Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 192459 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Deladwita Suyoso
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan marketing insight dalam meningkatkan penerapan perilaku ramah lingkungan, yaitu membawa tas belanja pribadi sebagai pengganti kantung plastik. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa evaluasi yang berdasar pada konsekuensi (evaluasi teleologikal) dan evaluasi yang berdasarkan kebenaran yang melekat (evaluasi deontologikal) pada perilaku melalui mediasi penilaian konsumen atas isu etika terkait (ethical judgment) serta kebiasaan konsumen, merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi intensi konsumen untuk membawa tas belanja pribadi sebagai pengganti kantung plastik ke supermarket dan minimarket secara signifikan. Penelitian juga membahas adanya pengaruh efek moderasi dari pemikiran konsumen akan tingkat kepentingan isu etika (Perceived Importance of Ethical Issue) pada proses-proses yang berhubungan dengan intensi serta ethical judgment konsumen atas perilaku tersebut.

This study aimed to get a new marketing insight about what kind of factor(s) that could influence consumer intention to bring their own bag when visiting supermarket or minimarket, as one of the way to decrease the unfavorable environmental impacts from high usage of plastic bag nowadays. The study shows that habit is the most significant factor influencing consumer intention to bring their own bag as a substitute of plastic bag. While the deontological and teleological evaluations, mediated by consumer’s ethical judgment for the behavior also have positive impacts on consumer’s intention to do the behavior. On the other hand, the moderating effect from perceived importance of such ethical issue by consumer is also being discussed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S52702
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Setiawaty
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh faktor sosiodemografi
terhadap perilaku membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik
berdasarkan data hasil Survei Perilaku Peduli Lingkungan Hidup 2013. Hasil
regresi logit multinomial menunjukan terdapat pengaruh faktor sosiodemografi
terhadap perilaku membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik.
Faktor sosiodemografi yang paling berpengaruh terhadap perilaku sering
membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik berturut-turut adalah daerah tempat tinggal, keterpaparan informasi terkait lingkungan secara langsung, keterpaparan informasi terkait lingkungan melalui media, status kawin, jenis kelamin, status kerja, umur, pendapatan, pengetahuan tentang pengelolaan sampah, dan pendidikan.

ABSTRACT
This research aims to study the influence of sociodemographic factors on
the behavior of bringing reusable shopping bag to reduce plastic bag based on data from the 2013 Environmental Caring Attitude Survey employing multinomial logistic regression. The results of the analysis show that statistically socioeconomic and demographic factors have significant on the behavior of bringing reusable shopping bag. The strongest factor is the place of residence followed by exposure of information related to the environment directly, exposure of information related to the environment through the media, marital status, gender, employment status, age, income, knowledge of waste management, and education."
2016
T45588
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renita Andriyaneu Soraya
"ABSTRAK
Kebijakan kantong plastik berbayar di Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 21 Februari 2016 menjadi sebuah sejarah baru di Indonesia. Hal ini menjadi sangat menarik diperbincangkan karena dengan adanya kebijakan ini maka hal tersebut berpengaruh terhadap kebiasaan konsumen di Indonesia salah satunya adalah bagaimana kebiasaan konsumen di Indonesia dalam memilih untuk membeli ?green product? dan bagaimana respon konsumen di Indonesia terhadap reusable shopping bag sebagai pengganti kantong plastik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari consumer guilt, self-monitoring dan perceived consumer effectiveness terhadap green purchase intention, dengan menggunakan studi kasus pada penerapan kebijakan kantong plastik berbayar di Indonesia. Responden dari penelitian ini adalah orang-orang yang belum pernah membeli reusable shopping bag. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa consumer guilt dan self-monitoring berpengaruh secara positif terhadap perceived consumer effectiveness dan perceived consumer effectiveness berpengaruh positif terhadap green purchase intention, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa perceived consumer effectiveness berhasil menjadi variabel mediasi bagi consumer guilt dan self-monitoring terhadap green purchase intention.

ABSTRACT
Plastic bag paid policy that was launched on February 21th, 2016 has made a new history in Indonesia. This case is interesting to be discuss because with this policy there would be a shift or change on Indonesia‟s consumer behavior in choosing ?green product? and how they are have intention to buy reusable shopping bag as a substitution for plastic bag. This study aims to analyze the effects of consumer guilt, self-monitoring, and perceived consumer effectiveness toward green purchase intention, in relation with the Implementation of Plastic Bag Paid Policy as the study case. Respondents of this research are those who have yet to purchase a reusable shopping bag. Structural Equation Modeling (SEM) is used to process the data. The results of this research shows that consumer guilt and self-monitoring have positive effect on perceived consumer effectiveness, and perceived consumer effectiveness have positive effect on green purchase intention, but consumer guilt and self-monitoring don‟t have positive and direct effect on green purchase intention. So, the conclusion is, perceived consumer effectiveness succeeds in becoming a mediator variable for consumer guilt and self-monitoring toward green purchase intention."
2016
S63338
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raina Safitri
"Skripsi ini membahas mengenai pengaruh faktor sosial, personal, dan sikap konsumen terhadap keinginan melakukan pembelian tas mewah tiruan di Jabodetabek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan teknik statistik SEM untuk menganalisis data. Hasil penelitian menyarankan bahwa manajemen tas mewah asli harus berinovasi dan mengeluarkan produk-produk baru yang memiliki nilai keunikan yang tinggi serta melakukan usaha yang lebih besar dalam menekankan kualitas superior dari segi fungsi maupun keandalan tas mewah asli. Hasil penelitian juga menyarankan pemerintah untuk mengedukasi konsumen mengenai akibat negatif dari pembelian barang tiruan, terkait standar etika moral, maupun akibatnya dari segi ekonomi dalam skala mikro maupun makro.

This thesis discusses the influence of social & personality factors, and consumer attitudes toward desire to make a purchase counterfeit luxury handbags in Jabodetabek. This research is descriptive research and using SEM statistical techniques to analyze the data. The results of the study suggest that the management of original luxury bags must innovate and release new products that have high value, uniqueness, and also emphasize more in the superior quality of original luxury bags in terms of functionality and reliability. The results also suggested the government to educate consumers about the negative consequences of purchasing counterfeit goods, and relate it to moral, ethical standards, and its consequences in terms of the microeconomics and macroeconomics scale.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57089
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhila Safira Farindira
"Tujuan dari laporan ini adalah untuk menganalisis data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan dengan fokus pada tindakan potensial yang dapat diambil supermarket untuk menghilangkan konsumsi plastik.
Permasalahan keputusan manajemen yang kami jawab melalui penelitian yang disajikan dalam laporan ini adalah Analisis atas Perlu Tidaknya Countdown Supermarket Menawarkan Alternatif Pengganti Plastik untuk Produk-Produk yang Masih Menggunakan Kemasan Plastik Sekali Pakai.
Kami merancang pertanyaan penelitian khusus yang kami gunakan untuk membuat survei online melalui platform Qualtrics. Kuisioner kemudian digunakan dalam wawancara satu lawan satu dalam tahap penelitian kualitatif, untuk mendapatkan wawasan tentang persepsi dan nilai konsumen. Wawancara yang ditranskripsi kemudian diberi kode, untuk menyoroti tema yang berulang di seluruh data yang diperlukan untuk memahami konsumen. Tema utama yang disajikan adalah keinginan akan kenyamanan dan nilai uang.
Pertanyaan dimasukkan mengenai kebiasaan berbelanja konsumen, kesadaran mereka tentang isu terkini mengenai dampak lingkungan dari penggunaan plastik, persepsi dampak lingkungan saat ini dari penggunaan plastik, dan kesediaan mereka untuk membayar alternatif plastik. 60 konsumen menjawab survei tetapi 1 diantaranya tidak menyelesaikan survei, data yang kami kumpulkan dari responden dianalisis melalui software bernama SPSS. Melalui analisis ini, kami menentukan frekuensi dan statistik deskriptif serta melakukan beberapa uji analisis statistik. Ini termasuk T-test, Chi square, Anova, dan Regression. Analisis menyimpulkan bahwa yang terbaik adalah menawarkan alternatif bebas plastik untuk produk yang masih membutuhkan kantong / wadah plastik sekali pakai, namun keputusan ini harus diambil dengan hati-hati karena membutuhkan waktu dan relatif sulit untuk mengubah pola pikir masyarakat dan
Sebagai kesimpulan, sebaiknya Countdown membuat kampanye untuk mempromosikan alternatif bebas plastik yang berfokus pada peningkatan kesadaran terhadap dampak lingkungan dari plastik sekali pakai dan juga menghadirkan efisiensi biaya alternatif bebas plastik.

The purpose of this report is to analyse the qualitative and quantitative data gathered focusing on the potential action that supermarkets could take in order to eliminate plastic consumption.
Our management decision problem to answer through the research presented in this report is should countdown offer plastic free alternatives to products still requiring the use of single use plastic bag/container.
This decision problem provided the basis for our marketing research problems, from which we designed specific research questions that we used to create a survey through questionnaire. The questionnaire was then used in one on one interviews in the qualitative stage of research, to gain insight into consumer perceptions and values. The transcribed interviews were then coded, to highlight recurring themes throughout the data which were needed to understanding consumers and answering the question in management decision. The key themes presented were the desire of convenience and value for money.
Based on this research, we created on online survey through the platform Qualtrics to gather quantitative data. Questions were included regarding consumers shopping habits, their consciousness of current issue regarding environmental impact of plastic use, perception of current environmental impact of plastic use, and their willingness to pay for plastic alternatives. 60 consumers responded to the survey but 1 of them did not finish the survey, the data we gathered from the respondents was analysed through a software called SPSS. Through this analysis, we determined the frequencies and descriptive statistics and conducted several statistical analysis tests. These included T-tests, Chi square, Anova, and Regression. The analysis concluded that it is best to offer plastic free alternatives to product still requiring single use plastic bag/container, however, this decision have to be carefully made because it takes time and relatively difficult to change people’s mindset and
To conclude, we recommend that Countdown should create a campaign to promote plastic free alternatives focuses on increasing awareness towards environmental impact of single use plastics and also presenting the efficiency of plastic free alternative cost. This campaign, coupled with another promo which will provide an incentive to purchase a product despite of the inconvenient. By offering special discount for one month, will align with values and incentives for customer. Therefore, the management decision problem of should Countdown offer plastic free alternatives to product still requiring single use plastic bag/container has a suggested solution."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Astuti Pangestu
"ABSTRAK
Bisnis modern retail outlet di Indonesia sedang mengalami masa pertumbuhan. Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Maka salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan akan segmen Muslim di Indonesia adalah adanya Islamic Supermaket. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang menjadi penentu dalam behavioral intentions konsumen pada Islamic Supermarket. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain causal. Metode pengumpulan data dilakukan melalui online survey terhadap sampel 200 responden konsumen Muslim di Indonesia. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis SEM. Hasil dari penelitian ini adalah Islamic service quality, service value, dan kepuasan konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap behavioral intentions konsumen pada Islamic supermarket. Lalu behavioral intentions konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.

ABSTRACT
The business of modern retail outlet in Indonesia is growing. Indonesia is a country with Muslim as majority population. So, Islamic Supermarket was established to fulfill the needs of Muslim segment in Indonesia. This research analyzed the determinants of consumer behavioral intentions in Islamic Supermarket. The design research is quantitative with online survey as a tool to collect data from 200 Muslim consumers sample in Indonesia. As for hypothesis testing, SEM analysis was used. The results of this research showed that the Islamic service quality, service value, and consumer satisfaction positively and significantly contribute to consumer behavioral intentions in Islamic supermarket. Then the consumer behavioral intentions positively and significantly contributes to consumer loyalty."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Clarita
"Permintaan terhadap mobil listrik telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, namun masih mewakili sebagian kecil dari total kendaraan baru yang terjual secara global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian konsumen terhadap mobil listrik di wilayah Jabodetabek. Dengan menggunakan metode survei, data dikumpulkan dari individu-individu yang dinilai mampu membeli mobil listrik, baik melalui skema cicilan maupun pembayaran tunai, dan dianalisis menggunakan model persamaan struktural partial least squares (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif pemerintah, kemudahan akses infrastruktur pengisian daya, persepsi nilai jual kembali, diversifikasi produk, pengaruh sosial, kepedulian lingkungan, dan sikap konsumen secara signifikan dan positif mempengaruhi niat pembelian terhadap mobil listrik. Namun, persepsi terhadap harga pembelian tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa inisiatif strategis dari pembuat kebijakan dan produsen, seperti insentif pemerintah yang berkelanjutan, perluasan infrastruktur pengisian daya, dan strategi pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan pengaruh sosial dan manfaat lingkungan, sangat penting untuk mempromosikan adopsi mobil listrik di Jabodetabek. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk memahami perilaku konsumen terhadap mobil listrik di pasar berkembang dan menawarkan informasi berguna untuk meningkatkan penetrasi pasar.

The demand for electric cars has significantly increased in recent years, but it represents only a small fraction of the total new vehicles sold globally. This study aims to analyze the factors influencing consumer purchase intentions towards electric cars in the Greater Jakarta area (Jabodetabek). Using a survey method, data were collected from individuals who are considered capable of purchasing electric cars, either through installment plans or cash payments, and analyzed using partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) to test the research hypotheses. The results indicate that government incentives, ease of access to charging infrastructure, perception of resale value, product diversification, social influence, environmental concern, and consumer attitudes significantly and positively influence purchase intentions towards electric cars. However, the perception of purchase price did not show a significant effect. The findings suggest that strategic initiatives by policymakers and manufacturers, such as continuous government incentives, expansion of charging infrastructure, and effective marketing strategies leveraging social influence and environmental benefits, are crucial for promoting electric car adoption in Jabodetabek. This study provides valuable insights for understanding consumer behavior towards electric cars in emerging markets and offers useful information for enhancing market penetration."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cicilia Cornelia Putri
"Tujuan dari penelitian tesis ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku atau behavioral intention terhadap belanja online yang dibandingkan antara belanja melalui website brand dan online marketplace. Penulis menginisiasi model penelitian yang terintegrasi dimana kepercayaan dan sikap terhadap belanja online menjadi penengah dari pengaruh beberapa faktor seperti relative advantage, eWOM (electronic Word of Mouth), perceived web qualities, dan e-service qualities. Analisis multi group pada kedua channel tersebut dilakukan secara keseluruhan dan terpisah. Analisis ini merupakan penelitian empiris dan menggunakan metode kuantitatif. Model penelitian yang dihipotesiskan diuji menggunakan estimasi partial least square (PLS). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa relative advantage, eWOM, perceived web qualified, dan e-service qualities memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan baik untuk website brand maupun marketplace. Pada kedua channel, variabel relative advantage dan EWOM tidak berpengaruh secara langsung terhadap behavioral intention, namun pada marketplace, perceived web quality dan e-service quality juga tidak berpengaruh secara langsung.

The purpose of this thesis research is to analyze the behavioral factors that influence the intention towards online shopping that is compared between shopping through brand websites and online marketplace. The researcher initiates an integrated research model in which trust and attitudes towards online shopping mediate the influence of several factors such as relative advantage, eWOM (electronic Word of Mouth), perceived web quality, and electronic service quality. Multigroup analysis on two channels was carried out as a whole and separately. This research is an empirical study and uses quantitative methods. The hypothesized research model was tested using partial least squares (PLS) estimation. The result shows that relative advantage, eWOM, perceived web quality, and electronic service quality have a positive and significant effect on the trust for both brand websites and online marketplace channels. In both channels, the relative advantage and EWOM variables do not have a direct effect on behavioral intention, but in the marketplace, perceived web quality and e-service quality also do not have a direct effect."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kameswara Muhammad Rafi Al Fath
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat mengkonsumsi produk makanan halal bagi konsumen muslim milenial yang berada di Indonesia. Sebanyak 200 sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdomisili di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner online dan diisi secara individu oleh responden. Data
telah diperoleh diolah menggunakan software SPSS 22 dengan metode linier bergandaregresi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor tersebut adalah Konsumen Muslim Milenial Indonesia yaitu sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, identitas diri agama, dan kewajiban moral berpengaruh signifikan terhadap niat mengonsumsi produk makanan halal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan para pelaku bisnis bergerak di bidang produk makanan halal.

This study aims to analyze the factors that influence intention consuming halal food products for millennial Muslim consumers in Indonesia. A total of 200 samples used in this study are domiciled in DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi. The data were collected by distributing online questionnaires and filling in individually by the respondents. Data
has been obtained processed using SPSS 22 software with multiple linear regression method. The results obtained from this study indicate that these factors are Indonesian Millennial Muslim Consumers, namely attitudes, subjective norms, perceived behavioral control, religious identity, and moral obligations have a significant effect on the intention to consume halal food products. This research is expected to be a reference in making decisions for business people engaged in halal food products.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Menik Sukma Pratiwi
"Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan fenomena budaya konsumer tas "KW". Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus melalui teknik pengumpulan data berdasarkan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menemukan adanya sebab kemunculan perilaku kosumtif, antara lain dominasi komoditas di pasar dan komodifikasi tanda atau makna pada komoditas. Melalui penyebab kemunculan, peneliti menggambarkan budaya konsumer tas "KW" melalui karakteristik konsumen tas "KW". Konsumen terbagi menjadi dua macam, yaitu yang mengkonsumsi fungsi dan yang mengkonsumsi tanda. Untuk konsumen konsumsi fungsi sekedar melihat aspek kegunaan tas sebagai alat bantu membawa barang, Untuk konsumen yang konsumsi tanda cenderung berujung pada rasa cinta dan pemujaan konsumen terhadap komoditas. Motif konsumen dalam konsumsi variatif. Ada konsumen yang mengambil penanda dari komoditas untuk kebutuhan tren fashion terbaru, ada juga yang mengambil tanda untuk menunjukan dirinya adalah perempuan yang feminin.. Akan tetapi secara keseluruhan, tujuan utama konsumen konsumsi tanda adalah satu, agar dirinya lebih diterima oleh masyarakat.

The purpose of this study is to describe consumptive behaviour toward "KW"'s bag. The qualitative approach is applied in this case study through a detailed data collection which is observing and in-depth interviewing. This study found there is some factors that make this case appear. Those factors are domination of commodity in market and commodification of sign or meaning in commodity. Start from some causes that make this case appear, researcher describe consumer culture from consumer characteristic. There is two kind of consumer, it is consumer that consume function of the bag and consumer that consume sign or meaning of the bag. For the consumer who consume function of the bag, they look at the bag as a tool to help them carrying some stuff. Meanwhile, for consumer that consume sign or meaning, they looking for something inside of the bag and makes them love the bag. Researcher look this phenomenon as a commodity fetishism. There?s different motive when consumer consume the commodity. For example, some consumer consume to following trends of fashion and some of them consume to make them look more feminine. Looking at whole of the motive, researcher found the main purpose consumer consume sign or meaning from the bag is to make consumer be able to accepted in society.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S56421
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>