Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 168356 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ricki Muliadi
"Penelitian ini membahas mengenai pengembangan model pembangunan kota DKI Jakarta yang berkelanjutan yang dapat menggambarkan dampak berbagai kebijakan pemerintah terhadap aspek sosial dan ekonomi DKI Jakarta. Pertumbuhan perekonomian Jakarta yang pesat dapat menimbulkan masalah jika tidak diikuti pengembangan kota yang memperhatikan aspek keberlanjutan. Model dibuat berdasarkan model sistem dinamis dengan menggunakan causal loop diagram yang sesuai dengan kondisi nyata. Model ini mampu menggambarkan interaksi aspek keberlanjutan dari kota Jakarta yaitu aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan sehingga dapat digunakan untuk mengevaluasi berbagai kebijakan pemerintah serta pengaruhnya terhadap aspek sosial dan ekonomi DKI Jakarta.

This research discusses about development of DKI Jakarta sustainable urban model which able to represent the effect of government policies toward social and economic aspect of DKI Jakarta. Jakarta rapid economic growth can trigger problems if not followed by sustainable city developmet. The model is developed based on system dynamics using causal loop diagram that reflects the real world. This model can represent the relationship of Jakarta sustainable aspects which is social, economic, and environment aspect so it will be useful to evaluate government policies to see the effect toward social and economy aspect of DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43630
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yulius Putra
"Pertumbuhan ekonomi yang pesat di Indonesia menimbulkan masalah yang mendasar, dimana pertumbuhan ekonomi yang pesat tidak diimbangi oleh suplai energi yang mumpuni. Ketergantungan Indonesia pada energi fosil mengakibatkan persediaan minyak yang menurun drastis dan subsidi pemerintah yang membengkak. Untuk menghadapi isu ini, pemerintah mengeluarkan insentif untuk membudidayakan potensi energi terbarukan di Indonesia yang sangat tinggi, dimana salah satunya berupa kebijakan Feed-in Tariff (FIT).
Pada penelitian ini, sebuah model simulasi dinamis dan pembentukan dan analisis skenario kebijakan FIT di Indonesia akan dibangun dan diaplikasikan, yang dikaitkan dengan perkembangan tiga aspek utama Indonesia, yang meliputi aspek ekonomi, aspek lingkungan, dan aspek sosial. Adapun hasil dari model yang telah diaplikasikan menunjukkan bahwa dengan menjalankan kebijakan FiT, perkembangan tiga aspek utama Indonesia mengalami perkembangan yang jauh lebih pesat.

Rapid economic development in Indonesia causes fundamental issues, where the rapid development is not balanced by a dependable energy supply. Indonesia’s dependence to fossil energy causes rapid decrease in oil supply and swelling subsidy cost. To face those issues, the government issues incentives to utilize the renewable energy potential in Indonesia, which include Feed-in Tariff(FiT).
In this research, a dynamic simulation model and policy analysis of FiT will be constructed and implemented, relating it to the economical, environmental, and social aspects in Indonesia. The result of the applicated model stated that by implementing FiT policy, the development of three main aspects in Indonesia showed better development.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52451
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggit Prakoso
"ABSTRAK
DKI Jakarta sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia memainkan peranan penting sebagai pintu gerbang perdagangan nasional dan internasional melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Rencana pembangunan Terminal Kalibaru Utara menjadi suatu pembangunan yang krusial untuk dieksekusi mengingat peran Pelabuhan Tanjung Priok serta kondisi arus peti kemas yang sudah melebihi kapasitas penanganannya. Pengembangan pelabuhan sering dikatakan dapat menimbulkan efek multiplier yang bahkan lebih besar dari pelabuhan itu sendiri. Efek pengembangan pelabuhan pada dasarnya diprediksi akan menyerap tenaga kerja dan pendapatan. Namun, kondisi infrastruktur logistik di DKI Jakarta yang masih dapat dikatakan relatif buruk menyebabkan terjadinya efek lain yang dihasilkan dari meningkatnya perdagangan akibat pengembangan pelabuhan, yaitu kemacetan. Kondisi akses jalan pelabuhan ke kawasan industri yang juga masih minim, dirasa menjadi salah satu faktor penghambat pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta. Hasil menunjukkan bahwa kontribusi penyerapan tenaga kerja sektor yang berkaitan dengan pelabuhan akan menunjukkan pertumbuhan yang meningkat dari tahun ke tahun. Hal lain yang juga dibahas adalah pengujian kebijakan tarif progresif dan pembangunan akses yang memiliki andil yang cukup baik dalam meningkatkan faktor kompetitif pelabuhan serta industri.

ABSTRACT
Jakarta as the capital city of Indonesia has a role as the main gate to national and international trade through its Tanjung Priok Port. The New Priok Port project then rise its priority to be executed due to the natural important role of Tanjung Priok Port for the country as well as the fact that the 2015 Tanjung Priok Port Capacity has reached its limit to handle the rapid flow of container. Port development theoretically would give a huge multiplier effect that are higher than the benefit perceived by the port itself. Port development effect is predicted to absorb employment and income. But in other hand, the logistic infrastructure conditions in DKI Jakarta is currently relatively bad, this also become much worse by the traffic jam condition. Access road condition to the main industrial district is also bad. These situations could lead to the diseconomies of DKI Jakarta. The result shows that the port related sector could absorb more employment over time. Another result that also discussed in this research is the effect of policy interventions made by port authorities and government tariff progressive policy and access road development which has shown good contribution to increase the port and industrial competitiveness."
2017
S66953
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Ghafiqie
"Penelitian ini membahas efek pembangunan stasiun MRT pada perkembangan area residensial dan komersial terhadap penerimaan pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan model yang komprehensif dalam menyediakan usulan kebijakan untuk pengembangan MRT Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi berbasis sistem dinamis. Hasil penelitian mengusulkan pada pemerintah mengenai kebijakan kenaikan pajak bumi dan bangunan sebesar 5% dan besaran subsidi 10% dari pajak tersebut untuk MRT.

This research is focusing on development effects of MRT station on residential and commercial area development to the tax revenue. The purpose of this research is to provide policy recommendations for MRT Jakarta development. The Method used here is the system dynamic simulation. The results suggested the government's policy on land tax increases by 5% and 10% from the tax for MRT subsidy.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31003
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adriana Wulan Siti Hutami
"ABSTRAK
Pengumpulan limbah elektronik oleh konsumen merupakan salah satu perkembangan signifikan yang dapat membantu untuk meningkatkan jumlah limbah elektronik terkumpul yang nantinya akan dikelola secara tepat. Untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi konsumen, dibutuhkan rencana yang baik untuk menyeimbangkan laju pertumbuhan produk elektronik dan limbah elektronik. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai bagian dari pemerintah memiliki peran penting dalam mengikat dan meningkatkan kesadaran pengguna elektronik dalam mengelola alat elektroniknya dengan bantuan organisasi peduli limbah elektronik. Kompleksitas dari sistem manajemen limbah elektronik menambah tantangan dalam menghadapi masalah ini. Penelitian ini menggambarkan model serta intervensi kebijakan untuk meningkatkan pengumpulan limbah elektronik di Indonesia dan memberikan pemahaman antara hubungan dinamis antar faktor pada sistem manajemen limbah elektronik di Indonesia.

ABSTRACT
The collection of electronic waste by consumers is one of the significant developments that can help to increase the amount of electronic waste collected which will be managed appropriately. In order to raise consumer awareness on E-waste management, it must be planned well to balance the growth of e-waste collected, and the cost invested. A good strategy is needed, with the Ministry of Environmental and Forestry as a part of the Government to engage and increase the awareness of electronic users with the help of e-waste management organizations that aware of e-waste problems. The complexity of the e-waste management system added challenges to address the problems. This conceptual model will draw the policy structure exploration with the system dynamics modeling approach to give an understanding of the relations and dynamics between the factors in the e-waste management system in Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfalast Susetyo Dewanto
"Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 merupakan pandemi yang menjangkiti di lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Indonesia sebagai negara terpadat keempat di dunia, diprediksi akan menghadapi ancaman besar pandemi ini. Sebagai ibukota negara, wilayah DKI Jakarta sangat terinfeksi dan disebut sebagai episentrum penyebaran COVID-19 di Indonesia. Upaya pemerintah DKI Jakarta menekan penyebaran virus yakni penerapan kebijakan perketatan atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada tanggal 25 Maret hingga 4 Juni 2020, selanjutnya diterapkan kebijakan PSBB transisi atau pelonggaran untuk memulihkan ekonomi. Kenaikan jumlah kasus positif dan kematian yang siginfikan pasca PSBB pelonggaran mengindikasikan adanya potensi manfaat (benefit) yang dapat diperoleh apabila terus dilakukan PSBB perketatan terus menerus. Penelitian ini ingin mengetahui besarnya benefit dari selisih antara kebijakan PSBB pelonggaran, dengan simulasi PSBB perketatan terus menerus sampai batasan tanggal 31 Agustus 2020. Benefit dampak kesehatan dihitung melalui morbiditas cost of illness diantaranya: Biaya Medis dan kehilangan produktivitas (TPL). Juga mortalitas menggunakan Nilai Statistik Kehidupan (VSL). Model ARIMA digunakan untuk simulasi prediksi pada data kasus positif dan metode transfer nilai satuan untuk prediksi kasus kematian. Apabila terus dilakukan perketatan, secara total kasus positif DKI Jakarta menurun sebesar 54,2% menjadi 18.460 kasus dan kematian hanya 550 kasus. Manfaat biaya medis yang dapat diperoleh bisa menghemat anggaran kesehatan sebesar Rp1,26 Trilyun. TPL berimbas pada kebanyakan rentang usia 30-34, 25-29, dan di atas 60 tahun dan memiliki manfaat sebesar Rp56 Milyar. Kematian banyak terjadi pada rentang usia di atas 60 tahun, manfaat VSL yang didapat Rp15,5 Trilyun.

Coronavirus Disease 2019 or COVID-19 is a pandemic that has affected more than 200 countries around the world. Indonesia, as the fourth most populous country in the world, is predicted to face a huge threat from this pandemic. As the national capital, the DKI Jakarta area is highly infected and is referred to as the epicenter of the spread of COVID-19 in Indonesia. The efforts of the DKI Jakarta government to suppress the spread of the virus through the implementation of more restrictive policies or Large-Scale Social Restrictions (PSBB) from March 25 to June 4, 2020, then the implementation of loosening of the restriction of the PSBB policy to recover the economy have impacted on various aspects. The increase in the number of positive cases and deaths, which became quite significant after the relaxation of the restrictions, states that the potential benefits that can be obtained through the continuation of the implementation of PSBB are conspicuously obtrusive. This study, in consequence, wants to see the major ideals of the difference in the policy of alleviating the rigorousness of the restriction (PSBB), and in the progressive suppression of PSBB execution that had taken place until 31 August 2020. The health impact benefits are calculated through the morbidity of disease costs, including: Medical Costs and lost productivity (TPL), while the mortality using the Value Statistics of Life (VSL). ARIMA model is used for prediction simulation on positive case data and unit value transfer method for prediction of death cases. If the strict rules are saliently successful in containing the development of positive cases, then the total cases in DKI Jakarta will only have 54.2% or 18,460 cases and the death will only be 550 cases. Benefits of medical costs that can incur are a cut of the health budget amounting up to IDR 1.26 trillion. TPL affects most of those aged between 30-34, 25-29, and above 60 years and it also yields a benefit of IDR 56 billion. From the death of many aged above 60 years, it will contribute to the benefits of VSL that totals up to IDR 15.5 trillion."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Putri Styaningrum
"Tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan ekonomi suatu wilayah berbanding lurus dengan pertumbuhan konsentrasi emisi di wilayah tersebut. DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian Indonesia per 2018 menduduki peringkat 10, ibu kota paling berpolusi di dunia via AirVisual berdasarkan level PM 2.5. Sementara itu, konsentrasi emisi yang tinggi diketahui berdampak negatif terhadap perekonomian berupa penurunan produktivitas pekerja akibat sakit. Jika ditelaah lebih lanjut, penyumbang utama pencemar PM 2.5 di wilayah DKI Jakarta adalah sektor transportasi. Oleh karena itu, pemerintah DKI Jakarta memiliki target penurunan emisi sebesar 30% pada tahun 2030 dan menjaga pertumbuhan ekonomi sebesar 7%. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan analisis permasalahan pencemaran di Jakarta dan kaitannya dengan sistem transportasi yang ada khususnya setelah munculnya ojek online, sehingga dapat memberikan rekomendasi strategis untuk penanganan emisi di wilayah Jakarta dengan mempertimbangkan aspek ekonomi dan lingkungan. , yang sesuai dengan kondisi saat ini. Metode yang digunakan adalah metode sistem dinamis yang dibagi menjadi 3 skenario. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa ojek online memiliki nilai konsumsi energi paling rendah dan terdapat kerugian ekonomi akibat dampak pencemaran yang saat ini terjadi di DKI Jakarta. Oleh karena itu perlu adanya intervensi untuk mencapai target pemerintah pada tahun 2030, salah satu upaya yang efektif adalah dengan membatasi penggunaan ojek online melalui pembatasan pertumbuhan jumlah pengemudi dan peningkatan tarif per kilometer ojek online.
It is undeniable that the economic growth of a region is directly proportional to the growth of emission concentrations in that region. DKI Jakarta as the economic center of Indonesia as of 2018 was ranked 10th, the most polluting capital city in the world via AirVisual based on PM 2.5 level. Meanwhile, high emission concentrations are known to have a negative impact on the economy in the form of a decrease in worker productivity due to illness. If examined further, the main contributor to PM 2.5 pollution in the DKI Jakarta area is the transportation sector. Therefore, the DKI Jakarta government has a target of reducing emissions by 30% by 2030 and maintaining economic growth of 7%. This study aims to produce an analysis of pollution problems in Jakarta and its relation to the existing transportation system, especially after the emergence of online motorcycle taxis, so that it can provide strategic recommendations for handling emissions in the Jakarta area by considering economic and environmental aspects. , which corresponds to the current conditions. The method used is a dynamic system method which is divided into 3 scenarios. Based on the results of the analysis, it was found that online motorcycle taxis have the lowest energy consumption value and there are economic losses due to the impact of pollution that is currently happening in DKI Jakarta. Therefore there is a need for intervention to achieve the government's target by 2030, one effective effort is to limit the use of online motorcycle taxis through limiting the growth of the number of drivers and increasing the tariff per kilometer of online motorcycle taxis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ricki Muliadi
"Peningkatan emisi gas rumah kaca di DKI Jakarta dapat berdampak negatif pada pembangunan kota yang berkelanjutan. Peningkatan emisi gas rumah kaca dapat menurunkan tingkat kesehatan masyarakat yang berujung pada perlambatan perekonomian. Pemerintah daerah DKI Jakarta mengeluarkan Rencana Aksi Daerah - Gas Rumah Kaca (RAD-GRK) untuk mengatasi tingginya emisi gas rumah kaca.
Penelitian ini membahas analisis penerapan kebijakan RAD-GRK terhadap aspek keberlanjutan DKI Jakarta menggunakan pendekatan sistem dinamis. Model kebijakan RAD-GRK akan diintegrasikan dengan Jakarta Sustainable Urban Model dan kemudian disimulasikan berdasarkan dua skenario yaitu Kewenangan Rendah dan Kewenangan Tinggi. Kebijakan RAD-GRK mampu menurunkan emisi gas rumah kaca di Jakarta namun perlu upaya lebih lanjut oleh pemerintah DKI Jakarta untuk menciptakan pembangunan kota Jakarta yang berkelanjutan.

The increasing of Green House Gases (GHGs) in DKI Jakarta could harm the sustainable urban development. The escalation of GHGs could decrease public health level that lead to economics slow down. Local government of DKI Jakarta releases Regional Action Plan-Green House Gases (RAP-GHGs) to overcome the increasing of GHGs.
This research discusses about policy analysis of Regional Action Plan-Green House Gases Emission toward sustainable aspects of DKI Jakarta using system dynamics approach. The policy model of RAP-GHGs would be integrated with Jakarta Sustainable Urban Model and be simulated based on two scenarios which are Low Authority and High Authority. RAP-GHGs policy could reduces GHGs emission in Jakarta but it needs further efforts from DKI Jakarta local government to create sustainable Jakarta development.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35612
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irvanu Rahman
"Penelitian ini membahas mengenai pengembangan model pembangunan berkelanjutan kota Jakarta dengan menggunakan metode pemodelan Sistem Dinamis. Tujuan dari studi ini adalah untuk mendapatkan gambaran interaksi yang terjadi antara aspek ekonomi dan lingkungan hidup secara timbal balik. Konseptualisasi dari model dibangun berbasis pada diagram kausalitas dalam kerangka diagram sistem.
Berdasarkan hasil simulasi, model mampu memberikan gambaran interaksi aspek ekonomi dengan aspek lingkungan hidup dan menghasilkan keluaran berupa indikator-indikator keberlanjutan kota yang dapat menunjukkan kondisi ekonomi dan lingkungan hidup di DKI Jakarta.

This research discuss about development of DKI Jakarta Sustainable Urban Model using System Dynamics. This study aims to obtain interaction between economic and environmental aspects. The model conceptualiazation is developed using causal-loop diagram within system diagram framework.
Based on the simulation, the model shows interaction between economic and environmental aspects in DKI Jakarta through several sustainable-city indicators which represents the actual condition of the city.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42212
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Athar Aufi Rama Putra
"

Produksi sampah yang meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk tidak diimbangi dengan peningkatan infrastruktur pengelolaan sampah yang memadai, meskipun anggaran kebersihan daerah meningkat tiap tahunnya. Kondisi ini juga diperparah oleh ketergantungan pemerintah daerah terhadap TPST Bantargebang yang kapasitasnya diproyeksikan penuh tahun 2021. Hal ini memaksa Pemerintah Provinsi Jakarta untuk menerapkan kebijakan pengolahan sampah mandiri berbasiskan teknologi yang berkelanjutan untuk meminimalisir dampak negatif sampah terhadap lingkungan perkotaan. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis dampak kebijakan pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Antara (FPSA) berbasis teknologi konversi Waste to Energy yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terhadap aspek-aspek keberlanjutan lingkungan perkotaan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa metode ini dapat mengurangi nilai emisi sampah di DKI Jakarta secara signifikan, serta membantu tercapainya target pengurangan emisi Pemerintah DKI Jakarta.

 


The increased waste production that is in line with Jakarta economic and population growth is not followed with an increase in the waste management infrastructure, although the regional waste management budget increases every year. This poor condition is also worsen by local government depedency on TPST Bantargebang which capacity is projected to be full in 2021. This calls on the Provincial Government of Jakarta to implement independent waste management policies to help minimize waste negative impacts on Jakarta urban environment. This study aim is to analyze the impacts of Intermediate Treatment Facility (ITF) based on the Waste to Energy conversion technology polivy initiated by the Provincial Government of DKI Jakarta, towards sustainability aspects related to waste production. The simulation results show that this method can help to significantly reduce the number of waste emissions in DKI Jakarta, and help achieve emission targets.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>