Ditemukan 47131 dokumen yang sesuai dengan query
Heri Purwanto
Jakarta: Helen Keller International, 2013
371.9 DOK
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Jakarta: UI Publishing, 2024
371.9 KES
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
"early childood stage is very critical. In this stage, children learn a lot of things and gain experiences in an extraordinary pace....."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Teresa Anyelir Putri
"Artikel ini mengkaji gejala interaksi sosial antara guru dan murid dengan ldquo;kesulitan belajar spesifik rdquo; KBS seperti murid-murid autis, ADHD, dan disleksia di sekolah khusus. Tujuannya untuk menyingkap fungsi interaksi sosial guru dan murid KBS sebagai pembelajaran nilai dan norma penuntun tindakan sosial. Topik ini belum dibahas dalam studi-studi terdahulu yang memusatkan analisisnya pada masalah psikologis murid KBS, antara lain masalah kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah umum, pelabelan negatif oleh guru dan teman, perkembangan perilaku, dan ketergantungan murid pada guru. Dengan mengggunakan konsep-konsep fungsi sosial sekolah Meyer , tindakan komunikatif Habermas , dan interaksionisme simbolik Blumer , fungsi interaksi sosial guru dan murid sebagai pembelajaran nilai dan norma sosial diungkapkan melalui studi kasus kualitatif di Sekolah Pantara, sebuah sekolah khusus di Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan interaksi sosial guru dan murid KBS di Sekolah Pantara merupakan proses pembelajaran nilai-nilai kesantunan, kepekaan, tanggungjawab, dan kemandirian yang terkandung dalam kurikulum tersembunyi. Penelitian menyimpulkan interaksi simbolik antara guru dan murid KBS di kelas intervensi dini di Sekolah Pantara sampai batas tertentu meningkatkan kemampuan sosial murid KBS.
This article examined the phenomenon of social interaction between teachers and students with ldquo specific learning difficulties rdquo SLD , namely autism, ADHD, and dyslexia at the special school. It uncovered the function of that social interaction as a learning process of social values and norms which guide the social actions. This subject has not yet studied properly since the previous researches mainly examined the psychological aspect of students with SLD, such as the difficulties they faced in regular school, negative labelling gave them by teachers and classmates, their behaviour development, and their depencency to the teachers. Using an analytical framework linked the concepts of school social function Meyer , of communicative action Habermas , and of symbolic interactonism Blumer , the function of social interaction between teachers and students with SLD as a learning process of social values and norms examined through a qualitative case study on Sekolah Pantara, a special school at South Jakarta. The research pointed out that social interaction between teachers dan students with SLD at Sekolah Pantara is a learning process of social values namely politeness, sensitifity, responsibility, and independency included in a hidden curriculum. This research concluded simbolic interaction between the teachers and the student with SLD in the early intervention class at Sekolah Pantara, to some extent, increased the social abilities of the student with SLD."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Lily Djokosetio Sidiarto
Jakarta: UI-Press, 2007
612.5 LIL p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Hendra Surya
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015
153.15 HEN c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Syifa Putri Salsabila
"Anak dengan kesulitan belajar spesifik sering dianggap bodoh karena prestasi akademiknya yang kurang baik dibanding anak lainnya. Hal tersebut menjadi perhatian salah satunya bagi orangtua karena harus memiliki pengetahuan agar dapat mendeteksi dini, terutama orangtua anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan orangtua anak usia prasekolah tentang insan berkemampuan khusus dengan kesulitan belajar spesifik di TK Kota Depok. Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 107 responden yang merupakan orangtua dari anak usia prasekolah yang sedang menempuh pendidikan di TK Kota Depok. Analisis data univariat menggunakan uji proporsi, menunjukkan hasil bahwa responden pada penelitian ini memiliki tingkat pengetahuan baik (79,4%). Penelitian ini merekomendasikan pemberian edukasi terkait insan berkemampuan khusus dengan kesulitan belajar spesifik, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan orangtua, guru, maupun tenaga profesional yang lain.
Children with specific learning difficulties are often considered stupid because of their poor academic performance compared to other children. This is one of the concerns for parents because they must have knowledge in order to detect it early, especially parents of preschool children. This study aims to find out the description of parents of preschool childrenâs knowledge about special ability individuals with specific learning difficulties in kindergarten in Depok. The research design used is cross sectional with a total sample of 107 respondents who are parents of preschool children who are currently attending Kindergarten in Depok City. Univariate data analysis using the proportion test, showed that the respondents in this study had a good level of knowledge (79.4%). This study recommends providing education related to persons with special abilities with specific learning difficulties, so as to increase the knowledge of parents, teachers, and other professionals."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nandita Adelia Putri
"Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan guru sekolah dasar terhadap siswa dengan kesulitan belajar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket pada 121 guru yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil analisis multivariat diketahui bahwa keberadaan kebijakan sekolah adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap tindakan guru sekolah dasar (OR = 2,866). Faktor lain yang berhubungan yaitu jenis kelamin, sikap, jabatan, keaktifan program UKS, dan keberadaan program pemerintah.
The focus of this study is factors related to elementary teacher's practice toward students with learning difficulty. This study use quantitative methods. Data collecting is done through questionnaire distribution to 121 teachers randomly selected from those schools. Multivariate analysis performed find that school policy existence is the most dominant factor associated with elementary teachers' practice (OR = 2,866). Other related factors are gender, attitude, organizational function, school health's program activeness, and government's program existence."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S52898
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jakarta: Dharma Karsa Utama, 1989
371.91 PEN
Buku Teks Universitas Indonesia Library