Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 73810 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Friska Sari Ronadiba
"Berdasarkan teori perdagangan intemasional, terdapat hubungan antara keunggulan komparatif terhadap permintaan suatu produk di suatu negara. Suatu negara melakukan perdagangan intcmasional dengan negara lainnya karena dua hal, yaitu perbedaan sumber daya dan kemampuan berpnoduksi, serta tujuan untuk mencapai skala ckonomi (Krugman and Obstfeld, 1994). Berdasarkan pemikiran tersebut, peningkatan ekspor dapm dilakukan apabila suatu negara memiliki produk-produk yang kompetitii Dalam rangka mencapai pertumbuhm ekonomi, perubahan struktur produksi berdasarkan permintaan dalam negeri dan peluang perdagangan internasional sangatlah diperlukan. Proses pembahan tersebut akan mengikutsertakan kontribusi Sektor industri dan pexalihan keterganhmgan akan ekspor produk-produk primer ke produk-produk manuihktur sebaga suatu sumber devisa bagi negara. [nduslri manufaktur potensi lmtuk dikembangkan dalam sektor ekonomi di suatu negara. Namun, pnoduk-produk manufaktur Indonesia kuxang merniliki daya saing di pasar dunia sampai saat Antisipasi dapat dilakukan melalui divemitikasi pasar ekspor sehingga peningkatan ekspor non-migas, khususnya produk manufaktur, dapat dilakukan dengan m buka kesempatan terhadap pasar-pasar bam atau yang' disebut dengan pasar ?non-tradisionali Promosi ekspor merupakan salah satu diantara beberapa faktor penentu yang mempengaruhi peningkatan ekspor manufakmr Indonesia. Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Export Specializaiion Index (ESD dapat dignnakan untuk mencari produk-produk yang memiliki keunggulan komparatigdaya saing di dunia dan beberapa pasar non-iradisional (Afrika Selatnn, Brazil, dan Bulgaria). Disamping itu, Matrix Mandeng Competitiveness Matrix juga dapat digunakan untuk menganalisa posisi pasar suat produk dalarn rangka menentukan strategi promosi ekspor
According to the international trade theory, comparative advantage has a relation to the demand for a product in one country. There are two reasons why some cormtries do intemational trade. First, every country has diH`erent resources and producing capability. Second, some countries have the objective to achieve economics of scale. The di&`ererrt of resources was caused trading between two countries, and each country take gain from trade (Krugman and Obstfeld, 1994). Base on this concept, export performance will increase if a country has many competitive products. In order to create the economic growth. it is needed a change of production structure based on domestic demand and intemational trade opportunity. The changing process will involve a contribution of industry sector and a switchover of primary products export dependency to manufacturing products as a source of foreign exchange. Manuiircturing industry has a potential to be developed in economic sector in a cormtry. However, the Indonesia?s manufacturing products are still not competitive yet in global market until now. Anticipation can be done through export market diversification so that it should be opened for other markets that called as ?non-traditional? markets in order to increase Indonesia?s oil and gas exports, especially manufacturing products. Furthermore, trade promotion is one of the determinant factors that influence the increasing of Indonesia manufactming export product. Revealed Comparative Advantage (RCA) and Export Specially Index (ESI) are found usetirl to measure Indonesia?s Comparative Advantage level in the world and some non-traditional markets (South Africa, Brazil, and Bulgaria). Moreover, Matrix Mandeng Competitiveness Matrix is also usefirl to analyze the market position of the products concerned and decision of promotion strategy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Pratiwi
"Tesis ini membahas tentang produk baru yang dihasilkan oleh PT. DKM yang bergerak dalam industri manufaktur otomotif. Produk baru berupa gantungan kait capstock hanger ini rencananya akan diproduksi dari sisa besi dan dipromosikan secara Business to Business kepada segmentasi kelas menengah dan atas. Tujuan tesis ini adalah untuk menentukan Segmenting, Targeting, dan Positioning dan menetapkan strategi promosi Business to Business untuk produk baru gantungan kait PT. DKM.

This thesis discusses about new product which produced by PT. DKM engaged in the automotive manufacturing industry. This new product is planned to be produced from the scraps, using Business to Business promotion toward leads middle and upper class segmentation. The purpose of this paper is to define segmenting, targeting, and positioning and to determine promotion strategy for the new product of PT. DKM.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T50098
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prahastuti Maharani
"[ABSTRAK
Efektifitas dari instrumen commercial diplomacy (CDC) terhadap kinerja perdagangan luar negeri kerap menjadi perdebatan. Paper ini menganalisa pengaruh dari salah satu instrumen CDC yaitu Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) terhadap peningkatan ekspor Indonesia dengan menggunakan gravity model of international trade pada data panel di 62 negara tujuan ekspor Indonesia selama 19 tahun. Hasilnya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keberadaan ITPC terhadap kinerja ekspor Indonesia di negara akreditasi. Selanjutnya, melalui wawancara kualitatif dapat disimpulkan bahwa tantangan CDC Indonesia berasal dari faktor internal maupun eksternal. Masalah-masalah internal seperti terbatasnya anggaran, kurangnya staf, dan lemahnya koordinasi terbukti menghambat aktivitas CDC. Sedangkan dalam aspek eksternal, seperti ketidaksiapan industri dan jalur distribusi juga berpegaruh signifikan terhadap kinerja ekspor Indonesia. Penelitian ini merupakan bahan rekomendasi kebijakan mendukung strategi ekspor dengan memperkuat instrumen commercial diplomacy.

ABSTRACT
There are Pro’s and Contra’s on efficacy of CDC instruments to boost exports. This paper attempts to investigate the impact of one of Indonesian CDC instruments, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) on export performance using the gravity model of international trade and employ panel data for 19 years observations over 62 countries of Indonesian export destinations and yields a positive correlation between the existences of ITPC to Indonesian export performance. A further discussion is conducted to explore the challenges of CDC instruments of Indonesia using qualitative interviews. The interferences comes from internal as well as external factors. The internal issue such as limited budget, lack of staff, and coordination problem. Whereas, in the external aspects, the preparedness of Indonesian industry and the channel of export distribution bring tremendous deterrents in boosting Indonesian exports. Hence, this research serves as a policy recommendation for the government in supporting export strategy by strengthening the commercial diplomacy instruments.
, There are Pro’s and Contra’s on efficacy of CDC instruments to boost exports. This paper attempts to investigate the impact of one of Indonesian CDC instruments, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) on export performance using the gravity model of international trade and employ panel data for 19 years observations over 62 countries of Indonesian export destinations and yields a positive correlation between the existences of ITPC to Indonesian export performance. A further discussion is conducted to explore the challenges of CDC instruments of Indonesia using qualitative interviews. The interferences comes from internal as well as external factors. The internal issue such as limited budget, lack of staff, and coordination problem. Whereas, in the external aspects, the preparedness of Indonesian industry and the channel of export distribution bring tremendous deterrents in boosting Indonesian exports. Hence, this research serves as a policy recommendation for the government in supporting export strategy by strengthening the commercial diplomacy instruments.
]"
2015
T45229
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Shinta Dewi
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh kebijakan pendirian agensi promosi ekspor pemerintah (Indonesia Trade Promotion Center) terhadap peningkatan ekspor non-migas Indonesia di 42 negara mitra dagang, yang kemudian akan dianalisis lebih lebih dalam dengan membagi negara mitra dagang tersebut kedalam kelompok negara berpendapatan tinggi dan menengah.
Adapun penelitian ini akan menggunakan variabel dummy kebijakan ITPC di 42 negara mitra dagang sebagai proksi dari promosi ekspor dan sebagai proksi kebijakan pemerintah dalam mengatasi hambatan asimetris informasi. Penelitian ini akan diestimasi dengan menggunakan pendekatan model data panel dan menggunakan waktu periode penelitian tahun 2000-2014.
Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan agensi promosi ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan ekspor non-migas Indonesia. Hasil kajian ini juga membuktikan bahwa keberadaan ITPC di negara berpendapatan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan ekspor akan tetapi tidak ditemukan pengaruh ITPC di negara berpendapatan menengah.

This research aims to analyze the effect of Export Promotion Agency Republic of Indonesia (named Indonesian Trade Promotion Center). This ITPC was established to promote non-oil export of Indonesia in 42 country trading patner. This research deeply analyzes in details the trades partner countries of both in group of the high and middle income countries.
This study use a dummy variable of ITPC in 42 country trading partner as both the proxy of export promotion and government policies in dealing with asymmetry information problem. This research using panel data model with the time period of 2000 to 2014.
In general, this research found that the existence of the export promotion agency is positive and significant to promote Indonesia export. This research also proved that the existence of ITPC has significant positive effect on export in high-income countries yet opposite in middle income counties."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T45734
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Panuntun
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas strategi promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan Kementerian Sosial RI. Dalam melakukan promosi, perpustakaan ini melaksanakan sebuah kegiatan yang disebut Bibliobattle. Bibliobattle adalah kegiatan melombakan buku untuk menjadi buku yang terbaik di antara buku lainnya yang dilombakan dengan cara deskripsi buku. Strategi promosi yang digunakan dengan memanfaatkan kegiatan Bibliobattle adalah strategi dorong. Penyebaran informasi mengenai pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan cara mulut ke mulut dari pustakawan ke rekannya sampai peserta yang pernah ikut kegiatan ini. Pada pelaksanaan Bibliobattle, kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari penonton yang hadir. Setelah kegiatan ini berjalan, perpustakaan mengalami peningkatan pada jumlah kunjungan dan jumlah keterpakaian koleksi.

ABSTRACT<>br>
This study discuss the promotion strategy that done by the Ministry of Social Affairs Library. In executing promotion, this library is perform an activity called Bibliobattle. Bibliobattle is an competition activity that the presenter must describe the content of books that presenter reads to win the books. The promotion strategy that used is push strategy. Dissemination of information about this activity is done by mouth to mouth by librarian to colleagues and by participants that joined this activity. This activity received high enthusiasm from the audience that attend Bibliobattle. After Bibliobattle held, the visitors of library and number of collection used is increasing."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Shahid Alam, 1950-
New York: Praeger Publisher, 1989
338.951 ALA g
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tampubolon, Ernest B. J.
"Kinerja ekspor akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terutama adalah GDP foreign dan nilai tukar real. Terkait dengan flexible exchange rate yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia selama satu dekade terakhir, nilai tukar rupiah bergerak bebas mengikuti irama pasar uang dunia. Ini tentunya akan memberikan pengaruh terhadap komoditas ekspor Indonesia secara umum. Elektronik merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia yang pertumbuhannya relatif stagnan apabila diperbandingkan dengan pertumbuhan ekspor produk elektronik dunia. Tesis ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara volatilitas nilai tukar terhadap ekspor produk elektronik Indonesia (HS 847160, 847170, 847330, 850610, 852190, 852540, 854219) dan sekaligus melihat hubungan antara pendapatan nasional negara mitra dan nilai tukar riil terhadap ekspor produk-produk tersebut. Metodologi yang digunakan adalah analisa data panel atas nilai ekspor tujuh produk elektronik tersebut ke negaranegara mitra dagang utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volatilitas nilai tukar memberikan pengaruh yang berbeda terhadap nilai ekspor masing-masing produk sesuai dengan karakteristiknya.

The export performance will be affected by main factors which are the foreign GDP and the real exchange rate. Along with its flexible exchange rate regime that has been implemented by Indonesia’s government for more of a decade the rupiah is has been freely move align with the money market condition. This is surely affected the export of Indonesia’s commodity in general. Electronics is one of Indonesia s main export commodities that is considered having a stagnant export growth relative to the world’s electronic export. This study is intended to analyze the relationship of exchange rate volatility to the export of Indonesia’s electronic products (HS 847160, 847170, 847330, 850610, 852190, 852540, 854219) and also to analyze the relationship of trading partner’s GDP and the real exchange rate to the exports of such electronic products, with panel data observation regarding with the export value of electronic products to main export destination countries. This study shows that the exchange rate volatility differ in its impact to the export value of the tested electronic products based upon its characteristics. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Root, Franklin R.
D.C. Heath: Lexington Books, 1987
658.848 ROO e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>