Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86025 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Situmeang, Oktavia
"ABSTRAK
Metode active learning yaitu metode pembelajaran yang mengajak mahasiswa
untuk belajar secara aktif, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran,
memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang dipelajari ke dalam suatu
persoalan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran
persepsi mahasiswa ekstensi 2010 FIK UI tentang metode pembelajaran active
learning. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif sederhana
dengan jumlah sampel total populasi yaitu sebesar 46 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis untuk
memperoleh frekuensi dan persentasenya. Hasil penelitian ini adalah sebanyak
50% mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap metode pembelajaran active
learning. Bagi penelitian selanjutnya, agar area penelitian diperluas dengan
jumlah sampel yang lebih representatif sehingga hasil penelitian dapat
digeneralisasi.

Abstract
Methods of active learning is a teaching method that invites students to actively
learn to use your brain, either to find the main idea of the subject matter, solving
problems, or apply what is learned into a problem that exists in real life. This
study aims to get a picture of students' perceptions about the UI extension 2010
FIK active learning teaching methods. The study design used was a simple
descriptive method with a sample of the total population of 46 people. The data
was collected using a questionnaire. The collected data were analyzed to obtain
frequencies and percentages. The results of this study is as much as 50% of
students had positive perceptions of active learning teaching methods. Most
students consider it appropriate method used in FIK UI. For further research, in
order to extend the study area with a more representative number of samples so
that results can be generalized"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43593
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Rahmawati
"Kualitas tidur mahasiswa yang kurang baik dapat mempengaruhi minat belajar mahasiswa sehingga aktivitas belajar akan terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan minat belajar mahasiswa Program Studi Sarjana Kelas Ekstensi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Desain penelitian ini menggunakan analitik-korelasi dengan pendekatan penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Sarjana Kelas Ekstensi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebanyak 93 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk mengukur kualitas tidur dan kuesioner minat belajar untuk mengukur minat belajar mahasiswa (Alfa Cronbach 0,857). Data penelitian dianalisis menggunakan Independen t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kualitas tidur dengan minat belajar pada mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan solusi kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan kualitas tidurnya sehingga memiliki kesehatan fisik maupun psikologis, minat belajar yang tinggi, dapat melakukan aktivitas belajar dengan baik dan mendapatkan prestasi belajar yang optimal.

Poor sleep quality among students can affect student interest in learning so the activities will be interrupted. This study aims to determine the relationship between sleep quality with learning interest of Undergraduate Student Program of Extension Class Faculty of Nursing, University of Indonesia.
Study design used an analytic-correlation with cross-sectional research approach. The samples used were Undergraduate Student Program of Extension Class Faculty of Nursing, University of Indonesia as many as 93 respondents who selected using total sampling technique. The instrument used was a Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) questionnaire to measure the quality of sleep and Learning interest questionnaire to measure student?s learning interest (Cronbach Alpha 0.857). Data were analyzed using independent t-test.
The results of this study indicate that there is a relationship between sleep quality with student?s learning interest. The results of this study are expected to provide solutions to students in order to improve their sleep quality thus students have physical and psychological health, have high learning interest, able to do learning activity well and obtain optimal learning achievement.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S57519
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manggarsari
"ABSTRAK
Penerapan Collaborative Learning dan Problem-based Learning dalam Kurikulum
Berbasis Kompetensi merupakan stimulus bagi mahasiswa karena baru diterapkan
pada program studi keperawatan Universitas Indonesia sejak tahun 2008. Penelitian
ini menggunakan desain deskriptif untuk menggambarkan karakteristik serta persepsi
mahasiswa Keperawatan program sarjana mengenai penerapan metode Collaborative
Learning dan Problem-based Learning dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Responden penelitian berjumlah 107 orang. Hasil penelitian menunjukkan persepsi
yang dibentuk mahasiswa adalah positif (51,4%). Masih ada hal yang perlu
diperbaiki, seperti keseragaman pemahaman mahasiswa, komunikasi mahasiswa dan
pengajar, serta peran pengajar sebagai fasilitator dan motivator. Evaluasi lebih lanjut
perlu dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat.

ABSTRACT
The Collaborative Learning and Problem-based Learning in Competency-based
Curriculum could be a stimulus for students because it was newly applied in Nursing
Major in University of Indonesia since 2008. This research used descriptive design to
describe the undergraduate Nursing student's characteristics and perceptions about
the application of Collaborative Learning and Problem-based Learning in
Competency-based Curriculum. The respondents were 107 students. Student's
perception in this research was positive (51,4%). The evaluation could be in the
uniformity of student's comprehension, communication between student and lecturer
and the role of lecturer as a facilitator and motivator. Further evaluation is needed to
find the best solution.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43694
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Evie Anggriyani
"ABSTRAK
Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di FIK-UI diharapkan akan
menghasilkan lulusan yang dapat memberikan perubahan yang lebih baik di
bidang keperawatan di tempat kerja. Penerapan KBK menuntut mahasiswa lebih
aktif dan mandiri, hal ini yang menimbulkan kecemasan pada mahasiswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada
mahasiswa ekstensi FIK UI dalam mengikuti pembelajaran KBK. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif terhadap 87 mahasiswa ekstensi secara total
sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua mahasiswa ekstensi
FIK-UI mengalami kecemasan: 86.02% cemas berat, 12.64% cemas sedang dan
1.15% cemas berat sekali (panik). Penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi
faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan dalam mengikuti proses belajar
dengan KBK perlu dilakukan. Metode pembelajaran yang lebih kondusif dan
tidak menimbulkan kecemasan berat bagi mahasiswa juga perlu dirancang oleh
dosen FIK-UI.

ABSTRACT
The implementation of implementation Competency-Based Curriculum (CBC) in
FIK-UI is expected to the produce a graduates who can provide improvement in
the nursing workplace. This implementation demands students to be more active
in learning and independent, which cause anxiety in students. The purpose of this
study was to determine the anxiety level overview on FIK-UI extension students,
in studying by using the CBC. This study examines 87 extensions program
students in total sampling. The results indicate that all FIK-UI extensions program
students experience anxiety rating from: 86.02% severe anxiety, 12.64% mild
anxiety and 1.15% panic. These is a to need conduct further research to explore
the factors that cause anxiety in students attending the CBC, and to fine a more
conducive method of learning that does not cause severe anxiety for FIK-UI
students."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42740
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sastriani Zoula
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola komunikasi antara anak dan ibu yang sedang melanjutkan pendidikan di program ekstensi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dengan motivasi belajar ibu. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan melibatkan 60 mahasiswa yang berstatus sebagai ibu bekerja dan telah mempunyai anak yang dipilih dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 70.6% ibu dengan pola komunikasi fungsional memiliki motivasi belajar tinggi.
Hasil uji Chi Square menyatakan terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan pola komunikasi dengan motivasi belajar (p= 0.000, α= 0.05). Penelitian ini memberikan implikasi supaya hasil penelitian ini dijadikan evidence base dalam membuat rencana asuhan keperawatan keluarga terkait pola komunikasi keluarga khususnya pada keluarga yang ibunya sedang melanjutkan pendidikan sekaligus bekerja.

The purpose of this study is to examine the relationship between the communication pattern of son and mother who continues study at extension programme of Nursing Faculty in Indonesia University and learning motivation. This study is using cross sectional design. Sampling technique using total sampling method produces 60 samples.
The results showed that 70.6% mothers who use functional communication have a high learning motivation. Based on chi square test, there was a significant relationship between communication pattern and learning motivation (p= 0.000, α= 0.05). This research has implication for nursing care planning to be used as evidence base in family communication pattern esspecially for family with a working mother who continues study.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46562
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aruan, Labora Srihayati
"Penelitian ini membahas persepsi mahasiswa profesi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia terhadap pembelajaran ilmu dasar keperawatan dan aplikasinya pada praktik keperawatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain desktriptif sedehana dengan jumlah responden 63 orang yakni 30 orang S1 Regular dan 33 orang S1 Ekstensi. lnstrumen penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa profesi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran ilmu dasar keperawatan dan aplikasinya pada praktik keperawatan.

This research study about perception of Nursing Faculty science profession student University of Indonesia conceming the study of bioscience nursing and its application in clinical practice. This research is qualitative research by simple descriptive design with respondent amount 63 person namely 30 person of S1 Reguler and 33 person of Sl Ekstensi. This research instmment is quetionnair. Result of this research is Nursing Faculty science profession student University of Indonesia have positive perception to the study of bioscience nursing and its application in clinical practice."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5655
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Satrio Raffani Raharjo
"Keadaan dunia saat ini sedang dilanda wabah penyakit Coronavirus Disease (COVID-
19). Hal ini mengakibatkan beberapa aktivitas sehari-hari dilakukan dengan jarak jauh,
salah satunya aktivitas belajar mengajar. Keberadaan e-learning khususnya Learning
Management System (LMS) diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kebutuhan pembelajaran
jarak jauh. Dengan kurangnya interaksi tatap muka yang disebabkan pandemi
ini, Universitas Indonesia mendukung peningkatan penggunaan LMS Student Centered
E-Learning Environment Fakultas Ilmu Komputer UI (SCeLE Fasilkom UI), salah satu
LMS yang dimiliki oleh UI. Penggunaan LMS dapat menyebabkan kurangnya fokus
perhatian pelajar, kemungkinan berkurangnya efisiensi kelas, dan kemungkinan untuk
menimbulkan rasa jenuh pada penggunanya. Salah satu solusi yang dapat digunakan
untuk permasalahan ini adalah adalah dengan gamifikasi. Active learning juga perlu
ditekankan pada kelas online di LMS dan di penelitian ini dievaluasi melalui fitur
forum SCeLE Fasilkom UI. Evaluasi dari dampak gamifikasi yang direpresentasikan
oleh elemen game berupa rating/points, badge dan leaderboard terhadap partisipasi
mahasiswa dan active learning dalam kelas online pada LMS menggunakan metode
Design Based Research dilakukan pada penelitian ini. Sebanyak tiga mata kuliah di
Fakultas ilmu komputer UI tergabung dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan
menggunakan metode Design Based Research dan elemen gamifikasi diintegrasikan
secara bertahap di tiga kelas tersebut. Setiap fase berdurasi selama dua minggu dan
disertai dengan pengisian kuesioner online pada saat dijalankannya fase tersebut. Hasil
penelitian ini menemukan bahwa penerapan gamifikasi berpengaruh terhadap active
learning. Hal ini didukung dari pengaruh gamifikasi terhadap jumlah reply pada weekly
review dan forum discussion yang dapat dilihat dari rerata partisipasi kelas SIP-MTI
(67.60%), E-health (79.17%), dan Kombistek (72.15%).

The world condition is currently being hit by an outbreak of Coronavirus Disease
(COVID-19). This results in several daily activities carried out remotely, one of which
is teaching and learning activities. The existence of e-learning, especially the Learning
Management System (LMS), is expected to be a solution to distance learning needs. With
the lack of face-to-face interaction caused by this pandemic, the University of Indonesia
is supporting the increased use of the Student Centered E-Learning Environment LMS
UI Faculty of Computer Science (SCeLE Fasilkom UI), one of the LMS owned by UI.
The use of an LMS can lead to a lack of focus for students’ attention, the possibility of
reduced class efficiency, and the possibility to create a feeling of boredom in its users.
One solution that can be used for this problem is gamification. Active learning also needs
to be emphasized in online classes at LMS and in this study evaluated through the SCeLE
Fasilkom UI forum feature. Evaluation of the impact of gamification represented by game
elements in the form of ratings / points, badges, and leaderboard on student participation
and active learning in online classes at LMS using the Design Based Research method
was carried out in this study. A total of three courses at the Faculty of Computer Science
UI are incorporated in this research. This research was conducted using the Design
Based Research method and gamification elements were integrated gradually in the
three classes. Each phase lasts two weeks and is accompanied by filling out an online
questionnaire at the time of the phase. The results of this study found that the application
of gamification had an effect on active learning. This is supported by the effect of
gamification on the number of replies in weekly reviews and forum discussions which
can be seen from the average participation of the SIP-MTI class (67.60%), E-health
(79.17%), and Kombistek (72.15%).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian yang bertujuan mengidentifikasi persepsi Mahasiswa Strata satu Reguler FIK UI terhadap penggunaan herbal dalam keperawatan dilakukan terhadap 100 mahasiswa dengan menggunakan desain deskriptif sederhana. Hasil temuan didapatkan hampir semua (94%) mahasiswa menyatakan penggunaan herbal dalam keperawatan dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan sebagian besar (91%) setuju bahwa penggunaan herbal dapat mendukung pemberian asuhan keperawatan yang komprehensif. Tingginya harapan mahasiswa terhadap pengadaan mata ajar tentang penggunaan herbal dalam keperawatan (95%) serta regulasi yang jelas (98%) agar herbal dapat diterapkan secara luas dalam keperawatan (93%) menunjukkan bahwa mahasiswa telah menyadari penggunaan herbal merupakan ranah keperawatan. Kesadaran tersebut didukung oleh tingginya motivasi mahasiswa untuk mempelajari dan menggunakan (91%), Serta merlerapkan herbal dalam keperawatan (88%).

Research which have purpose to identify the FIK UI student’s perception toward the use of herbs in a nursing conducted on 100 respondents by using simple descriptive design. The findings obtained almost of students (94%) stated that the using of herbs in nursing can improve the quality of nursing services and 91% agree that the use of herbs can support the delivery of comprehensive nursing care. The high expectation of students toward the procurement of specific subject about the use of herbs in nursing (95%) as well as a clear regulation of herbs (98%) can be widely applied in nursing (93%) indicated that students were aware ofthe use of herbs is the part of nursing. Awareness is also supported by the high motivation of students to learn and use (91%), and applying herbs in nursing (88%).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
TA5953
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lili Kurnia Sari
"Prinsip mekanika tubuh merupakan istilah yang menggambarkan usaha dalam mengoordinasikan sistem muskuloskeletal dan saraf. Perawat menggunakan berbagai kelompok otot dalam setiap aktivitas keperawatan seperti mengangkat dan memindahkan klien. Penggunaan yang salah dapat mengganggu kemampuan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan perilaku perawat tentang penerapan prinsip mekanika tubuh dalam asuhan keperawatan. Desain penelitian ini adalah desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa progmm ekstensi FIK UI. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan perilaku perawal tentang penerapan prinsip mekanika tubuh dalam asuhan keperawatan (p value = 0.047). Penelitian ini merekomendasikan perawat untuk meningkatkan pengetahuannya tentang prinsip mekanika tubuh sehingga dapat diterapkan dalam setiap asuhan keperawatan yang diberikan.

Principles of body mechanics are the coordinated efforts of the musculoskeletal and nervous systems. The nurse uses a variety of muscle groups of each nursing activity, such as lifting and moving client. Incorrect used can impair the nurses ability in nursing activity.
This study aimed to measure the correlations between knowledge and behavior about implementation principles of body mechanics on nursing activity. This study used the cross sectional design. The samples in this research are extension student in Nursing Faculty University of Indonesia. Sampling technical used purposive sampling.
The result showed that there’s correlation between knowledge and behavior about implementation principles of body mechanics in nursing activity (p value=0,047). This study recommends that the nurse should improve their knowledge about principles of body mechanics. So that, the nurses can apply this principles correctly in each nursing activity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5773
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zuhud Fattah
"Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis pengaruh keterampilan kewiraswastaan dan persepsi nilai terhadap intensi berwiraswasta. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 130 responden mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dan melalui e-mail selama bulan Oktober-Desember 2013. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 2.0 yang telah banyak digunakan dalam penelitian terkait kewiraswastaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kewiraswastaan dan persepsi nilai berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwiraswasta.

The purpose of this paper is to analyze the influence of Entrepreneurial Skills and Value Perception toward Entrepreneurial Intentions. The study was conducted with a sample of 130 respondents of Economic Faculty Extension Program of University of Indonesia students. The survey was conducted during the month of October-December 2013. Data analysis and hyphotesis testing using the Partial Least Square technique with SmartPLS 2.0 that has been satisfactorily applied on entrepreneurship studies. Analytical results obtained results that Entrepreneurial Skills and Value Perception has a positive significant effect on Entrepreneurial Intentions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53652
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>