Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 105528 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anathalia
"Cultural practice merupakan suatu perwujudan dari pengetahuan dan nilai-nilai yang dilakukan masyarakat sehari-harinya. Cultural practice ini terbentuk dari taktik, negosiasi ruang dan aktivitas. Untuk mempertahankan ruangnya, masyarakat menandai ruang dengan berbagai cara. Segala upaya untuk mempertahankan ruangnya diulang secara terus-menerus hingga menjadi sebuah keseharian yang wajar terjadi dan mewujudkan cultural practice. Di Glodok, sebuah kawasan Pecinan di Jakarta Barat, aktivitas perdagangan menjadi kegiatan utama yang membentuk cultural practice. Nantinya cultural practice ini membentuk sebuah karakter yang membedakan kawasan yang satu dengan kawasan lainnya dan pada akhirnya menjadi identitas.

Cultural practice is a manifestation of knowledge and value of a community that are being implanted everyday by people. This cultural practice is formed by tactics, negotiations of space and activities. In order to defend their spaces, people give signs to their spaces in many ways. These means to defend their spaces become a natural everyday life that manifest cultural practice. In Glodok, a Chinatown in Western Jakarta, trading becomes the main factor that form cultural practice. This cultural practice becomes a character that differentiates an area with other areas, which in the end, become its identity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47515
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ali, Ann Sunn Geun
"Tesis yang menjadi salah satu persyaratan untuk menyelesaikan program magister ini berjudul "Proses Difusi Islam di Korea : Ditinjau dari Sejarah dan Perkembangannya". Hasilnya berasal dari sebuah penelitian lapangan di desa San Yong yang berada sekitar 45 km dari Kota Seoul dengan jumlah penduduk 700 jiwa.
Penulis memilih desa itu sebagai percontoh daerah penelitian karena hampir setengah penduduknya memeluk agama Islam dan perkembangannya sangat pesat. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, penelitian dilakukan pada berbagai aspek, seperti Cara kehidupan sehari-hari, kebudayaan, pakaian, perkawinan, dan tatanan kehidupan beragama. Metode wawancara juga dilakukan terhadap tokoh masyarakat sehingga hasil penelitian lebih sempurna.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejarah panjang bangsa Korea. Menurut historisnya, bangsa Korea dalam masa madya menghadapi dua macam pengaruh yang berbeda, yaitu pengaruh Kong Hu Chu yang datang dari daratan Cina dan pengaruh Barat yang kemudian memasukkan unsur-unsurnya ke dalam alam penghidupan bangsa Korea melalui hadirnya agama Kristen. Di tengah tengah berjalannya proses modernisasi dan perkembangan agama-agama besar di dunia, seperti agama Budha, Kong Hu Chu, Kristen, dan Agama pribumi di kawasan Republik Korea Selatan, lahirlah agama Islam sebagai keyakinan baru bagi rakyat Korea. Bagaimana proses masuknya agama Islam, penerimaan rakyat Korea terhadap agama itu, dan perkembangan selanjutnya merupakan hal-hal yang menjadi pusat perhatian penelitian sehingga menjadi tesis Mi.
Selanjutnya, studi lapangan dan wawancara akan berupaya mendeskripsikan, menurut sejarah kehidupan, dan menjelaskan keadaan rakyat Korea sehubungan dengan agama Islam. Perkembangan Islam di Korea adalah suatu sejarah dan kebudayaan yang bersifat nasional. Peradaban dan kebudayaan akan mencerinkan pola pikir yang sederhana. Namun, pengaruh perkembangan dan masuknya agama Islam sangat berperan mengubah pola pikir rakyat Korea.
Berdasarkan hasil analisis data dari lapangan dan informasi yang dapat dari wawancara, rakyat korea dapat menerima hadirnya Islam sebagai agama baru yang membawa perkembangan. Persoalan ketidakpuasan dalam mencari kehidupan ternyata dapat dijawab oleh panggilan Illahi yang memberikan motivasi hidup bagi manusia.
Sekelompok manusia dengan kebudayaan tertentu akan mengalami proses sosial jika dihadapkan pada unsur budaya asing, seperti kejadian rakyat Korea dengan agama Islam. Jadi, budaya Islam yang diterima rakyat Korea masih dalam proses pengolahan. Dengan kata lain, perilaku dan akidah Islam bagi rakyat yang telah memeluknya belum dilaksanakan seluruhnya secara sempurna. Namur, pengaruh Islam dalam kehidupan merupakan corak tersendiri.
Agama Islam agaknya belum lama masuk ke Korea jika dibandingkan dengan negara lain. Akan tetapi, perkembangannya cepat karena strategi Islam di Korea sangat baik dan terpusat. Tidak sedikit pemuda Korea yang mendalami agama Islam, baik melalui pendidikan, melalui diri sendiri, maupun melalui lingkungan.
Kalaupun ditinjau dari sejarah rnasuknya agama Islam di Korea, secara samar pada abad ke-7 para pedagang Arab dan pedagang Cina telah membawa agama itu ke Semenanjung Korea. Namun, secara jelas agama Islam masuk Korea pada saat terjadinya perang antara Korea Utara dan Korea Selatan, yaitu oleh seorang pemimpin pasukan tentara Turki, Jubaidi Kochac."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Yoanda Pragita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi pemaknaan mengenai imperialisme budaya, khususnya pada konsumsi produk musik, oleh penggemar pada pertunjukkan teater idol group JKT48. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang menggunakan teori resepsi. Berdasarkan hasil interpretasi ditemukan bahwa dimensibehaviors dan symbolsmemiliki peranan dalam mempengaruhi posisi pemaknaan informan. Sementara hasil penelitian ditemukan beberapa faktor penyebab terjadinya imperialisme budaya atas konsumsi produk musik pada penggemar idol group JKT48, yaitu interaktivitas, aktivitas sosial, loyalitas, ilusi kedekatan, serta kebaruan.

This research aims to reveal the audience’s position on interpreting the meaning of cultural imperialism, specifically on the consumption of music, on the theater show of idol group JKT48 using case study as the research method and reception theory. The result suggest that behaviors and symbols of the cultural imperialism’s dimensions hold a meaningful role on the informant’s position on interpreting cultural imperialism. The result also shows five reasons of cultural imperialism on the consumption of music on JKT48’s fans, which are interactivity, social activity, loyalty, illusion of intimacy, and novelty.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45626
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Cultural globalization : a user's guide is a personal and engaging journey through theories of culture and globalization. Drawing on extensive examples and interdisciplinary research, Wise explores concepts of culture, territory and identity in order to give students a new perspective on issues of globalization. Includes numerous examples from Asian, European, and North American youth culture and popular music. Draws on interdisciplinary research from the fields of anthropology, cultural studies, cultural geography, and media studies Considers how global processes carry with them the ethical questions of how to act in the world and how to care for others."
Malden: Blackwell, 2008
e20377205
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
London: Routledge, 1996
339.47 CRO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Miming Megarosita
"Nilai budaya Cina dan nilai budaya Amerika memiliki perbedaan yang kontras. Orang Cina lebih berorientasi pada "situation centered" dimana pada umumnya mereka sangat memperhatikan pendapat lingkungan dan keluarga mereka. Sebaliknya dengan orang Amerika yang lebih berorientasi pada "individual centered" dimana mereka sangat mementingkan faktor individualisme dan pada umumnya tidak berusaha menyembunyikan perasaan mereka dalam berhubungan dengan sesamanya.
Masalah yang penulis babas dalam tesis ini adalah bahwa Amy Tan sebagai seorang Cina Amerika generasi' kedua yang besar dalam kedua budaya tersebut memiliki kedua nilai kedua budaya ini. Nilai budaya yang sama tercermin pula pada hasil karyanya yang penulis pilih untuk dianalisa yaitu The Joy Luck Club dan The Kitchen God's Wife. Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk menunjukkan bahwa memang kedua nilai budaya ini ada dalam diri Amy Tan dan dalam hasil karya fiksinya. Metode penulisan yang penulis pakai sepenuhnya menggunakan studi kepustakaan dengan kedua novel diatas sebagai sumber utamanya. Pendekatan biografi penulis pakai lebih dahulu untuk mengetahui latar belakang Amy Tan, yang akan mempermudah penulis menganalisa adanya kedua nilai budaya ini didalam hidup Amy Tan. Kemudian dilanjutkan dengan pendekatan budaya, lewat karakter serta cerila yang terdapat dalam kedua novel ini, dimana penulis membagi bagianbagian cerita dan karakter yang mana dalam kedua buku ini yang berorientasi pada nilai Cina dan bagian mana yang berorientasi pada nilai Amerika.
Sebagai seorang Cina Amerika generasi kedua, Amy Tan memiliki campuran nilai budaya Cina dan Amerika dengan orientasi individual centered lebih dominan. Pada masa remajanya, Amy Tan sempat mengalami perbenturan nilai budaya, ia pernah sangat ingin menjadi orang Amerika daripada menjadi orang Cina. Tetapi setelah mengalami proses pendewasaan diri, ia sadar bahwa memang ada bagian dalam dirinya yang memang berasal dari Cina. Tetapi dilain pihak bagian dirinya yang lain memiliki nilai Amerika yang lebih besar. Hal yang sama terdapat pula pada kedua hasil karya fiksinya. Amy Tan dalam menulis buku-bukunya banyak memakai sumber pengalaman masa lalunya dan pengalaman keluarganya sendiri. The Joy Luck Club dan The Kitchen God's Wife boleh dikatakan merupakan buku yang berisi campuran kisah nyata dan kisah fiksi dengan Tatar belakang budaya Amerika dan Cina.

The Chinese and American Cultural Value in Amy Tan and her Works: The Joy Luck Club and The Kitchen God's Wife Chinese and Americans have a contrast cultural value. Chinese way of life generally is more oriented to situation centered where they depend much on their surroundings and in the circle of their family. While American way of life generally is more oriented to individual centered where the individualism is the most important thing. In their relationship, they usually do not hide their feeling or emotion to each other.
The problem in this thesis is, that Amy Tan as a second generation Chinese American who grew up in the surroundings of these two culture must have both of this cultural value. The same thing we can find in her works. The purpose of this thesis is to show that Amy Tan is really have both of this cultural as well as in her works. The writing method that I used is fully a literature study with the novels themselves as a primary source. Biographical approached is used to understand the background of Amy Tan and will make it easier to enhance the both cultural value in Amy Tan's life. Following by cultural approach through the character and the plot from these two novels. Then I separate which part oriented to Chinese cultural value and which part oriented to American cultural value.
As a second generation Chinese American, Amy Tan is absolutely having a mix cultural value with the individual centered more dominant. In her younger age, she has faced a cultural conflict. In fact she wanted to become American instead of Chinese at that time. But when she is grown-up, she realized that she had a Chinese part. But at the other side, her American part is more dominant. Her works also show the same thing. Amy Tan in writing her novels used her own life experience and her own family life as her materials. It is true to said that The Joy Luck Club and The Kitchen God's Wife is a book contents with a mix true story and fiction with the background of Chinese and American culture.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf4243
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fiori Rizki Djuwita
"ABSTRAK
Makalah ini membahas mengenai pembentukan identitas budaya generasi muda etnik Maluku di Belanda yang terbentuk melalui tiga tahapan proses pembentukan identitas budaya menurut Phinney (1990). Namun makalah ini akan lebih berfokus pada tahapan kedua dari teori pembentukan identitas yaitu, pencarian identitas. Dalam menulis makalah ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Melalui makalah ini akan terlihat pencapaian identitas budaya generasi muda etnik Maluku di Belanda sebagai etnik Maluku yang tinggal di Belanda dengan nilai-nilai budaya yang telah diadaptasi mengikuti modernisasi budaya barat, khususnya Belanda.

ABSTRACT
This paper discusses about the cultural identity formation of young generation of Moluccans in Netherlands which formed by three phase cultural identity formation process according to Phinney 1990 However this paper will mainly focus on the second phase of the cultural identity formation theory namely cultural identity search In writing this paper the author used qualitative research methods This paper presents the cultural identity achievement of young generation of Moluccans in Netherlands as Moluccans who live in Netherlands which the cultural values have been adapted to the modernization of western culture specifically Netherlands."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Efri Ekaningrum
"Lapisan tanah dan bentonit yang dipadatkan digunakan sebagai salah satu lapisan pondasi rekayasa di fasilitas disposal yang berfungsi untuk mencegah pelepasan Cs-137 dari fasilitas disposal ke zona tak jenuh. X-Ray Fluorescence (XRF) dan X-ray Diffraction (XRD) digunakan untuk mengkarakterisasi tanah dan bentonit lokal yang diteliti. Dari analisis XRF dan XRD, kedua sampel tersebut tersusun dari Montmorillonit dan tanah setempat mengandung Kaolinit dalam jumlah yang cukup besar. Untuk mengevaluasi koefisien difusi (Da) Cs-137 pada sampel tanah dan bentonit yang dipadatkan, digunakan model perpindahan Cs-137 secara difusi dengan posisi vertikal. Koefisien difusi ditentukan secara eksperimental dalam unit kolom difusi di bawah variasi waktu difusi dan kondisi densitas. Dalam penelitian ini, persamaan Hukum Fick’s digunakan untuk menentukan nilai Da sampel. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kisaran koefisien difusi adalah 3 x 10-12 sampai 5 x 10-13 m2/s untuk sampel tanah dan bentonit, masing-masing tergantung pada kepadatannya, namun tidak tergantung pada waktu difusi. Hasilnya menunjukkan bahwa Cs-137 secara bertahap bergerak ke bagian tanah yang lebih dalam seiring waktu. Juga diamati bahwa koefisien difusi untuk sampel tanah lebih tinggi 101 daripada bentonit. Rendahnya Da pada sampel bentonit dapat mengimplikasikan bahwa porositas bentonit menjadi lebih kecil daripada sampel tanah karena sifat swelling pada sampel bentonit.

The compacted soil and bentonite layers are used as one of the engineering foundation layers in the disposal facility which serves to prevent the release of Cs-137 from the disposal facility to the unsaturated zone. X-Ray Fluorescence (XRF) and X-ray Diffraction (XRD) were used to characterize the soil and local bentonite studied. From the analysis of XRF and XRD, both samples were composed of Montmorillonit and the local soil contained a considerable amount of Kaolinite. To evaluate the diffusion coefficient (Da) Cs-137 in compacted soil and bentonite samples, a diffusion model of displacement Cs-137 with a vertical position was used. The diffusion coefficient is determined experimentally in diffusion column units under variations in diffusion time and density conditions. In this study, the Equation of Fick's Law was used to determine the Da value of a sample. The results obtained showed that the range of diffusion coefficients is 3 x 10-12 to 5 x 10-13 m2/s for soil and bentonite samples, each of which depends on its density, but does not depend on the time of diffusion. The results showed that Cs-137 gradually moved to the deeper parts of the ground over time. It was also observed that the diffusion coefficient for soil samples was 101 higher than for bentonite. The low Da in bentonite samples may imply that the porosity of bentonite becomes smaller than in soil samples due to the swelling properties of bentonite samples"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amira Paramitha
"ABSTRAK
Kanal Banjir Timur merupakan system prasarana pengendalian banjir yang dibangun untuk mengalihkan air banjir dari 5 sungai di Jakarta Timur. Keberadaannya membantu Jakarta dan jaringan prasarana air di dalamnya untuk mengalirkan air dari Bogor ? Puncak ? Cianjur (Bopunjur) ke laut. Sebagai jaringan fisik yang menopang kehidupan masyarakat urban, prasarana dirancang dengan konsiderasi teknis agar dapat menyediakan kebutuhan seefektif mungkin dengan meminimalisir kemungkinan kegagalan. Alhasil, bentuk fisiknya diruang kota hanya merupakan manifestasi teknis dari angka-angka, tabel dan grafik. Bentuk-bentuk dari kebutuhan teknis yang kaku terhadap kehidupan kota ini akan sulit untuk mengakomodasi pertumbuhan kota yang terus menerus berubah. Tesis perancangan ini menawarkan alternatif rancangan ruang publik dengan mendifusikan elemen-elemen dari Kanal Banjir Timur dan ruang kota agar terjadi kesetimbangan antar kekakuan teknis dan kelenturan ruang kota. Bentuk fisik, aliran air Kanal Banjir Timur dan ruang kota disekitarnya akan dipecah menjadi faktor-faktor yang melatarbelakangi keberadaannya di dalam ruang kota agar ditemukan benang merah dimana ketiga faktor tersebut dapat berbagi di dalam ruang kota. Dengan demikian, warga baik secara sadar maupun tidak sadar menjadi bagian dari sistem Kanal Banjir Timur, sebagaimana Kanal Banjir Timur menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat. Kesetimbangan yang tercapai akan bersama-sama bekerja pada ruang kota dan Kanal Banjir Timur.

ABSTRACT
Kanal Banjir Timur (East Flood Canal) is a system of flood control infrastructure built to divert floodwater from 5 rivers in East Jakarta. It is functioned to help Jakarta and its water infrastructure system to discharge the water from Bogor ? Puncak ? Cianjur (Bopunjur) area into the sea. As a physical system that sustains the life of urban citizen, infrastructure was designed with all technical consideration to ensure its effectiveness and minimalizing the chance of failure. As a result, its physical form in the urban space is just a physical manifestation of figures, tables and graphics. This rigid technical form in the urban space will face a problem when it is confronted with the flexibility and unpredictability of urban life. This Design Thesis offers an alternative design of urban space that diffuse the elements of Kanal Banjir Timur and urban space in order for both of the side to reach equilibrium between the technical rigidity and the flexibility of urban space. The physical form, the water flow of Kanal Banjir Timur and the urban space around Kanal Banjir Timur will be divided based on the factor that background its existence in order to find the common thread for all three factor to share the urban space. Thus, the citizens either consciously or unconsciously will become part of the Kanal Banjir Timur system, as well as how the Kanal Banjir Timur will become part of the people's daily urban lives. The equilibrium will together perform for the Kanal Banjir Timur and also urban space at the same time.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T44972
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahyudin Syafei
"Dalam suatu negara yang sedang melaksanakan program pembangunan (untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan kualitas hidup masyarakatnya), maka tentunya berbagai persoalan yang timbul sebagai akibat adanya kegiatan pembangunan itu sendiri merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindarkan. Hal ini disebabkan proses pembangunan itu harus ditempuh dalam tahapan-tahapan dan meliputi banyak hal. Perubahan-perubahan dengan sendirinya akan terjadi, baik yang positif maupun yang negatif dan yang mungkin berasal dari luar maupun dari lingkungan masyarakat. Perubahan yang dimaksud termasuk perubahan yang disengaja maupun tidak disengaja.
Salah satu faktor penting sebagai sumber perubahan dalam masyarakat adalah masuknya atau diperkenalkannya ide-ide baru atau hal-hal baru dalam masyarakat. Masuknya ide-ide baru atau hal-hal baru itu sebagai akibat adanya interaksi antara anggota masyarakat yang satu dengan lainnya, seperti misalnya antara pemimpin dengan pengikutnya. Jadi, perolehan ide-ide baru itu bisa bersumber dari orang perorang, saluran media massa (TV, radio, surat kabar), maupun lewat kunjungan keluar daerah (mobilitas geografis).
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa masuknya ide-ide baru atau hal-hal baru itu akan membawa perubahan-perubahan dalam diri seseorang yang dapat dilihat dalam sikap, perilaku, cara berpikir maupun tindakan. Seperti dalam penggunaan teknologi sederhana yang kemudian beralih kepada teknologi canggih dalam upaya meningkatkan hasil produksi mereka.
Melalui komunikasi yang hidup dalam masyarakat, akan terjadilah suatu proses dalam diri manusia, baik melalui pengenalan maupun pemahaman tentang sesuatu yang dikomunikasikan itu, yang pada akhirnya akan menghasilkan sikap menerima atau menolak terhadap hal-hal baru, yang ditawarkan kepada anggota masyarakat. Daniel Lerner, seorang tokoh yang berhasil mengungkapkan tentang pengaruh komunikasi dalam menggerakkan dan mempercepat proses modernisasi dalam masyarakat transisi yang sedang membangun.
Dalam karyanya itu dikatakan bahwa komunikasi (media massa), urbanisasi, dan literasi (pendidikan) mendorong masyarakat yang sedang berkembang meningkatkan mobilitas, psikis (mental) yang dituangkannya ke dalam konsep empati. Menurut Lerner dengan memiliki empati, anggota masyarakat secara kejiwaan akan menjadi personalitas yang mobil, yaitu mampu membayangkan masa depan menuju kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu, anggota masyarakat yang memiliki empati itu akan berusaha untuk membangun dirinya dengan cara melakukan hal-hal baru."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1987
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>