Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 64187 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Pemodelan adalah salah satu proses awal dalam pengembangan suatu aplikasi atau produk. Tahap ini dilakukan untuk meminimalkan kesalahan pada produk akhir. Salah satu metode pemodelan berorientasi objek yang banyak digunakan adalah pemodelan UML (Unified Modeling Language). Dalam UML suatu sistem dipandang sebagai kumpulan objek yang memiliki atribut dan method. SystemC adalah bahasa perancangan perangkat keras yang berbasis C++. SystemC merupakan sebuah library yang mendefinisikan tipe-tipe komponen perangkat keras. Dalam pemodelan bersama perangkat keras dan perangkat lunak, UML dan SystemC memiliki kemampuan yang sama. Pada paper ini dilakukan analisis proses transformasi dari pemodelan berorientasi objek dengan UML dan implementasi dengan menggunakan SystemC. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses transformasi UML-SystemC dapat dilakukan karena keduanya memiliki nature yang sama sebagai lingkungan yang dapat merancang bersama hardware dan software. Perangkat yang digunakan untuk penelitian ini adalah Rational Rose dan SystemC.

Abstract
Modeling is one of the first process in the development of an application or product. This phase is done to minimize errors in the final product. One method in object-oriented modeling that is widely used is UML (Unified Modeling Language). In UML a system is seen as a collection of objects that have attributes and methods. SystemC is a hardware design language based on C++. SystemC is a library that defines the types of hardware components. In a joint modeling of hardware and software, UML and SystemC have similar capabilities. In this paper, researchers analyzed the transformation of object-oriented modeling with UML and the implementation by using SystemC. The results shows that the transformation process of UML-SystemC can be done because both have the same nature as the environment that can design both hardware and software. The device used for this study is the Rational Rose and SystemC."
[Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Fakultas Informatika IT Telkom], 2010
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Pemodelan adalah salah satu proses awal dalam pengembangan suatu aplikasi atau produk. Tahap ini dilakukan untuk meminimalkan kesalahan pada produk akhir. Salah satu metode pemodelan berorientasi objek yang banyak digunakan adalah pemodelan UML (Unified Modeling Language). Dalam UML suatu sistem dipandang sebagai kumpulan objek yang memiliki atribut dan method. SystemC adalah bahasa perancangan perangkat keras yang berbasis C++. SystemC merupakan sebuah library yang mendefinisikan tipe-tipe komponen perangkat keras. Dalam pemodelan bersama perangkat keras dan perangkat lunak, UML dan SystemC memiliki kemampuan yang sama. Pada paper ini dilakukan analisis proses transformasi dari pemodelan berorientasi objek dengan UML dan implementasi dengan menggunakan SystemC. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses transformasi UML-SystemC dapat dilakukan karena keduanya memiliki nature yang sama sebagai lingkungan yang dapat merancang bersama hardware dan software. Perangkat yang digunakan untuk penelitian ini adalah Rational Rose dan SystemC.
Modeling is one of the first process in the development of an application or product. This phase is done to minimize errors in the final product. One method in object-oriented modeling that is widely used is UML (Unified Modeling Language). In UML a system is seen as a collection of objects that have attributes and methods. SystemC is a hardware design language based on C++. SystemC is a library that defines the types of hardware components. In a joint modeling of hardware and software, UML and SystemC have similar capabilities. In this paper, researchers analyzed the transformation of object-oriented modeling with UML and the implementation by using SystemC. The results shows that the transformation process of UML-SystemC can be done because both have the same nature as the environment that can design both hardware and software. The device used for this study is the Rational Rose and SystemC.
Modeling is one of the first process in the development of an application or product. This phase is done to minimize errors in the final product. One method in object-oriented modeling that is widely used is UML (Unified Modeling Language). In UML a system is seen as a collection of objects that have attributes and methods. SystemC is a hardware design language based on C++. SystemC is a library that defines the types of hardware components. In a joint modeling of hardware and software, UML and SystemC have similar capabilities. In this paper, researchers analyzed the transformation of object-oriented modeling with UML and the implementation by using SystemC. The results shows that the transformation process of UML-SystemC can be done because both have the same nature as the environment that can design both hardware and software. The device used for this study is the Rational Rose and SystemC."
IT Telkom, Fakultas Informatika, 2010
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Pada embedded system terdapat dua bagian penting yaitu komponen komputasi (register) dan komponen komunikasi. Komponen komunikasi menjadi perhatian penting pada mekanisme pemodelan level transaksi (Transaction Level Modeling, TLM). Kanal komunikasi adalah komponen untuk transaksi antar register. Fokus pembahasan TLM adalah perancangan kanal yang dapat mengakomodasi untuk peningkatan level transaksi. Kanal (channel) adalah implementasi bus untuk komunikasi antar komponen pada embedded system. Hal ini adalah kunci penting untuk mencapai impelementasi TLM untuk meningkatkan efisiensi pemodelan. Pada paper ini diusulkan beberapa definisi rancangan kanal sebagai implementasi TLM untuk perancangan embedded system. Hasilnya menunjukan bahwa rancangan kanal dapat berjalan sebagai bus untuk transaksi pada TLM. Paper ini menggunakan SystemC sebagai bahasa pemodelan.
On embedded systems, there are two important parts: computational components (registers) and communication components. Communication component becomes an important attention on the mechanism of transaction level modeling (TLM). Communication channel is a component for transactions between registers. The focus of TLM is the design of the channel that could accommodate for the increased level of transactions. Channel is the implementation of the bus for communication between components in embedded systems. This is an important key to achieve the implementation of TLM to improve the efficiency of modeling. This paper proposed a definition of the channel design as the implementation of TLM for embedded systems design. The result shows that the design of the channel can run as a bus for transactions on the TLM. This paper uses SystemC as modeling language."
IT Telkom, Fakultas Informatika, 2010
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ribka Novita Sari
"UMKM di bidang makanan dan minuman menjadi prioritas pemberdayaan bagi pemerintah. Dalam peta jalan Making Indonesia 4.0 oleh Kementerian Perindustrian, UMKM harus mengadopsi teknologi di sepanjang rantai nilai bisnis agar hasil produksi dan pangsa pasar meningkat. Pemerintah juga menargetkan 30 juta UMKM untuk melakukan transformasi digital di akhir 2023. Penerapan sistem informasi sebagai transformasi digital membantu UMKM untuk mengotomatisasi aktivitas operasional, mengintegrasikan data, dan mendapatkan data yang lebih akurat. Penelitian ini, menggunakan metode System Development Lifecycle (SDLC) dengan pendekatan Object Oriented. Sistem yang dihasilkan berupa sistem pemesanan, sistem manajemen produk, sistem manajemen karyawan, sistem input promosi, sistem input invoice, dan sistem transaksi. Dalam penelitian ini, alat bantu perancangan yang digunakan adalah entity relationship diagram, use case diagram, use case scenario, class diagram, activity diagram, dan sequence diagram. Sistem informasi yang dirancang memiliki arsitektur database berupa three-tier architecture. Adapun tahapan tranformasi digital yang dicapai adalah integrasi data dan otomatisasi proses.

The government has made MSMEs in the food and beverage sector as a priority for empowerment. In the Making Indonesia 4.0 roadmap by the Ministry of Industry, MSMEs must adopt technology along the business value chain so that production results and market share increase. The government is also targeting 30 million MSMEs to carry out digital transformation by the end of 2023. The application of information systems as digital transformation helps MSMEs to automate operational activities, integrate data, and obtain more accurate data. This study uses the System Development Life Cycle (SDLC) method with an Object-Oriented approach. The resulting systems are order systems, product management systems, employee management systems, promotion input systems, invoice input systems, and transaction systems. In this study the design tools used are entity relationship diagrams, use case diagrams, use case scenarios, class diagrams, activity diagrams, and sequence diagrams. The designed information system has a database architecture in the form of a three-tier architecture. The stages of digital transformation that have been achieved are data integration and process automation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lie Tjun Tjie
"ABSTRAK
Munculnya isu penelitian ini diawali dengan adanya tingkat kesenjangan yang
signifikan di bidang studi perancangan arsitektur, yaitu antara konsep verbal yang
diinginkan oleh seorang perancang dengan konsep figural yang dihasilkan. Hasil
pengamatan banyak menunjukan pola hubungan yang tidak signifikan atau tidak
sejalan. Peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih jauh terhadap fenomena
tersebut.
Melalui kajian bidang psikologi khususnya psikologi pendidikan, peneliti
menganalisis beberapa teori yang relevan seperti; teori kreativitas khususnya pada
proses berpikir kreatif teori perancangan arsitektur, dasar-dasar teori neurologi, dan
teori belajar. Hasil analisis beberapa teori tersebut disintesakan oleh peneliti dalam
bentuk model pembelajaran yaitu ?model pembelajaran transfomasi kreatif dalam
proses berpikir?.
Tujuan penelitian adalah ingin membuktikan pengaruh model pembelajaran
transformasi kreatif dalam proses berpikir terhadap prestasi belajar di bidang
perancangan arsitektur (bangunan). Sedangkan masalah utama penelitian ini adalah
?apakah ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar pada matakuliah
perancangan arsitektur yang disebabkan oleh model pembelajaran transformasi
kreatif dalam proses berpikir dan model pernbelajaran konvensional (analisis
tugas)?.
Prosedur penelitian meliputi: sampel berasal dari mahasiswa arsitektur, metode
yang digunakan untuk interpretasi hasil penelitian menggunakan rancangan
eksperimen, alat analisis datanya menggunakan Uji-U, dan koefisien jalur atau path
analysis.
Dari hasil analisis atau olah data, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar antara kelompok yang
diberi model pembelajaran transformasi kreatif dalam proses berpikir dan model
pembelajaran konvensional (analisis tugas), disamping itu terdapat juga peningkatan
yang signifikan pada kemampuan berpikir transformasi kreatif pada kelompok yang
diberi model pembelajaran transformasi kreatif dalam proses berpikir serta mampu
menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif.
Model pembelajaran transformasi kreatif dalam proses berpikir ini merupakan
inovasi terkini (2005) dalam ilmu psikologi khususnya bidang kreativitas dan
perancangan arsitektur.

Abstract
The emergence of the research topic was initiated by the significant discrepancies found
in the field of architectural designs, particularly between the verbal concept, which is
desired by a designer and the figural concept, which results in. The results of the
observation have indicated that the relationship is not significant or inconsistent. The
researcher is interested to explore such phenomena further.
Based on the analysis in the psychological Held, particularly the educational psychology,
the researcher attempted to analyze some relevant theories, such as: creativity theory -
particularly the creative thinking process, theory of architectural designs, basic theory of
neurology, and theory of learning. The results of the analysis on the theories are
synthesized by the researcher in the form of a learning model, which is ?the creative
transformational learning model of the thinking process".
The objective of the research is to prove the influence of the creative transformational
learning model of the thinking processes on the academic achievements in the areas of
architectural designs. Whereas the main problem of this research is whether there is a
significant difference between the academic achievements in the architectural design
class, caused by the creative transformational learning model of the thinking process and
the conventional learning model (based on the assignment analysis)
The research procedure includes the following aspects: samples taken from the architect
students. The research methods used to interpret the data were based on the experimental
design. The data analysis tools used were the U-Test and path analysis.
Based on the data analysis, it is indicated that there is a significant difference towards die
academic achievements between the groups where the creative transformational learning
model was applied and the groups where the conventional learning model was applied.
Some significant components, which have contributed to the academic achievements, are
as follows: the improvement of the creative transformational abilities and the works
produced are innovative and original.
The creative transformational learning model of the thinking process is the most recent
innovation in Psychology, specifically in the areas of creativity and architectural designs."
2005
D684
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Markus Zahnd
Jakarta: Kanisius, 2009
711.4 MAR p (1);711.4 MAR p (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Winoto
"Reconfigurable Manufacturing System (RMS) adalah sistem manufaktur yang mempunyai kemampuan mengkonfigurasi ulang hardware, software dan pusat kontrol pada level fungsional dan organisasional supaya secara cepat menyesuaikan kapasitas dan fungsionalitas produksi sebagai respon terhadap pasar atau syarat pengaturan sistem yang berubah secara tiba-tiba. Skripsi ini membahas mengenai pembuatan model simulasi RMS untuk mengetahui karakteristik dan perilaku RMS yang dilihat berdasarkan hasil produksi dan penggunaan waktu produksi. Adapun karakteristik RMS yang diteliti pada model simulasi RMS ini, yaitu scalability, convertibility dan integrability. Model ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak pemodelan berorientasi objek: Plant Simulation 9.0. Dari hasil simulasi dan analisis, karakteristik scalability, convertibility dan integrability dapat dipahami dengan lebih baik sehingga diharapkan dapat berguna dalam perancangan RMS di industri manufaktur.

Reconfigurable Manufacturing System (RMS) is a manufacturing system that has an ability to reconfigure hardware, software and control resources at all of the functional and organizational levels, in order to quickly adjust production capacity and functionality in response to sudden changes in market or in regulatory requirements. This thesis discusses the design of simulation model of RMS to learn the characteristics and behaviors of RMS based on the production result and the use of production time. The characteristics of RMS discussed in RMS simulation model are scalability, convertibility and integrability. This model was created using object-oriented modeling software: Plant Simulation 9.0. From the simulation result and analysis, the characteristics of scalability, convertibility and integrability could be better understood, thus it would be useful in the design of the RMS in the manufacturing industry."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43600
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S37157
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdi Ferandi
"Untuk membantu mahasiswa menentukan topik serta pembimbing seminar dan sk.ripsi, telah diimplementasikan rule based expert system untuk melakukan konsultasi online" Sistem memberikan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa, memhandinghmnya dengan nilai mahasiswa. dan kemudian memberikan solusi. Dengan adanya konsultasi online ini, keterbatasan pembimbing akademis dalam hal tenaga, tempat dan waktu dapat diatasi. Sistem ini bekerja dengan baik, namun memiliki keterbatasan tidak memiliki kemampuan belajar. Sedangkan kemampuan belajar ini penting apabila lingkugan atau standar keahlian berubah seiring waktu. Oleh karena itu dilakukan perancangan implementasi sistem adaptif yang memungkinkan sistem menerima input baru dari mahasiswa. Input baru itu kemudian akan diproses untuk memperbaiki aturan (rules) yang sudah ada sehingga sesi konsultasi berikutnya akan menjadi lebih baik. Selaln memiliki kemampuan adaptasi, implementnsi ini juga memungkinkan perubahan pertanyaan dan pilihan. jawabcm yang diberikan pada user pada waktu konsultasi. Sebelumnya untuk merubah pertanyaan dan pilihan jawaban, harus dilakukan perubahan pada program (coding) halaman tersebut. Dalam tugas skripsi ini, untuk mempermudah dilakukannya maintenance, penulis telah menamhahkan satu halaman admin untuk menguhah database aturan. Berdasarkan hasil implementasi sistem adaptif, sistem mampu beradaptasi sesuai dengan input baru yang diberikan oleh mahahasiswa. Sesi konsultasi selanjutnya diperbaiki berdasarkan input-input yang sebelumnya diberikran. Penambahan halaman..."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39991
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>