Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86040 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Randi Kurnia Pranata
"Penelitian pada skripsi ini membuat suatu sistem software yang akan diintegrasi dengan sistem Smart Stick berbasis Android smartphone. Metode yang digunakan dalam penelitian mengikuti tahapan Software Development Life Cycle (SDLC). Bahasa yang digunakan dalam mengkonfigurasi dan membuat sistem ini ialah JAVA dan XML. Sistem ini mengontrol modul hardware yang terdapat pada Android smartphone seperti accelerometer, vibrate dan sound untuk diintegrasikan dengan komunikasi serial Bluetooth pada perangkat Smart Stick. Kehandalan sistem masih dalam soft-real time sistem dan dalam pengolahan data dari Bluetooth hingga menjadi suatu output suara dipengaruhi oleh kecepatan prosesor. Untuk pengujian Technology Acceptance Model digunakan form penelitian yang diberikan kepada 20 responden untuk memberikan nilai kualitatif.

This thesis build software system that will integrated with Smart Stick based on Android smartphone. Software Development Life Cylce (SDLC) method also been used as research guidance. JAVA and XML were used as main programming language to design this system. This system control hardware modules on the Android smartphone like accelerometer, vibrate and sound to be integrated with Bluetooth communication. The reliability of the system is still in soft-real time system and the processing data from Bluetooth to be voice output is affected by the speed of the processor. Technology Acceptance Model testing using an assessment forms to 20 respondents to give qualitative value."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47787
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Armandya Rohadhian Megantara
"Penelitian pada skripsi ini berisi tentang perancangan, pembuatan dan analisis dari sistem Smart Stick berbasis FPGA Xilinx Spartan 6 pada papan pengembang Nexys3 dengan antar muka komunikasi Bluetooth. Sistem ini merupakan pengembangan dari prototipe Smart Stick untuk tuna netra yang berfungsi sebagai alat bantu berjalan bagi tuna netra dalam menentukan arah. Metode yang di gunakan dalam penelitian mengikuti tahapan Software Development Life Cycle (SDLC). Bahasa pemograman VHDL di gunakan dalam mengkonfigurasi FPGA. Sistem ini akan mengintegrasikan FPGA dengan modul antarmuka Bluetooth, sensor inframerah dengan integrasi ADC mikrontroller sebagai modul pendeteksi halangan, serta modul buzzer. Sistem ini mempunyai persentase error sebesar 5,32% ± 2,05% pada modul pendeteksi halangan infra merah dan dapat bekerja sampai dengan jarak optimal 25 m pada keadaan outdoor dan 20 m pada keadaan indoor dengan sekat kaca 6 cm. Keseluruhan fitur sistem telah berfungsi baik sesuai dengan perancangan dan siap untuk digunakan dan dihubungkan dengan perangkat lain untuk melengkapi sistem Smart Stick.

This final project research discusses the design, manufacture, and analysis of the Smart Stick system based on FPGA Xilinx Spartan 6 on Nexys3 development board with Bluetooth communication interface. This system is developed from previous Smart Stick prototype for blind people that serve as walking aid in determining direction. The method used in this research follows the Software Development Life Cycle (SDLC). The VHDL programming language is use in configuring the FPGA system. This system will integrate the FPGA with Bluetooth interface module, infrared sensor with integrated ADC microcontroller as obstacle detector module, and buzzer module. This system has a percentage error of 5.32% ± 2.05% in the infrared obstacle detector module and can be work optimal to a distance up to 25 m on outdoor and 20 m on indoor with 6 cm glass partition. Overall features of the system have been working and ready to be used and connected to the other devices to complete the Smart Stick System."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46782
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satrioyudo Harizrahmanto
"Berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga riset digital Emarketer, pengguna ponsel pintar di Indonesia mencapai 180 juta pada tahun 2014 dan 34% dari mereka yang menggunakan ponsel berbasis Android. Banyak masalah perampokan kriminal di Indonesia juga masih relatif besar. Kemudahan untuk mendapatkan kunci duplikat dan tingginya biaya tingkat keamanan adalah penyebab masalah ini. Aplikasi sistem keamanan menggunakan ponsel Android telah dikembangkan. Namun, masalahnya masih ada. Sistem ANDOORID dikembangkan sebagai prototipe untuk mengatasi kendala yang ada, dapat diterapkan di mana-mana, memiliki biaya rendah dan kemudahan dalam membuat basis data yang tersedia.
Sistem ANDOORID menggunakan ponsel Android dan menggunakan fitur Bluetooth untuk berkomunikasi dengan sirkuit Arduino yang terhubung melalui modul Bluetooth HC-05 dan NodeMCU untuk berkomunikasi dengan database. Pin tersebut digunakan untuk menjadi metode otentikasi yang mengirim melalui modul Bluetooth bersama dengan nama dan alamat MAC dari ponsel Android. Data tersebut kemudian akan dibandingkan dengan data yang disimpan dalam database. Jika perbandingan cocok, kunci akan dibuka. Jika tidak, sistem akan menyimpan alamat perangkat yang baru terhubung tanpa hak akses dan pintu tidak akan terbuka.

Based on a survey conducted by the digital research institute Emarketer, smartphone users in Indonesia reached 180 million in 2014 and 34% of them used Android-based phones. Many criminal robbery problems in Indonesia are also still relatively large. The ease of getting duplicate keys and the high cost of security is the cause of this problem. Security system applications using Android phones have been developed. However, the problem still exists. The ANDOORID system was developed as a prototype to overcome existing obstacles, can be applied everywhere, has a low cost and ease in making databases available.
The ANDOORID system uses an Android phone and uses the Bluetooth feature to communicate with the Arduino circuit which is connected via the Bluetooth module HC-05 and NodeMCU to communicate with the database. The pin is used to be an authentication method that sends via a Bluetooth module along with the name and MAC address of an Android phone. The data will then be compared with the data stored in the database. If the matches match, the lock will be opened. Otherwise, the system will store the address of the newly connected device without access rights and the door will not open.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, Juliano
"Penerapan sistem embedded yang praktis dan portable menjadi salah satu tantangan saat ini. FPGA menawarkan perancangan sistem yang hemat daya, cepat, dan mudah dalam pengembangan lanjutan. Perancangan sistem cepat komunikasi secara serial dengan bluetooth low energy BLE pada FPGA dapat meningkatkan fleksibilitas, efisiensi daya, dan performa. Sistem komunikasi serial dengan metode UART akan diimplementasikan pada FPGA Xilinx Zynq-7000. FPGA akan diintegrasikan dengan Bluetooth low energy HM-10 dengan metode UART pada nilai baudrate yang tinggi. Enkripsi AES juga akan diimplementasikan pada FPGA dan diharapkan dapat menjamin aspek keamanan data. Pengujian sistem ini menunjukkan bahwa penggunaan baudrate yang tinggi pada bluetooth, selain dipengaruhi oleh latensi, dapat mempercepat transmisi data. Integrasi antara FPGA dengan Bluetooth low enery diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif pengembangan sistem embedded yang efisien, mudah digunakan, dan praktis dengan komunikasi secara nirkabel.

Implementation of an easy to use and portable embedded system is one of the challenges today. FPGA offers system design that is power efficient, fast, and easy in advanced development. Design of fast serial communication systems with low energy bluetooth BLE on FPGAs can improve flexibility, power efficiency, and performance. Serial communication system with UART method will be implemented on Xilinx Zynq 7000 FPGA. FPGA will be integrated with Bluetooth low energy HM 10 with UART method at high baudrate value. AES encryption will also be implemented on the FPGA and to ensure data security aspects. Result of this system shows that the use of high baudrate on bluetooth, besides influenced by latency, can speed up data transmission over bluetooth. Integration between FPGA and Bluetooth low enery can be an alternative to develop power efficient, easy to use, and flexible embedded system with wireless communication."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Anugerah Gunawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi dan menganalisis sistem Smart wheeled robot dengan menggunakan Smartphone Android dan Modul IOIO yang dapat mengutilisasi sensor dan aktuator eksternal dari robot. Sistem Smart wheeled robot yang dirancang menggunakan kumpulan algoritma umum untuk wheeled mobile robot, algoritma remote control dan algoritma human interaction untuk memenuhi fungsi yang dibutuhkan berdasarkan system requirement dari berbagai referensi dan tukar wawasan. Smartphone Android dijadikan pusat kontrol robot yang mengendalikan fungsi bernavigasi, melakukan penghindaran tabrakan, serta menjalankan fungsi-fungsi lainnya yang berakar dari fasilitas smartphone Android. Robot beroda ini akan dapat bergerak sesuai dengan program navigasi yang diimplementasikan padanya dengan menggunakan sifat modularitas dan Object Oriented Programming. Implementasi tersebut dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yang telah dikhususkan untuk Android. Hal tersebut dapat mempermudah pembuatan dan maintenance dari aplikasi. Dari penelitian ini, didapatkan data bahwa animo responden sangat tinggi terhadap teknologi yang dikembangkan dengan pendapat setuju sistem yang diteliti menarik hingga 96%, kebermanfaatan sistem 77%, dan 53% berminat untuk hasil akhir penelitian yang dikomersialisasi dari 30 responden beta tester. Dari segi beban aplikasi, kebutuhan CPU Smartphone berkisar antara 16-75%, dan 4.96-8.47% dari 826 MB RAM untuk platform ujicoba yang digunakan. Hal tersebut memungkinkan aplikasi untuk dikembangkan lagi untuk lebih memfungsikan kemampuan smartphone dan diimplementasikan kedalam sistem yang lebih aplikatif seperti Smart system dan autonomous car.

This research has purpose to implement and analyze a Smart wheeled robot System using Android Smartphone and IOIO Module to utilize robot?s external sensors and actuators. Smart wheeled robot system designed with a set basic algorithm for Wheeled Robot, Remote Control algorithm, and Human Interaction aglorithm to fullfil functions based on System Requirement gathered from references and insight from other roboticist. Android smartphone is used as main control unit to control navigation, collision avoidance and other functions which roots from Android smartphone?s facility. This robot can move according to the navigation module implemented on the program using object oriented programming based on JAVA. This usage can simplify the implementation and maintenance of the application. From 30 of the beta tester, the respondent seems really excited and interested with the proven concept with 96% agree the concept is interesting, 77% agree the system will be useful, 53% personally interested with research?s final product and its commercialization. From the performance side, the smartphone?s CPU usage is ranging between 16-75% and 4.96-8.47% from the 826MB RAM available for the system in the testing platform. This robot can be used as testing platform of many algorithms and systems development such as smart and autonomous car."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55872
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat Ramadhani
"Era smart home sudah dimulai. Presentase penduduk Indonesia di masa yang akan datang yang didominasi oleh kelompok usia produktif menjadi potensi pasar dari industri smart home. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dirancang dan dibuat suatu sistem smart home yang meminimalkan peran pengguna. Sistem Smart Home ini merupakan sistem yang mengembangkan teknologi smart home yang telah ada, dimana sistem akan menghidupkan AC dan lampu ketika pemilik rumah memasuki radius tertentu dari rumah. Walaupun begitu, sistem ini juga dapat mengontrol AC dan lampu secara manual.
Sistem ini dirancang menggunakan Arduino Mega dan GSM Shield dengan Aplikasi Android sebagai interface yang dapat diakses oleh user. Pada pengujian didapatkan bahwa delay sistem pengendali manual sebesar 8 detik dengan standar deviasi sebesar 3,3 detik. Nilai ini dikatakan cukup baik bila dibandingan dengan delay produk sejenis Leviton DZS15 yang memiliki delay berkisar 5-10 detik. Namun nilai ini dikatakan cukup buruk bila dibandingkan produk sejenis GE 12722 Z-Wave Wireless Lighting Control yang memiliki delay berkisar 0,5 detik. Perbedaan delay ini dapat disebabkan perbedaan teknologi yang digunakan dimana GE 12722 Z-Wave menggunakan teknologi Z-Wave sedangkan dalam penelitian ini digunakan teknologi GPRS.
Delay pada pengendali otomatis memiliki nilai yang hampir sama dengan rata-rata sebesar 10,27 detik dengan standar deviasi sebesar 0,4 detik. Nilai yang hampir sama ini mengindikasikan baiknya performa sistem yang didukung oleh tempat pengujian yang terletak di lingkungan outdoor. Waktu instruksi yang dibutuhkan Arduino Mega mulai dari membangun koneksi, mengambil data dari server dan merubah state sebesar 6001,7 ms. Pengujian aplikasi android berdasarkan fungsi utama dan tampilan antarmuka mendapatkan nilai dari 10 responden sebesar 79,86%. Nilai ini mengindikasikan bahwa responden puas dengan fungsi utama sistem tapi sebaliknya kurang puas dengan tampilan antarmuka aplikasi android.

The era of smart home has just begun. The percentage of Indonesians will be dominated by productive populations in the future which will be an enormous market fot smart home industry. This research, furthermore, aims to develop and create a smart home system to minimize the user role. This smart home is a system developing an existing smart home technology which will switch the AC and lamps on whenever the owner is at specific radius from the house. Nevertheless, this system also can control the AC and lamps manually.
This system is designated by Arduino Mega and GSM Shield with an accessible android interface. The experiment obtained the manual control delay system was 8 seconds with standart deviation was 3.3 seconds. This delay value is quite good when compared to similar product, Leviton DZS15, which delay range was from 5-10 seconds. However, the value is quite bad when compared to similar product, 12 722 GE Z-Wave Wireless Lighting Control, which delay approximately 0.5 seconds. This delay differences can be due to the differences in technology used in the devices. The 12722 GE Z-Wave used the Z-Wave technology, while this study used GPRS technology.
Automatic control delay has values nearly equal to the average of 10.27 seconds with a standart deviation of 0.4 seconds. This similar values indicates the good performance was supported by outdoor testing environment. The instruction time needed by Arduino Mega from initiating the connection, collecting data from server and altering the state was 6001.7 ms. The test for android application based on main function and user interface was 79.86% from 10 respondents. This value indicates that respondets were satisfied with the main function of the system, however they were unsatisfied with the Android interface.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63712
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ben Hadi Pratama
"Isu keamanan ruangan pada gedung perkantoran penting diperhatikan karena pentingnya fungsi masing-masing ruangan. Smart Door-Lock System berbasis Bluetooth dan Fingerprint merupakan sebuah sistem keamanan cerdas berbasis otentikasi pengguna dengan memanfaatkan fitur fingerprint scanner pada smartphone Android yang digunakan untuk membuka kunci pada suatu ruangan. Aplikasi Android 'Bluetooth DoorLock' memiliki fungsi fingerprint scanner, device pairing dan door lock. Perangkat keras yang digunakan adalah Arduino, modul Bluetooth, serta aktuator berupa solenoid door lock.
Hasil uji coba implementasi sistem menunjukkan bahwa rata-rata waktu respon pada jarak ideal tanpa penghalang adalah sebesar 0.268 detik, sedangkan dengan penghalang berupa tembok beton adalah sebesar 0.507 detik. Rata-rata respon pengguna terhadap fungsionalitas sistem, fitur aplikasi, serta tampilan aplikasi berturut-turut adalah 82.96, 79.06, dan 83.28.

The issue of room security in the office building is important to note. Bluetooth and Fingerprint based Smart Door Lock System is an intelligent user based authentication security system by utilizing the fingerprint scanner feature on Android smartphones used to unlock a room. The Bluetooth DoorLock Android app has a fingerprint scanner, pairing device and door lock functions. The hardware used is Arduino, Bluetooth module, and an actuator in the form of solenoid door lock.
The results of the system rsquo s implementation test shows that the average response time at the ideal distance without a barrier is 0.268 seconds, while with a barrier of concrete wall is 0.507 seconds. Average user response to system functionality, app features, and app display are 82.96 , 79.06 , and 83.28 respectively.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68163
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan Herdianto
"Perkembangan IoT device dalam kalangan masyarakat sudah semakin menjamur. Penggunaan teknologi nirkabel yang hemat energy khususnya ikut andil dalam membantu perkembangan IoT pada device yang berada di tangan konsumen. Bluetooth Low Energy BLE merupakan teknologi nirkabel berbasis frekuensi radio RF yang memiliki environment cukup luas di dunia. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut produsen device dapat memproduksi device yang tetap hemat energy dalam mentransmisi data ke backend dari sistem IoT. Namun terdapat celah pada teknologi BLE yang dapat ditembus oleh peretas, dikarenakan peretas dapat melakukan perekaman paket-paket data yang dikirimkan melalui RF dengan teknik Sniffing. Oleh karena itu dibutuhkan sistem keamanan yang diimplementasikan pada sisi Application Layer yaitu dengan cara melakukan enkripsi data sebelum dikirimkan melalui RF.
Tugas akhir ini mengembangkan sistem keamanan pengiriman data terenkripsi pada aplikasi Android menggunakan metode enkripsi AES-256. Beberapa pengujian akan dilakukan terhadap BLE untuk segi teknis dan performa waktu proses enkripsi dan dekripsi dari metode AES-256 khusus untuk device Android.
Dari hasil pengujian tersebut didapatkan jarak jangkauan terjauh untuk melakukan Advertising sebesar 24 meter pada device Android yang digunakan untuk pengujian. Waktu rata-rata respon pengiriman data sebesar 113,2 ms untuk jarak terdekat kondisi tanpa sekat dan sebesar 214 ms untuk jarak terdekat kondisi dengan sekat. Interval rata-rata yang didapatkan pada mode Low Power adalah 0,789 s Selain itu performa waktu proses dari enrkipsi dan dekripsi cukup kecil yaitu sebesar 477,4 s dan 1804,6 s untuk percobaan ukuran Bytes terbesar sehingga tidak mengganggu performa transmisi data antara device Android.

The development of IoT devices within the community has been increasingly mushrooming. The use of energy efficient wireless technology especially contributes in helping the development of IOT on a device that is in the hands of consumers. Bluetooth Low Energy BLE is a wireless technology based on radio frequency RF that has a wide enough environment in the world. By utilizing these technologies device manufacturers can produce devices that remain energy efficient in transmitting data to the backend of the IoT system. But there is flaws in BLE technology that can be penetrated by hackers, because hackers can record data packets sent via RF with Sniffing techniques. Therefore, it is necessary security system that is implemented on Application Layer side that is by doing data encryption before sending through RF.
This final project develops an encrypted data delivery security system on Android app using AES 256 encryption method. Some testing will be done on BLE for technical terms and performance of encryption and decryption process time of AES 256 method specific to Android device. From the test results obtained a combination of power saving Advertising settings and distance range to do Advertising on Android devices. In addition, the performance time of the process of encryption and decryption is small enough, so it does not interfere with data transmission performance between Android devices.
From the test results obtained the distance of the furthest distance to perform Advertising for 24 meters on the Android device used for testing. The average response time of data transmission is 113.2 ms for the closest distance of LOS condition and by 214 ms for the closest distance to the NLOS condition. Average advertising interval obtained in the Low Power mode is 0.789 s addition time performance of enrkipsi and decryption process is quite small in the amount 477.4 and 1804.6 for trial largest Bytes size that does not interfere with the performance of the transmission of data between Android devices.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardi
"Perkembangan aplikasi Android begitu cepat, aplikasi ini digunakan dalam perangkat smartphone, aplikasi ini mampu membuat fitur menarik dan nyaman digunakan. Selain aplikasi Android, aplikasi robotika juga berkembang dengan cepat, karena aplikasi robotika ini sangat membantu pekerjaan manusia terutama pekerjaan yang berat. Penggunaan robot sering dilihat di hampir semua indusrti besar yang ada di dunia. Dalam skripsi ini, aplikasi Android akan digunakan sebagai aplikasi untuk pemesanan makanan. Aplikasi ini akan dipasang di smartphone yang telah disimpan di atas meja makanan sedangkan penggunaan robot akan digunakan untuk mengantar makanan dari dapur menuju meja pelanggan. Robot ini akan berbentuk troli sehingga diberi nama troli cerdas. Troli cerdas ini akan dilengkapi 2 sensor yaitu sensor garis dan sensor SRF04. Sensor garis berfungsi untuk membaca jalur yang akan dilewati dan sensor SRF04 akan digunakan untuk mendeteksi objek yang ada di depan troli cerdas ini sehingga tidak terjadi tabrakan.

Android application development is so fast, this application is used in smartphones, aplication is able to create compelling features and convenient to use. In addition to Android application, robotics applications are also expanding rapidly, because robotics applications are very helpful human work, especially heavy work. The use of the robots often we see in almost all the major industries that exist in the world. In this skripsi, Android application will be used as an application for food of ordering. This application will be installed on smartphones that have kept food on the table while the use of robots will be used to deliver food from the kitchen to the customer table. This robot will be shaped trolley so that the trolley is named smart trolley. This smart trolley will be equipped with 2 sensors are line sensors and sensor SRF04. Line sensor function to read the path to be traversed and the SRF04 sensor is used to detect objects in front of it so there is no crash."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52555
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Diza Fahira
"Sistem kolorimetri adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengukur dan mendeskripsikan warna. Beberapa penelitian sebelumnya telah berhasil menerapkan sistem ini menggunakan kamera ponsel pintar untuk akuisisi citra strip uji. Namun, kebanyakan dari penelitian-penelitian ini masih mentransfer data citra secara manual ke komputer untuk diolah. Pada penelitian ini sistem kolorimetri yang diterapkan untuk memprediksi nilai kadar klorin total dibuat dalam bentuk aplikasi ponsel pintar android sehingga ponsel pintar dapat mengakuisisi citra serta langsung mendapatkan hasil pada layar ponsel pintar. Hal ini membuat sistem bekerja lebih portabel dari penelitian-penelitian sebelumnya. Aplikasi dibuat dengan gaya arsitektur client-server dengan komunikasi RESTful API dan memiliki dua server, satu server digunakan untuk menntransfer citra dan satu server digunakan untuk mengolah citra menjadi nilai kadar klorin. Tingkat keberhasilan aplikasi dalam menangkap kedua server teresbut adalah 100% dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 2,58 detik untuk menangkap server unggah dan 2,68 detik untuk menangkap server komputasi. Hasil evaluasi dari model regresi yang digunakan pada aplikasi adalah sebesar 0,31 hingga 0,13 RMSE. Hasil ini menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan pada aplikasi, yaitu Artificial Neural Network dengan fungsi Levenberg-Marquardt dapat digunakan untuk sistem prediksi nilai kadar klorin total berbasis kolorimetri pada strip uji.

Colorimetric is a system used to measure and describe color. Several previous studies have successfully implemented this system using a smartphone camera for image acquisition of test strips. But unfortunately, most of these studies still transfer image data manually to a computer for processing. In this study, the colorimetric system applied to predict the value of total chlorine levels was made as Android application. Application can take a picture and directly get result on the smartphone screen. This makes the system work more portable than previous studies. The application is made in a client-server architectural style with RESTful API communication and has two servers, one server is used to transfer images and the other is used to process images into total chlorine values. The application's success rate to reach the two servers is 100%, with the average time required is 2.58 seconds to reach the upload server and 2.68 seconds to reach the compute server. The evaluation results of the regression model used in the application are 0.31 to 0.13 RMSE. These results indicate that the regression model, Artificial Neural Network with Levenberg-Marquardt function, can be used for total chlorine levels prediction system on test strip based on colorimetric.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>