Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 121573 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Winda Junita
"Skripsi ini membahas mengenai bagaimana persepsi siswa terhadap layanan Perpustakaan SMA Sejahtera 1 Depok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap koleksi, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, layanan dan harapan siswa untuk kemajuan layanan Perpustakaan SMA Sejahtera 1 Depok. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan desain deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 91 siswa dari populasi 1015 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Peneliti menggunakan rentang nilai untuk kategori baik yaitu 2,52-3,37.
Hasil penelitian secara keseluruhan dimensi menunjukkan bahwa persepsi siswa adalah baik terhadap layanan perpustakaan dengan skor 2,93. Sedangkan untuk hasil tiap dimensi diantaranya persepsi siswa terhadap koleksi adalah baik dengan skor 2,94, persepsi siswa terhadap sumber daya manusia adalah baik dengan skor 3,20, persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana adalah baik dengan skor 2,76, dan persepsi siswa terhadap layanan adalah baik dengan skor 2,81. Harapan siswa terhadap layanan perpustakaan yang tertinggi dari tiap dimensi adalah sebesar 38,5% siswa mengharapkan untuk menambahkan jangka waktu peminjaman buku. 30% siswa mengharapkan untuk menambahkan kelengkapan (keragaman) koleksi, dan 22,8% siswa mengharapkan untuk memaksimalkan penyediaan fasilitas internet.

This thesis is a result of my research about students’s perception concerning to library service in SMA Sejahtera 1 Depok. The purpose of this study is to understand student’s perception about the collections, librarians, facilities and infrastructures, service in order to fulfil student’s expectations and upgrade library services in SMA Sejahtera 1 Depok’s library. This research is quantitative research with a survey method that uses descriptive design. The samples are 91 of 1015 students in SMA Sejahtera 1 Depok. Sampling technique is accidental sampling. Researchers using the range for good categories is 2,52–3,37.
The result of this research is showed that the overall dimensions of students perceptions of the library service is good with a score of 2,93. As for the result of which each dimension is student perceptions of collection is good with a score 2,94, student perception of human resources is good with score of 3,20, student perceptions of the facilities and infrastructure is good with a score of 2,76, and score of student perceptions of service is 2,81 that means service in the library is good. Student expectations for library services of the highest of each dimension are 38,5% of students expect to add term borrowing book, 30% of students expect to add completeness (variety) collection, and 22,8% of students expect to maximum the provision of internet facilities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47179
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Ayu Puspita
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan di Peprustakaan Ali Alatas Kementerian Luar Negeri RI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Dimensi kuesioner untuk mengetahui persepsi pemustaka adalah dengan mengukur persepsi terhadap layanan perpustakaan, persepsi terhadap koleksi perpustakaan, persepsi terhadap sumber daya manusia perpustakaan,dan persepsi terhadap gedung dan fasilitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa 30 responden berpersespi baik, dengan nilai 2,94, terhadap keseluruhan layanan perpustakaan di Perpustakaan Ali Alatas berdasarkan pada penghitungan yang dilakukan. Persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,79, persepsi pemustaka terhadap koleksi perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,78, persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah sangat baik dengan nilai 3,28, dan persepsi pemustaka terhadap gedung dan fasilitas perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,9.

This study discusses library users’ perception of library services at Ali Alatas Library of Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia. This research is quantitative research by using survey method. The dimension of questionnaire is to know library users perception by measuring perception of library services, library collection,human sources at library, and perception of its building and facilities.
The result of this research states that 30 respondens have good perception, with score 2,94, to overall library services at Ali Alatas Library based on calculation done. Users perception of library services is good with score 2,79, users perception of library collection is good with score 2,78, users perception of human sources at library is very good with score 3,28, and users perception of its’ building and facilities is good with score 2,9.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Pratiwi
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi dan strategi kerjasama di Perpustakaan Bank Merah Putih. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan persepsi pustakawan Perpustakaan Bank Merah Putih terhadap kerjasama perpustakaan, memahami strategi kerjasama, serta mengidentifikasi dan memahami kendala dalam kerjasama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Studi Kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kerjasama di Perpustakaan Bank Merah Putih adalah kerjasama satu arah, dimana anggota kerjasama aktif dalam permintaan e-journal namun tidak ada permintaan apapun dari pihak Perpustakaan Bank Merah Putih ke anggota kerjasama perpustakaan. Penelitian ini memberikan beberapa saran untuk Perpustakaan Bank Merah Putih, yaitu mengadakan pertemuan rutin, membuat katalog induk, serta mengadakan acara yang melibatkan seluruh pihak dalam kerjasama perpustakaan tersebut.

The focus of this thesis is about perception and strategy of library cooperation in the Library of Bank Merah Putih. The purpose of this research is to explain the perception of librarians in Bank Merah Putih’s Library about library cooperation, to understanding the strategy of library cooperation, as well as to identifying and understanding the problems in library cooperation. This research uses qualitative research with case study as the method and used interview, observation, and document analysis.
The result of this research reveals that cooperation in the Library of Bank Merah Putih is one-way cooperation, in which members of the library cooperation actively in demand for e-journal but there is no request from Library of Bank Merah Putih to the members of library cooperation. This research give some suggests for Bank Merah Putih’s Library, which organize regular meetings, union catalog, and organize the events that involve all parties in the library cooperation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46814
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasser Ihsan
"Skripsi ini membahas pandangan pemustaka dari beberapa lokasi layanan perpustakaan keliling kantor perpustakaan dan arsip Jakarta timur. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan supaya kedepannya bisa dikembangkan kembali layanan yang sudah diberikan kepada pemustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi partisipan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam pelayanan yang diberikan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur diperlukan pengembangan lebih lanjut sesuai dengan permasalahan yang ada. Termasuk pada layanan koleksi, sikap pustakawan, pendaftaran kartu anggota, fasilitas yang ada, jadwal kunjungan, penentuan pos layanan dam promosi layanan.

This thesis discusses about the view of users from some locations bookmobile services office library and archives east Jakarta. This study aims to provide a view of the future could be developed in order to return the services already provided to user. The research is a qualitative study using participant observation method.
Results of this study stated that the services provided by the Office of East Jakarta Library and Archives needed further development in accordance with the existing problems. Including the collection service, the attitude of librarians, registration of membership cards, available facilities, schedule of visits, the determination of the postal services promotional services dam.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62273
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ita Shylvia
"Penelitian ini membahas sikap pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling Pustaka Bersama di kecamatan Bayung Lencir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui sikap pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling Pustaka Bersama di kecamatan Bayung Lencir yang meliputi pelayanan, koleksi, petugas perpustakaan dan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan survey. Sampel yang diambil sebanyak 92 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap yang mempunyai aspek kognitif, afektif dan konatif pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling Pustaka Bersama di kecamatan Bayung Lencir berada dalam kategori positif yaitu memiliki bobot sebesar 3,19 yang mencakup: pelayanan sebesar 3,17, koleksi sebesar 3,23, petugas perpustakaan sebesar 3,24, dan sarana prasarana sebesar 3,12. Rentang untuk kategori positif adalah 2,51-3,25.

The research discusses about user's attitude toward mobile library service Pustaka Bersama in Bayung Lencir district. This research has some purposes in descriptive and to know user’s attitude toward mobile library service Pustaka Bersama in Bayung Lencir district include: service, collection, human resource and facility. This research use quantitative and survey method to collect the data.samples has been taken 92 user. Technique of withdrawing sample for this research is accsidental sampling.
The results indicates that users’ attitude of cognitive, affective and connative through the mobile library service Pustaka Bersama in Bayung Lencir district in a cathegory that has a positive value of 3,19 which includes: service in 3,17, collection in 3,23, library staff in 3,24, and facilities in 3,12. Range for positif cathegory is 2,51-3,25.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46792
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Rinanda
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanafaatan perpustakaan oleh siswa dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan perpustakaan SMAN 77 Jakarta Pusat yang ditinjau dari segi koleksi, layanan, dan fasilitas. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang didapat adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah SMAN 77 Jakarta Pusat masih rendah, maka dari itu perpustakaan seharusnya dapat meningkatkan kualitasnya dari segi koleksi, layanan, sikap pustakawan, dan fasilitas serta mengadakan kegiatan yang mendukung pemanfaatan perpustakaan SMAN 77 Jakarta Pusat.

ABSTRACT
This research examines how students utilize library school, using survey method. The data gathered by spreading questionaires to students at SMAN 77 Jakarta. This research to describe the utilization of SMAN 77 library school from various aspects: books collection, service, and facilities. The result shows that the utilization of SMAN 77 library school is still low, thus the library need to improve its quality in collection, service and facilities as well as create an activity which can support the utilization of SMAN 77 library school."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57006
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David Maraharja
"Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor pemanfaatan koleksi buku perpustakaan SMP Ananda Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pemanfaatan koleksi buku oleh peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP Ananda Bekasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuisoner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik memanfaatkan koleksi perpustakaan hanya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain, serta untuk menambah wawasan, namun lebih suka memanfaatkan koleksi fiksi,perpustakaan masih dirasa kurang lengkap. Pustakawan kurang dapat memberikan bantuan terhadap peserta didik.

This study discusses about the utilization factors of library book collection junior high school Ananda Bekasi. The aim of this study is to determine the utilization factors collection of books by students in learning activities. This study used quantitative approaches with survey methods. The respondents in this study were junior high school students at Ananda Bekasi. The data collection of this study used questionnaire. The result of this study shows students using of the library collections just to get recognition from others, as well as to increase knowledge, but prefer to use fiction collections. The Library is less still incomplete yet and librarian less provide assistance to students."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46030
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fikri Amin
"Skripsi ini membahas pemanfaatan jurnal elektronik sebagai sumber referensi oleh mahasiswa Universitas Siswa Bangsa Internasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat bantu yang digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh mahasiswa USBI telah memanfaatkan jurnal elektronik yang dilanggan perpustakaan. Jurnal elektronik di USBI sudah cukup memenuhi kebutuhan informasi mereka sebagai sumber referensi dalam menunjang kegiatan perkuliahan. Namun terdapat beberapa kendala dalam memanfaatkan jurnal elektronik seperti koneksi internet yang lamban serta lokasi pengaksesan jurnal elektronik yang hanya dapat diakses di wilayah kampus USBI. Selain itu masih kurangnya sosialisasi dari perpustakaan terhadap keberadaan dan cara menelusur jurnal elektronik. Hal ini dibuktikan hampir setengah dari mahasiswa USBI yang masih kesulitan dalam menemukan jurnal elektronik yang mereka butuhkan.

This thesis describes about the used of electronic journal as a reference source by undergraduate student from “Universitas Siswa Bangsa Internasional”. This research used a descriptive research in quantitative approach of survey method. This research used questionnaire as a tools in data collecting. Its results showed that USBI’s undergraduate students had used electronic journal which subscribed by the library. Electronic journal in USBI had completed for their based information as references source to support their studies. But there are some constraints in electronic journal using because it’s slowly connection of internet and the access to location of electronic journal which only available in USBI campus. And then, there is a lack of socialization from the library about the electronic journals availability and searching. This is showed by a half of USBI undergraduate students still have difficulties in finding electronic journals."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46008
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rasdanelis
"Bahan ajar merupakan salah satu unsur dalam proses pengajaran, dan untuk mendapatkan itu salah satu tempatnya adalah perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis ketersediaan bahan ajar wajib pada silabus komponen mata kuliah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk metode pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang kondisi ketersediaan koleksi bahan ajar wajib jurusan PAI. Dengan demikian khususnya bagi perpustakaan dan umumnya bagi UIN SUSKA Riau sebagai lembaga induknya agar memberikan perhatian khusus terhadap ketersediaan koleksi bahan ajar wajib untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Learning material is one of several elements that support teaching process, and a library is a place where it found. This research has some purposes in identifying and analyzing the availability of the main learning materials in syllabi of literature of PAI Department, Tarbiyah Faculty, State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau. This research uses quantitative and qualitative approaches for data gathering, and descriptive method for technique analysis.
The result of this research gives description about the availability of the main literatures of PAI Department. Therefore the library especially and UIN SUSKA Riau generally have to give some attentions for the availability of the collection of main literature in improving learning quality."
2009
T26153
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sofiyah Sauri
"Penelitian ini membicarakan tentang kualitas layanan perpustakaan di STEI Tazkia Bogor berdasarkan harapan dan pendapat mahasiswa tingkat akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah LibQual+TM yang dikembangkan berdasarkan dimensi Servqual oleh Leonard L. Berry, Valarie A.Zeithaml, dan A.Parasuraman yang mencakup dimensi layanan perpustakaan yaitu Affect of Service (sikap petugas perpustakaan terhadap mahasiswa), Personal Control (kemampuan petugas perpustakaan dalam membantu mahasiswa dalam penelusuran informasi), Information Control (ketersediaan sumber informasi), dan Library as Place (aspek fisik dan kenyamanan infrastruktur perpustakaan).
Berdasarkan hasil penelitian, kualitas layanan Perpustakaan STEI Tazkia dinilai baik oleh mahasiswa tingkat akhir. Hal ini dapat dilihat dengan rata-rata skor AG (Adequacy Gap) yang bernilai lebih dari 0, dan rata-rata skor SG (Superiority Gap) yang menunjukkan nilai negatif, artinya kualitas layanan Perpustakaan STEI Tazkia berada pada wilayah zone of tolerance dimana kualitas layanan yang diterima oleh mahasiswa berada pada batas minimum yang dapat diterima dan harapan yang diinginkan.

This research was talking about the quality of library services in STEI Tazkia Bogor based on last batch final students expectations and opinions. The method used in this study is LibQual+TM which was developed based on the dimensions of SERVQUAL by Leonard L. Berry, Valarie A. Zeithaml, and A. Parasuraman covering dimension of library service, Affect of Service (the library staff attitude toward the students), Information Control (availability of information resources), and Library as Place (the physical aspect and comfort of the library infrastructure).
Based on this research, the quality of library services STEI Tazkia considered good by last batch student. It can be seen with an average score of AG (Adequacy Gap) are worth more than 0, and the average score of SG (Superiority Gap) showing a negative value, meaning the quality of library services STEI Tazkia within the zone of tolerance where the quality of service received by students is at an acceptable minimum and desired expectations."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T27536
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>