Ditemukan 10109 dokumen yang sesuai dengan query
Beard, Roger
London: Licensing agency limited, 1987
372.41 BEA d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
"Reading is an important way to get some more information and some knowledge. Thus, we as teachers have an important roles in helping our students to improve in their reading skills
"
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Grellet, Francoise
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1994
R 428.24 GRE d
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Grellet, Francoise
Cambridge: Cambridge University Press, 1981
428.24 Gre d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
London: Falmer Press, 1995
372.4 EME
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Wallace, Catherine
Oxford: Oxford University Press, 1993
407 WAL r (3)
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Pangkuh Ajisoko
"Penelitian ini mengkaji strategi metakognitif ketika proses membaca teks berbahasa Inggris dilakukan oleh pemelajar Indonesia. Subjek penelitian ini adalah 15 orang pemelajar universitas. Mereka adalah mahasiswa semester 4 dari fakultas ekonomi, di sebuah universitas di Jakarta Pusat. Pemelajar tersebut tergolong dalam tingkat kemampuan berbahasa Inggris menengah madya. Tujuan penelitian ini adalah 1 mengidentifikasi ragam strategi metakognitif yang digunakan mahasiswa dalam membaca teks dalam bahasa Inggris, 2 memaparkan frekuensi penggunaan strategi metakognitif pemelajar ketika membaca teks dalam bahasa Inggris, dan 3 menelaah hubungan penggunaan strategi metakognitif dengan hasil belajar dalam membaca teks bahasa Inggris. Mahasiswa diminta membaca sebuah teks berbahasa Inggris dengan cara menyuarakan pikiran mereka ketika mencoba memahaminya. Hal ini dikenal dengan metode think-aloud protocol TAP. Verbalisasi mereka direkam dengan alat perekam. Kemudian, data rekaman tersebut ditranskripkan. Terakhir, data tersebut dihubungkan dengan hasil belajar mereka di kelas bahasa Inggris. Pemelajar menggunakan 15 strategi dari 18 yang terklasifikasi ke dalam tiga fase membaca yaitu merencanakan, memantau, dan evaluasi. Ragam strategi metakognitif terbukti memiliki hubungan positif terhadap hasil belajar membaca mahasiswa. Sementara, frekuensi penggunaan strategi terbukti memiiki korelasi yang cukup baik terhadap hasil membaca mahasiswa.
This research examines the use of metacognitive strategies when Indonesian university students are reading English passages. The subjects of this study were 15 university students. They are the 4th semester students from faculty of economics in University X in Central Jakarta. The purposes of this research were 1 to identify the variety of metacognitive strategies that learners used in reading English, 2 to expose the frequency of the use of metacognitive strategies, and 3 to see the relationship between the use of metacognitive strategies and the learning result. Learners were asked to read a text by vocalizing their thoughts while trying to comprehend it. This is known as the method of think aloud protocol TAP. Their verbalization was recorded with a tape recorder. Then, the recorded data were transcribed. Finally, the data were correlated with the results of learning test. Learners used 13 strategies that are classified into 3 stages of reading i.e. planning, monitoring, and evaluating. The variety of metacognitive strategies is shown to have a positive relationship to the learning result of the learners. However, the frequency of metacognitive strategies has a fair correlation with the learning result."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T48717
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hongkong: Grosvenor Press International, T.t.
363.610 DEV
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Amara Chrisantie Meidina
"
ABSTRAKElemen ndash; elemen ruang pada taman kanak ndash; kanak adalah salah satu aspek yang menunjang gerak motorik kasar bagi anak usia dini. Kegiatan yang melibatkan gerak motorik kasar sangat penting bagi anak usia dini. Elemen ndash; elemen ruang miliki potensi untuk menunjang kegiatan motorik kasar pada anak. Berdasarkan metode deskriptif kualitatif dalam skripsi, terlihat bahwa anak usia dini dan elemen ndash; elemen ruang memiliki karakteristik khusus. Ketika anak dan elemen ruang berinteraksi, karakteristik tersebut saling memengaruhi satu sama lain. Karakteristik ruang sebagai rangsangan yang akan memicu anak untuk menentukan seperti apa responnya terhadap elemen tersebut. Respon berupa kegiatan anak yang melibatkan gerakan motoriknya.
ABSTRACTThe elements of space in kindergarten are one of the aspects that support gross motor skills for early childhood. Gross motor skills are one of the important things in early childhood growth. Based on the qualitative descriptive method in the thesis, it appears that early childhood and space elements have special characteristics. When children and space elements interact, these characteristics affect each other. Characteristics of space elements as a stimulus that will trigger the child to determine what kind of the responses. The responses are child activity that involves gross motor movement to the elements of space."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
The, Eng Gie
Jogyakarta: Karya Kencana, 1982
899.221 THE b
Koleksi Publik Universitas Indonesia Library