Ditemukan 184724 dokumen yang sesuai dengan query
Arief Wibowo
"Tujuan tesis ini adalah untuk menilai penerapan program Internal Control Over Financial Reporting (ICFR) dalam Meningkatkan Kegiatan Pengendalian pada Siklus Aktiva Tetap di Perusahaann Hulu Migas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, studi lapangan dan studi literature.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan program ICFR secara umum telah sesuai dengan teori dan panduan, namun perlu peningkatan pada pelaksanaan konsep tiga lini pertahanan dan proses pembentukan kesimpulan yang belum sesuai dengan panduan.
Penulis menyarankan kepada Perusahaan untuk menetapkan jangka waktu rinci untuk pembangunan unit pengelola ICFR dan memenuhi personel yang kompeten serta menetapkan kebijakan dan prosedur yang dapat menjadikan tone at the top. Penulis juga menyarankan kepada Pemerintah untuk membuat peraturan yang lebih detail mengenai pelaksanaan evaluasi ICFR.
The purpose of this thesis is to evaluate the implementation of Internal Control over Financial Reporting to improve control activities on Property Plant & Equipment Cycle. The methode used in research is field and literature study. The conclussion is that in general the implementation were align with teory and guidance and potential improvement noted regarding of three lines of control defense and the statement of efectiveness. Researcher recommend the company to set time line of ICFR unit organization establishment and fulfill competence personel required, and set formal policy and procedures of internal control over financial reporting. Researcher also recommend the regulator to set the detail regulation of internal control over financial reporting."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34670
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Danang Abdalla
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Internal Control Over Financial Reporting terutama pada tahapan proses perencanaan dan sertifikasi oleh business process owner serta pengujian atas sertifikasi yang diuji oleh Control Group untuk siklus bisnis aset tetap yang dilakukan di PT. ABC. Kewajiban melaksanakan Internal Control Over Financial Reporting berdasarkan COSO Internal Control Framework akibat posisi perusahaan yang merupakan anak perusahaan dari PT. XYZ, dimana PT. XYZ melakukan penerbitan Global Bond. Atas barang dan jasa yang diperoleh perusahaan yang digunakan untuk operasi dan investasi perusahaan dapat di Cost Recovery kepada SKK Migas. Cost Recovery dianggarkan melalui Work Plan & Budget salah satunya capital expense dalam bentuk Authorization of Expenditure, yang dikelola perusahaan melalui proses bisnis aset tetap. ICOFR di PT.ABC sudah dilaksanakan sejak 2012 namun masih terdapat temuan terkait aset tetap di tahun 2016. Hasil dari penelitian ini yaitu Internal Control Over Financial Reporting yang diterapkan dalam siklus bisnis perusahaan terkait aset tetap yang dilakukan di PT.ABC belum memenuhi prinsip pengendalian berdasarkan COSO integrated framework dan membutuhkan perbaikan untuk meningkatkan keyakinan yang mencukupi bahwa pengendalian dalam siklus bisnis aset tetap terkait ICOFR telah berjalan secara efektif.
ABSTRACTThis study aimed to analyze the application of Internal Control Over Financial Reporting, especially at this stage of the planning process, certification by business process owner and testing for certification tested by the Control Group for the business cycle of fixed assets in PT. ABC. The obligation to implement Internal Control Over Financial Reporting adopted from COSO Internal Control Framework arise due to the position of a company that is a subsidiary of PT. XYZ, which PT. XYZ make the issuance of Global Bonds. Goods and services acquired by company and used for operating and investment can be in Cost Recovery to SKK Migas. Cost Recovery is budgeted through the Work Plan & Budget, one of the activity related cost recovery is the capital expense in the form of Authorization of Expenditure, which is managed by the company through a fixed asset business process. ICOFR in PT. ABC has been implemented since 2012 but there are still findings related to fixed assets in 2016. ICOFR in PT. ABC has been implemented since 2012 but there are still findings related to fixed assets in 2016. The result of this research is Internal Control Over Financial Reporting applied in the business cycle of the company related to fixed assets conducted in PT. ABC has not fulfilled the principle of control based on The COSO is integrated framework and requires improvements to enhance sufficient confidence that controls in the fixed asset business cycle associated with ICOFR have worked effectively."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Erica Virginia
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) pada PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. dari tahun 2012 sampai 2020, dan apakah permasalahan terjadi di disebabkan oleh pengendalian internal. Adanya pelanggaran atas pengakuan pendapatan pada laporan keuangan tahun buku 2018 yang tidak sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan penyajian kembali atas laporan keuangan tahun 2012 dan 2013 karena melakukan transaksi akuisisi atas PT Angkasa Pura I per akhir 2013. Untuk mencegah pelaporan keuangan yang kurang baik, maka motivasi peneliti ingin mengetahui pengendalian internal perusahaan berdasarkan element pada Internal Control over Financial Reporting (ICOFR). Metode mengunakan analisis data sekunder yang diambil dari laporan tahunan perusahaan selama periode 2012 – 2020. Analisis mengunakan metode manual content analysis, dimana memberikan skor atas perngendalian internal yang dimiliki berdasarkan kerangka Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) yang diterbitkan oleh COSO. Dari hasil analisis implementasi Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) di PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Menunjukkan bahwa Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) telah diimplementasikan, namun belum dalam implementasi yang sempurna. Elemen pengendalian risiko dan informasi dan komunikasi memiliki tren meningkat dari tahun 2012-2020 yang artinya PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. secara konsisten mengungkapkan bahwa informasi diproses dan didistribusikan secara tepat waktu dan sesuai dengan aturan yang berlaku, perusahaan konsisten dalam hal memiliki unit kerja yang mengimplementasikan majemen risiko, dan manajemenn sudah mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi.
This study aims to find out how the implementation of Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk from 2012 to 2020, and whether problems occur because of internal control. There is a violation of revenue recognition in the financial statements of PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk for the 2018 financial year which is not in accordance with Accounting Standards and restatements of 2012 and 2013 book because PT Garuda Indonesia (Persero) acquired transaction of PT Angkasa Pura I at the end of 2013. To prevent poor financial reporting, the motivation of the researcher is to know the company's internal control based on the elements in the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR). The method uses secondary data analysis taken from the company's annual report for the period 2012 – 2020. The analysis uses the manual content analysis method, which provides a score for internal control based on the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) framework published by COSO. The analysis of implementation Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Indicates that has been implemented but is not yet fully implemented. Elements of risk control and information and communication have an increasing trend from 2012-2020 which means PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. consistently discloses that information is processed and distributed in a timely manner and in accordance with applicable regulations, the company is consistent in terms of having a work unit that implements risk management, and the management has considered effectiveness and efficiency. Cases at PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk can be caused by lack of control environment, activities control, and supervision which causes weak internal controls on these elements."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Farradhi
"Penelitian ini mengkaji bagaimana efektivitas implementasi Internal Control over Financial Reporting (ICFR) yang dilakukan pada tim proyek konstruksi Perusahaan BUMN Karya dengan unit analisis yaitu tim proyek perusahaan yang berada pada wilayah aceh. Penelitian ini didasarkan pada banyaknya kasus manipulatif pada proyek konstruksi yang dikerjakan oleh perusahaan yang pada akhirnya berdampak atas penyajian laporan keuangan yang tidak mampu memberikan jaminan keandalan penyajiannya. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian dan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif yaitu melakukan penilaian ICFR dengan berpedoman pada Guidance for Smaller Public Companies Reporting on Internal Control over Financial Reporting (2006) dan juga menggunakan pendekatan COSO Internal Control- Integrated (2013) dalam melakukan analisis terkait efektivitas ICFR. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi pada proses bisnis tim proyek BUMN Karya. Penelitian menemukan bahwa implementasi ICFR pada tiga proses bisnis signifikan perusahaan berdasarkan penilaian, ditemukan dua diantara proses bisnis tim proyek BUMN Karya dengan penilaian ICFR dalam kategori material weakness dan satu proses bisnis dengan penilaian ICFR dalam kategori control deficiency. Maka dari itu penyajian laporan keuangan pada tim proyek bumn karya tidak mampu memberikan reasonable assurance yang memadai. Penelitian dapat memberikan kontribusi literatur untuk implementasi ICFR yang dapat memberikan jaminan keandalan laporan keuangan yang disajikan
Counselor : Dr. Dwi Hartanti S.E., M.Sc This study examines the effectiveness of the implementation of Internal Control over Financial Reporting (ICFR) carried out on the construction project team of the Karya BUMN Company with an analysis unit, namely the company's project team located in the Aceh area. This research is based on the many manipulative cases in construction projects carried out by companies which ultimately have an impact on the presentation of financial statements that are unable to provide guarantees of the reliability of their presentation. This study uses case studies as a research method and data analysis technique used using descriptive analysis, namely conducting ICFR assessments guided by the Guidance for Smaller Public Companies Reporting on Internal Control over Financial Reporting (2006) and also using the COSO Internal Control- Integrated (2013) approach in conducting analysis related to the effectiveness of ICFR. Research data was collected through interviews and documentation on the business process of the BUMN Karya project team. The study found that the implementation of ICFR in three significant business processes of the company based on assessment, found two of the business processes of the SOE Karya project team with ICFR assessment in the material weakness category and one business process with ICFR assessment in the control deficiency category. Therefore, the presentation of financial statements to the BUMN Karya project team is not able to provide adequate reasonable assurance. Research can contribute literature to the implementation of the ICFR that can provide assurance of the reliability of the financial statements presented."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Gary Linggar
"
ABSTRAKTesis ini merupakan studi kasus mengenai peran internal auditor pada implementasi ICoFR di PT Telkom Indonesia Tbk. Metode yang digunakan pada tesis ini adalah penelitian kualitatif dengan cara studi literatur dan studi lapangan pada internal audit Telkom. Terdapat beberapa peran internal audit. Faktanya, peran internal audit dalam implementasi ICoFR tidak disebutkan dalam Sarbanes-Oxley Act, namun The IIA membuat panduan atas peran internal audit tersebut. Berdasarkan pada panduan tersebut, peran internal audit di Telkom akan dievaluasi. Peran utama internal audit Telkom dalam implementasi ICoFR adalah menguji desain yang dibuat oleh tim manajemen risiko dan menguji operasi yang dilakukan oleh unit-unit bisnis terkait. Karena perusahaan sudah mengimplementasi ICoFR sejak tahun 2006, perusahaan sudah cukup stabil dalam desainnya, sehingga sebagian besar defisiensi berupa defisiensi operasional. Peran tersebut akan dievaluasi berdasarkan Auditing Standard No. 5 dan kasus praktiknya akan dibahas pada Plain Old Telephone Service dalam siklus pendapatan.
ABSTRACTThis thesis is a study case pertaining to internal audit?s role in Internal Control over Financial Reporting (ICoFR) implementation at PT Telkom Indonesia Tbk. The method in this thesis is qualitative research by doing a study of the literature and studies in the field of internal auditing. There are numerous roles of internal audit. In fact, in Sarbanes-Oxley Act itself, internal audit?s role is not mentioned, yet The IIA published a practical guide for internal audit?s role in ICoFR implementation. Based on the guide, internal audit?s role at Telkom will be evaluated. At Telkom, the main role of internal audit in ICoFR implementation is to test the effectiveness of design and its operational. Owe to the fact that the implementation started from 2006, the design has been stabilized reasonably well, therefore most of the deficiencies came from the operational deficiencies. That particular role of internal audit will be evaluated based on PCAOB Auditing Standard No. 5, while its practical case in Telkom will be given at Plain Old Telephone Service in Revenue Cycle."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T55457
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Farah Fauziah Hilman
"
ABSTRAKLaporan magang ini bertujuan untuk mempelajari proses evaluasi penerapan pengendalian internal atas pelaporan keuangan/ICFR pada pengendalian tingkat entitas dan transaksi di FFH Ltd., sebuah perusahaan migas, khususnya yang dilakukan oleh pihak audit internal. Fokus pembahasan terletak pada analisis perbandingan antara proses evaluasi ICFR dengan standar/panduan yang berlaku. Berdasarkan hasil analisis tersebut, prosedur evaluasi penerapan pengendalian internal pada pengendalian tingkat entitas dan transaksi yang dijalankan oleh Departemen Internal Audit FFH Ltd. secara umum telah sesuai dengan poin-poin pada standar/panduan yang berlaku.
ABSTRACTThe internship report is aimed to analyze the evaluation of internal control over financial reporting (ICFR) implementation on entity-level (ELC) and transaction-level control (TLC) in FFH Ltd, an oil and gas company, especially which is performed by internal audit function. The focus of the report lies on comparative analysis between evaluation processes with related standard/guidance. Base on the analysis results, the ICFR evaluation procedures, in general, have complied with the standard/guidelines."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Asrulsani Muhamad
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menilai kecukupan rancangan pengendalian dan memberikan usulan perbaikan ICFR yang dapat dimanfaatkan oleh Direktorat Jenderal Pajak selaku pengelola piutang pajak dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan Direktorat Jenderal Pajak sebagai unit analysis. Hasil penelitian menunjukkan desain pengendalian dalam pencatatan piutang pajak belum sepenuhnya efektif. Terdapat risiko yang teridentifikasi dan masih terdapat kesenjangan dalam pengendaliannya sehingga berdampak pada potensi timbulnya salah saji, baik overstatement atau understatement piutang pajak. Kelemahan terdapat pada kebijakan akuntansi piutang pajak yang tidak sepenuhnya memenuhi prinsip akrual, penerbitan ketetapan pajak yang masih dilakukan secara manual, dan tidak adanya portal pertukaran data antara DJP dengan Pengadilan Pajak. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, penelitian ini menyarankan kepada Direktorat Jenderal Pajak untuk melakukan revisi atas kebijakan akuntansi piutang pajak, menggunakan aplikasi dari penetapan hingga penyelesaian piutang, dan mengembangkan aplikasi bersama Pengadilan Pajak sebagai portal pertukaran data.
ABSTRACTThe purposes of this research are to assess the adequacy of the control design and to propose improvements to Internal Control over Financial Reporting that can be utilized by the Directorate General of Taxes as a manager of tax receivable in support of transparency and accountability of the government financial statements. This research used a qualitative method with a case study approach to the Directorate General of Taxes as the unit analysis. The results show that the control design in the recording of tax receivable has not been fully effective. There are risks identified and gaps in the control which could lead to potential misstatements, whether overstatement or understatement of tax receivable. Weaknesses are also found in the tax receivable accounting policies that do not fully comply with the accrual principle, the issuance of tax provision that still could be done manually, and the absence of data exchange portal between the Directorate General of Taxes and the Tax Court. To improve the condition, this reaseach suggested the Directorate General of Taxes to revise the accounting policy of tax receivable, using the application from the determination to the settlement of receivable, and to develop the application with the Tax Court as the data exchange portal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Luki Prastyarianti
"Penelitian ini membahas penyebab terjadinya temuan eksternal auditor pada pengendalian atas pelaporan keuangan (ICOFR) TELKOM, terutama pada siklus pelaporan keuangan, yang menyimpulkan TELKOM mendapatkan hasil penilaian berupa significant deficiency pada tahun 2008, 2009, dan 2010. Evaluasi ini didasarkan pada SOX 404, PCAOB Auditing Standard No. 5, dan COSO Internal Control Framework sebagai dasar-dasar dilakukannya pengendalian internal, khususnya ICOFR. Evaluasi dilakukan dengan mempergunakan gap analysis antara Bisnis Proses Siklus Pelaporan Keuangan TELKOM dengan hasil temuan eksternal auditor dari Laporan Management Assessment. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa hal tersebut sebagian besar disebabkan oleh human error, karena sebagian sistem yang masih manual dan sumber daya manusia yang masih kurang memadai sehingga pengendalian internal untuk memastikan keakuratan dan kelengkapan data dianggap masih belum efektif.
This research is aimed to answer the question of why there is still auditor's findings in a well-designed internal control over TELKOM's financial reporting (ICOFR). It is focused on the Financial Reporting Cycle that proves a major static result of deficiency evaluation in 2008 until 2010. This evaluation is based on SOX Section 404, PCAOB Auditing Standard No. 5, and COSO Internal Control Framework as the basis of internal control best practice, for instance ICOFR. This research done by assigning gap analysis within Financial Reporting Cycle Business Process and the audit findings taken from Management Assessment Report. The evaluation shows that it is majorly caused by human error because of the semi-manual accounting system of financial reporting and the insufficient human resources skill as indicates that internal control ensuring accuracy and completeness is still going ineffective."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Nathania Theresia Lumban Batu
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur audit pengendalian internal atas pelaporan keuangan pada PT KSJ yang dilaksanakan oleh KAP JJK untuk tahun buku 2022. PT KSJ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi & komunikasi dan jaringan telekomunikasi Indonesia. Evaluasi ini fokus kepada kesesuaian kegiatan magang terkait walkthrough dan test of control atas dua pengendalian internal (Analytical Review dan General Ledger Account Maintenance) yang dilakukan dengan kerangka evaluasi yang meliputi Arens, et al. (2019), Hayes et al. (2014), Standar Audit (SA) 315 dan 330. Asersi yang diuji pada evaluasi ini adalah terkait penyajian dan pengungkapan, kelengkapan, dan akurasi/valuasi. Dalam laporan magang ini, juga mencakup refleksi pribadi selama menjalani program magang serta langkah-langkah yang akan diambil ke depan untuk pengembangan diri berdasarkan pengalaman positif dan negatif yang dialami selama program magang.
This internship report discusses the evaluation of the audit procedures of internal control over financial reporting at PT KSJ, conducted by KAP JJK for the fiscal year 2022. PT KSJ is a company engaged in the field of information technology and communication services and telecommunications networks in Indonesia. The evaluation focuses on the alignment of internship activities related to the walkthrough and test of control for two internal controls (Analytical Review and General Ledger Account Maintenance) performed within the evaluation framework, which includes Arens et al. (2019), Hayes et al. (2014), Audit Standards (SA) 315 and 330. The assertions tested in this evaluation are related to presentation and disclosure, completeness, and accuracy/valuation. This internship report also includes personal reflections during the internship program and the steps to be taken in the future for self-development based on the positive and negative experiences encountered during the internship program."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Abidah Syauqina
"Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 2 tahun 2014 mengatur penerapan Tatakelola Perusahaan yang Baik/Good Corporate Governance (GCG) secara mandatory bagi Perusahaan Perasuransian. Dalam penerapan GCG, terdapat asas transparansi dan akuntabilitas yang berkaitan erat dengan pelaporan keuangan. Pengendalian internal menjadi upaya yang dilakukan perusahaan untuk mencapai kedua asas tersebut. Sistem ICoFR (Internal Control over Financial Reporting) adalah bagian dari sistem pengendalian internal yang dirancang khusus untuk memberikan keyakinan memadai bahwa laporan keuangan telah disusun secara andal, tepat waktu, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Model Three Lines of Defence mendukung efektivitas pelaksanaan ICoFR tersebut dengan membagi tugas dan tanggungjawab secara jelas dalam tiga lapisan. PT X merupakan perusahaan asuransi yang telah menerapkan sistem ICoFR sejak tahun 2014 sehingga masih memerlukan pengembangan serta perbaikan. Laporan magang ini menganalisis kesenjangan antara praktik dan teori penerapan sistem ICoFR di PT X serta memberikan saran atas kesenjangan-kesenjangan yang ada sebagai bahan pertimbangan dalam proses pengembangan dan perbaikan sistem ICoFR di PT X.
Regulation of Financial Services Authority no. 2 in 2014 set up the implementation of Good Corporate Governance (GCG) for Insurance Company as mandatory. In application of GCG, transparency and accountability are principles which are closely related to financial reporting. Internal control become an attempt of the company to achieve both those principles. ICoFR (Internal Control over Financial Reporting) is a part of the internal control system is specially designed to provide reasonable assurance that the financial statements have been prepared in a reliable, timely, and in accordance with the applicable rules. Three Lines of Defences Model supports the effective implementation of the ICoFR by dividing tasks and responsibility into three layers clearly. PT X is an insurance company that has implemented the ICoFR system since 2014 so it still requires the development and improvement. This internship report analyzes the gap between practice and theories ICoFR system implementation at PT X as well as providing the advice on gaps as material consideration in process of development and improvement of the ICoFR system in PT X."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library