Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 179567 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harahap, Farid Akbar
"ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji aspek keandalan manusia dalam penerapan Kesehatan dan
Keselamatan Kerja (K3) pada pabrik susu bayi terbesar di Jakarta dengan
mengevaluasi potensihuman error pada proses produksi menggunakan metode
Hierarcical Task Analysis, Fault Tree Analysis dan membandingkanmetode
pengukuran keandalan manusia antara metode HEART (Human Error Assessment
and Reduction Technique) dan metode SPAR-H (Standardized Plant Analysis
Risk Human Reliability Assessment). Hasil penelitian ini yaitu berupaHuman
Error Probabilitiesdimana resiko human error terbesar terjadi pada area
Tippingdengan pengukuran metode HEART dan area Preparation dengan
pengukuran metode SPAR-H.Penelitian ini juga membandingkan penggunaan
metode HEART dan SPAR-H.

Abstract
This research studies human Reliability in safety application atthe biggest baby
nutrition factory in Jakarta by evaluatig the risk of human error in production
line. The methods in this research are Hierarcical Task Analysis (HTA), Fault
Tree Analysis (FTA), and also compared Reliability assessment methods between
HEART (Human Error Assessment and Reduction Technique) and SPAR-H
(Standardized Plant Analysis Risk Human Reliability Assessment. The research
result are Human Error Probabilities that shows the biggest human error risk are
in Tipping area based on assessment by HEART and in Preparation area based
on assessment by SPAR-H. HEART and SPAR-H.This result also compare the
application of HEART and SPAR-H."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43657
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Novianti
"Human Error yang terjadi di area produksi semen dengan tingkat resiko tinggi. mengakibatkan kerugian berupa kecelakaan kerja dan kerusakan properti. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya human error petugas patroller area kiln dengan metode Human Reliability Analysis(HRA). HRA dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan menilai kemungkinan kejadian error, serta menemukan faktor-faktor yang berkontribusi,seperti beban kerja serta interaksi manusia dengan peralatan. Oleh karena itu diperlukan juga pengukuran beban kerja fisik dan mental serta evaluasi ergonomi peralatan yang digunakan. Hasil integrasi dari ketiga metode tersebut menghasilkan solusi berupa sistem check list dan labeling,penentuan waktu istirahat di antara pekerjaan patroli,serta perubahan desain peralatan.

Human Error which is happened in cement production area with high risk has caused loss such as work accident and property damage.This research aims to reduce the probability of human error for patroller cement plant by identifying errors, assessing the probability of the errors, and finding factors which contribure to the errors, such workload and human machine interaction. Therefore, in reducing human error, it is necessary to do workload assessment and ergonomics evaluation of tools and machine using. The integration among those three methods created solution such as check list and labelling system,rest time consideration, and tools design change."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51868
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Satiya Perkasa
"Peningkatan angka kecelakaan kerja di Indonesia menuntut adanya suatu pengembangan pendekatan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja bagi para pegawai. Nyatanya, penyebab dari suatu kecelakaan kerja masih didominasi akibat kesalahan tindakan manusia (human error). Human error sangat erat dikaitkan dengan kecelakaan industri dan dalam kasus ini human error yang terjadi pada proses fabrikasi kendaraan khusus (armoured vehicle) yang memiliki lingkungan kerja yang ekstrem. Bercermin pada hal tersebut maka dibutuhkan suatu penelitian untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja dengan pendekatan analisis identifikasi dan pengurangan human error.
Sebuah pendekatan sistematis yang mengkombinasikan teknik identifikasi serta pengukuran pada human error yang dimulai dengan mengidentifikasi mengidentifikasi setiap task-task yang berlangsung pada proses fabrikasi kendaraan khusus. Kemudian dilakukan identifikasi kegagalan kerja menggunakan metode Systematic Human Error Risk Prediction and Analysis untuk memetakan resiko serta dampak dari setiap rangkaian-rangkaian pekerjaan. Selanjutnya dilakukan pengukuran human error terhadap task-task tersebut dengan menggunakan metode Human Error Analysis and Reduction Technique (HEART) serta metode Standardized Plant Analysis Risk Human Reliability Assessment (SHERPA) yang masing-masing memiliki pendekatan yang relevan dalam menganalisis kondisi serta faktor yang mempengaruhi kegagalan dari sebuah pekerjaan.
Terakhir dilakukan analisa pola kecelakaan kerja dengan metode Fault Tree Analysis (FTA). Pendekatan ini menghasilkan identifikasi kegagalan kerja secara mendetail, pengukuran human error yang relevan, serta memberikan rekomendasi dan prioritas penanggulangan kecelakaan kerja dalam manajemen kesehatan dan keselamatan kerja pada fabrikasi kendaraan khusus.

The increasing number of work accidents in Indonesia demands a developed approach to management of occupational health and safety. In fact, the cause of an accident is still dominated by the improper work of human actions (human error). Human error is always related to industrial accidents, and in this case the human error that occurs in the fabrication process of armored vehicle that has an extreme working environment. Referring from that condition, a research to reduce the risk of workplace accidents with identification and reduction of human error analysis approaches must be needed.
A systematic approaches that combine identification technique to human error start from identification of every tasks in fabrication process of armoured vehicle. Then, work failure is identified by using Systematic Human Error Risk Prediction and Analysis method to measure the risk and impact from every tasks sequences. Then, assessment of human error conducted for every tasks with Human Error Analysis and Reduction Technique (HEART) method and Standardized Plant Analysis Risk Human Reliability Assessment (SHERPA) method that have their own relevant approaches in order to analyze the conditions and factors that influence the failure of a tasks.
Last step is to mapping the pattern of work accident using Fault Tree Analysis (FTA). This approaches resulting in detailed work failure identification, relevant human error measurement, and finding out the recommendation dan prioritize remedial action for reducing the work accident in occupational health and safety management for fabrication process of armoured vehicle.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63320
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdulah Anshor
"Skripsi ini membahas mengenai Human Reliability Assessment (HRA) pada proses pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) pada Proyek Stasiun LRT PT X menggunakan metode Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) dengan tujuan untuk mengetahui Human Error Probability (HEP) yang terdapat dalam proses pekerjaan pengeboran di pembangunan JPO. Penelitian ini adalah penelitian semikuantitatif dengan desain studi deskriptif yang dilakukan dengan observasi langsung proses pekerjaan pengeboran oleh 90 orang pekerja tukang bangunan di Stasiun LRT Bekasi Barat, Ciracas, dan Harjamukti. Hasil penelitian berupa jumlah HEP, dimana nilai HEP tertinggi di Stasiun LRT Bekasi Barat terdapat pada tugas Penentuan Titik Bor dengan jumlah 71,68% kemungkinan terjadinya kesalahan manusia, di Stasiun LRT Ciracas terdapat pada tugas Pengeboran dengan jumlah 49,87%, dan di Stasiun LRT Harjamukti terdapat pada tugas Pemasangan Pipa Tremi dengan jumlah 74,68% serta menyarankan adanya pengendalian dari jenis error serta kondisi yang memungkinkan error (EPCs) untuk mencegah kejadian human error yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja.

This thesis discusses the Human Reliability Assessment (HRA) in the construction process of the pedestrian bridge at PT X LRT Station Project using Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) with the aim of knowing the Human Error Probability (HEP) contained in the drilling work process in the construction. This research is a semi-quantitative research with a descriptive study design conducted by direct observation of the drilling work process with 90 construction workers as the sample at West Bekasi, Ciracas, and Harjamukti LRT Stations. The results of the study are the number of HEP, where the highest HEP value at the West Bekasi LRT Station is in the Drill Point Determination task with a total of 71.68% the possibility of human error, at the Ciracas LRT Station there is in the Drilling task with a total of 49.87%, and at the Ciracas LRT Station the drilling task is 49.87%. The Harjamukti LRT is found in the Tremi Pipe Installation task with a total of 74.68% and suggests controlling the types of errors and conditions that allow errors (EPCs) to prevent human error events that can lead to work accidents.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rifky Ghifari
"Angka kecelakaan kerja di Indonesia yang tergolong tinggi, mengakibatkan adanya urgensi untuk menjaga keselamatan pekerja yang jumlahnya semakin meningkat. Sektor penyumbang kecelakaan kerja terbesar di Indonesia adalah sektor konstruksi, termasuk konstruksi gedung dan menyebabkan kerugiaan fisik maupun finansial yang besar. Kecelakaan kerja biasanya disebabkan oleh kesalahan manusia dan sangat berkaitan dengan reliabilitas manusia.
Penggunaan metode Fuzzy Cognitive Reliability and Error Analysis Method (Fuzzy CREAM) ditujukan dalam penelitian untuk menganalisa pola perilaku pekerja yang mempengaruhi resiko kecelakaan kerja digabungkan dengan simulasi Bayesian Network. 176 pekerja konstruksi bangunan di wilayah Jakarta dan sekitarnya menjadi objek penelitian. Nilai Human Error Probability (HEP) berhasil didapatkan dan pemberian solusi dilakukan berdasarkan karakteristik pekerja dalam kategori Control Mode.

Work injury rates in Indonesia are relatively high, resulting in an urgency to maintain the safety of workers whose numbers are increasing. The biggest sector contributing to work accidents in Indonesia is the construction area, including building construction and causing large physical and financial losses. Workplace accidents are usually caused by human error and are strongly related to human reliability.
The use of Fuzzy Cognitive Reliability and Error Analysis Method (Fuzzy CREAM) method is aimed at research to analyze patterns of worker behavior that affect the risk of workplace accidents combined with Bayesian Network simulation. 176 construction workers in the Jakarta and surrounding areas became the object of research. The value of Human Error Probability (HEP) was successfully obtained and the solution was given based on the characteristics of workers in the Control Mode category.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Villemeur, Alain
Chichester: John Wiley & Sons, 1991
620.004 52 VIL r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"This book brings together studies broadly addressing human error from different disciplines and perspectives. It discusses topics such as human performance; human variability and reliability analysis; medical, driver and pilot error, as well as automation error; root cause analyses; and the cognitive modeling of human error. In addition, it highlights cutting-edge applications in safety management, defense, security, transportation, process controls, and medicine, as well as more traditional fields of application.
Based on the AHFE 2018 International Conference on Human Error, Reliability, Resilience, and Performance, held on July 21–25, 2018, in Orlando, Florida, USA, the book includes experimental papers, original reviews, and reports on case studies, as well as meta-analyses, technical guidelines, best practice and methodological papers. It offers a timely reference guide for researchers and practitioners dealing with human error in a diverse range of fields."
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20501618
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Aulia Riza
"Penelitian ini tentang Gambaran Penilaian tingkat Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Berdasarkan PP No.50 Tahun 2012 di PT X (Persero) tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripstif analitik. Peneltian ini menggunakan data primer berupa observasi dan menggunakan data sekuder dari perusahaan. Pengolahan data dan analisis data menggunakan 12 elemen dan 166 kriteria yang terdapat pada lampiran 3 PP No.50 Tahun 2012.
Hasil keseluruhan dari semua kriteria yang dinilai maka PT X (Persero) mendapatkan nilai persentase 89 %, yang berarti 148 dari 166 kriteria SMK3 PP No.50 Tahun 2012 telah terpenuhi. PT X (Persero) mendapatkan penilaian penerapan SMK3 berdasarkan PP No.50 Tahun 2012 Memuaskan.

This Study is about The Overview Of Application Level Assessment Of Occupational Health and Safety Management System Based on PP No.50 Tahun 2012 at PT X (Persero) in 2015. Design study is a Descriptive analytic. Method od data acquisition through interviews, obseravtion and secondary data.
The results showed that the level of adpotion research SMK3 in PT X (Persero) by PP No.50 Tahun 2012 as much as 89%, which means 148 from 166 kriteria SMK3 PP No.50 tahun 2012 have completed and assessment of The implementations are Satisfy.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S60125
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dela Aptika Gusani
"Penelitian ini membahas analisis risiko keselamatan dan kesehatan kerja di Penyamakan Kulit X tahun 2012. Penelitian mengacu pada standar AS/NZS 4360:2004 dengan menggunakan analisis risiko semikuantitatif. Penilaian risiko menggunakan metode W.T Fine yaitu nilai risiko merupakan hasil kali antara faktor konsekuensi, pajanan dan kemungkinan. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mendapatkan nilai risiko keselamatan dan kesehatan pada setiap tahapan proses di Penyamakan Kulit X.
Hasil penelitian adalah tingkat risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada setiap tahapan proses meliputi very high, priority 1, substantial, priority 3 dan acceptable. Hasil penelitian dapat menjadi dasar pertimbangan program pengendalian risiko di Penyamakan Kulit X.

This research describes risk assessment of occupational health and safety in Tannery X 2012. This study referred to AS/NZS 4360:2004 standard and used semi-quantitative risk analysis. Risk Assessment used W.T Fine method. Risk score was got from multiplication of the consequence, exposure and probability factors. The objective of this study is to get health and safety level of risk in every step process in Tannery X.
The results state the level of risk in every step process includes very high, priority 1, substantial, priority 3 and acceptable. This results can use for judgment of risk control program in Tannery X.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Hidayat
"Sektor pertambangan merupakan sektor pekerjaan yang sangat sarat dengan kecelakaan kerja. Hal ini disebabkan karena karakteristik pekerjaan yang berkaitan dengan kondisi alam yang beragam dan sulit diprediksi kondisinya. Berdasarkan data statistik dari Kementerian ESDM Tahun 2009, di lokasi PTA terjadi kasus kecelakaan keija terjepit secara nasional sebesar 4 kali kecelakaan. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kecelakaaan terjepit di perusahan pertambangan dianalisis menggunakan konsep dalam buku human error in mine safety oleh Geoff Simpson, dkk mengenai konsep human error likelihood influence framework. Dimana, kecelakaan keija dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah faktor organisasi, pengawasan/supervisi, training dan kompetensi, SOP (Standards Operating Procedure), peraturan, kondisi tempat kerja/lingkungan kerja serta adanya interaksi antara pekerja dengan mesin/peralatan yang digunakan (Simpson, 2009).
Sector mining is one of work sector that really crowded with job accident. It corresponds to work characteristic that gets bearing face to face with nature condition that really medley and difficult being predicted its condition so causing in height job accident zoom, Base statistical of ESDM'S ministry Year 2009, at PTA was happen 4 cut accident happening work accident ca.w is in a bind national ala as big as 4 accident time be in a bind. To understand accident causation factor in mining sector can be analyze by use of framework in books human error in mine safety by Geoff Simpson with concept human error likelihood influence framework. In this book explain that accident can caused by safety management system/organization and safety culture.,. supervision/first line management roles and responsibilities, training and competence, codes, rules and procedures, the workplace environment, the person and machine interface (Simpson, 2009)."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T32427
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>