikan pada siklus saat ini menuju ke siklus sebelumnya pada proses pengadaan. Sebagian besar perubahan dalam sub proses SOP Procurement adalah dalam kegiatan, diagram alur, dokumen, dan juga mengubah nama judul penanggung jawab. Beberapa SOP juga terjadi perubahan dalam instruksi kerja. Mengenai Format SOP yang digunakan oleh PT. XYZ, telah sesuai dengan format yang umum digunakan oleh perusahaan, dan terlebih lagi sudah menjelaskan poin-poin penting yang perlu ditekankan dalam SOP, sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan dalam proses ketika dieksekusi. Selain itu, SOP keuangan yang dimiliki oleh PT. XYZ juga masih perlu perbaikan juga.

This Internship Report discusses about the change of processes performed in financial SOP procurement section of PT. XYZ caused by the change of organization structure and business expansion that enhances the complexity of operational activites of PT. XYZ. In updating process, there is analysis through the internal control based on COSO guidance on monitoring internal systems, the possibility of the risks that could be arising, and the procedures done. The updating process performed by doing interview and walkthrough the Person In Charge members from the processes operated by PT. XYZ in recent times and make correction of the existing financial SOP.
The result of this internship report concludes that after updating the financial SOP towards procurement process, there is a quite significant changes regarding the processes operated on this current cycle towards to previous cycle on procurement process. Most of the sub processes in Procurement SOP changes in activities, flowcharts, documents, and also changes the title name of person in charge. Some SOP also occured changes in work instructions. Regarding SOP format used by PT. XYZ, it has been in accordance with the general format used by the company, and moreover already explained the key points that need to be emphasized in the SOP, so it will not lead to confusion in the process when it is executed. In addition, financial SOP owned by PT. XYZ is also still need of improvement too.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57666
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cancery, Ignatia
"Laporan magang ini berisi analisis terhadap pengaruh perubahan Peraturan Bapepam-LK Nomor V.D.3 dan Keputusan Bapepam-LK Nomor KEP-548/BL/2010 terhadap PT TIA, terutama terhadap akun kas dan setara kas. Ada beberapa kendala yang dihadapi PT TIA dan KSEI dalam melaksanakan Peraturan Bapepam-LK Nomor V.D.3 dan Keputusan Bapepam-LK Nomor KEP-548/BL/2010, yaitu komunikasi dengan nasabah yang begitu banyak dan sulit dihubungi, pengintegrasian sistem di PT TIA, pengintegrasian sistem antara KSEI dengan setiap bank di Indonesia, dan penyesuaian perubahan peraturan tersebut terhadap laporan keuangan PT TIA. Perubahan Peraturan Bapepam-LK Nomor V.D.3 dan Keputusan Bapepam-LK Nomor KEP-548/BL/2010 menghasilkan beberapa temuan audit dalam laporan keuangan interim PT TIA, yaitu beberapa jurnal reclassification.
Kesimpulan dari analisis laporan ini adalah PT TIA tetap mematuhi dan melaksanakan Peraturan Bapepam-LK Nomor V.D.3 dan Keputusan Bapepam-LK Nomor KEP-548/BL/2010 dan perubahan peraturan tersebut tidak mempengaruhi opini audit atas laporan keuangan interim PT TIA per 30 Juni 2012.

This internship report discuss about analysis of the change in Bapepam-LK Regulation No. V.D.3 and Bapepam-LK Decree No. KEP-548/BL/2010 to PT TIA, especially on Cash and Cash Equivalent account. There are some constraints that PT TIA and KSEI face in the implementation Bapepam-LK Regulation No. V.D.3 and Bapepam-LK Decree No. KEP-548/BL/2010, that is communication with so numerous customers and difficulty to contact them, system integration in PT TIA, system integration between KSEI and every bank in Indonesia, and adjustment of the regulatory changes to financial statements PT TIA. The change of Bapepam-LK Regulation No. V.D.3 and Bapepam-LK Decree No. KEP-548/BL/2010 generates some audit findings in the interim financial statement of PT TIA, that is some reclassification journal.
The conclusion from this report analysis is PT TIA keep in compliance and implement Bapepam-LK Regulation No. V.D.3 and Bapepam-LK Decree No. KEP-548/BL/2010 and the regulatory change do not affect the audit opinion on the interim financial statement PT TIA per June 30, 2012."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rendy Rizki Primazon
"Laporan ini memaparkan proses-proses yang diterapkan pada siklus pengeluaran kas di PT FGH. Proses-proses yang akan dibahas mencakup pemesanan, penerimaan barang, Persetujuan Invoice dari Pemasok, serta pengeluaran kas. Selain itu laporan ini juga menjelaskan bagaimana cara melakukan proses input atas tagihan kedalam sistem yang digunakan oleh PT FGH dan juga akan membahas analisis atas pengendalian internal yang terjadi selama proses tersebut. Laporan ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal dari PT FGH dapat dinilai baik karena unsur-unsur pengendalian internal telah dijalankan.

This report describes the processes in Expenditure Cycle. These processes consist of Ordering, Receiving, Approving Invoice from Supplier, and Cash Disbursements. In addition, this report also describes how to do the input process for the invoices to the system and also describes the analysis of internal control that occurred during the process. This report concludes that internal control at PT FGH can be determined as good, because every aspects of internal control have been done correctly."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin William
"Laporan magang ini membahas tentang prosedur pemutakhiran SOP keuangan siklus inventory yang dilakukan pada PT X yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pengendalian internal. Proses pemutakhiran dilakukan dengan melakukan walkthrough dengan karyawan PT X untuk kemudian digambarkan dalam bentuk flowchart.
Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa PT X melakukan pemutakhiran SOP keuangannya secara berkala dalam rangka meningkatkan kualitas pengendalian internal atas pelaporan keuangan.

This Internship Report discusses about the updating procedure of Financial Standard Operating Procedures Inventory Cycle in order to enhance the quality of internal control in PT X. The updating procedure is done by performing walkhtrough with PT X?s employee before presented in flowchart.
The result of this internship report concludes that PT X updates the Financial Standard Operating Procedures regularly in order to enhance the quality of internal control on financial reporting.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54670
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Fazri
"Laporan magang ini berisi mengenai audit atas penjualan mobil dan pendapatan jasa servis pada PT XYZ. PT XYZ merupakan salah satu Dealer mobil Honda yang kegiatan bisnisnya bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa perbengkelan. Sumber utama pendapatan perusahaan adalah melalui penjualan mobil dan pemberian jasa servis kendaraan. Pelaksanaan audit atas pendapatan meliputi pemahaman bisnis klien, uji pengendalian internal dan uji substantif atas transaksi pendapatan beserta PPN. Berdasarkan hasil audit, tidak terdapat penyimpangan atas prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

This internship report contains audit of car sales and service revenue in PT XYZ. PT XYZ is one of Honda's automobile dealer, business activities of this company is engaged in general trading and workshop services. Company's main source of revenue is through the sale of car and vehicle servicing services. The audit of sales includes an understanding of client’s business, test of control and substantive test of revenue transaction and VAT. Based on the audit result, there is no departure from generally accepted accounting principles in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>