Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 180819 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sonya Corry
"Penelitian ini mengusulkan kerangka kerja konseptual untuk menganalisa pengaruh model kognitif kepercayaan terhadap kepercayaan dalam e-commerce dan niat menggunakan e- commerce. Model kognitif kepercayaan terdiri dari informasi yang dirasakan, hiburan yang dirasakan, gangguan serta iritasi yang dirasakan dan kecenderungan kepercayaan nasabah. Untuk menguji kerangka konseptual, model persamaan struktural digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari 115 nasabah pengguna BCA Klikpay.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor informasi yang paling mempengaruhi kepercayaan dalam transaksi e-commerce. Informasi yang memadai merupakan kunci dalam meningkatkan kepercayaan dalam e-commerce. Pemahaman yang jelas dari hubungan variabel yang dipelajari mungkin dapat mendorong BCA Klikpay untuk mengetahui tindakan yang sesuai untuk memenangkan kepercayaan pelanggan dengan menyediakan layanan yang lebih baik dalam rangka menciptakan basis pelanggan setia.

This research has proposed a conceptual framework to analyze the effects of a cognitive model of trust to trust in e-commerce and intentions to use e-commerce. A cognitive model is perceived informative, perceived entertainment, perceived irritation and trust propensity. To test the conceptual framework, structural equation modeling (SEM) has been used to analyze the data collected from 115 customers of BCA Klikpay.
The results of the study indicate that perceived informative are significantly and positively related to trust in e- commerce. A good perceived informative are the key to increase trust in e-commerce. A clear understanding of the postulated relationships among the studied variables might encourage the BCA Klikpay to figure out appropriate course of action to win customers? trust and intention by providing better services in the future.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44704
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deisya Rasikania
"Pertumbuhan e-commerce di Indonesia saat ini sedang mengalami kenaikan. Salah satu dari e-commerce tersebut adalah website toko pakaian online yang menjual pakaian wanita. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya pengaruh sikap konsumen pada website toko pakaian online terhadap niat mencari informasi dan niat membeli di website tersebut. Data diperoleh degan menyebarkan kuesioner pada 200 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung yang positif dari sikap terhadap niat mencari informasi di website dan niat membeli setelah mendapatkan informasi di website.

The e-commerce in Indonesia is growing rapidly. One of the favorite e-commerce is online clothing website, with mostly consumer gender are women. Research aims to examine the influence of attitudes toward particular clothing websites, specifically favorite ones, on information search at those web sites and on the choice to purchase items from those web sites. Data in this research is collected from the 200 respondent by spreading the questionnaire. Results showed that participants‟ attitudes toward their favorite clothing web sites had a direct, positive effect on their intentions to search for information at those web sites as well as intentions to purchase clothing items from those web sites after finding the items there."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44553
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurza Dwi Prisca Faradilla
"Meskipun bisnis online di Indonesia mulai tumbuh dan e-commerce kian populer, namun tetap saja masih banyak konsumen yang ragu dan takut untuk berbelanja secara online. Penelitian ini berfokus pada atribut pelayanan yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen online. Metode Kano model digunakan untuk mengelompokkan atribut-atribut penelitian sehingga dapat dipilih beberapa atribut pelayanan fashion online shop yang penting untuk peningkatan kualitas dan pengembangan inovasinya. Sedangkan metode conjoint analysis yang merupakan salah satu teknik analisa multivariat digunakan untuk memahami bagaimana preferensi konsumen terhadap fashion online shop. Karena pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen dapat meningkatkan kepuasan mereka, maka dibuatlah hasil penelitian berupa desain pelayanan fashion online shop yang sesuai dengan preferensi konsumen online.

Although the online business in Indonesia has now started growing and e- commerce increasingly popular, shop at online stores still more risky than shopping directly. There are still many consumers are hesitant and afraid to shop online. The research focuses on service attributes that can enhance online consumer trust. Kano model method is used to classify the attributes of research that can be chosen few fashion online shop service attributes that are important for improving the quality and innovation development. While conjoint analysis method, which is one of the technique in the multivariate analysis used to understand how respondents construct a preference for online fashion shop. Because the development of product that suit the need and preference of consumers can increase their satisfaction, then the result of research is fashion online shop service design that match to online consumer preference."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44359
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fawwaz Jauharin
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perceived value yang terdiri dari utilitarian value, hedonic value, dan social value terhadap continuous purchase intention dengan adanya variabel mediasi yaitu consumer trust yang terdiri dari trust in streamer dan juga trust in product dalam konteks live streaming e-commerce khususnya Shopee Live. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menganalisis data yang terkumpul dari 350 responden melalui survei menggunakan google form. Responden dalam penelitian ini merupakan individu yang minimal berusia 17 tahun dan pernah membeli produk melalui Shopee Live dalam 3 bulan terakhir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Squares Structrual Equation Modelling dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3 untuk analisis data. Penelitian ini menghasilkan bahwa utilitarian value, social value, dan hedonic value memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap trust in streamer. Selain itu juga ditemukan bahwa utilitarian value dan social value memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap trust in product namun hedonic value tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap trust in product. Trust in streamer dan trust in product juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap continuous purchase intention. Ditemukan juga jalur yang paling signifikan mempengaruhi continuous purchase intention yaitu utilitarian value trust in streamer continuous purchase intention.

This study was conducted with the aim of knowing the effect of perceived value which consists of utilitarian value, hedonic value, and social value on continuous purchase intention with the mediating variable, namely consumer trust which consists of trust in streamers and also trust in products in the context of e-commerce live streaming, especially Shopee Live. This research is a quantitative research by analyzing data collected from 350 respondents through a survey using google form. Respondents in this study are individuals who are at least 17 years old and have purchased products through Shopee Live in the last 3 months. The data obtained was then analyzed using the Partial Least Squares Structrual Equation Modeling method with SmartPLS 3 as a software to analyze the data. This study found that utilitarian value, social value, and hedonic value have a significant positive influence on trust in streamers. It was also found that utilitarian value and social value have a significant positive effect on trust in product but hedonic value does not have a significant positive effect on trust in product. Trust in streamer and trust in product also have a significant positive effect on continuous purchase intention. It was also found that the most significant pathway affecting continuous purchase intention is utilitarian value trust in streamer continuous purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasibuan, Rayhana Maimanah
"Penelitian ini fokus untuk menemukan apakah atribut influencer dapat menyebabkan niat pengikut mereka untuk membeli dengan karakterisasi sebagai mediator. Penelitian ini mengembangkan model penelitian berdasarkan teori persuasi yang diciptakan untuk meneliti kepentingan relatif hubungan para-sosial (PSR). Penelitian tersebut memperhitungkan tiga karakterisasi (kepercayaan, keahlian yang dirasakan, dan PSR) serta tiga karakteristik pribadi (sikap homofili, kecantikan fisik, dan daya tarik sosial) sebagai anteseden niat beli. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada responden Gen Z yang tinggal di wilayah Jabodetabek serta mereka yang sudah membeli setidaknya satu barang atau jasa setelah menonton video di TikTok dari influencer kecantikan favoritnya. Ada 200 responden yang dikumpulkan, dan data dianalisis dengan alat Smart PLS. Studi ini menemukan bahwa PSR memiliki dampak positif paling signifikan terhadap niat beli relatif terhadap karakterisasi lainnya dan hubungan para-sosial secara signifikan terkait dengan tiga atribut pribadi. Survei menunjukkan bahwa strategi pemasaran influencer media sosial perlu disesuaikan berdasarkan atribut dan karakteristik pribadi.

This research focus on finding whether influencer attributes could lead to intention of their followers to purchase with characterizations as a mediator. This research developed the research model based on the theory of persuasion, which was created to research the relative importance of para-social relationship (PSR). The research took into account three characterizations (trustworthiness, perceived expertise, and PSR) as well as three personal characteristics (attitude homophily, physical beauty, and social attractiveness) as antecedents of purchase intention. Data were collected through a questionnaire of respondents for Gen Z who live in Jabodetabek area as well as those who already buy at least one good or service after watching a video in TikTok from their favorite beauty influencer. There were 200 respondents collected, and the data was analyzed using Smart PLS tools. The study found that PSR has the most significant positive impact on purchase intention relative to other characterizations and para-social relationship was significantly related to the three personal attributes. The surveys show that social media influencer marketing strategies need to be adjusted based on personal attributes and characteristics. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maraya Sakinah
"Perilaku konsumen secara konseptual dimulai dengan marketing stimuli yang kemudian berakhir dengan keputusan pembelian. Penelitian ini mencoba menganalisa pengaruh e-service quality, reputation, web design, dan price, terhadap trust, customer satisfaction, dan customer loyalty. Pada saat terjadinya fenomena pandemi Covid-19, pembeli terikat untuk dengan cepat beralih ke platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menyebabkan pergeseran perilaku konsumen. Survei terhadap 370 responden didapatkan melalui kuesioner online, dengan menggunakan metode kuantitatif dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality, trust, dan price berpengaruh terhadap customer satisfaction. Apabila e-commerce dapat merespons keluhan pelanggan serta memberikan pelayanan yang disesuaikan secara personal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, maka pelanggan kemungkinan akan merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Consumer behavior conceptually starts with marketing stimuli that then ends with purchasing decisions. This study attempts to analyze the effect of e-service quality, reputation, web design, and price on trust, customer satisfaction, and customer loyalty. At the beginning of Covid-19 pandemic, consumers were compelled to quickly switch to e-commerce platforms to fulfill their daily needs, leading to a shift in consumer behavior. A survey of 370 respondents was collected through an online questionnaire, using quantitative methods and data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results of this study indicate that e-service quality, trust, and price have an influence on customer satisfaction. When e-commerce can respond to customer complaints and provide personalised services to meet customer needs, the customer is likely to be satisfied with the service provided.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gusti Agung Sagung Ratih Dwita Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor ? faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen khususnya di Jakarta melalui situs c ? to ? c e ? commerce. Pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah consumer trust, perceived risk, perceived benefit, dan intention of purchase. Lebih lanjut penelitian ini juga melihat faktor anteseden dari consumer trust dan perceived risk. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM), yang menemukan bahwa perceived benefit memiliki pengaruh yang kuat dalam pengambilan keputusan pembelian. Information quality, perceived privacy protection, perceived security protection, dan reputation berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen. Sementara hanya perceived security protection yang ditemukan berpengaruh terhadap perceived risk.

This study aimed to determine the factors that influence consumer purchase decisions, especially in Jakarta through the site c - to ? ce - commerce. Purchase decision is influenced by several factors. These factors are consumer trust, perceived risk, perceived benefits, and the intention of purchase. Furthermore, this study also look at factors antecedents of consumer trust and perceived risk. This study uses Structural Equation Modeling (SEM), which found that the perceived benefits has a strong influence in making purchasing decisions. Information quality, perceived privacy protection, perceived security protection, and reputation effect on consumer trust. While only perceived security protection found effect on perceived risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Auditya Brilliant
"Meningkatnya pengguna internet di Indonesia dapat dikatakan sebagai penyebab meningkatnya pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia. Dalam aplikasinya, loyalitas pengguna e-commerce menjadi penting karena mudahnya pengguna e-commerce berpindah dari situs e-commerce satu ke situs e-commerce lainnya, Untuk itu, menjadi menarik bahwa perusahaan harus mengetahui faktor apa yang membentuk loyalitas dari e-commerce.
Pada penelitian ini, hal yang akan menjadi pokok bahasan adalah pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen dalam menggunakan layanan e-commerce terhadap pembentukan loyalitas pelanggan, dimana faktor kualitas tampilan website, kualitas informasi, persepsi keamanan dan persepsi privasi menjadi faktor yang diteliti dalam pembentukan kepuasan dan kepercayaan pelanggan e-commerce.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa, kualitas informasi mempengaruhi kepercayaan pengguna e-commerce dan akan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna e-commerce di Jabodetabek, sedangkan untuk variabel lainnya tidak berpengaruh secara signifikan.

Increasing Internet users in Indonesia can be said to cause increased growth of e-commerce industry in Indonesia. In its application, e-commerce user loyalty is important because of the ease of e-commerce users move from one e-commerce to e-commerce, for it to be interesting that the company should know what factors shape the loyalty of e-commerce.
In this study, it will be the subject of the influence of consumer satisfaction and trust in using e-commerce to the formation of customer loyalty, which the user interface quality, information quality, perceived security and perceived privacy in the formation of satisfaction and trust to e-commerce customers.
This study found that the information quality affects trust of e-commerce users and will significantly influence the loyalty of e-commerce users in Greater Jakarta, while the other variables are not significant.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44389
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Rahmani
"ABSTRAK
Penelitian ini menguji pengaruh e-service quality terhadap brand trust konsumen situs e-commerce MatahariMall.com. Di me nsi e-service quality yang digunakan adalah efficiency , system availability , fulfillment , privacy , responsive ness , compensation , dan contact ; sedangk an dimensi brand trust yang digunakan adalah competence, predicta bility, dan benevolence/integrity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data penelitian dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan konsumen MatahariMall.com. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality memilik pengaruh yang signifikan dan kuat terhadap brand trust dan dimensi system availability adalah dimensi yang paling dominan mempengaruhi brand trust.

ABSTRACT
This study examines the effect of e service quality on consumer brand trust of e commerce site, MatahariMall.com. The e service quality dimensions used within this research are efficiency, system availability, fulfillment, privacy, responsiveness, compensation, and contact while the brand trust dimensions used are competence, predictability, and benevolence integrity. This research uses qualitative approach and the data collected through survey by distributing questionnaires to 100 respondents who are consumers of MatahariMall.com and live in Jabodetabek area. The analysis technique used in this research is multiple regressions. The result shows that e service quality has significant and strong influence on brand trust and system availability is the most dominant dimension that affect brand trust. "
2017
S67277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafi Farhan Perkasa
"Dengan pertumbuhan Internet dan teknologi selama bertahun-tahun, telah terjadi pergeseran dalam cara penjual dan pembeli yang terlibat di pasar berinteraksi. Salah satu perkembangan yang disebutkan di atas disebut streaming langsung, yang melibatkan individu yang menyiarkan video langsung atau real-time tentang apa pun yang mereka inginkan di Internet. Dalam hal ini, penjual yang menggunakan streaming langsung dapat secara efektif memamerkan produk dan layanan mereka secara real-time, sebingga memungkinkan pembeli untuk terlibat dalam pengalaman yang lebih interaktif dibandingkan metode tradisional dengan mengurangi jarak virtual dan ketidakpastian dalam berbisnis di saluran online. Tren livestreaming telah mengembangkan dan mentransformasi e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Kedua platform e-commerce tersebut merupakan pemimpin pasar dalam lanskap e-commerce Indonesia, dan masing-masing memiliki layanan yang menawarkan streaming langsung. Indonesia adalah salah satu negara terpadat dan terbesar di dunia yang menjadikannya salah satu negara pengguna Internet terbesar di dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi niat membeli peserta livestreaming e-commerce, yaitu kehadiran sosial dan identifikasi konsumen-streamer. Penelitian ini melibatkan 112 partisipan dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS - SEM). Menurut penelitian ini, kehadiran sosial dan identifikasi konsumen-streamer mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap niat membeli pemirsa siaran langsung e-commerce.

With the growth and development of the Internet and technology throughout the years, there has been a shift in the methods that sellers and buyers engage in the market. One development is livestreaming, it involves individuals broadcasting a real-time or live video of anything that they want on the Internet. In this case, sellers who use livestreaming can showcase their products and services in real-time, allowing buyers to engage in a more interactive shopping by reducing the virtual distance and uncertainty of doing businesses in online channels. The latest trend of livestreaming also affected e-commerce platforms such as Shopee and Tokopedia. Both platforms are the market leaders in Indonesian e-commerce landscape, with both offering livestreaming services. Indonesia is both one of the populous and biggest countries in the world which leads to it having one of the largest internet users in the world. Thus, this study aims to understand the effects of social presence and consumer-streamer identification. This study included 112 participants and was analysed using Partial Least Squares - Structural Equation Modelling (PLS - SEM). According to this study, social presence and consumer-streamer identification hasve a significant and positive effect toward the purchase intention of an e-commerce livestreaming viewers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indinesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>