Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158752 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indri Reginasari
"ABSTRAK
Skripsi ini merupakan penelitian tentang pemanfaatan kelompok nomina dalam
empat lirik lagu yang dinyanyikan oleh tokoh Oompa Loompa dalam novel
Charlie and the Chocolate Factory karya Roald Dahl. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dan kuantitatif dengan pisau analisis tata bahasa fungsional dan
pendekatan analisis bahasa kritis (critical linguistics). Tujuan ditulisnya skripsi ini
adalah untuk menunjukkan bahwa kelompok nomina dalam empat lirik lagu
tersebut dimanfaatkan untuk mempertegas citraan anak nakal dalam cerita novel
Charlie and the Chocolate Factory. Temuan penelitian skripsi ini adalah: (1)
kelompok nomina dimanfaatkan dengan maksimal untuk memberi citra negatif
bagi anak nakal dalam cerita, (2) kelompok nomina yang digunakan umumnya
berstruktur kompleks, dengan struktur modifikasi yang dominan berupa unsur
deictic, epithet, dan qualifier, (3) citraan anak nakal yang ditampilkan umumnya
berupa karakter dengan orientasi non-produktif. Hasil penelitian diharapkan dapat
memberi kontribusi dalam memahami struktur kelompok nomina serta fungsinya
untuk menunjukkan suatu pencitraan tertentu dalam sebuah bentuk karya sastra.

ABSTRACT
The focus of this study is about the use of nominal groups within four lyrics
which are sung by the Oompa Loompas in Roald Dahl?s Charlie and the
Chocolate Factory. This study used qualitative and quantitative methods through
functional grammar and critical linguistics. The purpose of this study is to show
that the nominal groups in those four lyrics are mostly used as the way to
emphasize the image of ill-behaved children in the novel. The results of this study
are: (1) nominal groups are used optimally to strengthen the negative image of illbehaved
children in the story, (2) the functional structures of nominal groups in
those lyrics are mostly complex, and the dominant modifiers are deictic, epithet,
and qualifier, (3) the image of ill-behaved children here is mostly about characters
with non-productive orientation. This study is expected to be a contribution to
understand more about nominal groups, their structures, and function to highlight
a particular image within literatures.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43842
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dahl, Roald
Jakarta: Gramedia, 2002
813 Dah c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kaluara, Marsha Alethia
"Makalah ini dibuat untuk meneliti hubungan orangtua-anak antara tokoh Charlie dan Willy Wonka yang mengarah kepada perilaku dan kepribadian mereka. Hal ini jelas bahwa gaya dalam mengasuh anak dapat mempengaruhi perilaku sang anak. Selain itu, satu hal yang tertangkap adalah perbedaan struktur keluarga juga dapat mempengaruhi perilaku anak sampai dewasa, terutama dalam tokoh Willy Wonka. Penelitian ini menemukan bahwa urutan kelahiran, struktur keluarga dan gaya asuh anak mempengaruhi perilaku Charlie dan Willy Wonka pada waktu kecil.
Makalah ini menganalisis masalah urutan kelahiran menggunakan teori Sulloway, teori Freud tentang struktur pikiran manusia, dan teori beberapa ahli serta terdeapat studi tentang psikologis anak. Hasil dari penelitian ini adalah Charlie dan Willy Wonka memiliki kepribadian yang sama berdasarkan urutan kelahiran mereka, yaitu sebagai anak tunggal. Namun demikian, Willy Wonka memiliki masa kecil yang pahit sehingga membuatnya memiliki trauma dengan peristiwa tertentu. Hal ini membuat Willy Wonka mempunyai sifat yang lebih bermasalah daripada Charlie.

This paper sets out to see the parent-child relationship between Charlie and Willy Wonka which leads to their personality and behaviour. It is obvious that parenting style affect children behaviour. Moreover, one case captured is different family structure can also impact a child, especially Willy Wonka, to his adulthood. This paper finds that birth order, family structure, and parenting style affect Charlie and Willy Wonka’s behaviour as children.
This paper analyses the issues using Sulloway’s birth order theory, Freud’s structural human mind theory, and some experts, as well as child psychological studies. The findings are that both Charlie and Willy Wonka have similar personality based on their birth order, which is the only child in their family. Nevertheless, Willy Wonka had a ruined childhood which affected him have a trauma with particular event, in this case, family. This made him had more disruptive behaviour than Charlie.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dahl, Roald
London: Puffin Books, 1986
823.912 DAH g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mauliddhia Cinta Kyrana
"Fantastic Mr. Fox adalah novel karya Roald Dahl, menceritakan kisah tentang Mr. Fox yang menyelamatkan keluarganya dan binatang-binatang lain dari ancaman para peternak. Novel ini diadaptasi menjadi sebuah film oleh Wes Anderson dengan versi Fantastic Mr. Fox yang berbeda. Artikel ini akan mengulas isu-isu maskulinitas yang ditampilkan pada novel dan adaptasi film Fantastic Mr. Fox lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana maskulinitas direpresentasikan dan dibentuk melalui kedua karya. Dahl memperlihatkan maskulinitas dominan melalui karakter Mr. Fox, sedangkan Anderson menunjukkan gambaran maskulinitas yang lebih beragam melalui karakter-karakter pada film, seperti Mr. Fox, Ash, dan Kristofferson.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis isi, serta konsep-konsep maskulinitas dari Connell, Hofstede, dan Kimmel sebagai landasan teori. Temuan utama dalam penelitian ini dapat dilihat melalui gambaran stereotip gender yang terbentuk pada konstruksi maskulinitas yang berbeda. Bentuk-bentuk maskulinitas diperlihatkan melalui perkembangan karakter dan plot pada adaptasi film yang dibandingkan dengan novel. Selanjutnya, ditemukan juga negosiasi maskulinitas dominan dalam adaptasi film.

Fantastic Mr. Fox is originally a novel by Roald Dahl, telling the story of Mr. Fox who tries to save his family and community from the farmers rsquo; threat. This book was adapted by Wes Anderson into a film, offering a different version of Fantastic Mr. Fox. This article will further explore masculinity issues presented in both the novel and film adaptation of Fantastic Mr. Fox. The objective of this research is to disclose the manner in which masculinity is represented and constructed through both works. Dahl displays dominant masculinity through the character Mr. Fox, while Anderson presents a more diverse portrayal of masculinity through the characters of Mr. Fox, Ash, and Kristofferson.
This study uses qualitative research and content analysis as its research methods, and concepts of masculinity from Connell, Hofstede, and Kimmel as the theoretical framework. The main finding of this research can be seen through the portrayal of constructed gender stereotypes which centralizes on different types of the construction of masculinity. The constructions are presented through the development of characters and plot in the film adaptation compared to the novel. Furthermore, there is negotiation of the dominant masculinity in the film adaptation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dahl, Roald
London: Puffin Books, 1991
823 DAH d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dahl, Roald
New Zealand: Penguin Books, 1984
823.08 DAH b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dahl, Roald
"The misadventures of two terrible old people who enjoy playing nasty tricks and are finally outwitted by a family of monkeys"
London: Puffin Books, 1980
823.914 DAH t ;823.914 DAH t (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dahl, Roald
New York : Random House, 1975
823.914 DAH d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ryana Andari
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan karakter Charlie, karakter utama dalam Novel The Perks of Being a Wallflower. Isu utama dalam penelitian ini adalah represi Charlie terhadap ingatan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Aunt Helen yang berujung kepada kelupaan. Hasil proses represi ini kemudian muncul dalam bentuk perilaku yang ditunjukkan oleh Charlie dalam kesehariannya. Transformasi Charlie dari seorang a wallflower menjadi aparticipant terjadi karena adanya konflik-konflik psikodinamik yang terjadi dalam kesehariannya. Oleh karena itu, akan dianalisis juga interaksi Charlie dengan orang-orang di lingkungan barunya, terutama Bill, Patrick dan Sam. Berdasarkan analisis tersebut, sifat Charlie yang tertutup dan lebih sering menyendiri dilihat sebagai pengaruh dari trauma masa kecil yang terepresi. Pada akhirnya, proses kembalinya ingatan Charlie yang disertai dengan proses transformasi Charlie dari a wallflower menjadi a participant terbantu oleh kehadiran Bill, Patrick dan Sam.

The objective of this study is to find the character development of Charlie, the main character in the novel The Perks of Being a Wallflower. The main issue of this study is Charlie’s repression against memories of molestation committed by Aunt Helen that lead to forgetfulness. The result of repression emerged in the form of behavior exhibited by Charlie in daily life. Charlie’s transformation from being a wallflower into a participant happens due to the psychodynamic conflicts that occur in his daily life. Therefore, Charlie’s interaction with people in his new environment, especially Bill, Patrick and Sam will also be analyzed. Based on this analysis, Charlie’s character that tend to be introvert and prefer to be aloof are the results of repressed childhood trauma. Finally, the return of Charlie’s memory is accompanied by his transformation of being a wallflower into a participant that is helped by the presence of Bill, Patrick and Sam."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53345
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>