Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116559 dokumen yang sesuai dengan query
cover
P. Insap Santosa
Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2009
004.019 INS i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sudarmawan
Yogyakarta: Andi, 2007
004.019 SUD i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Aji Pratomo
"Penelitian ini mengkhususkan pada efektivitas iklan online dengan memanfaatkan sudut pandang ilmu sistem interaksi atau lazim disebut human-computer interaction. Pendekatan yang dipergunakan dalam pengukuran efektivitas adalah jumlah klik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa saja yang berkaitan dengan ilmu sistem interaksi yang mempengaruhi efektivitas tersebut. Metode yang dipergunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi civitas akademika Universitas Indonesia. Setelah melakukan penelitian ini, peneliti menemukan bahwa faktor-faktor tersebut berpengaruh besar terhadap efektivitas iklan online sesuai dengan pendekatan jumlah klik yang diterapkan pada penelitian ini. Kata kunci: Efektivitas iklan, human-computer interaction, iklan online."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sik Sumaedi
"Adopsi teknologi oleh pelanggan merupakan salah satu topik yang banyak dibahas dalam literatur pemasaran. Meski demikian, literatur yang membahas adopsi smartphone android masih sangat terbatas. Untuk mengisi kesenjangan yang ada dalam literatur, penelitian ini bermaksud untuk mengkaji adopsi smartphone android.
Lebih spesifik, penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) pengaruh attitude toward using terhadap intention to adopt smartphone android, (2) pengaruh perceived content terhadap attitude toward using smartphone android, (3) pengaruh interface convenience terhadap attitude toward using smartphone android, (4) pengaruh perceived infrastructure terhadap attitude toward using smartphone android, (5) pengaruh design aesthetics terhadap attitude toward using smartphone android, dan (6) pengaruh moderasi hedonic orientation terhadap hubungan design aesthetics dan attitude toward using smartphone android.
Penelitian dilakukan dengan metodologi penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan survey menggunakan instrumen kuesioner. Responden penelitian ini adalah 125 mahasiswa S1 FEUI. Analisis regresi digunakan untuk menguji hipotesis-hipotesis yang diajukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude toward using memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to adopt smartphone android. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perceived content, interface convenience, dan perceived infrastructure memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward using smartphone android. Akan tetapi, penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh design aesthetics terhadap attitude toward using smartphone android serta pengaruh moderasi hedonic orientation terhadap hubungan design aesthetics dan attitude toward using smartphone android tidak signifikan secara statistik.

Technology adoption by customer is a topic widely discussed in marketing literature. However, literature discussing the android smartphone adoption is still very limited. In order to fulfill the gap in the literature, this research aims to study the Smartphone android adoption.
More specifically, this research aims to examine: (1) the effect of attitude toward using on intention to adopt android smartphone, (2) the effect of perceived content on attitude toward using android smartphone, (3) the effect of interface convenience on attitude toward using android smartphone, (4) the effect of perceived infrastructure on attitude toward using android smartphone, (5) the effect of design aesthetics on attitude toward using android smartphone, and (6) the moderation effect of hedonic orientation on the relationship between design aesthetics and attitude toward using android smartphone.
This research was performed using the research methodology of quantitative. The data collection was carried out using survey with questionnaire. The research respondents are 125 FEUI undergraduate students. Regression analysis was performed to test the proposed hypotheses.
The research result shows that attitude toward using has positive and significant impact on intention to adopt android smartphone. In addition, the result also shows that perceived content, interface convenience, and perceived infrastructure have positive and significant impact on attitude toward using android smartphone. However, this research shows that the effect of design aesthetics on attitude toward using android smartphone and the moderation effect of hedonic orientation on the relationship between design aesthetics and attitude toward using android smartphone are not statistically significant."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T39380
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samiaji
"Pervasive computing merupakan suatu teknologi yang menyatu dengan lingkungan user. Pervasive computing menghubungkan berbagai informasi yang independen dari suatu divais baik yang diam maupun yang bergerak dengan tujuan untuk memberikan layanan seperti komputasi, penginderaan atau layanan komunikasi kepada sekelompok user secara transparan yang biasanya dapat diatur secara personal dengan tetap menjaga keamanan dan privasi dari usernya. User interface pada sistem ini akan dunstal pada handheld user. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan user interface ini adalah Java 2 Micro Edition (J2ME), yaitu bahasa pengembangan dari Java yang disesuaikan dengan keterbatasan resources dari handheld. Handheld user yang dimaksud adalah smartphone yang dilengkapi dengan koneksi bluetooth. Alasan pemilihan smartphone sebagai user interface sistem dikarenakan saat ini banyak user yang mengenal penggunaan smartphone ini dari segala batasan umur. VeRAS memenuhi requirement untuk pervasive computing secara umum yang menuntut agar interaksi user dengan sistem dibuat seminimal mungkin, namun sistem tetap dapat berbuat semaksimal untuk user dan tetap mempertahankan prinsip pembuatan user interface yang baik. Hal ini dibuktikan dengan berjalannya fitur profile pada sistem, sehingga sistem dapat melakukan keinginan user pada jam tertentu, jika user telah berada pada area jangkauan bluetooth server. Selain itu dengan user interface VeRAS yang sederhana, user terbukti dapat mengendalikan dengan mudah TV dan lampu pada rumah. Pada analisa kinerja sistem terbukti bahwa sistem memerlukan waktu sekitar 15 detik untuk mendeteksi keberadaan user dan terhubung dengan user. Namun setelah seluruh sistem terhubung, sistem dapat berjalan secara real time.

Pervasive computing is a technology that is embedded to the user environment. Pervasive computing connects all kinds of independent information from a device either it is static or mobile to give services such as computing, sensing, or transparent communication services to a group of user and usually can be managed personally to keep the privacy of its users. User interface on this system are installed on user's handholds. The programming language that is used on creating this user interface is Java 2 Micro Edition (J2ME), which is a development of JA VA programming language that has been adjusted to cope with the resource limitation of handheld. The handheld that were referred here are smart phones that have been equipped with Bluetooth connection. Smart phones are selected as the user interface for this system because its familiarity to users from all ages. VeRAS meets the requirements of pervasive computing generally, which demands minimum user interaction to the system, but maintain its maximum benefit for the user while holds the principal of good user interface. This is proven by the profile feature of the system so that VeRAS accomplish user tasks on specific time, given the user is within the server's Bluetooth area. The simple yet intituitive VeRAS user interface is capable of controlling lamps and TV easily The system performance analysis shows that the system requires around 15 seconds to detect user's present and establishes connection. However, if the whole system has already connected, the system performs in real time manner."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40253
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanus Andriano
"Tesis ini membahas proses komunikasi online menuju offline komunitas virtual di Indonesia. Selain proses komunikasi, tesis ini juga membahas konsep 'from cyber to brother' yang terjadi dalam komunitas virtual di Indonesia. Untuk dapat mengetahui proses komunikasi online ke offline dan konsep 'from cyber to brother' yang terjadi dalam komunitas virtual di Indonesia maka digunakan studi etnometodologis dengan pendekatan interpretatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua skema dalam proses komunikasi online menuju offline yaitu skema sirkular (loop) dan spontanitas (linier). Untuk dapat menemukan konsep 'from cyber to brother' dalam komunitas virtual di Indonesia, peneliti menggunakan observasi dan wawancara mendalam terhadap anggota komunitas virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi konsep 'from cyber to brother' dalam komunitas virtual di Indonesia.

This thesis discussed the process on online to offline communication virtual community in Indonesia. Other than the process of the communication itself, this thesis also discussed the concept of 'from cyber to brother' which occured on virtual community in Indonesia. In order to found out whether the process of online to offline communication and 'from cyber to brother' concept occured on virtual community in Indonesia, therefore the author used ethnomethodology method with interpretative approach.
The result showed that there were two schemes on the process of offline to online community, which were circular scheme (loop) and spontaneous (linear). Other ways to found out the concept of 'from cyber to brother' on virtual community in Indonesia, the author engaged with the members of virtual community in terms of observation and interview. The finding showed that the concept of 'from cyber to brother' was indeed occurred on virtual community in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T44508
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grafiaramagda Chairunisa
"Penggunaan teknologi augmented reality saat ini sudah merambah pada mobile application, khususnya untuk perangkat smartphone seperti Android. Salah satu jenis aplikasi augmented reality yang telah diimplementasikan pada perangkat Android adalah aplikasi berbasis lokasi (location-based). Penelitian dilakukan dengan mendesain dan membangun aplikasi augmented reality berbasis lokasi pada perangkat smartphone dengan platform Android. Aplikasi ini menunjukkan informasi lokasi sekitar Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pada skripsi ini digunakan metode Software Design Life Cycle dimana terdapat system requirement, system and software design, implementation dan testing. Rancang bangun dilakukan menggunakan Wikitude SDK 1.1.1. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa aplikasi telah berhasil menampilkan objek di 10 lokasi dan telah dapat melakukan fungsi update lokasi dengan baik. Berdasarkan usability testing didapatkan hasil 4 dalam skala 5 yang berarti aplikasi dianggap baik oleh para responden.

Nowadays, augmented reality technology already extended to mobile applications, especially for smartphone devices such as Android. One type of augmented reality applications that interest many people now is location-based applications. This research designed and builds a location-based augmented reality application on Android platform. This application shows information about Faculty of Engineering. Software Design Life Cycle method is used, that including system requirements, system and software design, implementation and testing. The application is made using Wikitude SDK 1.1.1. Based on system testing, the application was successfully in displaying and updating objects in 10 locations properly. Based on the usability testing, the result is 4 in a scale of 5, which means user perceptions of the application is good."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45228
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azka Rizqia Salsabila
"Skripsi ini membahas bagaimana pergeseran gagasan fungsi yang menjadi supra-fungsionalitas mengakibatkan objek interior dapat melampaui fungsi aslinya. Secara khusus, tulisan ini akan mendalami pada objek interior dengan konsep mesin yang berbasis logika dan efisiensi. Seiring berkembangnya zaman, banyak yang ikut berubah pada objek interior untuk mencapai gagasan supra-fungsionalitas. Kegandaan (objektif-subjektif dan realita-citra) pada objek berperan penting dalam menciptakan supra-fungsionalitas. Dengan fisik (tubuh) dan kognitif (otak) manusia yang diproyeksikan ke lingkungan sekitarnya, membantu objek melampaui fungsinya. Citra yang mulai menggantikan realita asli juga mengubah objek konvensional menjadi lebih “sempurna” dengan adanya konsep mesin.
Studi kasus ruang domestik menganalisis supra-fungsionalitas yang dilihat dari komponen ruang interior yang telah menjadi satu kesatuan sistem. Mekanisme yang tepat dapat menghadirkan objek multifungsi yang tiap elemen dapat bekerja bersama tanpa mengganggu fungsi satu sama lain. Namun mekanisme tertentu dapat menjadikan objek memiliki fungsi kosong (empty-functionalism). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa konsep mesin yang logis dan efisien dapat menjadi sebuah respon dari gagasan supra-fungsionalitas yang melampaui fungsi aslinya

This thesis discusses how the shift in the concept of function to supra-functionality has resulted in interior objects transcending their original functions. Specifically, this paper will explore interior objects with a concept of machinery based on logic and efficiency. As times change, many interior objects have also changed to achieve the concept of supra-functionality. The doubleness (objective-subjective and reality-image) of objects plays a crucial role in creating supra-functionality. By projecting the human body (physical) and mind (cognitive) into the surrounding environment, objects are able to transcend their functions. The image that begins to replace the original reality also transforms conventional objects into something more “perfect” through the concept of machinery.
A case study of domestic space analyzes supra-functionality from the perspective of interior space components that have become an integrated system. The right mechanisms can produce multifunctional objects where each element can work together without interfering with one another's functions. However, certain mechanisms can cause objects to have empty functionality (empty-functionalism).. This analysis reveals that logical and efficient machine concepts can serve as a response to the idea of supra-functionality that transcends its original function.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Windra Irawan
"ABSTRAK
Persepsi tentang kekayaan media (media richness), penerimaan pengguna (user acceptance) terhadap teknologi dan kehadiran bersama sosial (social copresence) merupakan tiga konsep teori yang melihat dari sisi-sisi yang berbeda terhadap sebuah teknologi komunikasi. Ketiganya diharapkan mampu membaca perkembangan teknologi seperti video converence untuk mempunyai nuansa sosial berupa keterhubungan dengan sesamanya dalam interaksi termediasi dengan kekayaan dan penerimaan pengguna terhadapnya.
Penelitian ini menemukan bahwa persepsi responden terhadap kekayaan dan penerimaan pengguna video conference cukup tinggi. Sedangkan, kehadiran sosial bersama dalam komunikasi video conference berada ditingkat persepsi sedang. Ketika kekayaan media dan penerimaan pengguna dihubungkan ditemukan korelasi sedang dengan kontribusi signifikan. Hal yang sama juga ketika dilakukan terhadap kekayaan media dan penerimaan pengguna yang menjadi variabel independen terhadap kehadiran bersama sosial sebagai variabel dependen. Hubungan yang ditemukan adalah moderate dan kontribusi signifikan diberikan dua variabel independen tersebut kepada variabel dependen. Meskipun demikian dapat simpulkan bahwa semakin tinggi kekayaan media dan penerimaan pengguna maka semakin tinggi kehadiran bersama sosial dalam komunikasi bermedia video conference.

ABSTRACT
Media richness, technology user acceptance and social copresence are three theoretical concepts from different sides towards a communications technology. All three are expected to be able to predict the development of technologies such as video converence; the development of technologies that has the nuances a social connectedness with each other in interaction mediated by the richness and user acceptance.
This study found that video converence been perceived as rich media and has received its users. As well as with social copresence, it has been perceived communication users, although not as high as the previous two variables. As independent variables media richness and user acceptance when performed test with multiple regression on social presence, relationships were found moderate and significant contribution. Nevertheless, concluded when the technology has been perceived as a rich media and has been accepted by the users, the higher the social copresence."
2013
T35461
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
""This book addresses the main issues of interest within the culture and design of interaction between humans and computers,exploring the emerging aspects of design, development, and implementation of interfaces"--"
Hershey, PA: Information Science Reference, 2014
004.019 EME
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>