Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 95878 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tri Hendro Hartanto
"Runway incursion adalah kejadian apapun di landasan pacu yang melibatkan keberadaan yang tidak semestinya oleh pesawat udara, kendaraan, objek, ataupun orang yang dapat mengakibatkan ancaman terjadinya tabrakan atau mengurangi jarak untuk lepas landas atau bermaksud lepas landas dan mendarat atau bermaksud untuk mendarat. Runway incursion dapat terjadi seiring dengan peningkatan frekuensi penerbangan di tiap-tiap bandar udara dan dapat berakibat kecelakaan serius. Kondisi aktual menunjukan kejadian runway incursion di Indonesia dapat dikatakan jarang sekali terlaporkan sehingga database keselamatan di landasan pacu di Indonesia sangat sedikit. Berdasarkan penelitian mengindikasikan lokasi-lokasi bandar udara di Indonesia yang sering terjadi kejadian runway incursion berdasarkan persepsi pilot, khususnya bagi bandar udara dengan kelengkapan landasan pacu sebagai faktor kontribusi utama runway incursion.

Runway incursion is any occurrence in a runway involving by incorrect presence of aircraft, vehicle, object, or person which may lead to the threat of a collision or reduce the distance to take off or intends to take-off and landing or intending to land. Runway incursion may occur with increasing frequency of flights at each airport, and can be serious accident. Runway incursion in Indonesian airports are often unreported resulting in unreliable runway safety database. This study indicates airports with high frequency of runway incursion based on pilots perceptions, in particular at airport with runway safety compliance at the primary contributing factor.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35775
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shabila Anjani
"Terjadi peningkatan pesat dari tahun 2009 sampai 2012 pada lalu lintas penumpang dan barang di Bandar Udara Soekarno Hatta atau yang disebut dengan Soekarno Hatta International Airport SHIA. Hal ini juga menimbulkan meningkatnya pergerakan pesawat secara tajam. Data dari Kementerian Perhubungan menunjukan bahwa terjadi penundaan keberangkatan keterlambatan pada 15 20 penerbangan dari rata rata 1 125 penerbangan perharinya dengan waktu keterlambatan sebesar 15 menit sampai dengan 1 jam Kementerian Perhubungan menilai keterlambatan ini sebagai imbas dari bottleneck yang timbul di SHIA. Untuk itu perlu dianalisis maximum capacity throughput landasan pacu SHIA untuk melihat kapasitas optimal landasan dengan mempertimbangkan limitasi kapasitas infrastruktur saat ini dan standar keamanan pesawat terbang.

From 2009 to 2012 there is a huge rise in the air traffic of Soekarno Hatta International Airport SHIA This is due to significant rise in the number of passengers and cargo The Ministry of Transportation mentioned that there is 15 20 delay of 15 minutes to 1 hour from the average 1 125 movements per day The ministry also mentioned that this delay is due to the bottleneck effect in SHIA. The current maximum flow in SHI. is 82 movements per hour which is below the heavy traffic limit of 87 movements per hour Jung Hoang Montoya Gupta Malik Tobias 2010 To overcome this problem there needs to be a recalculation of the maximum runway utilization or the maximum capacity throughput of the runway which considers infrastructure limitations and safety standards for aircrafts."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53210
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Muhammad Rhydo
"Skripsi ini membahas kapasitas landasan pacu yang dimiliki oleh bandara Soekarno Hatta, Jakarta dengan melakukan analisis dan evaluasi mengenai besaran kapasitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat besaran kapasitas yang dimiliki oleh landasan pacu bandara Soekarno Hatta untuk kemudian dibandingkan dengan jumlah permintaan yang diramalkan akan muncul, sehingga dapat diproyeksikan kesanggupan landasan pacu bandara dalam menghadapinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode yang direplikasi dari metode-metode sebelumnya serta menggunakan data yang bersumber langsung dari PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Soekarno Hatta. Penghitungan kapasitas menggunakan metode yang bersumber dari Federal Aviation Administration sementara peramalan permintaan menggunakan metode trend projection.
Hasil perhitungan kapasitas dan peramalan permintaan menjadi dasar dari evaluasi kapasitas dan didapatkan hasil bahwa landasan pacu bandara Soekarno Hatta telah mengalami overcapacity dan akan terus mengalami overcapacity hingga tahun 2025 yang dapat mengakibatkan terjadinya kendala operasional. Dalam penelitian ini kemudian dilakukan simulasi bagaimana jika bandara Soekarno Hatta melakukan pembangunan landasan pacu ketiga (what if analysis) dan didapatkan hasil bahwa pembangunan landasan pacu ketiga akan mampu mengakomodasi permintaan dengan kondisi undercapacity pada tahun 2025.

This study investigates the runway capacity of Soekarno Hatta Airport, Jakarta with doing some analysis and evaluation about the amount of it?s runway capacity. The purpose of the study is to analyze the current capacity to be compared with the future demand projection, so we could projecting the capability of the runway to accomodate the demand. This study runs with the replication model from the previous method and the data comes from PT Angkasa Pura II as the airport operator. The capacity calculation method was replicated from the Federal Aviation Administration and the demand projection was calculated by the trend projection method.
The result of the calculations stands as the basis for capacity evaluation dan the evaluation conclude that Soekarno Hatta runway is facing the overcapacity situation until 2025 and could disrupt the operational system. And then in this study, there is simulation if the government build the third runway to complete the airport and the result is runway building could give the airport chance to accomodate the demand on 2025.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64879
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syafira Rahmayanti
"Keberadaan runway strip pada bandar udara harus mampu melindungi pesawat udara yang melaju keluar dari landas pacu ketika sedang melakukan lepas landas atau pendaratan pesawat yang mana kejadian ini dikenal dengan istilah runway excursion. Analisis faktor yang menyebabkan terjadinya runway excursion tersebut dapat dilakukan dengan mengelompokan faktor penyebab menjadi faktor lingkungan, faktor fasilitas dan infrastruktur, serta faktor manusia. Selain itu dilakukan pengelompokan data kejadian ke dalam lingkup yang lebih kecil untuk melihat bagaimana pengaruh setiap faktor berdasarkan pajang runway dan didapatkan bahwa runway excursion paling banyak terjadi pada bandar udara yang memiliki panjang runway lebih dari 1800 meter. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari faktor tersebut, maka dilakukan analisis regresi yang dapat menyatakan bagaimana besaran pengaruh dari suatu setiap faktor tersebut. Jalur pengaruh yang diujikan adalah antara masing-masing faktor terhadap runway excursion secara sendiri atau bersamaan dan juga jalur pengaruh antar masing-masing faktor terhadap satu sama lain. Dari hasil regresi tersebut didapatkan bahwa faktor fasilitas dan infrastruktur merupakan faktor yang paling berpengaruh dengan hasil besaran pengaruh yang paling besar. Ketidakhadiran faktor fasilitas dan infrastruktur ini juga akan menghilangkan pengaruh terhadap kejadian runway excursion sehingga dapat dinyatakan sebagai penyebab. Sedangkan untuk faktor lingkungan dan faktor manusia dinyatakan sebagai faktor yang berkontribusi karena kejadian runway excursion dapat saja terjadi tanpa adanya pengaruh faktor lingkungan dan faktor manusia tetapi kedua faktor tersebut dapat meningkatkan atau mengurangkan pengaruh yang terjadi terhadap runway excursion.

The existence of a runway strip at an airport must be able to protect aircraft that are speeding out of the runway while taking off or landing, which is known as a runway excursion. Analysis of the factors that cause the runway excursion can be done by grouping the causal factors into environmental factors, facilities and infrastructure factors, and human factors. In addition, incident data can be grouped into smaller scopes to see how each factor influences based on runway length and it is found that most runway excursions occur at airports with runway lengths of more than 1800 meters. A regression analysis is used to find out how the influence of these factors because it can state how the magnitude of the influence of each of these factors. The path of influence tested is between each factor on runway excursion individually or simultaneously and also the path of influence between each factor on each other. From the regression results, it was found that the facilities and infrastructure factors were the most influential factors on the incidence of runway excursion with the results of the greatest magnitude of influence. The absence of these facilities and infrastructure factors will also eliminate the influence on runway excursion events so that they can be stated as causes. Meanwhile, environmental factors and human factors are stated as contributing factors because runway excursion events can occur without the influence of environmental factors and human factors, but these two factors can increase or decrease the effect that occurs on runway excursion.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chandra Dwi Anggoro
"Indonesia memiliki tingkat kecelakaan pesawat yang jauh lebih tinggi dari rata-rata tingkat global. Jenis kecelakaan pesawat yang paling sering terjadi di Indonesia adalah runway excursion. Runway excursion dapat dipicu oleh faktor manusia, faktor lingkungan, dan faktor fasilitas. Selain faktor tersebut, fase peristiwa serta waktu peristiwa juga berpengaruh terhadap kejadian runway excursion. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang tergolong faktor fasilitas di runway strip dan menganalisis probabilitas terjadinya runway excursion akibat faktor fasilitas di runway strip berdasarkan fase peristiwa dan waktu peristiwa. Data penelitian dihimpun dari laporan investigasi KNKT dan data sertifikasi bandar udara yang mempunyai pengecualian (exemption) runway strip. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga kategori aspek yang tergolong fasilitas di runway strip sebagai penyebab maupun memperparah runway excursion yaitu kontaminan di runway, kondisi runway strip, dan visual aids. Dengan menggunakan probability density function, didapatkan bahwa probabilitas terjadinya runway excursion akibat faktor fasilitas di runway strip di fase peristiwa landing maupun take off pada waktu daylight (06.00-18.00) lebih besar daripada waktu night (18.00-06.00).

Indonesia has a plane crash rate that is much higher than the global average. The most common type of plane crash in Indonesia is runway excursion. Runway excursions can be triggered by human factors, environmental factors, and facility factors. In addition to these factors, the phase of the event and the time of the event also affect the runway excursion. This study aims to identify aspects that are classified as facility factors on the runway strip and analyze the probability of a runway excursion due to facility factors on the runway strip based on the phase of the event and the time of the event. The research data is collected from KNKT investigation reports and airport certification data that have runway strip exemptions. The results of this study are that there are three categories of aspects that are classified as facilities on the runway strip as a cause or aggravating runway excursion, namely contaminants on the runway, runway strip conditions, and visual aids. By using the probability density function, it is found that the probability of a runway excursion due to facilities on the runway strip during the landing and take-off phases during daylight (06.00-18.00) is greater than at night (18.00-06.00)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Reva Fachriza
"Skripsi ini membahas evaluasi daripada target perencanaan prosedur baru peningkatan kapasitas landas pacu bandar udara internasional Soekarno-Hatta dari 64 pergerakan perjam menjadi 72 pergerakan perjam dengan penerapannya di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis prosedur baru tersebut terhadap dampaknya dilapangan dan membandingkan hasil analisis tersebut dengan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prosedur baru ini belum berjalan sesuai dengan target perencanaan. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh operasi pesawat oleh pilot yang belum berjalan secara efektif dan efisien.

This thesis purpose is to evaluate the planning target of the new procedure that enhances the Soekarno-Hatta International Airport landas pacu capacity from 64 movement per hour to 72 movement per hour with it‟s application on the field. This is a qualitative research which analyze how the new procedure could affect the landas pacu capacity and compare the result with the field violation to the new procedure. The result shows us that this new procedure field-application is not going effectively as it‟s planning target should be. This problem usually occurs when the pilot of an aircraft is not operating it's aircraft properly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63963
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Joice Rosita
"Tugas akhir ini membahas tentang perencanaan suatu sistem drainase yang memadai untuk pembuangan air hujan di bandar udara yang disesuaikan dengan pola konfigurasi runway yang dipilih berdasarkan analisa angin. Data-data yang diperlukan dalam penyelesaian tugas akhir ini diambil dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang kemudian juga dibandingkan dengan kondisi eksisting yang ada. Berdasarkan analisa angin yang telah dilakukan diperoleh data bahwa runway dapat dibangun dengan pola berpotongan tegak lurus di mana runway I dibangun dengan arah timur-barat dan runway II dibangun tegak lurus terhadap arah runway II. Setelah menentukan arah runway, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan saluran drainase. Data-data yang diperlukan adalah data curah hujan, peta topografi, denah bandara Soekarno-Hatta dan sistem jaringan saluran yang ada serta penampang saluran yang digunakan. Untuk bandar udara sipil, FAA menganjurkan perencanaan drainase untuk periode 5 tahunan. Dalam tugas akhir ini, juga dilengkapi dengan perencanaan drainase untuk periode 10 dan 20 tahunan. Dari analisa diperoleh kesimpulan bahwa bentuk penampang yang dihasilkan lebih ekonomis daripada kondisi eksisting saat ini. Kesimpulan lain yang dapat diambil adalah bahwa perencanaan drainase suatu bandara tidak dipengaruhi oleh pola konfigurasi runway secara langsung, tetapi lebih dipengaruhi oleh tata letak bandara secara umum."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S34910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Huda Jamilah
"Pertumbuhan dari transportasi udara mengindikasikan bahwa dalam beberapa dekade terakhir industri ini memiliki peranan pada ekonomi regional dan integrasi pada perekonomian dunia Industri penerbangan terus tumbuh dengan cepat meski tidak bersamaan dengan pertumbuhan profitabilitas yang kuat dan konsisten akibat persaingan yang ketat Belobaba 2009. Namun pertumbuhan ini menghadapi sebuah tantangan yang besar untuk maskapai bandara pembuat kebijakan dan politisi Masalah khusus yang dihadapi adalah pertumbuhan permintaan pada jasa penerbangan tidak diiringi oleh pertumbuhan yang respektif dari kapasitas bandara. Oleh sebab itu banyak bandara di seluruh dunia mengalami kekurangan kapasitas Dampak dari kurangnya kapasitas bandara adalah terjadinya congestion atau kepadatan baik di udara maupun di darat akibat antrinya pesawat untuk lepas landas dan mendarat yang menyebabkan delay Salah satu kebijakan yang ditempuh oleh PT Angkasa Pura II dan PT AirNav Indonesia adalah melalui kebijakan Improved Runway Capacity 72. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa telah terjadi penurunan tingkat delay penerbangan per menit di Bandara Internasional Soekarno Hatta Penurunan tingkat delay penerbangan per menit pada penerbangan domestik lebih tinggi dibandingkan tingkat penerbangan internasional dan penurunan tingkat delay penerbangan per menit untuk leg keberangkatan lebih tinggi dibandingkan leg kedatangan.

Growth Of Air Transport indicated that the several recent decades in the industry have the initial role of regional economic and integration to the world economic The airline industry continues its rapid growth despite not being followed by the growth and consistent of profitability as the result of fierce competition Belobaba 2009. However the growth is facing a big challenges for airlines airports policy makers and politicians Some special issues is that the growth of demand for aviation services is not accompanied by the respective growth from airport capacity. Therefore there are lots of airports worldwide experiencing capacity shortage. Impact From the lack of capacity of the airport is gridlock or density both in the air and on the ground plane due to the queue to takeoff and landing that causes delays. One policie which is pursued by PT Angkasa Pura II and PT AirNav Indonesia is Capacity Runway 72. This research conclude there is a declining rate per minute flight delay at Soekarno Hatta International Airport after IRC 72 applied. The decrease rate per minute flight delay for domestic flights is higher compared to international flights and a decrease in rate per minute flight delay for departure rather than arrival."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61663
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Athaya Zhafira
"Bandar udara merupakan sebuah fasilitas di mana terdapat kegiatan pesawat lepas landas dan mendarat. Salah satu fasilitas yang terdapat di bandar udara adalah landasan pacu dan runway strip. Runway strip dari bandar udara merupakan daerah di sekitar landasan pacu yang berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pesawat apabila terjadi kejadian runway excursion. Namun sayangnya masih banyak bandar udara yang memiliki pengecualian (exemption) pada runway strip-nya. Banyaknya pengecualian (exemption) di runway strip bandar udara maka probabilitas terjadinya kecelakaan dan dampak yang ditimbulkan semakin meningkat. Pada penelitian ini terdapat tiga tujuan, diantaranya adalah: (1) Mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik dari faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan pesawat di runway strip bandar udara; (2) Mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara kejadian kecelakaan pesawat di runway strip bandar udara dengan faktor penyebabnya; (3) Mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antar faktor penyebab terjadinya kecelakaan pesawat di runway strip bandar udara. Untuk metode penelitian terdiri dari dua yaitu metode analisis secara kualitatif dengan Teknik 5 Whys dan metode analisis kuantitatif yaitu uji korelasi. Hasil dari penelitian ini nantinya akan dihasilkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Karakteristik dari faktor-faktor penyebab terjadinya runway excursion; (2) Nilai koefisien korelasi antara kejadian runway excursion dengan faktor penyebabnya beserta tingkat hubungannya; (3) Nilai koefisien korelasi antar faktor penyebab runway excursion beserta tingkat hubungannya; (4) Pemodelan dari nilai koefisien korelasi yang dihasilkan.

An airport is a facility where aircraft take-off and landing. One of the facilities at the airport is a runway and a runway strip. The runway strip from the airport is the area around the runway that serves to minimize aircraft damage in the event of a runway excursion. But unfortunately there are still many airports that have exceptions on their runway strips. The number of exceptions (exemptions) to the runway strip at the airport increases the likelihood of an accident and its impact. In this study, there are three objectives, including: (1) Identifying and analyzing the characteristics of the factors causing aircraft accidents on the airport runway strip; (2) Identifying and analyzing the relationship between the incidence of aircraft accidents on the airport runway strip (runway excursion) and the causal factors; (3) Identifying and analyzing the relationship between the factors that cause aircraft accidents on the airport runway strip. The research method consists of two, namely the qualitative analysis method with the 5 Whys technique and the quantitative analysis method, namely the correlation test. The results of this research will produce the following things: (1) Characteristics of the factors that cause runway excursion; (2) The value of the correlation coefficient between the incidence of runway excursion with the causal factors and the degree of their relationship; (3) The value of the correlation coefficient between the factors causing runway excursion and the degree of their relationship; (4) Modeling of the resulting correlation coefficient values."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hans Valiancius Ongkowijoyo
"The aim of this research is to optimise the utilization of third runway in Soekarno Hatta International Airport by giving recommendation based on calculation and simulation of runway capacity. The flight schedule data in Soekarno-Hatta International Airport was taken from flightradar24.com for duration of 1- 6 January 2020. The calculation of the runway capacity uses time space analysis method and simulation in BlueSky ATM Simulator. The highest runway capacity of 44 flights per hour is reached when the runway operates as take-off only or landing-only configuration. The simulation is conducted for 3 scenarios: 2 runways configuration, 3 runways configuration and 3 runways configuration with modification. The log data of simulation is analysed using Python programming to know the separation for every pair of flights and ensured that the minima distance due to wake turbulence is fulfilled. The recommendations are runway 07L/25R and 06/24 operates as segregated parallel operation by installing ILS on runway 06/24, extending NP2 and NP3 taxiway for increasing the capacity and reducing the runway incident probability. The results from extending the taxiway are the operation of runway 06/24 will not disturb runway 07L/25R operation, the runway capacity will increase by 60%, and the utilization of third runway will increase by 55%."
Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) STTA, 2021
620 JIA XIII:1 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>