Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 176443 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rudiyansah
"Struktur Olivine LiMnPO4 sebagai material katoda baterai Li-ion memiliki daya tarik tersendiri dikarenakan nilai potensial oksidasi-reduksi yang tinggi yaitu 4.2 volt terhadap Li/Li+, stabil secara termal, dan relatif ramah lingkungan (nontoxic).
Namun nilai konduktifitas ionik dan elektronik yang rendah sekitar (10-9 S/cm), nilai specific capacity yang rendah akibat distorsi kisi (Jahn-Teller effect),
menjadi tantangan tersendiri. Proses pelapisan karbon pada bahan aktif LiMnPO4 dengan menggunakan starch atau pati singkong , subtitusi kation dengan penambahan Fe dan Ni (covalent-doping) dimana formulasi LiMn0.7Fe0.3-
xNixPO4/C dengan 0 X 0.2 digunakan untuk meningkatkan konduktifitas elektronik-ionik, nilai specific capacity dan working voltage (Voksidasi/reduksi).
Pengujian XRD menunjukan pola difraksi struktur kristal LiMnPO4 telah berhasil terbentuk melalui proses milling (330 rpm, 48 jam) dan sintering disuhu 800°C (solid state reaction). Proses reduksi ukuran dan coating karbon dengan Ball Milling mampu menghasilkan partikel bahan aktif LiMn0.7Fe0.3-xNixPO4/C dengan 0 X 0.2 berukuran hingga 290 nanometer dengan ukuran kristalit hingga 60 nanometer. Pertumbuhan pelapisan karbon kearah horizontal pada bahan aktif LiMn0.7Fe0.3-xNixPO4/C dengan 0 X 0.2 menjadi bukti bahwa starch atau pati singkong berperan sebagai fasilitator pengintian pelapisan karbon dan terlihat pada pengujian SEM (perbesaran 50000 x) dan pengujian EDX dengan kadar Mn
yang tinggi menjadi bukti penguat. Frame network polianion terbentuk pada bahan aktif LiMn0.7Fe0.3-xNixPO4/C dengan 0 X 0.2 ditandai dengan nilai vibrasi v1- v4 (1138 dan 1098 cm-1) yang dominan muncul pada hasil pengujian FTIR. Penambahan karbon sebagai pelapis bahan aktif memberikan nilai konduktifitas elektronik (pasif) dan ionik (aktif) yang cukup tinggi sekitar 1 x 10-3 S/cm dan 7.2 S/cm, dimana penambahan Ni (doping kation) berkontribusi dalam peningkatan nilai konduktifitas elektronik (pasif). Komposisi bahan aktif
LiMn0.7Fe0.25Ni0.05PO4/C menunjukan nilai specific capacity oksidasi hingga 60.92 mAh/gr dan nilai Voksidasi-reduksi sekitar 4.13 volt dan mampu digunakan
sebagai bahan aktif katoda baterai Li-ion secara praktikal dari hasil pengujian cyclic voltammetry. Puncak Voksidasi/reduksi ganda yang merupakan kontribusi
Voksidasi Fe2+/Fe3+ dan Mn2+/Mn3+ sering terlihat pada hasil pengujian cyclic voltammetry.

Olivine LiMnPO4 structure as cathode material in Li-ion battery have very
attractive because its high potential oxidation/reduction around 4.2 volts vs. Li/Li+,
thermally stable, and nontoxic. Its low electronic and ionic conductivity around
(10-9 S/cm), low specific capacity by lattice distortion (Jahn-Teller effect),
become its challenges. Carbon-coating process with starch of cassava in cathode
material LiMnPO4, co-subtitution by adding Fe and Ni where LiMn0.7Fe0.3-
xNixPO4/C with 0  X  0.2 formulation have been used to enhanced ionicelectronic
conductivity, specific capacity, and working voltage of cathode material.
Pattern diffraction of XRD shown LiMnPO4 structure have been formed via
milling process (330 rpm, 48 hours) and sintering process at 800°C (solid state
reaction). Size reduction process and carbon coating have been carried and
produced cathode material LiMn0.7Fe0.3-xNixPO4/C with 0  X  0.2 with the
particle size up to 290 nanometers and crystallite size up to 60 nanometers.
Carbon-coating process have been grown in horizontal direction in cathode
material LiMn0.7Fe0.3-xNixPO4/C with 0  X  0.2 and become approval that the
starch of cassava have been facilitates nuklea of carbon-coating to grown in
cathode material and can be seen by SEM with magnification 50000 times, and
also the high content of Mn that have founded by EDX evaluation agreed. Frame
network of polyanion have formed in cathode material LiMn0.7Fe0.3-
xNixPO4/C with 0  X  0.2 indicated by vibration value of v1- v4 (1138 and 1098
cm-1) that appeared dominantly during FTIR evaluation. Electronic conductivity
(passive) of cathode material LiMn0.7Fe0.3-xNixPO4/C with 0  X  0.2 increased
significantly up to 1 x 10-3 S/cm by carbon-adding process as carbon-coating in
cathode material, where the process of Ni-added as cation-doping also contribute
in increasing the value of electronic conductivity. Based of cyclic voltammetry
evaluation the formulation LiMn0.7Fe0.25Ni0.05PO4/C of cathode material shown
the highest specific capacity oxidation near 60.92 mAh/gr and Voxidation/reduction
around 4.13 volts and practically can be used as Li-ion battery. Doblet
Voxidation/reduction peak appeared several times as the contribution of Voxidation/reduction
Fe2+/Fe3+ and Mn2+/Mn3+ in cyclic voltammetry evaluation.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34990
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Ratnaningsih
"Material berlapis, seperti logam dikalkogenida tin disulfida (SnS2), merupakan material menjanjikan untuk penyimpanan ion Na pada anoda baterai natrium. Struktur yang dimiliki SnS2 memberikan peluang untuk mengatur jarak antarlapisan agar semakin banyak ion Na yang dapat ditampung sekaligus meningkatkan laju difusi ion Na dalam material tersebut. Penelitian ini menggunakan density functional theory (DFT) untuk mempelajari pengaruh jarak antarlapisan terhadap energi ikat pada proses interkalasi ion Na. Selain itu, penelitian ini juga mempelajari jalur difusi yang mungkin dilalui ion Na dalam SnS2 serta energi barrier dari setiap jalur menggunakan metode nudged elastic band (NEB). Hasil menunjukkan bahwa ekspansi jarak antarlapisan dapat meningkatkan kinetika interkalasi dan menurunkan energi barrier untuk difusi ion Na yang menjadi kendala utama pada kinerja baterai natrium. Studi ini memberikan gambaran interkalasi dan difusivitas ion untuk desain anoda dalam material berlapis.

Tin disulfide (SnS2) as layered metal dichalcogenide is a promising material for Na-ion storage as sodium battery anodes. The structure of SnS2 allows controlling the interlayer spacing to accommodate more Na-ion and increase the diffusion rate of Na-ion in materials. This research used a density functional theory (DFT) to study the effect of interlayer spacing on the binding energy of the Na ion intercalation process. In addition, this study observed the possible diffusion pathway for Na-ion in SnS2 and the barrier energy of each pathway using the nudged elastic band (NEB) method. The result shows that interlayer expansion can improve intercalation kinetics and decrease the barrier energy of Na ion diffusion which is the main constraint on sodium batteries’ performance. This study provides an overview of ion intercalation and diffusion for anode application in layered materials."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Enri Novalino Vidiawan
"Mobil atau kendaraan listrik (EVs) telah mendapatkan banyak perhatian di seluruh dunia sebagai solusi permasalahan pengurangan emisi gas buang. Dalam sistem mobil listrik tersebut baterai menjadi komponen vital sebagai sumber tenaga listrik penggerak yang efisien. Menjadi satu hal yang sangat penting diperhatikan adalah pengisian bateri secara on-board atau off-board yang efisien. Karena keterbatasan infrastruktur pengisian bateri cepat yang khusus, sebagian besar kendaraan listrik dilengkapi dengan On-Board Battery Charger (OBC) yang memungkinkan mereka mengisi daya dari soket utilitas yang ada di mana-mana. Untuk itu, menjadi penting untuk mengangkat tema penelitian tentang OBC. Studi ini menyajikan konverter non-isolasi dua tahap satu fase untuk pengisi daya baterai kendaraan listrik hybrid plug-in terpasang. Pada penelitian ini, kinerja konverter akan ditingkatkan dengan menerapkan Fractional-Order PID (FOPID) pada bagian kontrolernya. Evaluasi kinerja rancangan OBC dilaukan melalui simulasi untuk menunjukkan keefektifan sistem yang diusulkan. Rangkaian yang dihasil dapat menghasilkan pemakaian induktor sekitar 5 kali lebih kecil pada bagian Power Factor Correction (PFC) rangkaian, dapat lebih meminimalisisr rugi-rugi konduksi yang terjadi pada bagian DC-DC Converter, dan membuat sistem 0.03s lebih cepat sampai pada titik stabilnya. Diharapkan dengan peningkatan-peningkatan yang dilakukan diberbagai bagian rangkaian OBC pada studi ini, bisa menghasilkan rangkaian OBC yang dapat menjawab tantangan-tantangan yang ada saat ini dalam pengaplikasiannya, dan dapat diaplikasiakan dengan mudah di masa depan

Electric cars or vehicles (EVs) have received a lot of attention worldwide as a solution to the problem of reducing exhaust emissions. In the electric car system, the battery becomes a vital component as an efficient source of electric power. One thing that is very important to note is efficient on-board or off-board battery charging. Due to the limitations of a dedicated fast charging infrastructure, most electric vehicles are equipped with an On-Board Battery Charger (OBC) that allows them to charge from the ubiquitous utility socket. For this reason, it is important to raise the theme of research on OBC. This study presents a single-phase two-phase non-insulated converter for a plug-in hybrid electric vehicle battery charger installed. In this research, the converter performance will be improved by applying Fractional-Order PID (FOPID) on the controller part. Evaluation of the performance of the OBC design is carried out through simulations to demonstrate the effectiveness of the proposed system. The resulting circuit can produce the use of an inductor about 5 times smaller in the Power Factor Correction (PFC) section of the circuit, can further minimize conduction losses that occur in the DC-DC Converter section, and make the system 0.03s faster to reach its stable point. It is hoped that with the improvements made in various parts of the OBC series in this study, it can produce an OBC series that can answer the challenges that exist today in its application, and can be applied easily in the futur"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paramarddhika Alfarist Bustaman
"Tren kendaraan listrik di Indonesia yang semakin meningkat mendorong industri manufaktur kendaraan listrik untuk meningkatkan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN). DC-DC converter menjadi salah satu komponen penting dari modul pengisian daya baterai kendaraan listrik. Topologi dari DC-DC converter dibagi menjadi dua, yaitu non-isolated DC-DC converter dan isolated DC-DC converter yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini akan melakukan simulasi dan analisis terhadap kerja dan efisiensi dari synchronous buck converter sebagai non-isolated converter dan flyback converter sebagai isolated converter untuk aplikasi pengisian daya baterai motor listrik. Variasi yang digunakan dalam penelitian adalah nilai duty cycle dari kedua rangkaian. Simulasi kedua rangkaian converter dilakukan dalam software LTspice. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai efisiensi tertinggi dari simulasi rangkaian synchronous buck converter sebesar 97,71% dan rangkaian flyback converter sebesar 96,65%.

The increasing trend of electric vehicles in Indonesia is encouraging the electric vehicle manufacturing industry to increase the value of the tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). The DC-DC converter is an important component of the electric vehicle battery charging module. The topology of DC-DC converters is divided into two, namely non-isolated DC-DC converters and isolated DC-DC converters, each of which has advantages and disadvantages. This research will simulate and analyze the work and efficiency of a synchronous buck converter as a non-isolated converter and a flyback converter as an isolated converter for electric motor battery charging applications. The variation used in the research is the duty cycle value of the two circuits. Simulation of both converter circuits is carried out in the LTspice software. The research results obtained from this research show that the highest efficiency value from the simulation of the synchronous buck converter circuit is 97.71% and the flyback converter circuit is 96.65%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Akbar Hipi
"Pengembangan kendaraan listrik tentunya perlu didukung oleh sistem charging station yang bisa menjangkau pengguna kendaraan listrik secara umum dan di samping itu juga bermanfaat dalam pemanfaatan energi terbarukan. Masalah dalam penelitian ini adalah mengkaji pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi CS. Idealnya kendaraan listrik menggunakan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini mengkaji strategi keberlanjutan dari Hybrid Charging station (HCS) dengan metode Life Cycle Costing (LCC), Life Cycle Assesment (LCA) dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunity, hreat). Metode penelitian menggunakan metode gabungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek ekonomi HCS tergolong efisien, kemudian pada aspek lingkungan komponen photovoltaic yang memberikan kontribusi terbesar terhadap dampak yang ditimbulkan. Stategi keberlanjutan HCS perlu didukung oleh seluruh stake holder yang berperan dalam  pengembangan kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya. Kesimpulan penelitian adalah strategi pengembangan HCS yang tepat dapat mengurangi dampak lingkungan, meningkatkan efisiensi dan memudahkan pengembangan charging station yang ramah lingkungan.

The development of electric vehicles certainly needs to be supported by a charging station system that can reach electric vehicle users in general and besides that is also beneficial in the use of renewable energy. The problem in this research is to examine the use of renewable energy as a CS energy source. Ideally electric vehicles use renewable energy sources that are environmentally friendly. The purpose of this study is to examine the sustainability strategy of the Hybrid Charging station (HCS) using the Life Cycle Costing (LCC) method, Life Cycle Assessment (LCA) and SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunity, Threat). The research method uses a combined method. The results showed that on the economic aspect HCS was classified as efficient, then on the environmental aspect the photovoltaic component contributed the most to the impact. The HCS sustainability strategy needs to be supported by all stakeholders who play a role in the development of electric vehicles and their supporting infrastructure. The conclusion of the research is that the right HCS development strategy can reduce environmental impact, increase efficiency and facilitate the development of environmentally friendly charging stations."
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Daffa Hilmy
"Dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan listrik di Indonesia, kebutuhan akan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) juga semakin meningkat. SPKLU besar dengan kapasitas pengisian daya yang besar dibutuhkan untuk melayani kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik secara bersamaan. Namun, dalam keadaan keterbatasan jumlah energi, algoritma penentuan prioritas pengisian daya yang tepat perlu diterapkan agar semua kendaraan listrik dapat terlayani dengan baik. Dalam penelitian ini, algoritma Branch and Bound digunakan untuk menentukan prioritas pengisian daya mobil listrik di SPKLU besar dalam keadaan keterbatasan jumlah energi. Algoritma Branch and Bound adalah metode yang digunakan dalam penyelesaian masalah optimasi kombinatorial. Algoritma ini bekerja dengan mengeksplorasi pohon pencarian biner dan kemudian mengeliminasi cabang tertentu berdasarkan batas-batas pada solusi optimal. Dalam skripsi ini, 3 indeks digunakan untuk menentukan prioritas kendaraan listrik yaitu Social Welfare (SW), Community Wellbeing (CW), dan Individual Satisfaction (IS). Terdapat 5 faktor penentu untuk menghitung ketiga indeks tersebut, yaitu Trip Purpose, EV Occupant, SOC Gap, Departure Time, dan Customer Behaviour. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma branch and bound dapat menghasilkan solusi yang optimal dalam menentukan prioritas pengisian daya kendaraan listrik di SPKLU dalam keterbatasan energi. Solusi yang dihasilkan dapat memaksimalkan penggunaan energi yang ada hanya pada kendaraan listrik yang dinilai memiliki prioritas tinggi.

With the increasing number of electric vehicles in Indonesia, the need for Electric Vehicle Charging Stations (EVCS) is also increasing. Large EVCS with high charging capacity are needed to serve the charging needs of electric vehicles simultaneously. However, in a situation of limited energy supply, an appropriate charging priority algorithm needs to be implemented so that all electric vehicles can be well served. In this study, the Branch and Bound algorithm is used to determine the charging priority of electric cars at large EVCS in a situation of limited energy supply. The Branch and Bound algorithm is a method used in solving combinatorial optimization problems. This algorithm works by exploring binary search tree and then eliminating certain branches based on bounds on the optimal solution. In this thesis, 3 indices are used to determine the priority of electric vehicles, namely Social Welfare (SW), Community Wellbeing (CW), and Individual Satisfaction (IS). There are 5 determinant factors to calculate these three indices, namely Trip Purpose, EV Occupant, SOC Gap, Departure Time, and Customer Behaviour. The research results show that the branch and bound algorithm can produce an optimal solution in determining the charging priority of electric vehicles at EVCS in energy limitations. The solution produced can maximize the use of existing energy only on electric vehicles that are considered to have high priority."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bramanda Dwi Putra
"

Sektor transportasi adalah sektor konsumsi energi minyak terbesar dan penghasil emisi gas terbesar kedua di Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Indonesia mengeluarkan keputusan presiden untuk mobil listrik di Indonesia, yang menargetkan untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Beberapa kendala akan dihadapi dalam mengadopsi kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya adalah kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik. Dengan nilai investasi tinggi dan beragam teknologi pengisian memaksa pemerintah untuk dapat memilih teknologi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memilih alternatif terbaik untuk memberikan rekomendasi bagi pemerintah Indonesia dalam memilih jenis stasiun pengisian yang tepat untuk Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, model berbasis hirarki telah dikembangkan dengan mempertimbangkan sembilan kriteria dan tiga alternatif, yaitu bertukar baterai, induktif, dan konduktif. Penelitian ini menggunakan metode gabungan dari proses hierarki analitik (AHP) dan teknik untuk preferensi pesanan dengan kemiripan dengan solusi ideal (TOPSIS). Analisis mengungkapkan bahwa alternatif pengisian konduktif memegang peringkat pertama di antara semua alternatif yang dipertimbangkan.

 


The transportation sector is the largest oil energy-consuming sector and the second-largest emitter of gas emissions in Indonesia. To overcome this, the Government of Indonesia issued a presidential decree for electric cars in Indonesia, which targets to accelerate the adoption of electric vehicles in Indonesia. Several obstacles will be faced in adopting an electric vehicle in Indonesia, one of which is the readiness of an electric vehicle charging station. With a high investment value and a variety of charging technology forces the government to be able to choose the right technology. The objective of this research is to select the best alternative to provide recommendations for the Indonesian government in choosing the right type of charging station technology for Indonesia. In order to accomplish the aim, a hierarchy-based model has been developed by considering nine criteria and three alternatives, namely battery swapping, inductive, and conductive. This research uses the combined method of analytic hierarchy process (AHP) and technique for order preference by similarity to ideal solution (TOPSIS). Analysis reveals that the alternative, ‘Conductive Charging,’ holds the first rank among all considered alternatives.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhityo Adyahardiyanto
"Laporan International Energy Agency (IEA) menunjukkan bahwa sekitar 33% dari total emisi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Indonesia berasal dari kegiatan di sektor energi. Jumlah yang signifikan ini membuat Indonesia menjadi negara kontributor GRK global terbesar ke-6 (enam) di dunia. Berkaitan dengan fakta tersebut, pemerintah Indonesia sejatinya telah berkomitmen untuk menurunkan emisi GRK dalam Paris Agreement, sebagaimana diratifikasi sebagai Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement to The United Nations Framework Convention Climate Change. Sebagai salah satu upaya tersebut, Pemerintah Indonesia melakukan penyusunan kebijakan percepatan pemanfaatan tenaga listrik untuk penggerak kendaraan bermotor dan membangun sistem Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara bertahap. Secara lebih lanjut, hal ini diejawantahkan dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan (Perpres 55/2019). Dalam pendekatan umum, KLBB memang dapat mengatasi permasalahan emisi GRK dari kendaraan BBM. Namun jika dilihat lebih dekat, sejatinya kerangka kebijakan terkait infrastruktur untuk KLBB ini dapat menciptakan katastrofi selanjutnya dalam pengelolaan SDA, energi, serta keberlanjutan lingkungan di Indonesia. Sebab, energi yang diperoleh SPKLU tersebut diperoleh dari sumber-sumber energi tidak terbarukan. Atas hal tersebut, penulis kembali mempertanyakan komitmen pemerintah Indonesia dalam mencapai target penurunan emisi GRK guna menciptakan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan kelestarian lingkungan, khususnya ketahanan iklim, sebagaimana dijanjikan dalam UU 16/2016 terkait target penurunan emisi GRK. Penulis menggunakan penelitian yuridis-normatif dimana penulis melihat kesesuaian antara kebijakan SPKLU dengan berbagai bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Selain itu, utamanya penulis akan mengaitkan kebijakan tersebut dengan prinsip-prinsip kebijakan pengelolaan energi di Indonesia. Dari penelitian ini, Pemerintah Indonesia demikian perlu untuk mengevaluasi kembali penerapan kebijakan infrastruktur SPKLU di Indonesia. Hal ini tidak lain guna mendorong kesuksesan pencapaian target penurunan emisi GRK di Indonesia.

The International Energy Agency (IEA) report indicates that approximately 33% of Indonesia's total Greenhouse Gas (GHG) emissions come from activities in the energy sector. This significant amount makes Indonesia the 6th largest global contributor to GHG emissions. In light of these facts, the Indonesian government has committed to reducing GHG emissions as part of the Paris Agreement, ratified under Law Number 16 of 2016 concerning the Ratification of the Paris Agreement to The United Nations Framework Convention on Climate Change. As part of these efforts, the Indonesian government has formulated policies to accelerate the use of electric power for motor vehicles and gradually establish Public Electric Vehicle Charging Stations (SPKLU). This commitment is further articulated in Presidential Regulation Number 55 of 2019 on the Acceleration of Battery Electric Vehicle (BEV) Programs for Road Transportation (Presidential Regulation 55/2019). While electric vehicles can address the issue of GHG emissions from conventional fuel vehicles in a general sense, a closer examination reveals that the policy framework regarding the infrastructure for Battery Electric Vehicles (BEVs) could potentially lead to further catastrophes in the management of natural resources, energy, and environmental sustainability in Indonesia. This is because the energy obtained from these charging stations comes from non-renewable sources. In light of this, the author questions the Indonesian government's commitment to achieving GHG emission reduction targets for sustainable development, particularly in terms of climate resilience, as promised in Law 16/2016 regarding GHG emission reduction targets. The author employs a juridical-normative research approach, examining the compatibility of the SPKLU policy with various primary, secondary, and tertiary legal sources. Based on this research, it is imperative for the Indonesian government to reevaluate the implementation of SPKLU infrastructure policies in Indonesia. This is essential to ensure the success of achieving GHG emission reduction targets in the country."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bhisma Cakti Vyasha
"Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi niat adopsi Kendaraan Listrik Baterai (BEV) di kalangan masyarakat Indonesia, menggunakan kerangka kerja yang dikembangkan oleh Elena Higueras-Castillo et al. (2021). Dengan memanfaatkan IBM SPSS, penelitian ini memeriksa faktor-faktor psikologis dan sosial seperti sikap terhadap BEV, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, dan niat untuk menggunakan BEV. Beberapa hipotesis diuji menggunakan multiple regression analysis. Respons survei dari 145 partisipan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi, regresi berganda, dan analisis faktor untuk mengidentifikasi pola dan hubungan.
Penelitian ini memastikan validitas dan reliabilitas melalui pengujian awal kuesioner dan mematuhi pedoman etika. Analisis statistik mengungkapkan bahwa sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku secara signifikan mempengaruhi kesiapan penduduk untuk mengadopsi BEV. Temuan ini mengisi kesenjangan pengetahuan dalam dinamika adopsi BEV di Indonesia, menawarkan wawasan bagi pembuat kebijakan, perencana kota, dan pemangku kepentingan lainnya.
Berdasarkan hasil tersebut, rekomendasi dibuat untuk intervensi kebijakan, investasi infrastruktur, dan kampanye kesadaran publik guna mempercepat transisi menuju mobilitas listrik. Wawasan ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan BEV secara efektif kepada konsumen potensial baru dengan menyoroti sikap positif, norma sosial, dan faktor kontrol yang dipersepsikan yang mendorong adopsi.

This research employs a quantitative design to investigate factors influencing Battery Electric Vehicle (BEV) adoption intentions among Indonesians, using the framework developed by Elena Higueras-Castillo et al. (2021). By utilizing IBM SPSS, the study examines psychological and social factors such as attitudes towards BEVs, subjective norms, perceived behavioral control, and intention to use BEVs. Multiple hypotheses are tested using multiple regression analysis. Survey responses from 145 participants are analyzed using descriptive statistics, correlation analysis, multiple regression, and factor analysis to identify patterns and relationships.
The study ensures validity and reliability through pre-testing the questionnaire and adhering to ethical guidelines. Statistical analyses reveal that attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control significantly influence residents' readiness to adopt BEVs. The findings fill a knowledge gap in BEV adoption dynamics within Indonesia, offering insights for policymakers, urban planners, and other stakeholders.
Based on the results, recommendations are made for policy interventions, infrastructure investments, and public awareness campaigns to accelerate the transition towards electric mobility. These insights can be leveraged to effectively market BEVs to new potential consumers by highlighting the positive attitudes, social norms, and perceived control factors that drive adoption.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifat Firoos Aiman
"Penggunaan mobil listrik yang meningkat memerlukan dukungan ekologi yang memadai dan infrastruktur yang kuat. Jarak tempuh mobil listrik yang pendek dan kurangnya fasilitas pengisian menjadi dua hambatan utama. Penelitian ini menggunakan MINLP untuk mempelajari lokasi optimal stasiun pengisian kendaraan listrik di DKI Jakarta. Tujuannya adalah untuk mengurangi total biaya pembangunan stasiun pengisian, biaya transportasi untuk mobil yang pergi ke stasiun tersebut, dan waktu tunggu pengisian bagi pengemudi. Dengan menciptakan jaringan stasiun pengisian yang efektif, meningkatkan kemudahan penggunaan mobil listrik, dan mendorong penggunaan bahan bakar alternatif, studi ini diharapkan dapat mendukung program hijau pemerintah dan menciptakan lingkungan perkotaan yang lebih berkelanjutan. Untuk lebih mengurangi dampak terhadap lingkungan, proyek ini juga fokus pada integrasi sumber energi terbarukan ke dalam infrastruktur pengisian.

The increased use of electric vehicles calls for sufficient ecological support and a strong infrastructure. The short range of electric cars and the dearth of charging facilities present two major obstacles. The optimal location of EV charging stations in DKI Jakarta is being studied using MINLP. The goal is to reduce the overall cost of constructing charging stations, the cost of transportation for cars to go to these stations, and the amount of time drivers must wait to be charged. By creating an effective network of charging stations, improving the usability of electric cars, and encouraging the use of alternative fuels, the study hopes to help green government programs and create a more sustainable urban environment. To further lessen the influence on the environment, this project also focuses on incorporating renewable energy sources into the infrastructure for charging."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>