Ditemukan 161567 dokumen yang sesuai dengan query
Margaret Maisie Kartika
"Laporan magang ini membahas mengenai pengendalian internal PT X secara umum serta mengenai proses pemetaan dalam proyek pengimplementasian system and procedure development, evaluasi dan pemutakhiran bisnis proses dan Standard Operational Procedure (SOP) keuangan pada PT X yang dilakukan untuk memberikan keyakinan bahwa setiap proses yang berjalan dalam kegiatan usaha PT X telah sesuai dengan SOP yang ada serta dijalankan dengan pengendalian internal yang memadai. Proses pemetaan dilakukan dengan melakukan wawancara dan penelusuran secara langsung kepada para karyawan PT X terkait alur proses yang dijalankannya. Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal secara umum atas PT. X masih memerlukan peningkatan. Selain itu, SOP keuangan yang dimiliki oleh PT. X juga masih membutuhkan perbaikan.
This internship report dicusses about internal control of PT X in general and about mapping process in a project for implementing system and procedure development, evaluation and updating business process and financial Standard Operational Procedure (SOP) at PT X to provide reasonable assurance that any process running in PT X is accordance with applicable SOP and run with adequate internal controls. The process of mapping is done by interviewing and performing walkthrough directly to the employees of PT X related with executable flow of process in the company. The result of this internship report concludes that internal control over PT X in general still need improvement. In addition, financial SOP owned by PT X is also still in need of improvement too."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54673
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Kevin William
"Laporan magang ini membahas tentang prosedur pemutakhiran SOP keuangan siklus inventory yang dilakukan pada PT X yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pengendalian internal. Proses pemutakhiran dilakukan dengan melakukan walkthrough dengan karyawan PT X untuk kemudian digambarkan dalam bentuk flowchart.
Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa PT X melakukan pemutakhiran SOP keuangannya secara berkala dalam rangka meningkatkan kualitas pengendalian internal atas pelaporan keuangan.
This Internship Report discusses about the updating procedure of Financial Standard Operating Procedures Inventory Cycle in order to enhance the quality of internal control in PT X. The updating procedure is done by performing walkhtrough with PT X?s employee before presented in flowchart. The result of this internship report concludes that PT X updates the Financial Standard Operating Procedures regularly in order to enhance the quality of internal control on financial reporting."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54670
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Febrianto
"Laporan magang ini membahas proses pemutakhiran SOP proses revenue, subproses prepaid dan penerimaan kas atau bank yang dapat meningkatkan internal kontrol dari penerimaan kas atau bank dari PT.EFG. PT.EFG bergerak dalam telekomunikasi di Indonesia. Dalam laporan magang ini juga membahas analisis pengendalian umum dan aplikasi atas proses penerimaan kas dari PT.EFG.
Kesimpulan pada laporan magang ini adalah praktek dalam pengendalian internal PT.EFG atas proses revenue subproses penjualan prepaid sudah sangat baik dan tidak terdapat risikoyang besar yang mungkin diterima PT.EFG.
Laporan magang ini menyarankan ketelitian dan analisis yang lebih mendalam untuk diperhatikan pada pihak yang terkait pada proses penyusunan SOP dan implementasi SOP yang sudah dibuat untuk meningkatkan kualitas pengendalian yang lebih baik.
This Internship report is to discusses the process updating SOP that affected the internal controls of the revenue process, prepaid subprocesses in cash receipts or bank PT.EFG engaged in telecommunications in Indonesia. In this report is also described the analysis of general and application controls over the cash receipts from PT.EFG. The conclusion is the practice internship in internal controls over the revenue subprocesses PT.EFG prepaid sales have been very good and there is no major risk that might receive PT.EFG. The report suggests rigor and analytical depth to be considered at the relevant parties in the process of formulation and implementation of SOP and that has been improving to be the best quality control."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54700
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ratna Yani
"Laporan magang ini akan menganalisis aktivitas pengendalian di perusahaan pertambangan batubara. Hasil analisis menujukkan bahwa masih banyak aktivitas pengendalian yang tidak dilakukan oleh perusahaan tersebut, yang berpotensi mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, laporan magang ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal PT X masih lemah dan memerlukan perbaikan.
This report aims to analyze the internal control activity in a coal mining company. The analysis result shows that there are many deficiencies in the company?s control activities which has the potential to affect the company?s ability to achieve its objectives. This report concludes that the internal control activities in the company need improvement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54698
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Daniel Hakim
"Laporan Magang ini membahas tentang perubahan dari proses yang dilakukan dalam bagian pengadaan SOP keuangan PT. XYZ disebabkan oleh perubahan struktur organisasi dan ekspansi bisnis yang meningkatkan kompleksitas kegiatan operasional PT. XYZ. Dalam proses update, ada analisis melalui pengendalian internal berbasis COSO guidance dalam sistem internal monitoring, kemungkinan risiko yang bisa timbul, dan prosedur yang dilakukan. Proses update yang dilakukan yaitu dengan melakukan wawancara dan walkthrough pada anggota Person in Charge atau penanggung jawab dari proses yang dioperasikan oleh PT. XYZ dalam beberapa kali dan membuat koreksi SOP keuangan yang ada.
Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa setelah memperbarui SOP keuangan terhadap proses pengadaan, ada perubahan yang cukup signifikan mengenai proses dioperasikan pada siklus saat ini menuju ke siklus sebelumnya pada proses pengadaan. Sebagian besar perubahan dalam sub proses SOP Procurement adalah dalam kegiatan, diagram alur, dokumen, dan juga mengubah nama judul penanggung jawab. Beberapa SOP juga terjadi perubahan dalam instruksi kerja. Mengenai Format SOP yang digunakan oleh PT. XYZ, telah sesuai dengan format yang umum digunakan oleh perusahaan, dan terlebih lagi sudah menjelaskan poin-poin penting yang perlu ditekankan dalam SOP, sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan dalam proses ketika dieksekusi. Selain itu, SOP keuangan yang dimiliki oleh PT. XYZ juga masih perlu perbaikan juga.
This Internship Report discusses about the change of processes performed in financial SOP procurement section of PT. XYZ caused by the change of organization structure and business expansion that enhances the complexity of operational activites of PT. XYZ. In updating process, there is analysis through the internal control based on COSO guidance on monitoring internal systems, the possibility of the risks that could be arising, and the procedures done. The updating process performed by doing interview and walkthrough the Person In Charge members from the processes operated by PT. XYZ in recent times and make correction of the existing financial SOP. The result of this internship report concludes that after updating the financial SOP towards procurement process, there is a quite significant changes regarding the processes operated on this current cycle towards to previous cycle on procurement process. Most of the sub processes in Procurement SOP changes in activities, flowcharts, documents, and also changes the title name of person in charge. Some SOP also occured changes in work instructions. Regarding SOP format used by PT. XYZ, it has been in accordance with the general format used by the company, and moreover already explained the key points that need to be emphasized in the SOP, so it will not lead to confusion in the process when it is executed. In addition, financial SOP owned by PT. XYZ is also still need of improvement too."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57666
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Parsaulian, Kristina Riris
"Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Standar Operasional Prosedur SOP atas proses penerimaan biaya pendidikan secara host to host dengan menganalisis risiko pengendalian internal pada proses penerimaan dana Biaya Pendidikan dalam upaya mewujudkan konsep Three Lines fo Defence. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan studi kasus dengan unit analisa adalah Universitas A.
Hasil analisis risiko dan kontrol yang ada pada proses penerimaan biaya pendidikan secara host to host adalah masih terdapat risiko tersisa pada proses tersebut. Perancangan SOP ini diharapkan dapat membantu Tim Biaya Pendidikan untuk mengetahui dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang sebenarnya dan dapat melakukan pengendalian atas risiko yang muncul pada prosesnya sehingga dapat mewujudkan konsep Three Lines of Defence.
This study aims to design Standard Operating Procedure SOP to the process of receiving tuition fees by a host to host payment system by analyzing internal risk and controls in to the process of receiving tuition fees by a host to host payment system in an effort to apply the concept of Three Lines of Defence. The approach used for this research is case study research with unit of analysis is University A. The results of risk and control analysis that exist in to the process of receiving tuition fees by a host to host payment system still there are residual risk in the process. The design of SOP is expected to help the tuition fees team to know and carry out the actual duties and responsibilities and can control the risks that arise in the process so as to apply the concept of Three Lines of Defence."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Khairunnisa
"Penelitian empirisi tentang bagaimana organisasi melaksanakan proses audit dalam sistem manajemen sangat sedikit. Organisasi memliki kesulitan dalam pelaksanaan integrasi yaitu kurangnya sumber daya , masalah yang terkait dengan organisasi budaya, perbedaan unsur-unsur umum dari standar dan persyaratan spesifik. Implementasi integrasi audit dapat memberikan banyak manfaat sehingga berdasarkan masalah yang ada dalam pelaksanaan integrasi audit maka diperlukannya standar operasinal prosedur sebagai konsistensi tingkat penampilan kinerja atau kondisi tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk organisasi, Job Description, aktvitas, input, output, alur komunikasi yang akan dijadikan tahapan untuk membuat Standar Operasional prosedur proses audit dalam sistem manajemen terintegrasi sehingga SOP tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi kinerja organisasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Delphi dan survey kuesioner. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Standar Operasional Prosedur Proses Audit dalam Sistem Manajemen Terintegrasi untuk Meningkatkan Efisiensi Kinerja Organisasi.
Empirical research on how organizations carry out audit processes in management systems is very little. Organizations have difficulties in implementing integration, such as lack of resources, problems related to organizational culture, differences in general elements of specific standards and requirements. Implementation of audit integration can provide many benefits so that based on existing problems in the implementation of audit integration, the standard operating procedure is required as a consistency in the level of performance or certain conditions. The purpose of this study is to find out the form of organization, Job Description, activities, inputs, outputs, communication channels that will be used as stages to make the Standard Operating Procedure audit process in an integrated management system so that the SOP is expected to improve efficiency in organizational performance. The research method used in this study is Delphi’s method and questionnaire survey. The product that be produced in this study is the Standard Operating Procedures Audit Process in an Integrated Management System to Improve Organizational Performance Efficiency."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hottua, Andhika Parsaoran
"Laporan Magang ini bertujuan untuk menjelaskan bahan prosedur audit untuk menilai kewajaran nilai Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) pembiayaan murabahah PT Bank Syariah X, memaparkan proses audit yang dilakukan oleh KAP ABC terhadap CKPN pembiayaan murabahah PT Bank Syariah X.
Pembahasan akan memaparkan prosedur-prosedur audit yang dibutuhkan oleh auditor KAP ABC untuk menilai kewajaran nilai CKPN pembiayaan murabahah pada PT Bank Syariah X sesuai dengan PSAK 102 (Revisi 2013) dan PAPSI. Prosedur audit akan mencakup prosedur audit secara umum dan prosedur audit secara khusus pada akun CKPN pembiayaan murabahah pada PT Bank Syariah X. Dari prosedur audit CKPN pembiayaan murabahah yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penyajian dan pengungkapan terkait nilai CKPN piutang murabahah telah sesuai dengan standar yang diatur oleh PAPSI dan PSAK 102 (Revisi 2013)
This Internship Report aims to explain the audit procedures to assess the reasonable value of allowance for losses-murabahah loan impairment in PT Bank Syariah X, describe the audit process conducted by KAP ABC of allowance for losses-murabahah loan impairment in PT Bank Syariah X.The discussion will describe the procedures needed by the auditor of ABC KAP to assess the fairness value of allowance for losses-murabahah loan impairment in accordance with the PAPSI and PSAK number 102 (Revised in 2013). Audit procedures will include general audit procedures and audit procedures specifically on account of allowance for losses- murabahah loan impairment in PT Bank Syariah X. Based on audit procedures for Allowance for Losses Murabahah Loan Impairment in the Financial Statement of PT Bank Syariah X 2013, it can be concluded that the presentation and disclosure related to allowance for losses-murabahah loan impairment in PT Bank Syariah X has complied with the Standard of PAPSI 2013 and PSAK 102 (Revised in 2013)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Rohmaniyanti Tandiyani
"Laporan magang ini membahas evaluasi prosedur audit internal atas pendapatan dengan standar audit internal Sawyer yang dilakukan oleh Departemen Internal Audit PT ABC kepada anak usahanya, yaitu PT XYZ untuk periode 1 Januari hingga 30 September 2021. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dengan mengelola hotel, villa, dan kawasan pariwisata. Terdapat tiga jenis pendapatan pada PT XYZ, yaitu Residensial, Infrastruktur, dan Jasa. Dari bulan Januari hingga September 2021, Pendapatan Jasa berkontribusi sekitar 90% dari total pendapatan sehingga siklus pendapatan yang dibahas dipusatkan pada Pendapatan Jasa. Evaluasi difokuskan pada prosedur vouching dan pembuatan draft laporan internal audit. Vouching bertujuan untuk mengumpulkan dan mendapatkan bukti-bukti audit dan draft laporan internal audit bertujuan untuk melaporkan hasil audit. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, didapat bahwa prosedur audit internal sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Selain itu, pada laporan magang juga dibahas mengenai refleksi diri dari pengalaman atas kegiatan magang. Hasil evaluasi menyimpulkan bahwa kemampuan pengoperasian Microsoft Excel dan pengetahuan dasar audit dalam menjalankan aktivitas magang sudah baik. Adapun hal yang belum berjalan baik, yaitu pengetahuan audit secara praktikal dan kemampuan berkomunikasi. Laporan magang ini juga membahas mengenai rencana tindak lanjut dari refleksi diri yang telah dilakukan.
This internship report discusses the evaluation of internal audit procedures on income with Sawyer's internal audit standards carried out by the Internal Audit Department of PT ABC to its subsidiary, namely PT XYZ for the period January 1 to September 30, 2021. PT XYZ is a company engaged in the tourism sector by managing hotels, villas, and tourism areas. There are three types of income at PT XYZ, namely Residential, Infrastructure, and Services. From January to September 2021, Service Revenues contributed about 90% of total revenue so that the revenue cycle discussed is centered on Service Revenues. The evaluation focused on the vouching procedure and drafting of the internal audit report. Vouching aims to collect and obtain audit evidence and the draft internal audit report aims to report audit results. Based on the evaluation that has been done, it is found that the internal audit procedures are in accordance with applicable standards. In addition, the internship report also discusses self-reflection from the experience of internship activities. The evaluation results concluded that the ability to operate Microsoft Excel and basic audit knowledge in carrying out internship activities was good. The things that have not gone well are practical audit knowledge and communication skills. This internship report also discusses the follow-up plan of the self-reflection that has been done."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Dinda Nurlatifah Fawzia
"[Laporan magang ini membahas tentang prosedur audit yang dijalankan oleh KAP XYZ atas piutang usaha PT ABC pada periode audit laporan keuangan akhir tahun 2013 Secara lebih rinci dibahas mengenai kebijakan akuntansi prosedur audit serta analisis mengenai pengendalian internal yang dijalankan di lingkup piutang usaha Berdasarkan hasil prosedur audit dijelaskan bahwa prosedur audit telah dilakukan dengan cukup baik namun prosedur pemilihan sampel terkait piutang perlu diperiksa kembali Di sisi lain PT ABC telah melakukan pencatatan dan pelaporan akuntansi di lingkup pendapatan dan piutang sesuai dengan PSAK yang berlaku Kelemahan terkait pengendalian internal mengenai piutang masih ditemui.
This report is aimed to explain further about KAP XYZ's audit procedures over accounts receivable of PT ABC for the year ending December 31st 2013. More in detail, this report elaborates on accounting policies, audit procedures, and an analysis on internal control. After a completion of an audit, it was implied that audit procedures have been well conducted. However, sampling procedure for accounts receivable needs to be reviewed. On the other hand, PT ABC's accounting method and reporting regarding revenue and receivable have complied to PSAK related. However, some deficiencies in internal control regarding receivable were found during audit., This report is aimed to explain further about KAP XYZ rsquo s audit procedures over accounts receivable of PT ABC for the year ending December 31st 2013 More in detail this report elaborates on accounting policies audit procedures and an analysis on internal control After a completion of an audit it was implied that audit procedures have been well conducted However sampling procedure for accounts receivable needs to be reviewed On the other hand PT ABC rsquo s accounting method and reporting regarding revenue and receivable have complied to PSAK related However some deficiencies in internal control regarding receivable were found during audit ]"
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
TA-PDF
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library