Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 196320 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Wahyu Daryoto
"Penelitian tesis ini dilakukan di Kantor Akuntan Publik (KAP) ABC & Rekan, sebuah perusahaan penyedia jasa professional di bidang akuntansi dan auditing. Kredensial perusahaan adalah karyawan dengan pengetahuan baik eksplisit maupun tacit. Tingkat pengunduran diri auditor yang tinggi merupakan ancaman yang bisa mengganggu proses pencapaian sasaran usaha maupun keberkelanjutannya. Faktor penyebab utama tingkat pengunduran diri yang tinggi adalah tekanan waktu (time pressure) dan gaya supervisi (supervisory style). Agar tingkat pencapaian laba (profitability) dan keberlanjutan (sustainability) tidak terganggu maka perlu dilakukan intervensi untuk menurunkan tingkat pengunduran diri. Program intervensi untuk mengatasi efek negatif tekanan waktu dan gaya supervise adalah program flexible working arrangement dengan memanfaatkan keunggulan teknologi jejaring dan program berbagi pengetahuan dari para tokoh sentral melalui Community of Practice (CoP). Kedua program intervensi ini menggunakan pendekatan double-loop learning sehingga hasil program dapat diperoleh dengan maksimal dan dalam waktu jangka pendek.

This thesis research conducted at the Public Accounting Firm (KAP) ABC & Rekan, a professional services firm in accounting and auditing. The company's credentials are employees with both explicit and tacit knowledge. Levels of high auditor resignation is a threat that could disrupt the process of achieving business objectives and its sustainability. The main factors causing the high rate of resignation is time pressure and the supervisory style. In order to achieve the level of profitability and sustainability is not disturbed, it is necessary to intervene to reduce the level of resignation. Intervention programs to overcome the negative effects of time pressure and supervisory style is flexible working arrangement with the program take advantage of technology network and knowledge-sharing program of the central figure through the Community of Practice (CoP). Both of these intervention programs using a double-loop learning approach so that results can be obtained with a maximum program result and in the short term period."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T31534
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adrianus Ricky Hernando
"Persaingan antara organisasi menciptakan sebuah kebutuhan untuk setiap organisasi memaksimalkan kinerjanya. Sumber daya manusia sebagai penggerak dalam organisasi menjadi kunci sukses yang penting untuk memperoleh keungulan kompetitive yang berkelanjutan. Sebagai perusahaan konsultan IT, sumber daya manusia adalah asset utama untuk PT AXY. Untuk memperoleh keungulan daya saing, sangat penting buat PT AXY untuk menarik dan mempertahankan pegawai yang berbakat dalam organisasi. Kepuasan terhadap pekerjaan dan intensi untuk keluar yang dimiliki oleh karyawan menjadi tolak ukur yang penting untuk bidang industry tersebut. Kebijakan dan program dari departemen sumber daya manusia seperti Flexible Working Arrangement (FWA) dapat menjadi solusi untuk meningkatkan persepsi karyawan terhadap work-tofamily enrichment yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan terhadap pekerjaan dan mengurangi intensi untuk keluar dari organisasi.
Tujuan dari thesis ini adalah untuk menganalisa hubungan antara program FWA dengan kepuasan terhadap pekerjaan dan intensi untuk keluar melalui persepsi work-to-family enrichment. Hasil dari studi ini menemukan bawha keberadaan dari program FWA di PT AXY memiliki hubungan positif dengan persepsi karyawan terhadap work-to-family enrichment dan kepuasan terhadap pekerjaan. Akan tetapi, program FWA tidak memiliki hubungan yang signifikan untuk mengurangi intensi karyawan keluar dari organisasi. Hasil dari studi ini penting untuk PT AXY dalam mengembangkan strategi dan kebijakan sumber daya manusia di masa depan.

Competition between organizations creates a need for each organization to maximize its performance. Human resource as the driver in the organization becomes important key success for sustainable competitive advantage. As IT consulting company, human resource is the main asset for PT AXY. In order to gain competitive advantages, it is important for PT AXY to attract and also retain good talents in the organization. Employees job satisfaction and turnover intention become crucial parameters for this kind of industry. Human resource policy and program such as Flexible Working Arrangement (FWA) may become the solution to increase employees perception of work-to-family enrichment where at the end will increase job satisfaction and decrease turnover intention.
The aim of this paper is to analyze the relation between FWA program with the job satisfaction and turnover intention through perception of work-to-family enrichment. The result of study found that the availability of FWA program in PT AXY has a positive relation with the employees perception of work-to-family enrichment and job satisfaction. However, FWA program doesn't have significant relation to reduce employee's turnover intention in PT AXY. The outcomes of this study are useful for PT AXY to develop future human resource strategy and policies.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paridatul Mahmudah
"Laporan magang ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana proses peninjauan yang dilakukan oleh Tim Quality Assurance Kantor Akuntan Publik ABC. Laporan ini berisi evaluasi proses peninjauan yang dilakukan oleh Tim Quality Assurance pada draft laporan keuangan sebelum opini audit diterbitkan oleh auditor Kantor Akuntan Publik ABC. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa proses peninjauan yang dilakukan oleh Tim Quality Assurance sudah sesuai dengan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh KAP ABC. Laporan magang ini memuat refleksi diri dari Penulis selama melakukan aktivitas magang di KAP ABC. Beberapa pengalaman yang menjadi refleksi adalah pengalaman beradaptasi dan bersosialisasi, pengalaman berkomunikasi, pengalaman terkait manajemen waktu dan pengalaman penggunaan aplikasi Microsoft Excel. Setelah lulus Penulis berencana untuk mengikuti kursus bahasa asing, mengikuti kegiatan sosial dan bekerja di BUMN.

This internship report aims to illustrate how the review process was carried out by the Quality Assurance Team of Public Accountant Firm ABC. This report contains an evaluation of the review process carried out by the Quality Assurance Team on the draft financial statements before the audit opinion is issued by the auditor Public Accountant Firm ABC. Based on the evaluation results show that the review process carried
out by the Quality Assurance Team is in accordance with the technical instructions issued by KAP ABC. This apprenticeship report contains self-reflection from the author during the internship activity at Public Accountant Firm ABC. Some experiences that are reflective are experiences of adapting and socializing, communication experiences, experiences related to time management, and experience of working in teams. After graduating, the author plans to take a foreign language course, take part in social activities and work in BUMN.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nicolas Indra Nurpatria
"Tesis ini membahas mengenai peran atribut individu yaitu self-efficacy dan daya inovasi dalam mendukung kesiapan penerapan KM di Ornop HA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf tetap dan staf tidak tetap Ornop HA menunjukkan sikap yang rendah terhadap penerapan KM karena merasa bahwa KM belum menjadi hal yang penting, serta daya inovasi memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan dengan self-efficacy dalam hal sikap terhadap kesiapan penerapan KM. Intervensi yang diusulkan dalam jangka pendek adalah pendayagunaan CoP (community of practice) dan keterlibatan di jejaring kerja ornop sementara untuk jangka panjang adalah peningkatan komitmen serta pembenahan pengelolaan sumber daya manusia.

This thesis discusses the role of individual attributes, namely self-efficacy and innovativeness, to support the Knowledge Management (KM) readiness in an NGO named HA. This research employs quantitative and qualitative methods. The results indicated that the permanent staffs and the associates of this NGO had low attitude towards the implementation of KM because KM had not been seen as importance factor in the development of organization. In addition, the innovativeness had greater influence on the attitudes towards the KM readiness that of the self-efficacy. Based on the research, it is proposed to have short term interventions namely the utilization of Community of Practice (CoP) and the involvement in NGO networks and the long term interventions are to enhance commitment and reorganization human resources."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T31287
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Marizza Ovani
"Transfer pengetahuan adalah proses untuk memindahkan pengetahuan dari sumber pengetahuan ke penerima pengetahuan. Menurut Nonaka (1995) proses transfer pengetahuan terdiri dariSocialization, Externalization,Combination, Internalization (SECI). International Standard on Auditing (ISA) merupakan standar audit baru yang diimplementasikan di Indonesia pada 1 Januari 2013. Auditor selaku pihak yang melakukan audit atas laporan keuangan seharusnya memilki pengetahuan yang baik mengenai ISA. Penelitian ini menggambarkan SECI yang terdapat di KAP dan tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh auditor mengenai ISA.Mengajukan kuesioner kepada 120 responden yang merupakan auditor di KAP. KAP telah menerapkan proses transfer pengetahuan melalui kegiatan-kegiatan maupun media-media yang digunakan sebagai upaya menciptakan maupun meningkatkan pengetahuan auditornya. Penelitian ini juga menemukan hubungan yang positif antara SECI dengan pengetahuan auditor mengenai ISA.

Transfer of knowledge is the process of transferring knowledge from the source of knowledge to the recipient’s knowledge.According to Nonaka (1995) knowledge transfer process consits of Socialization, Externalization, Combination, Internalization (SECI). International Standard on Auditing (ISA) is a new auditing standard implemented in Indonesia on January 1, 2013. Auditor as the party thataudit the financial statements should have good knowledge of ISA. This study describes the SECI atAccounting Firm and the level of knowledge possessed by the auditor about ISA. Submit questionnaires to 120 respondents who are auditors at KAP. KAP has applied the transfer of knowledge process through activities and media are used as a creating and improving knowledge of auditor. The study also found a positive relationship between the SECI with the knowledge of Auditor about ISA..
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56819
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafika Pratiwi
"Berbagi pengetahuan (knowledge sharing) merupakan landasan bagi organisasi yang menjalankan strategi Knowledge Management (KM). Salah satu persoalan yang dihadapi organisasi adalah menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan partisipasi karyawan dalam berbagi pengetahuan mengenai pekerjaan mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh knowledge and social characteristics of job terhadap perilaku knowledge sharing antarkaryawan di PT T. Knowledge and social characteristics of job merupakan bagian dari aspek pekerjaan yang ada dalam uraian pekerjaan karyawan. Berdasarkan uji regresi berganda pada 92 karyawan menggunakan Work Design Quesstionnaire dan Knowledge Sharing Behavior Quesstionnaire membuktikan adanya pengaruh simultan dan signifikan dari knowledge and social characteristics of job terhadap knowledge sharing dengan kontribusi sebesar 16,7% (R = 0,409**, p<0,01).
Hasil analisis menunjukkan bahwa Departemen Trade Marketing memperoleh skor knowledge sharing (M = 3,60; N = 15) dan social support (M = 2,83 ? 4,17) di bawah rata-rata sehingga perlu diberikan intervensi. Intervensi berbentuk simulasi Community of Practice (CoP) diberikan pada tujuh karyawan Departemen Trade Marketing dari level Supervisor hingga Manager.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa intervensi berhasil meningkatkan perilaku knowledge sharing karyawan pada Departemen Trade Marketing (t = -3,304; p<0,05). Hasil ini berimplikasi bahwa CoP perlu dilakukan secara berkala untuk meningkatkan perilaku knowledge sharing karyawan di Departemen Trade Marketing PT T.

Knowledge sharing is the cornerstone of organizations? Knowledge Management (KM) strategy. One of the problems faced by organization is finding the right way to increase employee participation to share knowledge about their work.
The purpose of this study is to determine the effect of knowledge and social characteristics of job to the knowledge sharing behaviour among employees at PT T. Job knowledge and social characteristics are parts of job aspects which could be found in the job description. By using multiple regression test of the 92 employees, it is proven that the knowledge and social characteristics of job towards knowledge sharing has a simultaneous and significant influence with scales up to 16,7% (R = 0,409**, p<0,01).
Based on the data analysis, it is revealed that the Trade Marketing Department obtained knowledge sharing score (M = 3,60; N = 15) and social support score (M = 2,83 ? 4,17) which are below the average, therefore, intervention is needed to improve it. The intervention is performed in simulation of Community of Practice (CoP) with seven participants from supervisor to manager level.
The result shows that there is an improvement in knowledge sharing behaviour among the employees of Trade Marketing Department after the implementation of the CoP intervention (t = -3,304; p<0,05). This result implies that a regular based CoP in the Trade Marketing Department is needed to increase knowledge sharing behaviour.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T36133
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nutfahedi Satria Pramono
"ABSTRAK<>br>
Laporan magang ini membahas pelaksanaan audit sistem informasi di KAP ABC. Pembahasan yang dilakukan merupakan hasil dari observasi selama pelaksanaan magang di KAP ABC, serta hasil dari studi literatur atas teori dan standar yang berkaitan. Standar yang digunakan dalam laporan magang ini merupakan International Standard on Auditing yang berkaitan dengan sistem informasi, yaitu diantaranya ISA 315, ISA 330, ISA 530, dan ISA 265. Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan audit sistem informasi di KAP ABC telah sesuai dengan teori yang terkait dan standar ISA 315, ISA 330, ISA 530, dan ISA 265.

ABSTRACT<>br>
This internship report discusses the implementation of information system audit in KAP ABC. The discussion undertaken is the result of observations during the internship at KAP ABC, as well as the results of a literature study of related theories and standards. The standards used in this internship report is the International Standards on Auditing related to information system, including ISA 315, ISA 330, ISA 530, and ISA 265. The result of this internship report concludes that the implementation of information system audit in KAP ABC has been in accordance with prevailing theory and standard ISA 315, ISA 330, ISA 530, and ISA 265. "
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arif Sofyan
"Fleksibilitas kerja semakin menjadi perhatian utama di berbagai sektor industri, terutama dalam konteks kesejahteraan subjektif pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pengaturan kerja fleksibel dan kesejahteraan subjektif pada pekerja di sektor industri swasta di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain non-eksperimental korelasional. Partisipan penelitian adalah 87 pekerja berusia 19-60 tahun yang telah bekerja dengan pengaturan kerja fleksibel minimal selama 3 bulan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari The PERMA-Profiler dan Flexible Working Arrangement Scale (FWAS). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara fleksibilitas waktu kerja dan kesejahteraan subjektif (r = 0,487; p < 0,01; two tailed) serta antara fleksibilitas tempat kerja dan kesejahteraan subjektif (r = 0,532; p < 0,01; two tailed). Temuan ini mengindikasikan bahwa pekerja yang memiliki kontrol lebih besar atas waktu dan lokasi kerja mereka cenderung memiliki tingkat kesejahteraan subjektif yang lebih tinggi. Oleh karena itu, disarankan bagi organisasi untuk merancang kebijakan kerja yang lebih fleksibel dan memberikan dukungan yang memadai untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja.

Work flexibility has increasingly become a major focus in various industrial sectors, especially concerning the subjective well-being of employees. This study aims to examine the relationship between flexible working arrangements and subjective well-being among workers in the private sector in Indonesia, particularly in DKI Jakarta, Banten, and West Java. This research employs a quantitative method with a non-experimental correlational design. The participants of the study are 87 employees aged 19-60 years who have been working with flexible working arrangements for at least 3 months. Data were collected through questionnaires consisting of The PERMA- Profiler and the Flexible Working Arrangement Scale (FWAS). The results of the study show a significant positive relationship between flexible working hours and subjective well-being (r = 0,487; p < 0,01; two tailed) as well as between flexible work location and subjective well-being (r = 0,532; p < 0,01; two tailed). These findings indicate that employees who have greater control over their work hours and locations tend to have higher levels of subjective well-being. Therefore, it is recommended for organizations to design more flexible work policies and provide adequate support to enhance employee well-being."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juniar Edgina
"Sumber daya manusia merupakan aspek penting dalam perusahaan. Untuk itu, penting bagi manajemen SDM untuk mengatur sumber daya manusia perusahaan untuk mencapai kepuasan kerja karyawan dan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan karyawan. Unsur work-life balance merupakan salah satu yang terpenting dalam mencapai kepuasan kerja karyawan. Hal ini juga dapat membantu mengurangi jumlah turnover intention yang sering terjadi pada perusahaan advertising agency. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Flexible Work Arrangements (FWA), Turnover Intention, Work-life Balance, dan Job Satisfaction pada karyawan advertising agency. Penelitian akan dilakukan terhadap 210 responden yakni pegawai tetap dengan menggunakan alat ukur SRQ-20 (Self-Reporting Questioner -20), IPWQ (Individual Performance Work Questionnaire) dan menganalisis pengaruhnya menggunakan PLS SEM. Pengumpulan data dilakukan secara online dan menggunakan teknik convenience sampling dan dilakukan selama 1 bulan. Hasil kajian tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif dari praktif flexible work arrangement terhadap job satisfaction dan work-life balance. Sementara, dengan flexible work arrangemnet, work-life balance, dan job satisfaction yang tinggi memberikan pengaruh negatif terhadap turnover intention. Implikasi manajerial dari penelitian ini dapat dipertimbangkan sebagai solusi untuk meningkatkan kepuasan kerja, keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi serta dapat menurunkan angka turnover intention.

Human resources are an important aspect in the company. For this reason, it is important for Human Resource management to regulate the company's human resources to achieve employee job satisfaction and work-life balance. The element of work-life balance is one of the most important in achieving employee job satisfaction. This can also help reduce the number of turnover intentions that often occur in advertising agency companies.This study aims to determine the effect of Flexible Work Arrangements (FWA), Turnover Intention, Work-life Balance, and Job Satisfaction on advertising agency employees. The research will be conducted on 210 respondents, namely permanent employees, using the measuring instrument SRQ-20 (Self-Reporting Questioner -20), IPWQ (Individual Performance Work Questionnaire) and analyzing its effect using PLS SEM. Data collection was done online and using convenience sampling technique and was carried out for 1 month. The results of this study indicate that there is a positive effect of practical flexible work arrangements on job satisfaction and work-life balance. Meanwhile, with high flexible work arrangements, work-life balance, and job satisfaction proved they have a negative influence on turnover intention. The result from this research could be considered as managerial implication for a solution to increase job satisfaction, work-life balance, and reduce turnover intention."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evanco Andreas
"Balance scorecard merupakan salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur performa atau kinerja dari setiap pegawainya apakah telah sesuai dengan strategi objektif dari perusahaan tersebut. Tesis ini membahas proses pembuatan hingga penerapan balance scorecard di sebuah kantor akuntan publik dan apakah balance scorecard tersebut sesuai dengan objektif yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut sehinggan balance scorecard tersebut bisa menjadi tolak ukur yang paling efisien dan efektif dalam mengukur performa dari setiap pegawainya.

Balance Scorecard is one of the most efficient tools used by the company to measure the performance of its employees. This Thesis discussed about the process up to the implementation of the balance scorecard in public accounting firm and whether the balance scorecard is corresponding with the objectives that the company want to achieve. Therefore, the balance scorecard could be used effectively in that company.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>