Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112854 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Elly Junalia
"Magister Ilmu Keperawatan Peminatan Komunitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas IndonesiaJudul Tesis Pembimbing: :Hubungan antara Komunikasi Orang Tua dan Anak dengan Self Efficacy Anak Usia Sekolah di SD Negeri Kreo 5 TangerangAgus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N.Ns. Poppy Fitriyani, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom. Self efficacy anak usia sekolah merupakan keyakinan kemampuan diri dalam hal akademik, sosial, dan emosional yang dimiliki oleh anak usia sekolah serta berpengaruh terhadap perilaku anak usia sekolah. Self efficacy merupakan faktor penting dalam perkembangan psikologis anak. Pembentukan dan perkembangan self efficacy anak usia sekolah didukung oleh peran orang tua melalui komunikasi antara orang tua dan anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi orang tua dan anak dengan self efficacy pada anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling. Responden penelitian ini adalah 152 siswa kelas 4,5, dan 6 SD Negeri Kreo 5 Tangerang yang berumur 10 - 12 tahun. Instrumen yang digunakan kuesioner komunikasi orang tua dan anak dan kuesioner self efficacy anak usia sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara komunikasi orang tua dan anak dengan self efficacy anak usia sekolah p value < 0,001, ? 0,05 . Penelitian ini merekomendasikan pemberian promosi kesehatan dan intervensi keperawatan pada anak usia sekolah dan keluarga untuk meningkatkan self efficacy dan komunikasi antara orang tua dan anak.

Counselor The Relationship between Parent Child Communication and Self Efficacy of School Age Children in SDN Kreo 5 TangerangAgus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N.Ns. Poppy Fitriyani, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom. Self efficacy of school aged children is self confidence in the academic, social, and emotional aspects of school aged children and influences the behavior of school aged children. Self efficacy is an important factor in the child 39 s psychological development. The establishment and development of self efficacy of school age children is supported by the role of parents through parent child communication.
This study aimed to determine the relationship between parent child communication and self efficacy in school aged children. This research used cross sectional research design. Sampling with cluster sampling technique. The respondents of this research were 152 students of Kreo 5 State Elementary School grade 4.5, and 6, aged 10 to 12 years old. Instrument used parent child communication questionnaire and self efficacy of school age children questionnaire.
The result of the research showed that there was a relationship between parent child communication and self efficacy of school age children p value
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
T49078
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Anak usia sekolah sangat rentan terhadap Iuka, oleh sebab itu perawatan Iuka sangat
diperlukan pada usia ini. Perilaku anak usia sekolah dalam merawat Iuka dipengaruhi
oleh pengetahuan anak tentang perawatan Iuka. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan anak usia sekolah tentang
perawatan Iuka dengan perilaku merawat Iuka. Desain penelitian yang digunakan
adalah deskriptif koleratif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 89 orang yang
diminta untuk mengisi kuisioner yang terdiri dari 17 pernyataan untuk variabel
tingkat pengetahuan dan 14 pernyataan untuk variabel perilaku. Responden
merupakan anak usia sekolah kelas III dan IV di SDN Depok Jaya II. Hasil penelitian
mendapatkan bahwa 67,4% responden memiliki tingkat pengetahuan rendah dan
32,6% memiliki tingkat pengetahuan tinggi, sedangkan jumlah responden yang
merawat Iuka dengan baik adalah 48,3%, sedangkan responden masih kurang baik
merawat Iuka sebanyak 51,7%. Analisa lebih Ianjut menyimpulkan bahwa tidak ada
hubungan antara tingkat pengetahuan anak usia sekolah tentang perawatan Iuka
dengan perilaku merawat Iuka di SDN Depok Jaya II tahun 2008. Peneliti
merekomendasikan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku merawat Iuka pada anak usia sekolah."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
TA5602
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Hasil penelitian LSM bidang perkotaan Pelangi bersama Institue for transportation and
development policy (ITPD) dan Institue Transporfasi (InTrans) pnda 2003 menyebutkan
bahwa 65% korban kecelakaan lalu lintas adalah pejalan kaki dimana 35%nya adalah
anak-anak (www.pelangi.or.id). Tujuan penelilian ini untuk mengidentifikasi tingkat
pengetahuan anak sekolah tentang bahaya kecelakaan Ialu lintas dan cara sekolah untuk
menghindarinya. Penelitian ini dilakukan di SDN Anyelir I Pancoran Mas Depok
dengan jumlah responden 76 orang yang terdiri dari siswa kelas 4,5 dan 6- Desain
penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana dengan instrumeu berupu
kuesioner, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah distribusi
frekuensi. Hasil penelitian ini menyimpulkan tingkat pengetahuan anak sekolah tenetang
bahaya kecelakaan lalu-lintas berkisar antara sedang (20%) sampai tinggi (80%),
Penelitian ini merekomendasikan SDN Anyelir l sebagai sekolah percontohan tertib
berlalu-lintas"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5495
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Sarapan pagi merupakan makanan yang setiap hari kita konsumsi pada pagi hari dengan menu dan cara saji yang bervariasi dengan tujuan sebagai cadangan energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gambaran tingkat pengetahuan orang tua tentang pentingnya pemberian sarapan pagi pada anak usia sekolah di Kelurahan Kemiri Muka, Depok. Desain yang digunakan adalah deskriptif sederhana, dengari sampel berjumlah 30 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan responden tentang pentingnya pemberian sarapan pagi pada anak usia sekolah adalah baik, karena dari 30 responden 19 (63.3 %) di antaranya mempunyai sikap yang positif sedangkan 11 (36.7 %) dengan sikap yang negatif. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan bahwa lebih dari 60 % responden di Kelurahan Kemiri Muka Depok tahun 2005, memiliki sikap, alasan, opini yang baik tentang pentingnya pemberian sarapan pagi bagi anak mereka di usia sekolah. Sedangkan (40 %) memiliki pengetahuan yang kurang. Bagi ibu yang mempunyai anak usia sekolah sebaiknya tidak mengenyampingkan pemberian sarapan pagi karena selain untuk mempertahankan ketahanan tubuh juga untuk meningkatkan prestasi di sekolah, bagi instansi sekolah agar memasukkan ke salah satu sub pokok bahasan program gizi bagi usia sekolah, dan tidak terlupakan bagi petugas kesehatan komunitas untuk program pembangunan non fisik menuju Indonesia sehat 2010."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5494
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Orang tua sebagai
faktor ekstrinsik hams memberikan dukungan terhadap kegiatan belajar anak. Tujuan
penelitian ini untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan orang tua tentang pengaruh
pemberian umpan balik posif dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia sekolah.
Penelitian dilakukan di SDN Sukmajaya V Depok dengan jumlah responden 63 orang.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana dengan menggunakan
kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kategorik yaitu persentase.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat pengetahuan rata - rata di SDN
Sukmajaya V Depok adalah sebesar 78,9 % dengan 81 % responden memiliki tingkat
pengetahuan tinggi dan 19 % tingkat pengetahuan rendah. Penelitian ini
merekomendasikan peningkatan promosi pengetahuan tentang tumbuh kembang anak
melalui pelayanan kesehatan, institusi pendidikan kesehatan dan sekolah - sekolah."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5513
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Dwi Septian
"Jajanan anak sekolah merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian. Dengan adanya beberapa kasus yang telah terjadi akibat makanan jajanan, orang tua mulai melarang anaknya untuk membeli makanan jajanan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan dan faktor apa saja yang berhubungan dengan kepatuhan siswa kelas 5 sekolah dasar terhadap larangan membeli jajanan tertentu oleh orang tua di SDN Ciputat VI Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan tahun 2012. Desain Penelitian yang digunakan adalah cross sectional, sasaran siswa kelas 5 dengan total sampel 140 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan Ada hubungan yang bermakna antara jenis kelamin, membawa bekal ke sekolah dengan kepatuhan siswa terhadap larangan membeli jajanan tertentu oleh orang tua (p<0,05). Tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan siswa, sikap siswa, uang jajan, perilaku orang tua, dan teman sebaya dengan kepatuhan siswa terhadap larangan membeli jajanan tertentu oleh orang tua (p>0,05). Sebaiknya jajanan yang dijual harus lebih diperhatikan demi mendukung anak memilih jajanan yang baik.

Snacks school children is a problem that needs attention. With the number of cases that have occurred due to street food, the parents began to forbid their children to buy some street food. The purpose of this study was to determine the level of compliance and what factors are associated with adherence to Grade 5 elementary school to ban certain snacks purchased by parents at Chester Elementary School Chester District VI South Tangerang City in 2012. The study design is cross-sectional, target grade 5 with a total sample of 140 students.
There results showed a significant association between the sexes, bring lunch to school with the students adherence to the prohibition of certain snacks bought by parents (p <0.05). There is no significant relationship between students 'knowledge, attitudes of students, pocket money, parents' behavior, and student peers in compliance with the ban on buying some snacks by parents (p> 0.05). Should snacks sold must be considered in order to support the children choose snacks that are good.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S45136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewanti
"ABSTRAK
Karies pada anak usia sekolah mengalami peningkatan setiap tahunnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah pengetahuan dan kesadaran pentingnya perawatan kesehatan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan kesehatan gigi dengan perilaku perawatan gigi pada
anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif. Responden penelitian berjumlah 156 anak usia sekolah di SDN Pondok Cina 4 Depok. Pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dengan perilaku perawatan gigi pada anak
usia sekolah di SDN Pondok Cina 4 Depok (p value: 0,013). Penelitian ini merekomendasikan institusi kesehatan, institusi pendidikan, dan orang tua untuk meningkatkan muatan informasi terkait kesehatan gigi dan perawatan gigi pada anak usia sekolah sehingga dapat mencegah terjadinya karies gigi

abstract
Caries in school-age children increases every year. One of the factors that affects the dental caries are knowledge and awareness of the importance dental health care. The aims of this study are to determine the relationship between the levels of dental health knowledge with the behavior of doing dental care. This study used descriptive correlative design. Sample of this study are 142 school age children in SDN Pondok Cina 4 Depok. Stratified random sampling is used as the sampling
techniques. The results of this study showed that there is a significant relationship between level of dental health knowledge with dental care behavior of school-age children in SDN Pondok Cina 4 Depok (p value: 0.013). The study recommends to health care institutions, educational institutions, and parents to enhance the information content related to dental health and dental care at school-age children to prevent the occurrence of dental caries."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42783
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Mardhiah
"ABSTRAK
Penyakit diare masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang belum terselesaikan di Indonesia. Rendahnya cakupan personal hygiene, yaitu kebiasaan cuci tangan dan makanan yang tidak higienis menjadi salah satu faktor risiko terjadinya diare pada anak sekolah dasar. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terbukti efektif menghilangkan bakteri di tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cuci tangan pakai sabun pada anak sekolah dasar dengan kejadian diare di SDN 01 Ciputat, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan besar sampel 105 siswa kelas 4,5, dan 6. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret-April 2018. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara kebiasaan cuci tangan pakai sabun dengan kejadian diare. Variabel confounding dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, status gizi, tempat membeli jajanan, frekuensi jajan, kontaminasi E. coli pada jajanan, kebiasaan membawa bekal, sumber air minum, dan kebersihan jamban di rumah. Uji kontaminasi E. coli menunjukkan hasil negatif pada jajanan es, ketoprak, dan soto. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa anak yang tidak biasa cuci tangan pakai sabun berisiko untuk diare 1,21 kali dibandingkan anak yang biasa cuci tangan pakai sabun, setelah dikontrol variabel frekuensi jajan dan kebiasaan membawa bekal. Perlu dilakukan pengendalian risiko kontaminasi makanan di sekolah dengan penyediaan fasilitas cuci tangan pakai sabun di sekolah untuk anak dan pedagang di kantin.

ABSTRACT
Diarrheal disease is still an unresolved public health problem in Indonesia. The Less implementation of personal hygiene, handwashing habits and unhygienic foods are risk factors for diarrhea suffered by children in in primary school. Hand washing with soap and flowing water proves to effectively remove bacteria in the hands. This study aims to explain the relationship of handwashing with soap in primary school children with the incidence diarrhea in SDN 01 Ciputat, South Tangerang. Design of this study is cross sectional with 105 sample of students grade 4,5, and 6. Data collection was conducted in March April 2018. The results showed no significant relationship between handwashing with soap and incidence diarrhea. The confounding variables used in this study are gender, nutritional status, place to buy snack, frequency of snack, E. coli contamination on snack, habit of bringing food supplies, drinking water source, and toilet clean at home. The E. coli contamination test showed negative results on ice cube, ketoprak, and soto. The results of the analysis showed that children who are not always wash their hands with soap at risk for diarrhea 1.21 times than children who always wash their hands, after controlled by variable frequency of snacks and the habit of bringing food supplies. It is necessary to control and reduce the risk of food contamination in schools with providing of handwashing facilities with soap for children and seller in the canteen."
2018
T50709
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitrianti
"Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan program untuk memupuk kebiasaan hidup sehat siswa Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat pengetahuan anak tentang perilaku sehat pada SD yang memiliki UKS. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukmajaya 05 Depok. Responden penelitian ini adalah siswa kelas 4, 5, dan 6 berjumlah 106 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sebanyak 93.4% siswa memiliki tingkat pengetahuan tinggi, 5.7% siswa memiliki tingkat pengetahuan sedang, dan 0.9% siswa memiliki tingkat pengetahuan rendah. Saran yang diberikan yaitu sekolah dapat menyusmm program-program UKS yang sesuai dengan pertumbuhan dan tingkat perkembangan siswa, terutama pengetahuan rnengenai aktivitas dan latihan."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5497
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>