Ditemukan 3686 dokumen yang sesuai dengan query
al-Jawad, Muhammad Abdu
"buku ini berisi tentang belajar bahasa arab."
Kairo : Maktabat al-Angelu Mesir, [Date of publication not identified]
ARA 492.7 ALJ m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Badawi, Al-Sa`id Muhammad
"Buku ini berisi tentang pelajaran tata bahasa arab serta cara bagaimana belajar bahasa Arab dengan baik dan benar. Di dalamnya banyak terdapat cerita yang membantu pembaca untuk menambah kosakata dan mengenali bentuk-bentuk kalimat dalam bahasa Arab."
Tunisia: Al-Munazzamah al`Arabiyyah wa al-Tsaqafah wa al-`Ulum, 1987
ARA 492.78 BAD k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Abdul Majid, Abdul Aziz
"buku ini mengajarkan bagaimana mengajarkan bahasa Arab yang baik dan benar untuk diri sendiri dan orang lain."
Kairo : Dar al-Ma`arif, 1955
ARA 492 ABD l
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Imam Ghazali Said
"Buku ini berisi tentang dasar-dasar belajar bahasa arab dan didalamnya terdapat latihan-latihan soal serta teks bacaan dengan tujuan dapat mempelajari bahasa arab dengan mudah."
Surabaya: Dian Tama, 2002
ARA 492.7 SAI m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Al-Abrashi, Muhammad Attiyah
"Buku ini menjelaskan tentang bagaimana cara mengajar bahasa arab yang baik dan benar."
Kairo: Perpustakaan al-Anjlu Mesir, 1958
ARA 492.7 ALA a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Hassan, Tammam
"buku ini berisi tentang bagaimana langkah untuk melakukan penelitian bahasa"
Kairo: Maktabat al-Angelu Mesir, 1955
ARA 492.7 HAS m (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
al-Syamai`, Soleh
"Buku ini berisi tentang tata bahasa ketika berbicara dengan menggunakan bahasa Arab."
Kairo : Dar al-Ma`arif, 1955
ARA 492.7 ALS l
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Wafi, Ali Abd al-Wahid
"buku ini berisi tentang awal bahasa itu muncul dalam diri manusia dan buku ini menjelaskan bahasa keluar dari tubuh manusia tepatnya ketika manusia mengucapkan atau mengeluarkan suara."
Kairo: Dar al-Fikr al-Arabi, 1947
ARA 492.7 WAF n
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Mutia Azizah
"Karya ilmiah ini membahas efektivitas metode pengajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum KTSP studi kasus peserta didik kelas XI SMA Islam Terpadu Yapidh pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori keterampilan berbahasa Hermawan (2014), Al-Khuliy (2002), dan Hamid (2008), teori evaluasi hasil belajar Majid (2014), dan teori pembelajaran bahasa asing Brown (2007). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas sebuah metode pengajaran bahasa Arab, yaitu; latar belakang pendidikaan peserta didik terhadap bahasa Arab, kurikulum yang dipakai di sekolah, kapasitas dan kapabilitas pengajar, dan pendekatan pengajaran yang dipakai.
This paper discusses the effectiveness in Arabic teaching methods based on Education Unit Level Curriculum (KTSP) case study in Integrated Islamic Senior High School Yapidh Jatiasih Bekasi, West Java class XI in the first semester of the 2015/2016 academic year. This is quantitative qualitative research. The Author use theories in learning and teaching from Brown (2007), Arabic language skills theory from Hermawan (2014), Al-Khūlīy (2002), dan Hamid (2008), and evaluation concept learning from Majid (2014) as basic concept of this paper. There were four factors can influence the effectiveness in Arabic teaching methods; 1) Educational background of student in Arabic; 2) Curriculum that applied in school; 3) Teacher?s capacity and capability, and 4) Teaching approach used."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65381
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gina Najjah Hajidah
"Tesis ini merupakan evaluasi bahan ajar berjudul Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik (ABY) sebagai bahan ajar bahasa Arab di salah satu lembaga bahasa asing di Depok (LBA). Tolak ukur yang digunakan dalam mengevaluasi bahan ajar ini adalah kriteria evaluasi hasil sintesis dari beberapa pakar. Kriteria tersebut adalah (1) Aims, (2) content, (3) exercises, (4) Audience, dan (5) Physical Make Up. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahan ajar ABY memiliki kelebihan dan kekurangan. Secara spesifik terdapat 3 hasil evaluasi seperti yang diungkapkan Litz (2005), yaitu quality, usefullnes, dan appropriateness for the context and people with whom they are being use. Secara kualitas, materi, kegiatan, dan latihan dalam ABY sudah sesuai dengan tujuan lembaga. Menarik, beragam, dan mencakup seluruh kemahiran bahasa. Kosa kata dalam ABY pun tersusun secara sistematis. Adapun kekurangannya adalah kualitas tampilan bahan ajar, kurangnya asas kebermanfaatan bagi pengguna, dan kekurangsesuaian dengan pengguna bahan ajar (peserta kursus). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ABY boleh digunakan pada program bahasa Arab di LBA Depok dengan memodifikasi dan merevisi terhadap kekurangan yang ditemukan dalam penelitian ini.
This thesis is an evaluation of teaching materials entitled of Al-'Arabiyyah Baina Yadaik (ABY/Arabic in Front of You) as an Arabic language teaching materials in one foreign language institute in Depok (FLI). The benchmarks used in evaluating of the teaching materials are the evaluation criteria resulted by the synthesis of several experts. Those criteria are (1) Aims, (2) Content, (3) Exercises, (4) Audience, and (5) Physical Make Up. The findings of this study point out that there are advantages and disadvantages of ABY teaching materials have. Specifically, there are three results of evaluation as Litz described (2005), that are the quality, usefulness, and appropriateness for the context and people with whom they are being use. In quality, the materials, activities, and exercises in ABY are in accordance with the institution objectives. It is interesting, diverse, and covers the entire language proficiency. The containing vocabularies in ABY is also arranged systematically. As for its weakness are concerning with the display quality of teaching materials, lack of usefulness principle to users, and less appropriateness for materials users (course participants). Thus, it can be concluded that the ABY teaching materials can be used in the Arabic language course at FLI to modify and revise the weakness found in this study."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T39121
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library