Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93303 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rudi Dustika Teja
"Tesis ini membahas penelitian yang ditujukan untuk mengamati upaya online campaign produk X yang dilakukan oleh pihak produk Y. Upaya online campaign produk X dipandang sebagai aksi kompotitor yang merupakan faktor perubahan dalam lingkungan eksternal, serta memiliki sifat mengancam bagi pihalc produk Y, Sehingga menjadi perlu untuk ditelusuri dalam penerapan competitive intelligence, untuk memahami efektifitas online campaign tersebut, serta pengaruh hasil efektiiitas terhadap kemungkinan aksi di masa yang akan datang. Penelitian terhadap online campaign produk X diawali dengan penelusuran online campaign Obama yang dipandang sebagai best-practice, untuk menghasilkan model ideal online campaign yang akan digunakan dalam perbandingan. Dan diteruskan dengan penelitian yang difokuskan pada online campaign produk X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online campaign produk X belum efektif, diukur berdasarkan mekanisme pelaksanaan. Namun hasil tersebut tidak boleh dianggap remeh oleh pihak produk Y, dan perlu adanya tindakan antisipasi terhadap kemungkinan geliat produk X di rnasa mendatang.

focus of this study is the research on product X online campaign as the action of competition from the product Y side. Which is seen as a response to answer the changes in the extemal environment that is realized by product X, and this action is also assumed threatening the share of product Y in market. There is a need on product Y to anticipate strategic surprises in the future, so it becomes important to analyze the effectiveness of product X online campaign by competitive intelligence. This research is using the online campaign methods of Obama as the best practice to compare with. And the results show that product X online campaign isn't effective yet based on the mechanism of the campaign. But these results need to be anticipated by product Y in the future."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010
T33454
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Akbar Wahbi
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi saat ini membuat banyak perusahaan media cetak beralih ke media online. Untuk membuat media online bukanlah sesuatu yang sulit. Namun mempertahankan eksistensi agar tetap survive dalam industri media merupakan persoalan bisnis media online saat ini. Untuk itu, agar dapat bersaing Edunews.id harus memiliki strategi untuk memperoleh keunggulan bersaing dalam perspektif resource based view (RBV). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber daya dan kapabilitas yang menjadi keunggulan bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data diperoleh dari data primer berupa observasi dan wawancara dan data sekunder. Dengan menggunakan analisis Valuable, rare, immitable and organization (VRIO) diperoleh hasil penelitian bahwa perusahaan memiliki dua sumber daya dan dua kapabiltas yang dapat dijadikan sebagai keunggulan bersaing.

ABSTRACT
The development of information technology currently makes many print media companies turn to online media. To create online media is not difficult. But maintaining the existence to survive in the media industry is an issue of online media business currently. Therefore, to compete Edunews.id must have a strategy to gain competitive advantage in resource based view (RBV) perspective. This study aims to analyze the resources and capabilities that become competitive advantage. This research is a qualitative research, data obtained from primary data in the form of observation and interview and secondary data. By using Valuable, rare, immitable and organization (VRIO) analysis, it is found that the company has two resources and two capabilties that can be used as competitive advantage."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
T50464
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maharani Anindita Wijaya
"Perkembangan dunia online membuahkan suatu wadah baru untuk melaksanakan aktivitas sosial dengan pengunaan memes, dimana Internet telah melekat dan menjadi bagian dari budaya masyarakat. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa penggunaan memes untuk aktivitas sosial, Mercy Campaign dan mengukur efektivitas berdasarkan unsur fidelity, fecundity, longevity, replicability, dan searchability. Metode yang digunakan untuk tulisan ini adalah menganalisa isi secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis Mercy Campaign akan memperlihatkan bagaimana memes dan aktivitas sosial dilaksanakan di Internet untuk mencapai tujuannya, yang mempermudah untuk mendapatkan perhatian dan partisipasi dari masyarakat secara luas. Di sisi lain, tulisan ini menganalisa bagaimana online activism dapat memberikan dampak pada aktivitas sosial secara off-line, yang diharapkan dapat menjadi kunci pembelajaran bagi para praktisi komunikasi untuk membuat kampanye di masa depan

The development of online world brings a new platform to execute social activism with the use of memes, where the Internet has embodied and become a part of mass culture. This paper aims to analyze the use of memes for online activism, Mercy Campaign, and measure the effectiveness based on the aspects of fidelity, fecundity, longevity, replicability, and searchability. The methods used for this paper is quantitative and qualitative content analysis. Analysis of Mercy Campaign is going to show how memes online activism are executed in Internet help to achieve the goals of the campaign, which able to gain a broader public awareness and participation. Furthermore, this paper will analyze how online activism could give impact on off-line activism, which is expected as a key learning for communication practitioners to create a campaign in the future."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Setiawan
"ABSTRAK
Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi sebuah teknologi yang penting dan berdampak besar pada banyak aspek kehidupan kita. Penelitian ini secara khusus meneliti bagaimana kecerdasan buatan mempengaruhi pengalaman pelanggan dalam industry ritel online. Pengalaman pelanggan adalah factor penting dalam bisnis untuk memberikan keunggulan kompetitif. Karena itu, perusahaan menjadi lebih memperhatikan pengalaman pelanggan. Industri ritel online telah menjadi pengganti belanja ritel tradisional. Perusahaan berbasis e-commerce lainnya telah meningkatkan ketuntungannya dan menjadi lebih kompetitif dengan mengintegrasikan operasinya menggunakan AI. Saat ini, penjualan global e-commerce mencapai $2.304 miliar pada tahun 2017 dan diperkirakan akan tumbuh sebesar $ 4.878 miliar pada tahun 2021, yang berarti penjualan akan dua kali lipat hanya dalam empat tahun. Dengan bantuan AI, pengalaman pelanggan dapat ditingkatkan lebih lanjut. Dengan demikian, penelitian ini meneliti tentang bagaimana AI dalam industry ritel online berperan dalam membentuk keunggulan kompetitif. Teori dasar untuk penelitian ini adalah dari pandangan berbasi sumber daya dan kemampuan dinamis dimana itu menganalisis tentang bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan sumber dayanya dan terus beradaptasi di pasar yang dinamis. Karena ada banyak bukti bahwa kemajuan dalam informasi dan teknologi mempengaruhi kehidupan kita dengan cara yang lebih baik, harapan dalam penelitian ini adalah bahwa AI dapat secara drastic mengubah / meningkatkan cara kerja bisnis, dalam hal ini, pengalaman pelanggan.

ABSTRACT
Artificial Intelligence (AI) is becoming an important technology and has substantially impact on many aspects of our lives. This paper specifically examines how Artificial intelligence influence customer experience in the online retail industry. Customer experience is the critical factor of business to provide a competitive advantage. Because of that, companies are becoming more aware of customer experience. The online retail industry has become a substitute for traditional retail shopping. Other e-commerce-based companies also have increased profit and becoming more competitive by integrating its operation using AI. Currently, the global sales of e-commerce are $2,304 billion in 2017 and are forecasted to grow for $4,878 billion in 2021, which means the sales will be doubled in just four years. With the help of AI, the customer experience can be increased further. Thus, this research inspects on how AI in the online retail industry plays a role in shaping competitive advantage. The fundamental theory for this study is resource-based view and dynamic capabilities where it analyses on how companies able to utilize its resource and continuously adapt in the dynamic market. Because there is much proof that advancement in information and technology is affecting our lives in a better way, the expectation in this research is that AI can drastically change/improve how business works, in this case, the customer experience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Reisa Rahmadiani
"ABSTRAK
Dengan meningkatnya penawaran investasi online melalui platform-platform investasi online, kebutuhan untuk memprediksi intensi perilaku konsumen juga meningkat. Intensi pembelian investasi online pada penelitian ini diprediksi dengan menggunakan kerangka theory of planned behavior (TPB). TPB merupakan salah satu pendekatan yang banyak digunakan dalam memprediksi niat dan perilaku konsumen, dimana TPB membentuk kerangka kerja konseptual untuk memprediksi kecenderungan tindakan tertentu seseorang. Komponen TPB yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sikap terhadap investasi online, norma subyektif yang dicerminkan oleh kecerdasan spiritual, dan kontrol perilaku yang dirasakan yang dicerminkan oleh kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari sikap terhadap investasi online, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional terhadap intensi pembelian investasi online pada generasi milenial di Jabodetabek. Sebanyak 249 responden berhasil dikumpulkan dan kemudian data diolah menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap terhadap investasi online dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pembelian investasi online, sedangkan tingkat kecerdasan spiritual seseorang tidak berpengaruh terhadap intensi pembelian investasi online.

ABSTRACT
As online investment offers increase through online investment platforms, the need to predict the intentions of consumer behavior also increases. The intention of online investment purchases in this study is predicted using the theory of planned behavior (TPB) framework. TPB is one approach that is widely used in predicting consumer intentions and behavior, where TPB forms a conceptual framework for predicting the tendency of certain actions of a person. TPB components used in this study are attitudes toward online investment, subjective norms that are reflected by spiritual intelligence, and perceived behavioral control that is reflected by emotional intelligence. The purpose of this study is to see whether there is an influence of attitudes towards online investment, spiritual intelligence, and emotional intelligence on the intention of online investment purchases in millennials in Jabodetabek. A total of 249 respondents were successfully collected and then the data was processed using Structural Equation Modelling (SEM) with AMOS 22 software. The results of this study indicate that attitudes toward online investment and emotional intelligence have a positive and significant effect on online investment intentions, while the level of one's spiritual intelligence has no effect on online investment purchases intentions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London : John Wiley, 2011
658.4 COM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kahaner, Larry
Jakarta: Prenhallindo, 1998
657.47 KAH i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
La Nashia
"Industri kuliner menyumbang sebesar 41% dari produk domestik bruto (PDB) untuk sektor ekonomi kreatif. Pandemi covid-19 yang terjadi sejak tahun 2019 telah mengubah perilaku konsumen sehingga UKM kuliner yang tidak siap harus mengalami penurunan penjualan. Salah satu restoran yang menghadapi dampak buruk ini adalah Restoran X dimana tren penjualannya cenderung menurun paska pandemi covid-19. Business Coaching perlu dilakukan pada UKM ini, yang merupakan sebuah restoran dengan visi menghasilkan produk yang memiliki cita rasa tinggi, higienis, halal dan berkualitas tinggi. Metode Business Coaching adalah penelitian kualitatif yang diawali dengan memetakan kondisi dan masalah UKM, dilanjutkan dengan mengimplementasikan solusi perbaikan. Hasil dari analisis ini adalah Restoran X belum optimal dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan makanan delivery, belum memiliki slogan yang efektif untuk digunakan pada advertising campaign, serta instagram yang belum dioptimalkan dengan campaign menarik dalam memenangkan persaingan di industri kuliner. perbaikan dilakukan pada ketiga permasalahan tersebut. Hasilnya, pengembangan produk khusus delivery telah mampu meningkatkan penjualan untuk makanan delivery. Selain itu, perbaikan slogan terbukti lebih efektif dan telah digunakan untuk advertising campaign. Peningkatan Instagram marketing campaign juga telah terbukti mampu meningkatkan performa instagram Restoran X.

The culinary industri contributes 41% of the Gross Domestic Product (GDP) for the creative economy sector. However, the COVID-19 pandemic that has occurred since 2019 has changed consumer behavior so that unprepared culinary SMEs must experience a sales decline. One of the restaurants facing this bad impact is Restaurant X where the sales trend tends to decline after the COVID-19 pandemic. Business Coaching needs to be done for this SME, a restaurants with a vision to produce Products that delicious, hygienic, halal and high quality. The Business Coaching method is qualitative research that begins with mapping the conditions and problems of SMEs, followed by implementing improvement solutions. The results of this analysis are Restaurant X has not been optimal in meeting consumer needs for food delivery, does not yet have an effective slogan to use in advertising campaigns, and instagram has not been optimized with attractive campaigns. Improvements were made to these three problems. As a result, the Development of special delivery Products has been able to increase the sales of Restaurant X for food delivery. In addition, the improvement of the slogan has proven to be more effective and has been used for advertising campaigns. The increase in instagram marketing campaigns has also been proven to be able to improve the performance of Restaurant X's Instagram"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arung Srikandi
"Skripsi ini membahas pengaruh promosi-promosi yang dilakukan oleh Shopee saat Men Sale Campaign pada Februari 2019 lalu terhadap keputusan pembelian secara online oleh pengguna Shopee dengan jenis kelamin pria. Terdapat variabel moderasi yaitu online brand trust yang dimiliki oleh Shopee sejak berdiri tiga tahun yang lalu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa Shopee perlu menganalisa kembali promosi-promosi apa yang paling tepat dalam menyasar pengguna pria. Sesi games/ kompetisi seperti Kuis Shopee, Goyang Shopee, Mission Shopee (Selesaikan Misimu dan Dapatkan Hadiahnya), Shopee Pasti Ada Challenge (Semua Pasti Ada, Kalo Gak Ada, Dapat 5JT Voucher Shopee) bukan merupakan jenis promosi yang menarik untuk pengguna pria. Sales Promotion yang paling efektif dilakukan oleh Shopee adalah paket harga menarik, potongan harga/ diskon, dan voucher.

This thesis discusses the influence of sales promotions carried out by Shopee during the Men Sale Campaign in February 2019 on online buying decisions by Shopee users with male gender. There is a moderating variable, namely online Brand Trust owned by Shopee since it was founded three years ago. This research is quantitative research with descriptive design research. The results of the study suggest that Shopee needs to re-analyze what promotions are most appropriate in targeting male users. Game sessions/competitions such as Shopee Quiz, Shopee Shake, Mission Shopee (Complete Your Missions and Get Prizes), Shopee Must Have a Challenge (All Must Have, If Not, Get 5JT Shopee Vouchers) are not an attractive type of promotion for male users. Shopee's most effective sales promotions are attractive price packages, discounts, and vouchers.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adrianus Revi Dwiguna
"Tesis ini membahas tentang penerapan strategi diversifikasi yang dilakukan PT Pindad (Persero), serta mendalami faktor-faktor yang mempengaruhi strategi diversifikasi, dan upaya PT Pindad (Persero) dalam mengantisipasi dinamika global yang berdampak pada strategi dan industri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang datanya diperoleh dari hasil wawancara dengan sejumlah informan, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan analisis intelijen kompetitif menggunakan analisis model kekuatan kompetitif, analisis rantai nilai, dan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukan strategi diversifikasi PT Pindad (Persero) mengarah pada kombinasi konsep konsentrik dan konglomerat yang implementasinya dipengaruhi sejumlah faktor internal dan eksternal. Sementara hasil analisis intelijen kompetitif menunjukan bahwa kekuatan kompetitif PT Pindad (Persero) relatif baik ditengah berlangsungnya konsolidasi industri pertahanan nasional. Namun demikian, ancaman kekuatan pemasok dan pelengkap, serta daya tawar pembeli perlu segera dieliminir agar tidak menciptakan ketergantungan terhadap paket-paket pengadaan pelanggan utama. Selain itu, belum terintegrasinya industri hulu nasional, perubahan aturan dalam industri, serta permasalahan terkait demografi karyawan dan fungsi pemasaran yang belum optimal, dalam jangka panjang dapat berdampak buruk bagi rantai nilai perusahaan bila tidak segera ditangani.
Antisipasi terhadap dinamika global dilakukan PT Pindad (Persero) dengan mendiversifikasi sebagian besar rantai pasok, mengembangkan strategi inovasi dan kemitraan strategis, serta melakukan pemetaan strategis untuk mengembangkan pasar. Di samping itu, masalah utama pendanaan industri pertahanan juga dapat dieliminir melalui peran intelijen pasar, serta optimalisasi perluasan peran BUMS bagi pemenuhan produksi, dan pengembangan teknologi melalui berbagai bentuk kerja sama. PT Pindad (Persero) juga dapat mengupayakan penciptaan nilai koopetisi antar industri pertahanan melalui penguatan organisasi, inovasi, serta kemitraan strategis berbasis kompetensi, dan muatan lokal sebagai strategi alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

This thesis discusses the implementation of the diversification strategy by PT Pindad (Persero), and explores the factors that influence the diversification strategy, and the efforts of PT Pindad (Persero) to anticipate global dynamics that have an impact on strategy and industry. This research is a qualitative research with a case study approach whose data is obtained from interviews with a number of informants, and literature studies. Data analysis was carried out by competitive intelligence analysis using Competitive Strength Model Analysis, Value Chain Analysis, and SWOT Analysis.
The results show that the diversification strategy of PT Pindad (Persero) leads to a combination of concentric and conglomerate concepts whose implementation is influenced by a number of internal and external factors. Meanwhile, the results of competitive intelligence analysis show that the competitive strength of PT Pindad (Persero) is relatively good amidst the ongoing consolidation of the national defense industry. However, the threat of the power of suppliers and complements, as well as the bargaining power of buyers need to be eliminated immediately so as not to create dependence on main customer procurement packages. Futhermore the non-integration of the national upstream industry, changes in regulations in the industry as well as problems related to employee demographics and marketing functions that are not yet optimal in the long term can have a negative impact on the company's value chain.
PT Pindad (Persero) is anticipating global dynamics by diversify most of the supply chain, developing innovation strategies and strategic partnerships, and conducting strategic mapping to develop markets. In addition, the main problem of funding the defense industry can also be eliminated through the role of market intelligence as well as optimizing the expansion of the role of BUMS for production fulfillment, and technology development through various forms of cooperation. PT Pindad (Persero) can also seek to create value for coopetition between defense industries through organizational strengthening, innovation, as well as competency-based strategic partnerships, and local content as alternative strategies that can be used to increase the company's competitive advantage.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>