Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 56338 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yosefa RumbawatiI Indriyani
"Kepala Bagian merupakan jabatan yang sangat strategik di RSIA Hermina Jatinegara karena memiliki tanggungjawab tidak hanya terhadap operasional kegiatan-kegiatan di semua urusan atau pun instalasi namun juga harus mengkoordinasi semua Urusan mau pun Instalasi yang berada dalam wewenangnya. Dengan demikian dibutuhkan manajer-manajer yang tidak hanya memahami proses operasional di semuru urusan ataupun instalasi yang menjadi wewenangnya namun namun juga dibutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan konseptual, administratif dan kemanusiaan. Sehingga bila RSIA Hermina Jatinegara ingin terus bergerak maju mencapai bisinya, tidak cukup bila pengangkatan manajer setingkat kapala bagian hanya berdasarkan kebijaksanaan direktur semata. Diperlukan tolok ukur yang berbasis kompetensi sesuai bidang tugas yang akan diemban, agar proses pengangkatan dan pembinaan manajer setingkat kepala bagian ini transparan dan terarah. Di RSIA Hermina Grup, persyaratan kompetensi untuk menjadi manajer setingkat kepala bagian belum ada, yang ada baru persyaratan kompetensi pada lebel pelaksana.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komponcn-komponen kompetensi yang harus dimiliki manajer sctingkat Kepala Bagian di RSIA Hennina Jatinegara tahun 2007. Komponen-komponen tersebut terbagi mcnjadi kompetensi inti {core competency) dan kompetensi spcsifik. Pcnelitian merupakan penelitian kualitatif. Penelitian diiakukan di RSlA Hemtina Jatinegara dari bulan Aprit - Mei 2006. data yang digunakan terdiri darJ data primer yang dipcroleh dari wawancam mendalam (indepth interview) dan F:xperts panel, dan data sekuoder berupn Check list un1nk telaah dokumen yang berkaitan dengan kompetcnsi manajer setingkat kepala bagian di RSJA Hem1ina Jatincgara. lnforman indeplh interview f)i tingkat Grup terdiri dari Direktor Utamdan Kepata Departemen HRO, dan di tingkal ntmah sakit y
Hasil peneiitian menunjukkan Komponen Komptcnsi lnti (Core rompetency) unhtk tiap Manajer setingkat Kepala bagian adalah Kemampuan Wirausaha. Hasil penclitian ini dapat dikembangkan lebih lanjul meojadi Model Kompctcnsi manajer sctingkat kepala bagian, dirnana Model Kompetensi tersebut dapat digunakan scbagai pcdoman pcnyus.unan Program Pcndidikan dan Pclatihan manajer sctingkat kcpala bagian, pcnentuan reward remunerasi dan jenjang karir di RSIA Hermina Jatincgara. "
Universitas Indonesia, 2007
T31644
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adjie Sapta
"PT. Toyota Astra Motor sebagai perusahaan "joint venture" antara PT. Astra International Tbk. (Indonesia) dan Toyota Motor Company (Jepang) menyadari bahwa keunggulan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang merupakan "intelectual capital" dari perusahaan merupakan sumberdaya utama dalam menghadapi kompetisi global di abad 21 mendatang.
Kemampuan secara dini memetakan kelebihan dan kekurangan dan seorang karyawan khususnya untuk calon level manajerial merupakan hal yang mutlak guna mendapatkan suatu pengembangan pribadi (individual development plan) yang lebih fokus dan sejalan dengan strategi perusahaan. Oleh sebab itu diperlukan suatu model pengukuran potensi karyawan yang teruji kehandalannya secara intemasional dan dapat dilakukan secara in-house di PT. Toyota Astra Motor.
Penulis beruntung mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan menjadi Assessor dan Administrator untuk Toyota Group Executive Assessment Center dari Development Dimension International (DDI) Pittsburgh, sebuah organisasi konsultan sumber daya manusia yang ternama di Amerika yang telah membantu lebih dari 200 perusahaan yang terdaftar namanya dalam FORTUNE 500, dan pendirinya yaitu DR. William C Byham termasuk angkatan pertama yang mempelopori penggunaan Assessment Center untuk dunia bisnis , sehingga penulis dapat menghayati secara mendalam pengukuran potensi karyawan ini melalui pengamatan langsung.
Tujuan penelitian adalah pertama untuk menemukan dimensi apa yang dibutuhkan oleh level manajerial PT. Toyota Astra Motor di masa mendatang dan kedua adalah menemukan bagaimana cara pengukuran potensi itu sendiri melalui metode yang dikenal dengan nama Assesment Center.
Untuk tujuan pertama, populasi yang dijadikan lokus penelitian adalah para manajer PT. Toyota Astra Motor , dimana teknik pengumpulan data berdasarkan hasil kuesioner, wawancara dan focus group yang dilakukan kepada manajer dan Board of Director. Hasil penelitian adalah 13 dimensi dan 1 kecocokan motivasi yang apabila dimiliki seorang manajer diyakini mampu membuat manajer tersebut efektif dan efisien dalam pekerjaannya.
Untuk tujuan kedua, lokus penelitian adalah sistem penyelenggaraan Assessment Center di PT. Toyota Astra Motor, yang berlangsung pada bulan Juni dan awal Juli 1999. Dalam penelitian yang dilakukan secara kualitatif ini, penulis melakukan pengamatan langsung dengan menjadi Assesor dan Administrator Assessment Center. Hasil penelitian adalah suatu model yang memberikan gambaran tahap demi tahap pelaksanaan Assessment Center yang menjadi dasar pengukuran potensi kandidat manajer di PT. Toyota Astra Motor.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan perlunya dibuat suatu Return On Investment (ROl) terhadap proses ini dan disamping itu perlu dilatih lebih banyak Interviewer dan Assessor agar proses Assessment Center ini tetap langgeng walaupun ada Interviewer dan Assessor yang "turn over" karena lanjut usia ataupun pindah ke perusahaan lain."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Derry Adityo Anggriawan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Leader
Member Exchange (LMX) dengan kepuasan kerja pada karyawan bagian
operasional di perusahaan bidang industri manufaktur yang mengolah serta
memproduksi besi dan baja. LMX didefinisikan sebagai hubungan dua arah yang
dinamis antara pemimpin dan karyawan dimana pemimpin akan memperlakukan
karyawan secara berbeda sesuai dengan waktu dan kemampuan yang dimiliki oleh
atasan tersebut (Graen dan Cashman, 1975). LMX merupakan variabel
multidimensional, memiliki empat dimensi yaitu kontribusi, loyalitas, afeksi dan
respek terhadap profesi (Liden dan Maslyn, 1998)yang diukur melalui LMXMDM
dalam the Indonesian Quality of Work Life Questionnaire (IQWiQ)
(Radikun, 2010). Kepuasan kerja berkitan dengan bagaimana perasaan seseorang
terhadap pekerjaannya dan aspek-aspek yang berkaitan dengan pekerjaannya
(Spector, 2006) yang diukur melalui alat ukur kepuasan kerja Roelen (Roelen,
2008) dan telah diadaptasi dalam the Indonesian Quality of Work Life
Questionnaire (IQWQ) (Radikun, 2010). Sampel dalam penelitian ini mencakup
90 karyawan operasional dari 2 divisi PT. Krakatau Steel, Tbk dengan
menggunakan accidental sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat
hubungan positif yang signifikan antara LMX dengan kepuasan kerja pada
karyawan bagian operasional (r=+0.489, p<0.05, two tailed). Dari hasil penelitian,
perusahaan disarankan untuk memperhatikan kontribusi atasan (supervisor) dalam
kejelasan orientasi, pengarahan dalam pemberian instruksi kerja. Selain itu perlu
juga supervisor melakukan evaluasi dengan jelas disertai sitem reward &
punishment yang tepat, meninjau kembali upah yang diberikan serta memberikan
apresisasi terhadap performa kerja.

Abstract
The research?s purpose is to analyse the correlation between Leader
Member Exchange (LMX) and job satisfaction of the employee who work on
operational section on the manufactur company which process and produce iron
and stell. LMX defined as a dynamis two way relationship between the supervisor
and the employee where the supervisor will treat the employee differently
according to the time and ability of the supevisor (Graen and Cashman, 1975).
LMX is a multidimensional variable, have four dimension which is contribution,
loyalty, afection and respect on the job (Liden and Maslyn, 1998) which measured
with LMX-MDM in the Indonesian Quality of Work Life Questionnaire(IQWiQ)
(Radikun, 2010). Job satisfaction related on what one individu feel about the job
and every aspect about his or her job (Spector, 2006) which is measured with
Roelen?s job satisfaction measuring instrument (Roelen, 2008) and have been
adepted in the Indonesian Quality of Work Life Questionnaire (IQWQ) (Radikun,
2010). Sample of this research is 90 operational section employee of 2 divison
from PT. Krakatau Steel, Tbk and using accidental sampling. The result show
that, there is a significant positive relation between LMX and employee?s job
satisfaction (r=0.489, p<0.05, two tailed). Based on the result, the company is
advised to pay attention to the contribution of the supervisor on the clearness of
orientation, direction on job instruction. Furthermore, supervisor also need to do
the evaluation clearly and using reward and punishment system accurately.
Review about the wage and give appreciation about performance of the job."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S43223
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hyland, Bruce
Jakarta: Gramedia Pustka Utama, 1996
658.407 HYL r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ciampa, Dan
Boston, MA: Harvard Business School Press, 1999
658.409 2 CIA r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kouzes, James M.
Jakarta: Erlangga, 2004
658.409 2 KOU l (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Cadwell, Charles M.
"Today?s leaders face many challenges in achieving their goals. Rapid changes in technology, a more diverse workforce, changes in government regulations, worldwide competition, and the growing complexity of things in general have increased our awareness of the need for more effective leaders. Developing leaders requires having an understanding of the knowledge and skills required for effective leaders. Leadership Skills for Managers, 4th edition, focuses on five leadership skill sets necessary to ensure individual and organization performance: providing direction, leading by example, enabling others, sharing power, and seeking a better way. In addition to the leadership skill sets, the book examines the attitudes and mindsets of effective leaders. In the final analysis, the evidence of leadership is in the performance of the people and the organizations that follow the leader. When they perform well, the leader is a success. When they don?t perform well, leadership changes are almost always forthcoming. This book provides the background, real-world examples, practical applications, and numerous exercises to help prepare aspiring leaders. The lessons learned in this course can be applied to any leadership level in an organization and in any type of organization. Readers will learn how to: * Make the change from manager to leader. * Provide direction. * Enable others to achieve and succeed. * Develop a vision and create alignment. * Grow and develop new leaders. * Appraise leadership performance. * Use Continuous Improvement. This is an ebook version of the AMA Self-Study course. If you want to take the course for credit you need to either purchase a hard copy of the course through amaselfstudy."
New York: [American Management Association, ], 2004
e20437095
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"Professionals today, whether they are new or seasoned, need a solid foundation of essential skills in order to keep pace with the speed of change. The American Management Association, the preeminent provider of business education worldwide, trains the majority of the Fortune 500 companies in competitive business skills. Now, for the first time, AMA has assembled the most critical, "must-have" skills for managers and leaders in one handy volume. "AMA Business Boot Camp" paves the way for readers to: motivate, increase morale, and enhance productivity; manage organizational change; improve their ability to communicate and influence others; screen, evaluate, and select corporate strategies; conduct effective performance reviews; protect themselves against the pitfalls of intra-organizational politics; and much more. Covering everything from management and leadership to project management and strategy, this one-of-kind reference serves as a crash course in the fundamentals required for lasting success."
New York: [American Management Association, ], 2013
e20436715
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Haskell Scchell, Erwin
Tokyo: McGraw-Hill Book Company, INC, 1957
600 HAS t;600 HAS t (2);600 HAS t (2);600 HAS t (2);600 HAS t (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Meredith, Geoffrey G.
Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1996
338.01 MER pt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>