Ditemukan 46780 dokumen yang sesuai dengan query
Juang Sunanto
Jakarta: Helen Keller International, 2013
371.9 DOK
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Heri Purwanto
Jakarta: Helen Keller International, 2013
371.9 DOK
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Vaughn, Sharon
New Jersey: Helen Keller International, 2013
371.9 VAN s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Baine, David
New Jersey: Helen Keller International, [date of publication not identified]
371.9 BAI a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
New Jersey: Helen Keller International, 2013
371.904 6 PEN
Buku Teks Universitas Indonesia Library
JPK 16:4(2010 )
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Mahwah, N.J. :, 2005.: Erlbaum Associates, 2005
371.914 CON (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
London: Falmer Press, 1995
372.4 EME
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Karina Aelyo Nindyo Kusuma Negara
"Gangguan neurodevelopmental Autism Spectrum Disorder ASD terkadang juga tampil bersamaan dengan gangguan Intellectual Disability ID . Diagnosis untuk individu yang memiliki kedua kondisi ini adalah ASD with accompanying intellectual impairment. Anak dengan kondisi demikian pada umumnya mengalami hambatan dalam menguasai kemampuan adaptif, termasuk keterampilan bantu diri. Hambatan ini lebih nyata pada anak dengan ASD dan/atau ID yang berat severe , antara lain karena kesulitan mereka memusatkan perhatian dan memahami instruksi. Walaupun demikian, keterampilan bantu diri penting untuk terlebih dulu diajarkan pada anak dengan ASD with accompanying intellectual impairment sebelum keterampilan lainnya, guna meningkatkan kemandirian dan kualitas hidup anak tersebut.
Pada penelitian ini, keterampilan bantu diri yang diajarkan adalah keterampilan mandi, secara spesifik perilaku membasuh tubuh sampai bersih menggunakan gayung. Perilaku tersebut terdiri dari empat langkah Langkah A-D , yang dimulai dengan memegang gayung dan diakhiri dengan menyiram air ke tubuh. Teknik yang digunakan adalah shaping pada anak usia 10 tahun 7 bulan dengan ASD with accompanying intellectual impairment - Requiring very substantial support yang nonverbal. Intervensi pada penelitian ini terdiri dari 14 sesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase penampilan tiap langkah perilaku target tanpa diberikan prompt fisik. Walaupun demikian, partisipan masih sesekali membutuhkan prompt fisik untuk menampilkan Langkah D.
The neurodevelopmental disorder Autism Spectrum Disorder ASD often co occurs with Intellectual Disability ID . The diagnosis for the individual with both conditions is ASD with intellectual impairment. Children with this condition usually experience difficulties in acquiring adaptive functions, which includes self help skills. Difficulties are more evident in children with severe ASD and or ID because it is more difficult for them to concentrate and understand instructions, among other things. Even so, on children with ASD with intellectual impairment, it is important to teach self help skills before other skills to increase their autonomy and quality of life. In this study, the self help skill taught is the showering skill, specifically the ability to wash their body until it is clean using a water scooper gayung . This behavior consists of four steps Step A D , which starts with holding the water scooper and ends with pouring water to the body. The technique used is shaping on a 10 years and 7 months old girl with ASD with intellectual impairment who is nonverbal. The intervention program consists of 14 sessions. Results show that there is an increase in the percentage of each step of the target behavior appearing without physical prompt. However, the participant still occasionally needs physical prompt to perform Step D."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T47341
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Lase, Asali
"Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dejngan disiplin belajar. Penulisan makalah ini menggunakan metode tinjauan literatur (library research). Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin belajar siswa perlu adanya pembenahan kearah yang lebih baikn yaitu jangan menunda-nunda tugas yang diberikan guru, jangan malas untuk belajar. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa ada dua hal penting yaitu bagaimana agar siswa tidak malas untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa bila mengerjakan soal didepan kelas."
Universitas Dharmawangsa, 2016
330 MIWD 48 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library