Ditemukan 171418 dokumen yang sesuai dengan query
Suryo Hadi Wibowo
"Penelitian ini bermula dari fenomena maraknya komunitas merek yang melakukan publikasi di media sosial untuk menunjukan ekssistensi mereka. Dalam penelitian ini peneliti menguji pengaruh komunitas merek pada media sosial terhadap customer relationship (dengan mengambil komunitas Honda Civic Indonesia sebagai objek penelitian). Data survei menggunakan 120 anggota komunitas Honda Civic Indonesia, peneliti melakukan penelitian dengan Structural Equation Modeling (SEM). Metode Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menguji pengaruh positif komunitas merek terhadap customer relationship, dan variabel pendukung yang mempengaruhi proses tersebut.
The research begin when the brand community growth rapidly on social media to show their existension. This research objectives are to show the brand community effect on social media against customer relationship (study case Honda Civic Indonesia Community). The data survey respondets are 120 member of Honda Civic Indonesia Community, the researcher do the research with Structural Equation Modeling (SEM). The methods Structural Equation Modeling (SEM) used for test the positive effect brand community against customer relationship, and supporting variables that effects the process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45858
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Munif Ariyanto
"
ABSTRAKPerkembangan teknologi dan informasi di Indonesia berdampak pada lingkungan bisnis yang menjadi semakin kompetitif. Salah satu sektor bisnis di Indonesia yang terkena dampak tersebut adalah sektor industri smartphone. Brand loyalty menjadi faktor penting dalam bertahan dalam berkompetisi dalam lingkungan bisnis tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari customer engagement di dalam komunitas merek online untuk brand Xiaomi terhadap brand loyalty. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang aktif di komunitas merek online Mi Community yang berusia minimal 18 tahun yang pernah membeli produk brand Xiaomi setidaknya dua kali dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling yang dilakukan secara online. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer engagement berpengaruh terhadap brand loyalty sebesar 0,519.
ABSTRACTIn Indonesia, the growth of information and technology has an impact on the increasingly competitive business environment. One of the affected business sectors in Indonesia is the smartphone industry sector. Brand loyalty is an important factor in staying competitive in this business environment. This research was conducted to see the influence of customer engagement in the online brand community for the Xiaomi brand on brand loyalty. In this study, researcher used quantitative methods. The sample in this study was 100 respondents who were active in the Mi Community online brand community who were at least 18 years old who had bought Xiaomi brand products at least twice, using non-probability sampling methods and purposive sampling techniques conducted online. This research instrument used a questionnaire and analyzed using linear regression. The results of this study indicate that customer engagement has an impact about 0,519 on brand loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ranie Febrianti
"Sebagai perusahaan pelopor inovasi dalam mikroprosesor, Intel Corporation terus berusaha menciptakan dan mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan agar terbentuk loyalitas pelanggan terhadap perusahaan melalui upaya Customer Relation Management (CRM). Upaya ini dilakukan Intel Corporation salah satunya melalui media sosial online twitter. Media sosial tersebut marak digunakan untuk menunjang prinsip kerja seorang praktisi Hubungan Masyarakat (Humas) dalam menciptakan komunikasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan yang kini banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi internet, seperti yang dilakukan oleh Intel Corporation melalui account twitter @Intel_Indonesia. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama kurang lebih satu minggu terhadap aktivitas komunikasi di account twitter tersebut, komunikasi yang ada dapat menjadi bukti bahwa besarnya nama suatu perusahaan bukan jaminan atas berjalan dengan baiknya komunikasi yang telah dilakukan oleh perusahaan. Pengamatan ini dilakukan untuk mengetahui upaya CRM dari perusahaan besar sekelas Intel Corporation melalui media sosial online dan hasil yang diperoleh adalah komunikasi perusahaan dengan pelanggan melalui account twitter cenderung pasif dan satu arah. Perusahaan juga tidak banyak menanggapi komentar pelanggan dan hanya sebatas melakukan distribusi informasi dari perusahaan kepada pelanggan.
As a pioneer of innovations in microprocessor company, Intel Corporation continues to create and manage the relationship between companies and customers in order to establish customer loyalty through the efforts of Customer Relation Management (CRM). The efforts made by Intel Corporation one of them is through social media online Twitter. The widespread use of social media to support the working principle of a Public Relation (PR) practitioner in creating two-way communication between the company and customers who are now heavily influenced by the development of internet technology, as did Intel Corporation through @Intel_Indonesia twitter account. Based on observations during the approximately one week to the communication activity on the twitter account, existing communication may be evidence that the magnitude of a company’s name is not collateral for running with good communication has been made by the company. This observation was conducted to determine the CRM effort of large corporations class Intel Corporation through social media online and the results obtained are corporate communications with customers via twitter is passive and only one-way communication. as it has been applied by Intel Corporation. Corporate communication with customers through social media online Twitter is passive and one-way. Companies is also do not respond to customer comments and only limited to the distribution of corporate information to customers."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Iona Savalida Ramadea
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memetakan bentuk-bentuk keterlibatan pelanggan (customer engagement) dalam online brand community Netflix Indonesia di platform media sosial Twitter. Studi ini berfokus pada konten yang diunggah oleh akun Twitter @NetflixID dari Maret hingga Mei 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Netflix Indonesia secara konsisten mempromosikan judul-judul tayangan film dan serial yang ada dalam platformnya sebagai strategi untuk meningkatkan customer engagement. Konten dengan kombinasi teks dan foto, teks dan video, serta foto dan video berhasil meraih total interaksi yang signifikan dari pengikut Netflix Indonesia di Twitter. Selain itu, konten yang menggabungkan elemen visual dan teks dinilai lebih berhasil dalam mengajak pengikut untuk berinteraksi. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa konten yang menghibur dan memiliki manfaat ekonomi dapat meningkatkan customer engagement.
This study aims to analyze and map the forms of customer engagement in the online brand community of Netflix Indonesia on the social media platform Twitter. The study focuses on the content uploaded by the Twitter account @NetflixID from March to May 2023. The findings show that Netflix Indonesia consistently promotes film and series titles available on its platform as a strategy to enhance customer engagement. Content combining text and photos, text and videos, as well as photos and videos, achieved significant total interactions from Netflix Indonesia's Twitter followers. Moreover, content that combines visual and textual elements was deemed more successful in engaging followers. These findings align with previous research indicating that entertaining and economically beneficial content can enhance customer engagement. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Sinulingga, Wita Elvirna
"Dalam pesaingan bisnis, berbagai cara digunakan oleh para penyedia jasa agar persaingannya bisa unggul dengan perusahaan yang lain. Salah satu cara agar bisa lebih unggu adalah dengan rneningkatkan hubungan dengan pelanggan, yaitu melayani segala kebutuhan pelanggan agar tercukupi. Perusahaan harus memikirkan cara untuk mempertahankan hubungan yang lebih jauh dengan pelanggannya dengan berbagai strategi yang memungkinkan. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pengaruh customer relations terhadap loyalitas konsumen untuk konsumen pengiriman paket di PT Pos Indonesia. Metodologi yang digunakan untuk skripsi ini adalah menggunakan metodologi mempermudah dalam pernghitungan hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian ini membukikan bahwa terdapat pengaruh dari customer relations loyalitas konsumen.
In business competition, varioues ways are used by service provider to become number one in competing with their competitors. One of them is improving their customer relationships by fulfilling the customer needs. Company should consider some ways to maintain relationships with the customer by using some possible strategies. This research attempts to determine the effect of customer relations for consumer loyalty in delivering package in PT Pos Indonesia. The results of this study is that there is an influence of customer relations for consumer loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Luki Ariwidiyanto
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
S9803
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Feki Wahyu Colimah
"Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan menganalisis konsep Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC) pada PT. X dalam rangka membebankan biaya pelayanan pelanggan kepada setiap pelanggan, menganalisis profitabilitas pelanggan, dan merumuskan strategi untuk meningkatkan profitabilitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan strategi studi kasus dengan pendekatan mixed-method research karena menggunakan wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi untuk memperoleh data yang lebih mendalam. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan descriptive analysis dengan teknik explanation-building. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan profitabilitas menggunakan TDABC menunjukkan 10 pelanggan terbesar PT.X telah memberikan kontribusi profit namun kontribusi profit terbesar bukan berasal dari pelanggan yang memberikan kontribusi pendapatan terbesar, begitu pula sebaliknya. Hasil analisis profitabilitas menunjukkan bahwa terdapat dua pelanggan harus diberikan prioritas utama dalam pelayanan, tujuh pelanggan yang sebaiknya dikelola dengan evaluasi berkesinambungan, serta satu pelanggan yang tidak perlu mendapatkan prioritas apapun dalam pelayanan.
The research aims to implement and analyze the concept of time-driven activity-based costing (TDABC) at PT. X to allocate the cost of serving customers to their accounts, analyze its customer profitability, and formulate the strategic decision to increase customer’s profitability. This research uses a case study strategy with a mixed methods research approach since it used different research tools to obtain detailed data. The collected data are analyzed by using descriptive analysis with explanation-building techniques. The results show that the 10 largest customers have been profitable to PT. X in 2021 but the most significant profit is not generated by customers who contributes the greatest revenue for PT. X and vice versa. The result of the customer profitability analysis shows that two customers need to be cared for and treated with the highest service priority, seven customers should be managed with periodic evaluations, and one customer does not require service priority."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rizki Nugroho Aryanto
"Tesis ini menganalisis pengaruh kepuasan dan loyalitas konsumen yang dijelaskan melalui behavioral dan attitudinal loyalty terhadap variabel kualitas produk, harga, layanan pendukung, kinerja pengiriman, dan interaksi dengan frontline people. Penelitian kuantitatif ini dilakukan terhadap 245 responden sepeda motor merek Honda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh secara positif terhadap harga dan kualitas produk. Selain itu, dibuktikan juga bahwa kepuasan konsumen tidak memengaruhi behavioral dan attitudinal loyalty. Dan juga, behavioral loyalty dipengaruhi layanan pendukung secara positif dan interaksi dengan frontliner secara positif, sedangkan attitudinal loyalty dipengaruhi secara positif oleh interaksi dengan frontline people.
The study focuses on discussing the relationship of customer satisfaction and loyalty with main purpose to examine a model in which customer satisfaction is conceived as mediating the relationship between the elements of relationship value (price, product quality, service support, delivery performance, and personal interaction) and attitudinal and behavioral customer loyalty. This quantitative research is conducted on 245 Honda motorcycle customers. The results show that customer satisfaction is positively affected by price and by product quality. On the other hand, customer satisfaction does not positively influences behavioral and attitudinal loyalty. In addition, behavioral loyalty is also positively affected by service support and positively by personal interaction, while attitudinal loyalty is positively affected by personal interaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rosalina Dewi Triswardhani
"Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui cara yang dapat dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk (BMI) untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan hubungan dengan nasabah shar-i yang telah ada dan sekaligus untuk mengetahui karakteristik nasabah yang dapat diakuisisi sebagai nasabah shar-i berikut peluang ketertarikannya guns menyusun strategi manajemen hubungan pelanggan produk shar-i, yang merupakan produk andalan perusahaan dalam rangka pencapaian target perusahaan di tahun 2006. Dalam penelitian ini digunakan content analysis untuk menganalisis data yang bersifat kualitatif dan dua macam statistik untuk menganalisis data yang bersifat kuantitatif, yaitu statistik deskriplif dan statistik inferensial. Penggunaan statistik inferensial dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik nasabah yang dapat diakuisisi sebagai nasabah shar-i berikut peluang ketertarikannya melalui penggunaan model ekonometri yang merupakan model dengan variabel terikat dummy atau kategorik yang disebut Model Logit. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa BMI belum mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan hubungan dengan nasabah shar-t sebagai pelanggan dan belum mengetahui karakteristik nasabah yang dapat diakuisisi sebagai nasabah shar-i dan memiliki peluang ketertarikan yang besar dalam mengkonsumsi shar-i, sehingga saat ini BMI belum berorientasi pada pelanggan karena BMI belum memiliki strategi manajemen hubungan pelanggan. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa sebagian besar nasabah shar-i berada dalam low attractiveness segment dan tidak puas dengan produk shar-i yang selama ini mereka konsumsi yang disebabkan karena BMI belum dapat memberikan value yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan harapan mereka. Adapun peluang pasar terbesar bagi produk shar-t adalah nasabah dengan karakteristik meyakini bunga bank tidak sesuai dengan ajaran Islam, suka membawa uang dalam bentuk tidak tunai, berpendapat fasilitas fisik bank dan pendukung serta jaringan merupakan jasa paling periling dalam perbankan, berpendidikan terakhir perguruan tinggi, dan berpendapatan per bulan di bawah Rp 2,500.000,-. Oleh karena itu disarankan kepada BMI untuk menyusun strategi manajemen hubungan pelanggan dengan menggunakan theoritical framework yang merupakan gabungan teori yang dikemukakan oleh Francis Bottle dan Melinda Nykamp sebagaimana terangkum dalam usulan implementasi strategi manajemen hubungan pelanggan produk shar-i. BMI yang telah disusun berdasarkan penelitian ini.
The main purpose of this research is to know the way of which can be conducted by PT, Bank Muamalat Indonesia, Tbk ( BMI) to maintain and improve their relation with their existing customer of shar-e and also to know the characteristic of the customer which can be acquisition as shar-e customer following their probability in consuming shar-e in order to compile the strategy of customer relationship management of shar-e, representing BMI's pledge product in order to reach the goals of the Company in the year of 2006. Content analysis were using in this research to analyse data which having the character of qualitative and two kinds of statistic to analyse data which having the character of quantitative, that is descriptive statistical and inferential statistical. The use of inferential statistical intended to know the characteristic of the customer which can be acquisition as a customer of shar-e following their probability in consuming shar-e through the using of logit model, The result of this research conclude that BMI not yet known the way of which can be conducted to maintain and improve their relation with their existing customer of shar-e and not yet known the characteristic of the customer which can be acquisition as customer of shar-e and own the biggest probability in consuming shar-e, so that at this time BMI not yet oriented at customer because of BMI not yet owned the strategy of customer relationship management. This research also conclude that the most customer of shar-e staying in low attractiveness segment and dissatisfy with this product, because BMI not yet earned to give value which match with their needs, their expectation and desire. As for the opportunity of the biggest market for shar-e is the customer with these characteristic : believe that the interest rate of bank disagree with Islam teaching, like to bring money in the form of not, having a notion facility of physical evidence of the bank and its network represent service most important in banking, having last education of college, and having the earning per month below/under Rp 2.500.000,-. Therefore suggested to BMI to compile the strategy of their customer relationship management by using theoretical framework representing the combination of theory proposed by Francis Buttle and Melinda Nykamp as compiled in the proposal of the implementation of the customer relationship management strategy of product shar-e of BMI, which have been compiled pursuant to this research."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
T20568
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Brenda Fania
"Keberhasilan m-wallet dalam memberikan layanan yang sesuai dengan harapan pelanggan tidak hanya dilihat dari peningkatan jumlah pengguna, tetapi juga dari sisi bagaimana menjaga retensi pengguna dalam menggunakan aplikasi, salah satunya adalah dengan mengevaluasi sisi customer experience. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi determinan dari customer experience (CX) dan bagaimana implikasi customer experience (CX) terhadap customer loyaty dan continue usage intention, dimana penelitian difokuskan pada pada aplikasi mobile wallet (m-wallet). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan teknik survei secara online terhadap 342 responden. Kemudian data diuji menggunakan metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa delapan dari 21 hipotesis dinyatakan signifikan, di mana terdapat masing-masing pengaruh yang signifikan dari trust, convenience, social influence, application attributes, dan responsiveness terhadap customer experience, kecuali customer support. Customer experience juga memiliki pengaruh yang signifikan dengan customer loyalty dan continue tusage intention. Kemudian variabel moderasi usia dan gender ditemukan tidak memoderasi masing-masing hubungan trust, convenience, social influence, application attributes, customer support, dan responsiveness terhadap customer experience. Hasil penelitian ini akan berkontribusi pada literatur tentang Customer Experience (CX) dan akan membantu penyedia layanan m-wallet dalam mengenali pentingnya CX dan merancang strategi membangun customer experience yang tepat.
The success of m-wallet in providing services that meet customer expectations is not only seen from the increase in the number of users but also in terms of how to maintain user retention in using applications, one of which is by evaluating the customer experience side. This study aims to identify the determinants of customer experience (CX) and how the implications of consumer experience (CX) on customer loyalty and continued usage intention, where the object of this research is a mobile wallet application (m-wallet). This study uses descriptive research and online survey techniques with 342 respondents. Then the data was tested using the Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. The results showed that eight of the 21 hypotheses were significant. Each significantly influenced trust, convenience, social influence, application attributes, and responsiveness towards customer experience, except for customer support. Customer experience also significantly influenced customer loyalty and continued service intention. Then the moderating variables of age and gender were found not to moderate the relationships of trust, convenience, social influence, application attributes, customer support, and responsiveness toward customer experience. The results of this study will contribute to the literature on Customer Experience (CX) and assist m-wallet service providers in recognizing the importance of CX and designing strategies to build the right customer experience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library