Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 203311 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riska Apricia
"Tesis ini membahas upaya reduksi cognitive dissonance yang dilakukan oleh konsumen produk barang dan jasa berteknologi tinggi, serta kecenderungan perbedaan implikasinya pada pencarian infonnasi. Penelitian ini adala.h peneHtian kuatitatif dengan desain deskriptif dan metode analisis komparatif. Konsumen produk barang berteknologi tinggi yang mengalami cognitive dissonance cenderung melakukan upaya reduksi yang fokus kepada fitur yaitu ke1ebihan produk pilihan atau kekurangan produk altematif sebagai upa.ya untuk meyakinkan dirinya telah membuat keputusan benar dengan implikasi pencarian infonnasi selective attelltioll. Konsumen produk jasa berteknologi tinggi cenderung melakukan upaya reduksi cognitive dissonance yang berbentuk toleransi tcrhadap kondisi atau situasi tidak nyaman yang dialaniinya dengan implikasi pencarian infonnasi selective comprehension. Hasil penelitian menyarankan agar perusahaan produk berteknologi tinggi untuk secara aktif memberikan informasi positifbagi para konsumennya.

This. thesis discusses the process of cognitive dissonance reduction that the consumers of high technology goods and services initiate and also examines its implication on the information search, This research is a qualitative research with a descriptive design that uses a comparative analysis method. The result of the research is that the high technology goods product consumers tend to do reduction effort that focuses to the product features which are the advantage of the chosen product or the disadvantage of the a1temative product to reassure the decision that has been made with selective attention as its information search impiication. The high technology service product consumers tend to do reduction effort in form of tolerance of the uncomfortable situation that they experience with selective comprehension as the infonnation search implication. The result of the research suggests that high technology goods and services companies to actively give positive infonnation to their consumers."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T32377
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Tombak Islam Al Ayyubi
"Tesis ini meneliti secara kualitatif bagaimana perokok situasional melakukan reduksi disonansi kognitifnya dalam isu merokok sejak mereka memutuskan memulai merokok hingga setelah mereka memutuskan berhenti merokok. Penelitian ini mendeskripsikan secara fenomenologis bagaimana tiga mahasiswa perokok situasional melakukan reduksi disonansi kognitif. Hasilnya menunjukkan: reduksi disonansi kognitif hanya dengan dukungan keluarga berfokus pada bagaimana perokok situasional menciptakan kognisi bahwa dia sanggup berhenti merokok; reduksi disonansi kognitif hanya dengan dukungan pasangan berfokus pada bagaimana berhenti merokok adalah komitmen menjaga hubungan romantis dengan pasangan; dan upaya reduksi disonansi kognitif tanpa dukungan orang lain tidak dapat melakukan reduksi disonansi kognitif secara konsisten.

This research focuses qualitatively on how situational smokers commit cognitive dissonance redution upon their smoking behavior since they have decided to start smoking until after they have decided to quit smoking. It describes phenomenologically how three situational smokers from a same university commit cognitive dissonance reduction. The result displays: cognitive dissonance reduction with family support only focuses on how situational smokers creates his own cognitive that he will be able to quit smoking; cognitive dissonance reduction with romantic partner support only focuses on how smoking quitting is understood as a commitment to hold his romantic relationship; and cognitive dissonance reduction without any other person support cannot consistently be commited.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46355
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Festinger, Leon, 1919-1989
Stanford: Stanford University Press, 1962
150.194 FES t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Adhwa Rana Sausan
"Studi terbaru menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan memegang peran yang sangat penting dalam menentukan inovasi perusahaan, terutama dalam proses pengembangan produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang proses bisnis yang menggabungkan proses pengembangan produk dan manajemen pengetahuan untuk Industri TI karena merupakan salah satu industri dengan pertumbuhan inovasi tertinggi di Indonesia. Studi ini akan menggunakan kerangka kerja manajemen risiko untuk mengidentifikasi, menghilangkan dan meminimalkan risiko dalam merancang proses pengembangan produk dan kerangka kerja Tiwana akan digunakan dalam merancang cetak biru manajemen pengetahuan. Akhirnya, proses pengembangan produk dan cetak biru manajemen pengetahuan akan digabungkan dan dipetakan sebagai satu proses bisnis yang utuh sebagai pedoman proses inovasi untuk Industri TI di Indonesia

Recent studies have shown that knowledge management holds a very important role in determining a company
innovation, especially when it comes to their product development process. This study aims to design a business
process that will combine both product development process and knowledge management for IT Industry as it is
one of the industries with the highest innovation growth in Indonesia. This study will use risk management
framework to identify, eliminate and minimize risk in designing the product development process and Tiwana’s
framework will be used in designing the knowledge management blueprint. At last, both product development
process and knowledge management blueprint will be combined and mapped as one whole business process as an
innovation process guideline for IT Industry in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sifra Pua Anggreyani
"[ABSTRAK
Penelitian ini mencermati pengaruh dari keberadaan atribut etik pada pilihan produk disertai pengaturan tugas kognitif dan tingkat religiusitas dalam proses pembentukan preferensi individu. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental 3 (within; atribut etik: tinggi, medium, rendah) x 2 (between; tugas kognitif: including, excluding). Hasil penelitian terhadap 79 partisipan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari atribut etik terhadap preferensi partisipan (F (2,76) = 49,089 p < 0,05) terlepas dari tugas kognitif yang digunakan (F (1, 77) = 1,529, p > 0,05). Analisis pada religiusitas menunjukkan tidak terdapat peran moderasi signifikan terhadap proses pembentukan preferensi ( t(76)= - 0,154 p > 0,05). Beberapa faktor yang diduga mempengaruhi rendahnya pengaruh tugas kognitif dan religiusitas dalam pembentukan preferensi juga dibahas pada bagian akhir tulisan ini.

ABSTRACT
This research looked into the impact of giving ethical attribute infromation such as eco-friendly in product options along with certain types of cognitive tasks and individual’s religiosity toward the formation process of preference. The design on this research was experimental with 3 (within; ethical attributes: high, medium, low) x 2 (between; cognitive tasks: including and excluding) mixed design. The results from 79 participants showed significant impact from ethical attributes to the participant’s preference with F (2,76) = 49,089 p < 0,05., regardless of any type of cognitive tasks used to complete the decision making process (F (1, 77) = 1,529, p > 0,05. Further analysis on religiosity showed no significant role in moderating the formation process of preference with t(76)= - 0,154 p > 0,05. Several factors that might have influence the insignificance of both cognitive tak and religiosity are discussed at the end of this paper.;This research looked into the impact of giving ethical attribute infromation such as eco-friendly in product options along with certain types of cognitive tasks and individual’s religiosity toward the formation process of preference. The design on this research was experimental with 3 (within; ethical attributes: high, medium, low) x 2 (between; cognitive tasks: including and excluding) mixed design. The results from 79 participants showed significant impact from ethical attributes to the participant’s preference with F (2,76) = 49,089 p < 0,05., regardless of any type of cognitive tasks used to complete the decision making process (F (1, 77) = 1,529, p > 0,05. Further analysis on religiosity showed no significant role in moderating the formation process of preference with t(76)= - 0,154 p > 0,05. Several factors that might have influence the insignificance of both cognitive tak and religiosity are discussed at the end of this paper.
, This research looked into the impact of giving ethical attribute infromation such as eco-friendly in product options along with certain types of cognitive tasks and individual’s religiosity toward the formation process of preference. The design on this research was experimental with 3 (within; ethical attributes: high, medium, low) x 2 (between; cognitive tasks: including and excluding) mixed design. The results from 79 participants showed significant impact from ethical attributes to the participant’s preference with F (2,76) = 49,089 p < 0,05., regardless of any type of cognitive tasks used to complete the decision making process (F (1, 77) = 1,529, p > 0,05. Further analysis on religiosity showed no significant role in moderating the formation process of preference with t(76)= - 0,154 p > 0,05. Several factors that might have influence the insignificance of both cognitive tak and religiosity are discussed at the end of this paper.
]"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59035
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trisha Dantiani
"With the new emerging media that caters to the audience's personal bias and reamplifying their beliefs. It aided with social media algorithms that personalize and limit the content consumption, it raises the question of whether we construct our own bubbles or are we simply victims of the algorithm. Tribal journalism being one of the methods that is used by emerging media to perpetuate these echo chambers among their audience. This study uses digital ethnography and in-depth interviews with followers and contributors of Magdalene.co to determine the engagement in cognitive dissonance and selective exposure to construct their own filter bubbles and echo chambers. The findings of the research revealed that echo chambers exist within emerging media in the form of ‘safe space’ to share opinion and how followers curate the content they consume on social media. Echo chambers are not entirely homogeneous due to the different standpoints that followers hold. Tribal journalism aids in the development of echo chambers as followers not only interact with the content, they are also able to produce their own work and include it into the online discussion.

Munculnya media baru memberikan audiens wadah bersuara dan mengamplifikasi keyakinan. Dibantu dengan algoritma media sosial yang mempersonalisasi dan membatasi konsumsi konten, hal ini menimbulkan pertanyaan terkait apakah pengguna membuat ‘gelembung’ nya sendiri atau hanya korban dari algoritma. Jurnalisme tribal menjadi salah satu metode yang digunakan oleh media baru untuk mengabadikan ‘ruang gema’ ini di antara audiens mereka. Penelitian ini menggunakan etnografi digital dan wawancara mendalam dengan follower dan contributor Magdalene.co untuk menentukan apakah pengikut mereka secara aktif terlibat dalam disonansi kognitif dan paparan selektif untuk membangun gelembung filter mereka sendiri dan ruang gema. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ruang gema ada dalam media yang muncul dalam bentuk 'tempat aman' untuk berbagi opini dan bagaimana follower mengkurasi konten yang mereka konsumsi di media sosial. Ruang gema ini tidak sepenuhnya homogen karena sudut pandang yang berbeda yang dipegang follower. Jurnalisme tribal berkontribusi pada kemunculan ruang gema karena follower tidak hanya berinteraksi dengan konten, mereka juga mampu menghasilkan karya mereka sendiri dan memasukkannya ke dalam diskusi online."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Ridwan
"Pengguna rokok elektronik tidak hanya terjadi di kalangan masyarakat umum, namun juga terjadi di kalangan mahasiswa, yang seharusnya menjadi contoh dalam berperilaku hidup sehat, keadaan ini mendorong mahasiswa dalam kondisi disonansi. Disonansi kognitif adalah diskrepansi atau kesenjangan yang terjadi antara dua elemen kognitif yang tidak konsisten, menciptakan ketidaknyamanan psikologis. Tujuan penelitian ini ialah untuk menggambarkan disonansi kognitif pada mahassiswa yang menggunakan rokok elektronik di Universitas Cendekia Abditama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan dengan metode pnemenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dilaksanakan pada bulan Juni 2023 pada 20 informan meliputi 16 mahasiswa perokok elektronik, 2 orang staff dosen dan 2 orang teman sebaya. Hasil penelitian menunjukan disonansi kognitif pada mahasiswa keperawatan lebih tinggi dari mahasiswa teknik ditinjau dari sumber elemen penyebab disonansi meliputi, inkonsistensi logika, nilai budaya, pendapat umum, dan pengalaman masa lalu, sedangkan gambaran cara mengatasi disonansi didapatkan dengan mengubah elemen tingkah laku, mengubah elemen kognitif lingkungan dan menambah elemen kognitif baru.

The use of electronic cigarettes does not only occur among the general public, but also among university students, who should be an example of healthy living behavior, this situation encourages students to be in a state of dissonance. Cognitive dissonance is a discrepancy or gap that occurs between two inconsistent cognitive elements, creating psychological discomfort. The aim of this research is to describe cognitive dissonance in students who use electronic cigarettes at Cendekia Abditama University. This study uses a qualitative approach, with the pnemenology method. Data collection was carried out by in-depth interviews carried out in June 2023 with 20 informants including 16 students who use electronic cigarettes, 2 lecturer staff and 2 peers. The results showed that cognitive dissonance in nursing students was higher than engineering students in terms of the source of the elements causing the dissonance including, logical inconsistency, cultural values, public opinion, and past experiences, while an overview of how to overcome dissonance was obtained by changing behavioral elements, changing cognitive elements. environment and add new cognitive elements."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Indira
"Sebagai pemimpin DKI Jakarta yang memiliki gaya komunikasi non-populis, Basuki Tjahaja Purnama Ahok dikenal sebagai sosok populer yang kontroversial. Popularitas Ahok membuatnya tidak mudah kehilangan pendukung meski sering diterpa isu negatif. Skripsi ini fokus pada ketidaknyamanan yang dirasakan pendukung Ahok terkait salah satu isu kontroversial, yakni penggusuran paksa, menggunakan teori disonansi kognitif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Kuesioner diberikan pada 97 responden yang telah menyerahkan KTP pada Teman Ahok. Dengan mengukur tingkat kepentingan, rasio disonansi, dan justifikasi, temuan penelitian menunjukkan bahwa pendukung Ahok tidak merasakan disonansi kognitif yang besar terkait penggusuran paksa. Hal ini membantu memberi gambaran mengapa mayoritas responden tetap akan memilih Ahok pada pemilihan kepala daerah 2017.

Being The Governor of Jakarta whose communication style is non populist, Basuki Tjahaja Purnama Ahok is known as a popular yet controversial figure. Despite Ahok's controversial nature, his supporters aren't going away due to his popularity. This thesis focuses on the discomfort felt by Ahok's supporters regarding one of the controversial issues, namely forced eviction, using the cognitive dissonance theory. This research is a descriptive research with quantitative design. Questionnaires were administered to 97 respondents who gave their ID cards to Teman Ahok. By measuring the attitude importance, the ratio of dissonance, and rationale, the research findings indicate that Ahok's supporters didn't feel great cognitive dissonance regarding the forced evictions issue. This helps illustrate why the majority of respondents would still choose Ahok in the 2017 gubernatorial election.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S66064
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Widiyanto
"ABSTRAK
Penciptaan nilai value creation dari sebuah produk merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis sebuah UMKM. Beberapa metode peningkatan daya saing yang ada seringkali tidak dapat diimplementasikan pada UMKM di Indonesia dikarenakan skalanya yang sangat kecil, sehingga diperlukan pendekatan lain yang lebih mendasar dan dapat diimplementasikan dengan lebih baik. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Rere rsquo;s Kitchen dengan produk saus Bolognese yang berada di bawah naungan WFW Women for the World yang berada di daerah Jakarta Timur dengan menggunakan metode business coaching, dimana coach akan melakukan serangkaian sesi coaching dan diskusi dengan pemilik dari UMKM untuk menemukan permasalahan yang paling mendesak untuk diselesaikan. Analisis terhadap kondisi UMKM menunjukkan bahwa saus Bolognese Rere rsquo;s Kitchen tidak mampu bersaing secara kompetitif di pasar karena harga yang terlalu tinggi sebagai konsekuensi dari proses produksi yang tidak pernah dioptimasi. Penyebab lain dari tidak kurangnya daya saing ini juga dikarenakan kekeliruan dalam memahami strategi nilai ldquo;kesegaran rdquo; freshness . Proses business coaching yang dilakukan menunjukkan perlunya melakukan product re-development untuk meningkatkan daya saing. Product re-development yang dilakukan menghasilkan penurunan HPP sebesar 18 . Sesi lebih lanjut juga memperlihatkan bahwa Rere rsquo;s Kitchen perlu mengevaluasi kapasitas produksinya untuk mendukung pengelolaan inventori yang berdampak positif terhadap daya saing produk. Kesimpulan dari keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa UMKM Indonesia seringkali membutuhkan pendekatan yang berbeda dan lebih spesifik untuk meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini hanya dilakukan kepada sebuah UMKM dengan lini bisnis makanan yang terletak di Jakarta Timur. Terlepas dari batasan yang ada, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada UMKM Rere rsquo;s Kitchen sebagai objek penelitian.

ABSTRACT
Value creation is very important to ensure SME rsquo s business survival. Some well known competitiveness improvement approach often unsuitable for Indonesian SME because of its small scale, hence there is a need for another approach which more basic and implementable. This study was done in an Indonesian SME named Rere rsquo s Kitchen with its Bolognese sauce under WFW Women for the World located at East Jakarta using business coaching method where coach will perform several coaching session and discuss with the owner to gather the most urgent problem to be solved. Analysis towards SME rsquo s current condition shows that Bolognese Sauce product is unable to compete competitively in the market caused by overpriced condition as a result of un optimized production cost. Other cause of the uncompetitive condition was the false lsquo freshness rsquo strategy employed by the SME. Business coaching sessions performed conclude that there is a need to re develop the product rsquo s details in order to increase product rsquo s competitiveness. The product re development allow Rere rsquo s Kitchen to optimize Bolognese Sauce rsquo s COGS resulted in COGS reduction to 18 . Further sessions also revealed the needs for Rere rsquo s Kitchen to re evaluate production capacity to support product rsquo s inventory management which positively influence product rsquo s competitiveness. The conclusion of the overall study revealed that Indonesian SME often need a different and specific approach to increase their competitiveness. This study was only conducted on a single specific SME food and beverage business located at East Jakarta, Indonesia. Despite the limitation introduced, the findings of this study could be a benefit for SME Rere rsquo s Kitchen."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50413
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pandu Lanang Kinasih
"Dalam bisnis gelas polipropilena hasil proses thermoforming, kualitas produk ditentukan salah satunya oleh kecepatan alir lelehan (Melt Flow Rate, MFR) yang rendah. Namun, tingginya harga material mendorong industri untuk menurunkan berat produk dan meningkatkan kecepatan produksinya, salah satunya dengan menggunakan MFR yang tinggi.
Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengujian mekanis lengkap dan analisis statistik untuk menentukan formulasi empiris polipropilena berdasarkan MFR, fraksi ataktik, dan kandungan etilena kopolimer. Penelitian menunjukan bahwa performa terbaik dari uji jatuh diperoleh dari sampel dengan rentang MFR antara 2.2?2.4 gr/10min, fraksi ataktik antara 1.5?2.96 wt%, dan kandungan etilena kopolimer kurang dari 0.82 wt%. Hasil tersebut memenuhi persyaratan uji aplikasi, stabilitas proses, dan tahapan penyusunan produk.

In polypropylene thermoforming cup business, the quality of product can be achieved by the raw material with low melt flow rate (MFR). However, the high material cost condition has encouraged cup manufacturer to down gauge the cup weight and increase the productivity by using higher MFR.
In this study, a series of mechanical testing and statistical analysis have been used to empirically formulate the desired polypropylene based on MFR, atactic fraction, and ethylene copolymer aspects. On the basis of the investigation, it has been found that the best performance in drop test was provided by the sample with the MFR of 2.2?2.4 gr/10min, atactic fraction of 1.5?2.96 wt%, and ethylene copolymer content
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T41230
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>