Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 202797 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rudy Prasetyo
"Karya tulis ini membahas tentang strategi persaingan pemasaran bank serta prospeknya dalam era Undang-undang Perbankan 1992 dengan melakukan studi kasus penelitian pada Bank Bukopin. Karya tulis ini bertujuan untuk meneliti (1) hubungan antara pengelolaan strategi persaingan pemasaran bank dengan kinerja bank; (2) mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi kebijaksanaan pemasaran bank. Penulis menggunakan multiple regression analysis (analisa regresi berganda) dengan model regresi yang dibuat berdasarkan data masa lalu untuk membantu memproyeksikan altematif kebijaksanaan pemasaran yang akan dijalankan perusahaan. Selain itu, analisa ini juga ditunjang dengan SWOT Analysis, Boston Consulting Group Matrix dan General Electric's Mulufactor Portfolio Matrix untuk melihat posisi perusahaan dalam industri serta strategi bisnis yang dilakukan dalam rangka memperluas pangsa pasar. Dan penelitian yang dilakukan baik melalui observasi langsung pada Bank Bukopin maupun melalui perolehan data sekunder dari Bank Indonesia dan berbagai sumber lainnya menunjukkan bahwa perusahaan pada saat ini menjalankan strategi investasi yang bersifat selektif (selective investment), artinya perusahaan menerapkan strategi yang memfokuskan pada business line yang ada dan telah digelutinya serta berusahan untuk mempertahankan pangsa pasar pada segmen pasar yang telah dimasukinya. Kemudian, dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat beberapa hal yang menunjukkan bahwa untuk membuat atau melaksanakan strategi pemasarannya, bank/perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta menganalisa peluang pasar dan tantangannya sehingga dapat dibuat suatu strategi yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18795
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Andini Setyawati
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi bank Bukopin dalam industri perbankan di Indonesia. Menurut Bank Indonesia dan Arsitektur Perbankan Indonesia, Bank Bukopin masuk kategori bank umum swasta nasional devisa serta bank fokus, karena itu analisis posisi bank Bukopin akan dibandingkan dengan bank-bank yang mempunyai kategori sejenis. Adapun tools yang digunakan untuk melakukan analisis antara lain adalah analisis posisi kinerja keuangan, analisis Liam Fahey dan analisis SWOT. Hasil dari analisis-analisis yang dilakukan menyimpulkan bahwa bank Bukopin sangat kuat pada segmen UMKM dan mempunyai kelemahan pada segmen kredit konsumer dan komersial.

The objective of this thesis is to analyze the position of Bank Bukopin in Indonesian banking industry. According to Bank Indonesia and Indonesia Banking Architecture, Bank Bukopin is categorized under the Bank Umum Swasta Nasional Devisa and Bank Fokus, so the analysis of Bank Bukopin's position will be compared with banks under the same categories. Tools that will be used are financial performance analysis, Liam Fahey analysis and SWOT analysis. The result of these analysis suggest that Bank Bukopin is very strong in UMKM segment and quite weak in consumer and commercial segment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25565
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
S18072
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4524
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Husniati
"Tingginya tingkat persaingan dalam industri perbankan sebagai dampak dari deregulasi mendorong bank-bank melakukan promosi secara gencar. Sehingga masyarakat setiap harinya menerima terlalu banyak informasi. Atau dengan perkataan lain situasi pasar dalam industri perbankan saat ini adalah dalam keadaan overkomunikasi. Tujuan penulisan ini adalah untuk melihat dan menganalisis bagaimana strategi promosi yang dijalankan bank untuk mempromosikan produknya dalam situasi pasar yang overcommunicated."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18412
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S17870
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Srie Sulistyowati
Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1986
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Ario Adi Cahyono
"ABSTRAK
Dengan diberlakukannya Paket Oktober 1988, maka bank-bank di Indonesia menghadapi tekanan persaingan yang tajam. Paket Oktober 1988 tersebut telah membuka peluang bagi bank-bank untuk lebih mengembangkan dan memperluas usahanya, dengan diberikannya kemudahan-kemudahan perijinan oleh pemerintah. Akibatnya adalah bahwa di dalam era deregulasi dewasa ini setiap bank dituntut untuk dapat bersaing guna memperebutkan nasabah yang semakin selektif dalam memilih bank guna mengurus keperluannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bersaing yang dijalankan oleh PT Bank Energium menghadapi deregulasi dibidang perbankan. Strategi bersaing yang dijalankan oleh Bank Energium ini terdiri dari dua level strategi, yaitu strategi umum yang bersifat mengikat seluruh bagian dalam perusahaan, dan strategi fungsional yang hanya mengikat suatu bagian dalam perusahaan. Dalam penelitian ini pembahasan dititik beratkan pada penggunaan dari strategi umum sebagai strategi untuk memenangkan persaingan di dalam era deregulasi era saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan studi lapangan berupa wawancara mendalam dengan pejabat-pejabat dari Bank Energium, mengadakan studi kepustakaan, serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Energium telah mengadakan analisa terhadap lingkungannya dan faktor-faktor dalam perusahaannya sendiri yang dianggap mempengaruhi perkembangan Bank Energium selanjutnya. Bank Energium dalam penelitian ini terlihat menggunakan strategi Ekspansi. Adanya Paket Oktober 1988 telah membuka peluang bagi Bank Energium untuk melaksanakan ekspansi secara besar-besaran. Ekspansi ini memiliki dua arah, yaitu ke arah pertumbuhan internal dan ke arah pertumbuhan eksternal. Strategi ekspansi dengan arah pertumbuhan internal dilakukan dengan mengadakan penambahan produk-produk jasanya melalui ngembangan produk dan diversifikasi produk yang sudah ada. Sedangkan strategi ekspansi ke arah pertumbuhan eksternal dilaksanakan melalui merger dengan Bank Umum Swasta Nasional lain. Keberhasilan dari penerapan strategi bersaing ini pula oleh adanya sumber-sumber dari keunggulan bersaing dimiliki oleh Bank Energium. Keunggulan tersebut ialah dalam bidang keahlian para pegawainya dan keunggulan dalam ditentukan yang dang sumber daya. Dari strategi yang digunakan terlihat bahwa Bank Energium ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Perkemyang terjadi, antara lain peningkatan dibidang aktiva dewasa bangan perusahaan, kemampuan berlaba, dan perolehan pangsa pasar. Namun selain keberhasilan yang dicapai terlihat pula adanya kelemahan-kelemahan. Kelemahan ini antara lain ialah terjadinya kekurang-seimbangan antara keberhasilan dalam penghimpunan dana dan penyaluran dana tersebut kembali ke mahal syarakat. Untuk itu Bank Energium harus senantiasa berusaha untuk meningkatkan pemasaran kreditnya, misalnya dengan cara membuat produk-produk perbankan baru yang lebih menarik, membuat suatu paket produk bersama unit-unit bisnis ENERGIUM lainnya, dan sebagainya. Adanya peningkatan dalam hal penyaluran dana ini akan meningkatkan perolehan laba bank Energium. Dengan demikian maka bank Energium dapat memperbesar penanaman laba yang diperolehnya tersebut untuk mempertahankan, meningkatkan keunggulan bersaingnya."
1990
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>