Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25335 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andri Wiyo
"Proses hidrodeoksigenasi minyak nabati memiliki potensi yang sangat besar dalam memproduksi bahan bakar bio. Pada penelitian ini disintesis bahan bakar bio jenis renewable diesel dari senyawa model asam oleat melalui proses hidrodeoksigenasi dalam reaktor tangki berpengaduk menggunakan katalis Pd/zeolit. katalis Pd/zeolit-1 dan Pd/zeolit-2 telah berhasil disintesis menggunakan metode microwave polyol dengan perlakuan yang berbeda. Katalis hasil sintesis dikarakterisasi menggunakan PSA, XRD, SEM-EDAX dan BET.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kedua katalis belum berukuran nano tetapi katalis Pd/zeolit 1 merupakan jenis katalis yang memiliki kristalitas, luas permukaan dan pori yang tinggi. Aktivitas katalis diuji dalam reaksi hidrodeoksigenasi pada tekanan 15 bar dengan suhu 375 dan 400 oC.
Dari hasil pengujian diperoleh spesifikasi renewable diesel seperti densitas, viskositas dan indek setana yang lebih bagus dari biodiesel dan sesuai dengan standard diesel komersial (ASTM D-975). Nilai selektivitas dan yield tertinggi diperoleh pada suhu reaksi 375 oC menggunakan katalis Pd/Zeolit 1 yaitu sebesar 42,70 % dan 34,87 %. Selain itu, pada kondisi ini reaksi dekarboksilasi lebih dominan dengan sisa oksigenat sebesar 39,19%.

Hydrodeoxygenation process of vegetable oil has a big potential to produce biofuel. This experiment focuses to synthesis of renewable diesel from oleic acid as a model compound through hydrodeoxygenation in stirrer tank reactor using Pd/zeolite as catalyst. Pd/zeolit 1 and Pd/zeolit 2 has been successfully prepared by using microwave polyol method with differ in treatment. The synthesized catalysts were characterized by means of PSA, XRD, SEM-EDAX and BET.
The results show that both of catalysts not become nano size yet but Pd/zeolite 1 has high crystalline and large surface and high pore area. The activity of catalyst tested in hidrodeoxygenation at 15 bar with temperature 375 and 400 oC.
The result of the test obtained specification of renewable diesel like density, viscosity and cetane index are better than biodiesel and suitable to commercial diesel standard (ASTM D-975). The highest selectivity and yield obtained at temperature 375 oC using Pd/zeolit 1 catalyst there are 42,70 % and 34,87 %. Beside that, decarboxylation reaction is dominant in this condition with number of oxigenated residue is 39,19 %.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45817
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Irfan
"Semakin tingginya kebutuhan BBM, dan semakin menurunnya cadangan minyak bumi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka para peneliti akan berusaha untuk mencari alternatif bahan bakar lain. Salah satu solusi tersebut yaitu bahan bakar yang diproses dari minyak nabati yang merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Pada penelitian ini, akan dibuat bahan bakar dari minyak nabati yang disebut dengan renewable diesel. Renewable diesel merupakan generasi kedua dari biofuel yang menggunakan minyak nabati. Bahan baku yang dipilih dalam penelitian ini yaitu minyak sawit. Renewable diesel ini diharapkan memiliki komposisi yang menyamai petroleum diesel, dan juga memiliki spesifikasi yang minimal sama dari petroleum diesel, tetapi di sisi lain juga memiliki keunggulan yaitu seperti angka setana yang lebih tinggi dan kandungan impurities yang lebih rendah. Adapun metode yang digunakan untuk mensintesis renewable diesel yaitu metode hidrodeoksigenasi dengan menggunakan katalis Pd/Zeolit dengan bahan baku minyak sawit. Pada reaksi hidrodeoksigenasi ini, kondisi operasi yang diberlakukan yaitu tekanan 9 bar, 12 bar, dan 15 bar dan variasi suhu operasi yang digunakan yaitu 375oC dan 400oC. Harapan yang ingin dicapai dari proses ini yaitu konversi setinggi-tingginya, angka setana yang lebih tinggi dari solar komersial, dan kandungan impurities serendah-rendahnya.

Time by time, the demand for fuel is getting higher, while petroleum reserves is decreasing significantly, then the researchers will try to look for other alternative fuels. One best solution is processed fuel from vegetable oil which is a natural resource that can be renewed. In this study, the solution will be made from vegetable oil fuel called renewable diesel. Renewable diesel is a second generation of biofuels that use vegetable oil. Raw materials that are selected in this study, namely palm oil. Renewable diesel is expected to have an equal composition of petroleum diesel, and also have the same minimum specifications of petroleum diesel, but on the other hand also has the advantage of such a higher cetane number and lower content of impurities. The method used to synthesize the renewable diesel is hydrodeoxygenation method using the Pd/Zeolite catalyst with palm oil feedstock. In this hydrodeoxygenation reaction, the operating conditions are pressure of 9 bar, 12 bar, and 15 bar and operating temperature variations used are 375oC and 400oC. Hopefully the ressult achieved from this process is the conversion as high as possible, higher cetane number than commercial diesel, and the content of impurities as low as possible."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54842
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Kartini
"Renewable diesel merupakan biofuel generasi kedua setara solar yang memiliki sifat dan struktur kimia yang mirip dengan solar minyak bumi. Penelitian ini menganalisis potensi minyak dedak padi (rice bran oil) sebagai bahan baku dalam produksi renewable diesel melalui reaksi dekarboksilasi menggunakan katalis NiMo/Zeolit. Renewable diesel disintesis pada tekanan 12 bar, 9 bar dan 6 bar pada suhu operasi 375°C.
Hasil analisis produk renewable diesel yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa renewable diesel yang dihasilkan memiliki spesifikasi seperti densitas, viskositas dan indeks setana yang lebih baik dari biodiesel dan sesuai dengan standar solar komersial (ASTM D-975). Selektivitas dan yield tertinggi diperoleh pada tekanan 12 bar dengan selektivitas 28,12% dan yield 19,99%.

Renewable diesel is a second generation of biofuel with the same characteristic and chemical structure as petroleum diesel. This research analized potentiality of rice bran oil as raw material for renewable diesel production through decarboxylation reaction using NiMo/Zeolit catalyst. Renewable diesel is synthesized at 12 bar, 9 bar and 6 bar pressure at the same temperature, 375°C.
The result of the test obtained specification of renewable diesel such as density, viscosity and cetane index better than biodiesel and suitable to commercial diesel standard (ASTM D-975). The highest selectivity and yield obtained at pressure 12 bar there are 28.12% and 19.99%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58894
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafael Pascalis Tanudio
"Proses perengkahan katalitik termal merupakan salah satu proses untuk mengolah minyak hewani menjadi bahan bakar bio. Pada penelitian ini bahan bakar bio jenis renewable diesel disintesis dari lemak sapi dalam reaktor menggunakan katalis CaO. Proses sintesis renewable diesel dilakukan menggunakan reaktor autoclave berpengaduk diberikan perlakuan yang berbeda tiap prosesnya dengan perbedaan suhu (375℃ dan 400℃) untuk sampel dan jumlah katalis yang digunakan sebanyak 3 wt% dan 5 wt% dari
umpan yang digunakan yaitu lemak sapi sehingga didapatkan 4 sampel renewable diesel (RD-1 hingga RD-4) dengan harapan mendapatkan yield dan konversi, sehingga dapat ditentukan kondisi operasi yang optimal untuk sintesis renewable diesel. Setelah berhasil disintesis produk cair organik didistilasi untuk mendapatkan fraksi renewable diesel dan dikarakterisasi berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk melihat nilai viskositas, bilangan asam, densitas, titik beku, dan bilangan iodin, serta menggunakan
GC-MS untuk mengidentifikasi fraksi komponen dan FTIR untuk mengidentifikasi gugus fungsi dari hasil sintesis. Renewable diesel akan dibandingkan antar sampel untuk memperoleh karakteristik terbaik yang akan dibandingkan dengan bahan bakar solar. Dari hasil pengujian diperoleh spesifikasi renewable diesel seperti densitas, viskositas, bilangan iodin, bilangan asam, dan titik beku sudah memenuhi standar SNI, namun untuk spesifikasi bilangan asam pada sampel RD-1 dan RD-3 belum memenuhi SNI. Nilai yield dan selektivitas tertinggi diperoleh pada sampel RD-4 dengan suhu 400℃ dan katalis CaO sebanyak 5% wt, diperoleh selektivitas sebesar 91,83% dan yield sebesar 44,3% dengan sisa oksigenat sebesar 16,99%
Catalytic thermal cracking process is one of the processes to convert animal fats into biofuel. In this study, renewable diesel is synthesized from animal fats or more specifically beef tallow in a reactor with the help of CaO catalyst. Renewable diesel
synthesis process is carried out using a stirred autoclave reactor with different treatment for each process with differences in temperature (375℃ and 400℃) and the amount of catalyst used is 3% by feed weight and 5% by feed weight of beef tallow, hence 4 (four) renewable diesel samples denominated by RD-1, RD-2, RD-3, and RD-4, to obtain different results of yield and conversion so that the optimal condition for renewable diesel synthesis is obtained. Renewable diesel was characterized based on the Standar Nasional Indonesia (SNI) to see the value of viscosity, acid number, density, freezing point, and iodine number. GC-MS and FT-IR analytics is also used to identify fraction component of sample and to identify functional groups of the product. Renewable diesel will be compared between samples to obtain the best characteristics that will be compared with
conventional diesel fuel. The research resulting in the specifications of renewable diesel
such as density, viscosity, acid number, freezing point and iodine number which meet the
SNI standard, but the acid number specifications for RD-1 and RD-3 samples do not meet SNI standard. The highest yield and selectivity values were obtained in the sample RD-4 with a temperature of 400℃ and a CaO catalyst of 5% wt, obtained selectivity of 91,83% and yield of 44,3% with a residual oxygenate of 16,99%.
"
Depok : Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Kurniawan
"Bahan bakar nabati memiliki potensi yang sangat besar untuk menjawab kebutuhan energi dalam negeri maupun dunia salah satunya renewable diesel. Proses yang digunakan untuk memproduksi renewable diesel yaitu reaksi hidrolisis dan hidrodeoksigenasi dengan menggunakan katalis NiMo/Zeolit. Tujuan dilakukan hidrolisis sebagai pretreatment akan mengubah trigliserida pada minyak jarak pagar menjadi free fatty acid (FFA) untuk kemudian dikonversi menjadi renewable diesel melalui hidrodeoksigenasi. Hidrolisis minyak jarak dilakukan pada kondisi suhu 200C dan tekanan 1 bar selama 7 jam dengan rasio volume air dan minyak sebesar 60:40 mampu menghasilkan %FFA sebanyak 68,197%. Untuk hidrodeoksigenasi, variasi suhu operasi yang digunakan yaitu 350C, 375C, dan 400C. Pretreatment minyak jarak dengan reaksi hidrolisis mampu meningkatkan konversi, selektiftas, yield, dan indeks setana dari produk renewable diesel dimana produk dengan minyak jarak non hidrolisis menghasilkan konversi 74,83%, selektivitas 30,88 %, yield 20,25% dan indeks setana 49,89. Sementara produk dengan minyak jarak dihidrolisis konversi mencapai 86,95%, selektivitas 50,70%, yield 26,43% dan indeks setana 60,43.

Biofuels have great potential to address the energy needs of the country and the world especially renewable diesel. The process used to produce renewable diesel are hydrolysis and hydrodeoxygenation reaction by using NiMo / Zeolite catalyst. The purpose of hydrolysis as pretreatment will change the jatropha oil’s triglycerides into free fatty acid (FFA) and then converted into renewable diesel through hydrodeoxygenation reaction. Hydrolysis of jatropha oil carried out under temperature 200C and pressure of 1 bar for 7 hours with ration of water and oil volume is 60:40 are able to produce as much as 68.197% FFA. For hydrodeoxygenation, variations in operating temperature used is 350C, 375C, and 400C. Pretreatment of jatropha oil with hydrolysis reaction can increase the conversion, selectivity, yield, and the cetane index of renewable diesel product where products with jatropha oil non hydrolysis have 74.83% conversion, 30.88% selectivity, 20.25% yield and cetane index 49,89. While products with hydrolyzed jatropha oil reached 86.95% conversion, 50.70% selectivity, 26.43% yield and 60.43 cetane index."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58896
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risya Utaviani Putri
"ABSTRAK
Green diesel merupakan bahan bakar nabati generasi kedua yang memiliki potensi untuk menjawab kebutuhan energi baik dalam negeri maupun dunia. Proses yang digunakan untuk memproduksi green diesel adalah hidrolisis sebagai pre-treatment dan hidrodeoksigenasi menggunakan katalis NiMo/Al2O3. Hidrolisis akan mengubah trigliserida pada bahan baku, yaitu minyak jelantah menjadi free fatty acid FFA yang selanjutnya dikonversi menjadi green diesel melalui hidrodeoksigenasi. Hidrolisis minyak jelantah dilakukan pada suhu 200oC dan tekanan 16 bar dengan rasio volume air dan minyak sebesar 1:1. Waktu reaksi divariasikan dari 1 hingga 3 jam. Kondisi operasi optimum hidrolisis, yaitu pada waktu 3 jam mampu menghasilkan FFA sebanyak 73,89 . Untuk proses hidrodeoksigenasi dilakukan variasi kondisi operasi, yaitu pada suhu 375oC dan tekanan 12 bar yang dapat menghasilkan green diesel dengan konversi 80,24 , selektivitas 53,37 , dan yield 19,26 , serta pada suhu 400oC dan 15 bar yang dapat menghasilkan green diesel dengan konversi 82,15 selektivitas 69,58 , dan yield 68,87 .

ABSTRACT
Green diesel is a second generation of biofuel that has a potential to answer the energy needs either in Indonesia or in the world. The process used to produce green diesel are hydrolysis as a pre treatment and hydrodeoxygenation by using NiMo Al2O3 catalyst. Hydrolysis will change the triglycerides in the raw material, which is waste cooking oil into free fatty acid FFA and then converted into green diesel through hydrodeoxygenation. Hydrolysis of waste cooking oil carried out at temperature of 200oC and pressure of 16 with water and oil volume ratio of 1 1. Time is varied from 1 to 3 hours. The optimum condition of hydrolysis, which is at 3 hours can produce FFA as much as 73.89 . For hydrodeoxygenation, variations in operating condition used are 375oC with pressure of 12 bar that can produce green diesel with conversion of 80.24 , selectivity of 53.37 , and yield of 19.26 , also 400oC with pressure of 15 bar that can produce green diesel with conversion of 82.15 , selectivity of 69.58 , and yield of 68.87 . "
2017
S67176
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farhan Aflahul Mukmin
"Pada penelitian ini bertujuan untuk mensintesis renewable diesel dari minyak jarak kepyar yang direaksikan melalui perengkahan katalitik termal dengan metode indirect contact, dan dilakukan beberapa variasi pengujian pada suhu operasi di 370 oC dan 400 oC, menguji penggunaan katalis MgO dengan variasi %berat katalis pada 2% dan 4%, dan dengan dialirkan atau tidaknya gas nitrogen pada reaksi. Hasil dari reaksi ini telah menghasilkan sampel dengan persentasi tertinggi pada nilai konversi sebesar 51,88% dan yield sebesar 63,14%. Hasil tersebut didapatkan pada kondisi operasi 400 oC, 2%berat katalis, dan tanpa menggunakan gas nitrogen. Dari segi karakteristik pun berhasil memenuhi standar SNI 8220:2017. Meskipun begitu, hasil sampel dari penelitian ini tidak dapat dianggap sebagai renewable diesel dikarenakan tidak terkandungnya fraksi rantai karbon C12 hingga C18. Walaupun demikian, ketidakberhasilan ini menghadirkan perspektif baru dalam produksi renewable product berupa senyawa heptaldehyde dan undecylenic acid, dengan yield sebesar 10,33% dan 30,56%, yang berguna bagi industri kosmetik, obat-obatan, dan parfum
This study aimed to synthesize renewable diesel product, through catalytic thermal cracking of castor oil using MgO catalyst in the process. The reaction was done with an indirect method and carried out with several variation testing of operating conditions, with an operating temperature of 370 oC dan 400 oC, the use of MgO catalyst in 2%wt and 4%wt, and also the use of nitrogen gas flow. The results of this study have produced the sample at operating conditions of 400 oC, 2%wt of MgO catalyst, and without the use of nitrogen gas flow, resulting in 51.88% conversion and 63.14% yield. By characteristics, it also met the quality standard of SNI 8220:2017. Unfortunately, the sample resulting from this reaction cannot be considered as renewable diesel since it does not contain C12 to C18 carbon fractions. However, this failure presents a new perspective on producing renewable products in the form of heptaldehyde and undecylenic acid, with 10.33% and 30.56% yield, which are useful in other chemical industries such as cosmetics, pharmaceuticals, and perfume."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Habib Nurain
"Pemerintah Indonesia telah menargetkan pada tahun 2025 23% energi Indonesia akan berasal dari sumber yang dapat diperbarui. Salah satu alternatif yang menjanjikan untuk menggantikan bahan bakar fosil adalah renewable diesel. Renewable diesel dapat disintesis lemak hewan melalui proses hydroprocessing. Di Dalam penelitian ini, bahan mentah yang akan digunakan adalah lemak hewani berupa lemak sapi dan lemak ayam.. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan kondisi operasi hydrodeoxygenation optimal. Simulasi akan dijalankan dengan palikasi UNISIM. Kondisi operasi temperatur dan tekanan tahap hydrodeoxygenation akan divariasikan dari 200-400oC dan 1-5 MPa. Dari penelitian ini, didapatkan empat kondisi operasi terbaik, yaitu dengan lemak ayam dengan yield 34%, 96% konversi total, pada kondisi operasi 4 MPa, 290oC, lemak sapi dengan yield 33%, 95% konversi total, pada kondisi operasi 4 MPa, 290oC, lemak sapi dengan yield 28%, 88% konversi total, pada kondisi operasi 3 MPa, 310oC, lemak ayam dengan yield 27%, 90% konversi total, pada kondisi operasi 3 MPa, 310oC.

The Indonesian government targeted to have the energy in Indonesia to come from renewable sources up to 23% by the year 2025. One promising alternative to replace fossil fuel is renewable diesel. Renewable diesel can be synthesized from animal fat through hydroprocessing. In this research, the raw material that will be used is animal fat, more specifically beef tallow and chicken fat.. The aim of this research is to obtain optimal operating condition of hydrodeoxygenation. The application used is UNISIM. The varied temperature and pressure range from 200-400oC and 1-5 MPa. From this research, four optimal condition is obtained which are chicken fat with 34% yield, 96% total conversion at operating condition of 4 MPa, 290oC, beef tallow with 33% yield, 95% total conversion at operating condition of 4 MPa, 290oC, beef tallow with 28%, 88% total conversion, at operating condition of 3 MPa, 310oC, and finally chicken fat with 27% yield, 90% total conversion at operating condition 3 MPa, 310oC."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Green diesel merupakan bahan bakar generasi kedua dari biofuel yang menggunakan minyak nabati. Bahan baku yang dipilih adalah minyak nyamplung yang memiliki kadar minyak 50 hingga 70%. Green diesel ini diharapkan dapat menyamai bahakan melebihi petroleum diesel dengan keunggulan angka setana dan impurities yang lebih rendah, juga memiliki spesifikasi yang minimal sama dengan petroleum diesel yang ada saat ini. Adapun metode yang digunakan untuk mensintesis green diesel yaitu metode hidrodeoksigenasi dengan menggunakan katalis NiMo/Zeolit dengan bahan baku minyak nyamplung. Kondisi operasi yang digunakan yaitu pada tekanan 12 bar dan variasi suhu operasi yang digunakan yaitu 350oC, 375oC dan 385oC. Hasilnya didapat bahwa Kondisi operasi optimal dicapai pada suhu 375oC dan tekanan 12 bar dengan spesifikasi green diesel yang didapatkan memiliki densitas 0,829 g/cm3, viskositas 0,344 Cp, dan indeks setana 63. Selanjutnya penelitian ini dapat lebih disempurnakan lagi untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi., Green diesel is a second generation biofuel that being converge from 100% vegetable oil. The raw material that chosen is an oil that being produced from Calophyllum inophyllum seed that have oil content between 50 and 70%. Green diesel hypothised to be in par with petroleum diesel and have higher cetane number and fewer impurities. Moreover, at least, have a minimum specification as same as petroleum diesel. The method that being used to synthesize green diesel is hydrodeoxygenation method using NiMo/Zeoilt as catalyst. In this research, the operation condition that being applied is the pressure at 12 bar and temperature at 350oC, 375oC dan 385oC. the result shows that the optimum Operaton condition is temperature at 375oC and pressure at 12 bar. the specification of green diesel density at 0,829 g/cm3, viscosity at 0,344 cSt, dan cetane number 63. In the future this research can be perfected in order to get a higher conversion, yield and selectivity of product.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58837
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abednego Bayilasdhy Masan
"Penelitian berbasis simulasi dan permodelan dalam proses sintesis renewable diesel perlu untuk dilakukan agar dapat menganalisis proses reaksi sintesis renewable diesel lebih lanjut. Selama ini, penentuan kondisi dalam proses sintesis renewable diesel melalui reaksi hidrodeoksigenasi masih melalui proses trial and error dan belum memiliki pedoman yang tetap. Untuk itu, pada penelitian ini dilakukan modifikasi persamaan model prediktif dengan metode Analytical Semi Empirical Model (ASEM) agar dapat digunakan untuk menggambarkan produk hasil proses sintesis renewable diesel melalui mekanisme reaksi hidrodeoksigenasi yang melibatkan variasi temperatur dan tekanan. Model dimodifikasi dan divalidasi dengan menggunakan data-data historikal dari sintesis renewable diesel melalui reaksi hidrodeoksigenasi sebagai fungsi temperatur dan tekanan yang telah dilakukan di laboratorium rekayasa dan pengembangan bahan kimia dan alam (RPKA) Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia. Dari penelitian ini, dihasilkan model-model yang sesuai serta kondisi operasi yang optimum untuk tiap-tiap bahan baku.

The research in synthesis of renewable diesel based on simulation and modeling needs to be done more, in order to analyze the process itself further. For now, the criteria of operation conditions need in the process are based on trial and error method, and have not had any equation that has been validated. For that purpose, this research modified the predictive model we used in Analytical Semi Empirical Model (ASEM) method to represent the yield of renewable diesel synthesis process, based on the function of temperature and pressure. The model was modified and validated by using historical datas from the former researches in synthetizing renewable diesel, which has been done in Rekayasa dan Pengembangan Bahan Kimia dan Alam (RPKA) laboratorium in Chemical Engineering Department of University of Indonesia. This research produces the models of the reaction and optimum operation condition which can be used separately for each material used.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S59636
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>