Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 184064 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siburian, Evelyn Pormando
"Oranglua sebagai pemangku kepentingan dari pendidikan anak sering mengalami kesulitan dalam membantu pembelajaran anak rnereka. Satu-satunya tempat bcrtanya juga sering tidak dapat dihubungi sehingga mereka tidak dapat membantu anaknya. Menurut analisis, pcnyebab mendasar dari masalah ini adalah tidak adanya sistem penyimpanan data/ informasi/ pcngctahuan yang dapat diakses oleh orangtua. Rclcomendasi untuk menanggulangi masalah ini adalah dengan mengernbangkan sistem berbasis intcmet yang memungkinkan interaksi antara guru dan oranglua kapan saja dan di mana saja. Data/ informasi akan disediakan oleh administrator sistem sementara knowledge dalam bentuk best practices dalam akademik dan manajemcn perilaku akan disediakan oleh kelompok sharing yang terdiri dari semua pemimpin junior dan senior dalam bidang pendidikan di Sekolah XYZ.

Parents as stakeholder of their child 's education ofien find dyiiculty supporting their child 's teaming and sometimes parents can not resort to the child 's teacher. Analysis suggests that the core problem is the inavailability of data/ information/ knowledge repository that mn be accessed by parents. To overcome this problem, it is suggested to provide an internet-based system that allows interaction between teachers and parents from any point of place and time. Data/ infomation will be provided by the administrator ff the system whilst knowledge in the format of best practices in academic matters and behaviour management will be provided by groups of knowledge sharing consisting of all senior and junior leaders in education at Sekolah XYZ."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T34175
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siburian, Evelyn Pormando
"Orangtua sebagai pemangku kepentingan dari pendidikan anak sering mengalami kesulitan
dalam membantu pembelajaran anak mereka. Satu-satunya tempat bertanya juga sering tidak
dapat dihubungi sehingga mereka tidak dapat membantu anaknya. Menurut analisis,
penyebab mendasar dari masalah ini adalah tidak adanya sistem penyimpanan data/
informasi/ pengetahuan yang dapat diakses oleh orangtua. Rekomendasi untuk
menanggulangi masalah ini adalah dengan mengembangkan sistem berbasis internet yang
memungkinkan interaksi antara guru dan orangtua kapan saja dan di mana saja. Data/
informasi akan disediakan oleh administrator sistem sementara knowledge dalam bentuk best
practices dalam akademik dan manajemen perilaku akan disediakan oleh kelompok sharing
yang terdiri dari semua pemimpin junior dan senior dalam bidang pendidikan di Sekolah
XYZ."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rizkiana Shadewi
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh perilaku berbagi pengetahuan terhadap perilaku kerja inovatif pada konsultan di PT. XYZ, suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi sumber daya manusia. Untuk mengukur perilaku kerja inovatif, peneliti menggunakan skala perilaku kerja inovatif, sementara perilaku berbagi pengetahuan diukur menggunakan skala perilaku berbagi pengetahuan. Secara kuantitatif, hasil analisis statistik yang dilakukan menunjukkan bahwa perilaku berbagi pengetahuan merupakan variabel penting yang dapat secara signifikan memprediksi perilaku kerja inovatif R2 = 0.58, F 2, 17 = 11.81, p < 0.01. Selanjutnya, melalui pendekatan kualitatif, peneliti mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kemunculan perilaku berbagi pengetahuan.
Berdasarkan hasil wawancara, ditemukan adanya sejumlah faktor yang memfasilitasi individu untuk menampilkan perilaku berbagi pengetahuan. Di sisi lain, ditemukan pula sejumlah faktor yang menghalangi kecenderungan individu dalam menampilkan perilaku berbagi pengetahuan. Mengacu pada hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif yang telah diperoleh, peneliti kemudian menyusun rancangan intervensi berupa aktivitas komunitas praktisi yang bertujuan untuk mewadahi proses berbagi pengetahuan sehingga dapat meningkatkan perilaku kerja inovatif.

The purpose of this study is to see the effect of knowledge sharing behavior on innovative work behavior among consultant at PT. XYZ, a company engaged in human resource consulting services. Innovative work behavior was measured using innovative work behavior scale, while knowledge sharing behavior was measured using knowledge sharing behavior scale. Quantitatively, statistical analysis results showed that knowledge sharing behavior is an important variable that can significantly predict innovative work behavior R2 0.58, F 2, 17 11.81, p 0.01 . Furthermore, through a qualitative approach, researcher identify several factors that influence the propensity of individuals in knowledge sharing behavior.
Based on the interview results, the researcher found several factors that facilitate individual 39 s knowledge sharing behavior. On the other hand, there are also several factors that hinder individual rsquo s tendency to display knowledge sharing behavior. Based on quantitative and qualitative results, the researchers then designed an intervention in the form of community of practices activity aim to organize knowledge sharing process which in turn will improve innovative work behavior.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T47679
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Rizki Oktaviana
"Penelitian ini tentang berbagi pengetahuan (knowledge sharing) staf pepustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning yang berlokasi di Pekan Baru, Riau. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran bagaimana knowledge sharing staf perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh jumlah tenaga perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning, sebanyak 8 (delapan) orang. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning belum semua paham akan kegiatan berbagi pengetahuan. Hal ini dapat dilihat dari jawaban para informan. Kebanyakan yang paham adalah staf perpustakaan yang berlatar belakang ilmu perpustakaan. Staf perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning sebagian sudah melakukan kegiatan knowledge sharing. Kegiatan ini berupa pemberian motivasi pimpinan ke staf perpustakaan agar lebih bersemangat bekerja. Staf perpustakaan mulai dapat mencari pemecahan masalah dengan solusi kreatif. Sebagian staf perpustakaan jika menemukan masalah mencari solusinya melalui internet atau bertanya pada yang lebih ahli dalam permalasahan tersebut. Staf perpustakaan sudah mulai mampu menyerap pengetahuan yang didapatkan, meskipun masih tergantung dari pengetahuan yang diserap sebelumnya. Informasi yang dibagikan staf perpustakaan didapat dari internal maupun eksternal. Informasi atau pengetahuan sering disampaikan staf perpustakaan pada rapat bulanan."
Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2023
020 JPK 3:2 (2023)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sawitri
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh faktor individu (insentif, timbal balik, norma subjektif, dan kontrol perilaku) dan faktor organisasi (struktur organisasi, dukungan direktur, iklim pembelajaran, sistem teknologi informasi, sistem penghargaan, dan kepercayaan) terhadap knowledge sharing intention, behavior, dan perilaku kerja inovatif pegawai di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Model (SEM) dan menggunakan software Lisrel 8. 51. Dalam penelitian ini, faktor individu secara signifikan mempengaruhi knowledge sharing intention dan faktor organisasi secara signifikan mempengaruhi knowledge sharing intention dan perilaku kerja inovatif pegawai di LPP RRI.

This research investigated how individual factors (incentives, reciprocity, subjective norm, and behavioral control) and organizational factors (organizational structure, CEO support, learning climate, IT system, reward system, and trust) affect employee’s knowledge sharing intention, behavior, and innovative work behavior in Public Broadcasting Institution Radio Republik Indonesia (LPP RRI). It employs questionaire research method which data were processed using Structural Equation Model (SEM) method and Lisrel 8. 51. software. This research indicates that individual factors significantly influence knowledge sharing intention and organizational factors significantly influence knowledge sharing intention and innovative work behavior of LPP RRI employees.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61019
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suezy Citra Yuanita
"Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyebab utama dari tingkah laku disfungsi organisasi. Terdapat tiga (3) variabel independen yaitu isu hubungan intra/interpersonal, implementasi strategi dan struktur, dan praktik-praktik dalam proses di organisasi. Data diolah dengan menghitung standard multiple regression dan average mean untuk mendapatkan gambaran kontribusi dan kondisi tiap variabel. Kontribusi yang paling besar berasal dari variabel implementasi strategi dan struktur diikuti dengan variabel isu hubungan intra/interpersonal. Namun diputuskan memberikan intervensi pada variabel independen isu hubungan intra/interpersonal. Kontribusi variabel ini juga signifikan, dan kondisinya paling membutuhkan perbaikan. Intervensi yang digunakan untuk mengatasi isu hubungan intra/interpersonal adalah berbagi pengetahuan. Intervensi ini digunakan karena dengan berbagi pengetahuan maka karyawan akan mendapatkan masukan dari kolega mengenai isu yang sedang dialami.

The purpose of this study was to determine the main cause of the behavior of organizational dysfunction. There are three (3) independent variables: issue of the relationship of intra/interpersonal; implementation strategies, structures; and process of the organization. Result showed that all variable had significant contribution and relationship issues intra/interpersonal was the one that need improvement. Interventions used to address the issue of the relationship of intra/interpersonal knowledge sharing. This intervention is used for the sharing of knowledge, the employee will receive feedback from colleagues on issues that are being experienced.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42580
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Destiya Puji Prabowo
"Tesis ini membahas pemanfaatan grup Whatsapp sebagai media berbagi pengetahuan di kalangan pustakawan Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI. Tujuan penelitian adalah untuk memahami proses berbagi pengetahuan oleh pustakawan di instansi tersebut melalui media grup Whatsapp serta pemanfaatan budaya siber yang mendukung proses berbagi pengetahuan. Pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual digunakan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan proses berbagi pengetahuan melalui media ini belum sepenuhnya dilakukan oleh pustakawan dan pegawai, serta pembentukan budaya berbagi pengetahuan dibangun berdasarkan relasi antar pimpinan dan pustakawan. Teks dan emoticon sebagai elemen budaya siber dalam media ini memiliki peran dalam penyampaian pengetahuan.

This thesis studied the use Whatsapp group as a medium to share knowledge among librarians Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI. The research objective was to understand the process of knowledge sharing by the librarian through Whatsapp group media and cyber culture that supports its process. A qualitative approach with virtual ethnographic methods used in this study.
The results showed the process of sharing knowledge through the media has not been fully carried out by librarians, as well as the establishment of knowledgesharing culture is built on the relationship between leaders and librarians. Texts and emoticons as elements of cyber culture in these media have a role in the transfer of knowledge.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T48680
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indila Mayrosa
"Knowledge management merupakan pendekatan yang dapat diimplementasi oleh manajemen organisasi untuk meningkatkan kemampuan kompetitif. Sebagai salah satu tahapan dalam knowledge management, knowledge sharing KS memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan KM. Berbagi pengetahuan antar lintas fungsi atau lintas departemen dapat mensukseskan dan mengembangkan berbagai hal di dalam perusahaan. Peneliti berpendapat jika perusahaan ingin meraih keberhasilan dalam memotivasi karyawan untuk berbagi pengetahuan, maka bukan hanya dengan memperbaiki sistemnya ketika menjalankan strategi bisnis tetapi juga dengan merubah perilaku dan kebiasaan mereka sehingga berbagi pengetahuan dapat berjalan dengan konsisten dan didasari oleh kerelaan. Theory of reasoned action digunakan sebagai kerangka dasar penelitian ini, yang didukung dengan beberapa faktor yang mempengaruhi sikap dalam berbagi pengetahuan. Hasilnya menunjukan bahwa penghargaan, hubungan sosial, konsekuensi dalam bersosial, iklim orgaanisasi, norma subyektif dan sikap terhadap berbagi pengetahuan memberikan pengaruh yang besar terhadap intensi berbagi pengetahuan karyawan perusahaan. Sesuai dengan perhitungan yang dilakukan, tidak terjadi asimetri intensi. Karyawan dari departemen pemasaran, teknik, dan umum masing-masing 80 , 80 , dan 70 memiliki niatan untuk berbagi pengetahuan dengan rekan kerja lainnya.

Knowledge management is an approach that can be implemented by organizational management to improve competitive advantage. As one of the stages of knowledge management, knowledge sharing KS plays a very important role in determining the success of KM implementation. Sharing knowledge across cross functional or cross departmental can succeed and develop things within the company. Previous researchers consider that if companies want to achieve success in motivating employees to share knowledge, then the way to achieve it is not only by improving the system when running a business strategy but also by changing their behavior and habits so that knowledge sharing can run consistently and based on willingness. Theory of Reasoned Action is used as the basic framework of this study, combined with several factors that affect behavior in sharing knowledge. The results show that reward, social ties, social cost, organizational climate, subjective norms and attitudes toward knowledge sharing have a profound effect on the intentions of sharing knowledge of company employees. In accordance with the calculations performed, there is no intimacy asymmetry. Employees from the marketing, engineering, and general departments share 80 , 80 , and 70 each that have an intention to share knowledge with other co workers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51172
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Kurnia Salwa
"[Penelitian tesis ini dilakukan di kantor PT XYZ, sebuah perusahaan energi terhadap karyawan talent PT XYZ, dengan responden sebanyak 105 orang. Tingginya tingkat turnover talent PT XYZ, mempengaruhi efektifitas jalannya organisasi PT XYZ, karena membuat kondisi kerja tidak stabil, menurunnya produktifitas karyawan dan suasana kerja yang tidak produktif. Sehingga memerlukan suatu intervensi untuk menurunkan intention to leave karyawan talent melalui pendekatan aktivitas knowledge sharing. Intervensi ini disusun secara bertahap dengan difokuskan kepada Technostructural Intervention, dan Human Resources Management Intervention.Aktivitas knowledge sharing ini
dilakukan oleh atasan langsung setingkat manager, karyawan talent dan karyawan non talent. Aktivitas knowledge sharing tersebut menggunakan pendekatan SECI, double loop learning.; This research was conducted at PT XYZ, a energy company, focuses on talent
employees of PT XYZ, with 105 respondents. A high talent employee turnover rate atPT XYZ negatively affects the effectiveness of PT XYZ, as it causes the unstable working condition, low employee productivity, and unproductive working environment. Therefore, it need an appropriate intervention using knowledge sharing approach to decrease the intention of the talent employee to quit. The intervention is conducted phase by phase, and mainly focuses on technostructural intervention and human resource management intervention. The
knowledge sharing activity will be carried out by managers of talent employees and non talent employees. The knowledge sharing activity uses SECI approach and double loop learning., This research was conducted at PT XYZ, a energy company, focuses on talent
employees of PT XYZ, with 105 respondents. A high talent employee turnover
rate atPT XYZ negatively affects the effectiveness of PT XYZ, as it causes the
unstable working condition, low employee productivity, and unproductive working
environment. Therefore, it need an appropriate intervention using knowledge
sharing approach to decrease the intention of the talent employee to quit.
The intervention is conducted phase by phase, and mainly focuses on
technostructural intervention and human resource management intervention. The
knowledge sharing activity will be carried out by managers of talent employees
and non talent employees. The knowledge sharing activity uses SECI approach
and double loop learning.]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T44038
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Michael Wicaksana Putra
"Pengetahuan merupakan hal yang penting bagi individu dan organisasi. Jika sebuah organisasi memiliki pekerja yang kaya akan pengetahuan, organisasi tersebut dapat memiliki keunggulan kompetitif. Akan tetapi, masih banyak individu yang tidak mau membagi pengetahuan yang dimilikinya. Kurangnya keyakinan akan kemampuan diri dan tidak adanya imbalan atas pengetahuan yang dibagikan adalah beberapa faktor penghalang bagi knowledge sharing. Kegiatan knowledge sharing di divisi Jakarta R&D Unit Bisnis Telekomunikasi (UBT) PT XYZ juga mengalami masalah serupa.
Sistem informasi basis data pengetahuan yang disediakan agar para pekerja dapat membagi pengetahuan yang dimilikinya masih jarang digunakan. Dengan adanya fakta bahwa PT XYZ memiliki tingkat turnover pekerja yang cukup tinggi, hal tersebut dirasa cukup merugikan PT XYZ karena pengetahuan yang dimiliki para pekerjanya hilang begitu saja sebelum sempat ditransfer kepada pekerja lain.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku knowledge sharing dari para pekerja di divisi Jakarta R&D UBT PT XYZ dengan menggunakan Social Cognitive Theory sebagai model dasar yang dimodifikasi berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil penyebaran kuesioner kepada 112 pekerja di divisi Jakarta R&D UBT PT XYZ yang kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square dengan bantuan tool SmartPLS 2.0 M3.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa knowledge sharing self-efficacy, enjoyment in helping others, dan reward memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku knowledge sharing. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa knowledge contributing behavior dan knowledge collecting behavior memiliki pengaruh yang positif terhadap penggunaan pengetahuan.

Knowledge is an important thing to individual and organization. An organization can obtain a competitive advantage if its employees had a lot of knowledge. However, there are many individuals that are not willing to share their knowledge. Lack of self-efficacy and rewards are some of the knowledge sharing barriers. The similar problem in knowledge sharing activities also occurs in Jakarta R&D division of Telecom Business Unit at PT XYZ.
The Knowledge Database Information System which is provided so one can share their knowledge to another employee is rarely used. With a fact that tbe turnover rate at PT XYZ is quite high, it is kind of a loss because the resigned employee?s knowledge will vanish along with them before it is shared to another employee.
This research is conducted to identify factors that affect the employee?s knowledge sharing at Jakarta R&D division of Telecom Business Unit at PT XYZ. This research is based on Social Cognitive Theory with some modifications based on previous researches. Data used on this study are derived from distributing questionnaires to 112 employees on Jakarta R&D division of Telecom Business Unit at PT XYZ. Those data are then analyzed using Partial Least Square method with the help of SmartPLS 2.0 M3 tool.
The result shows that knowledge sharing self-efficacy, enjoyment in helping others, and reward have significant influences towards knowledge sharing behavior. The knowledge contributing behavior and knowledge collecting behavior also shows a positive influence towards knowledge sharing behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>