Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 92938 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reza Muhammad Alfaiz
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain kabin pengemudi panser kanon tipe 90 mm dalam Virtual Environment. Tujuannya adalah untuk menghasilkan rekomendasi desain kabin pengemudi Panser Kanon 90mm yang telah ergonomis, sesuai dengan hasil uji nilai PEI. Dihasilkan 6 buah konfigurasi yang akan dianalisis. Analisa postur menggunakan software Jack 6.1. Pendekatan yang digunakan adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi dengan sudut tuas kemudi 60o, tinggi kursi 20 cm dan sudut kursi 110o.

This research studies the ergonomic aspect from driver's compartment of panser cannon in Virtual Environment. The purpose of this project was to make ergonomic recommendation designs for armored cab of Canon 90mm according to the PEI test result. Jack 6.2.1 was used to analyze posture. Posture Evaluation Index was an approach that integrated the results of these tree methods: Low Back Analysis, Ovako Working Analysis System, and Rapud Upper Limb Analysis. The results are configuration with 60o on steering wheel angle, 20 cm on chair height, and 110o on chair angle.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43393
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pramudya Rizfa Dharma
"Dalam mengoperasikan mesin derek (crane), tentara yang menjadi operator duduk dalam keadaan statis dan perlu tingkat konsentrasi tinggi. Hal tersebut dapat beresiko menyebabkan terjadinya WSDM. Penelitian ini mencoba untuk mempelajari postur duduk yang ditimbulkan oleh desain kursi penumpang dalam lingkungan virtual dengan menggunakan software simulasi ergonomi, Jack 6.1.
Penyesuaian dilakukan pada tinggi kursi, kemiringan sandaran kursi, tinggi tuas panel, dan pergeseran kursi untuk mendapatkan konfigurasi kursi yang ideal bagi tentara. Postur duduk yang terbentuk dari seluruh konfigurasi yang diujikan dinilai dengan menggunakan metode Posture Evaluation Index (PEI). Hasil penelitian berupa usulan kursi yang ergonomis bagi tentara Indonesia.

While being transported using Armoured Personnel Carrier Vehicles, soldiers are seated in is static posture and giving a risk of WMSD. This study attempts to analyze the sitting posture caused by a passenger seat design in the virtual environment, using an ergonomics software simulation, Jack 6.1.
Adjustments have been made on the high of seat, back slope seat and distance of hand handle to obtain the ideal configuration for the soldiers. Sitting posture which is formed from all the tested configurations assessed using the method of Posture Evaluation Index (PEI). The purpose from this study is to design an ergonomic seat passenger models for Indonesian Soldiers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43364
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farouk Akbar
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain kabin pengemudi panser kanon dalam Virtual Environment. Tujuannya adalah mengevaluasi desain awal kabin pengemudi dan menentukan konfigurasi paling ergonomis ditinjau dari sudut tuas kemudi, sudut kursi, dan kemiringan kursi. Dihasilkan 9 buah konfigurasi yang akan dianalisis. Analisa postur menggunakan software Jack 6.1. Pendekatan yang digunakan adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi dengan sudut tuas kemudi 45o, sudut kursi 105o, dan kemiringan kursi 15o.

This research studies the ergonomic aspect from driver?s compartment of panser cannon in Virtual Environment. The purpose of this project was to evaluated the actual design driver?s compartment and determine the most ergonomic configuration that concern at steering wheel angle, chair angle, and chair slope. Jack 6.2.1 was used to analyze posture. Posture Evaluation Index was an approach that integrated the results of these tree methods: Low Back Analysis, Ovako Working Analysis System, and Rapud Upper Limb Analysis. The results are configuration with 45o on steering wheel angle, 105o on chair angle, and 15o on chair slope."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S103
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pande Adhi Prathama
"Permasalahan kompleks dalam sistem pembelajaran blended learning, seperti kesulitan dalam mempelajari materi, membutuhkan sebuah solusi yang komprehensif. Pendekatan makroergonomi dilakukan dalam penelitian ini karena makroergonomi mempelajari mengenai sistem kerja dan interaksinya dengan manusia. Salah satu pendekatan makroergonomi, yaitu Macroergonomics Analysis and Design diterapkan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisa MEAD, didapat salah satu varians utama dalam blended learning adalah mahasiswa belum memahami secara benar materi perkuliahan.
Oleh karena itu, dibuatlah suatu standar operasional prosedur pembuatan komik edukasi sebagai media penyampaian materi perkuliahan sehingga materi perkuliahan dapat dibuat dalam bentuk komik dan mahasiswa lebih mengerti materi perkuliahan yang diberikan. Standar operasional prosedur pembuatan komik edukasi terbagi dalam 2 bagian, yaitu SOP proses pembuatan komik yang dijelaskan dengan IDEF0 dan SOP desain komik yang terdiri dari desain gambar dan halaman (tampilan) komik dan desain cerita.

Problem complexity in blended learning system, like getting difficulty in learning course material, need a comprehensive solution. Macroergonomics approach is implemented in this research since macroergonomics learns about work system and its interaction with human. One of the macroergonomics approaches, which is Macroergonomics Analysis and Design is applicated in this research. According to MEAD analysis, one of the key variance in blended learning is the students are not fully understand with course material.
Therefore, there is a need to make framework for developing education comic as course material media, so all of course materials can be transformed into comic and the students are more understand with the course material that given to them. The standar operational procedure itself is classified into 2 parts, which are SOP comic making process that described with IDEF0 model and SOP comic design that consists of pages and image view comic and story design.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariq Muhammad Sulthan
"Proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, atau Whoosh, merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional yang bertujuan untuk mentransformasi moda transportasi umum di wilayah Jawa. Studi ini mengevaluasi signifikansi dari proyek tersebut terhadap industri regional, memahami bahwa terdapat dampak yang timbul terhadap berbagai indikator ekonomi seperti nilai tambah bruto, pendapatan, lapangan kerja dan emisi. Memanfaatkan tabel Interregional Input-Output Indonesia tahun 2016, studi penelitian ini mampu menguantifikasi dampak proyek pembangunan Whoosh dengan total peningkatan sebesar 69,38 triliun rupiah dalam nilai tambah bruto, 27,39 triliun rupiah dalam pendapatan rumah tangga, 353 645 dalam jumlah tenaga kerja, dan 14,18 juta ton CO2e dalam tingkat emisi.

The Jakarta-Bandung high-speed rail, or Whoosh, construction project is part of the National Strategic Project meant to transform public transportation in the Java region. This study assesses the project’s significance towards regional industries, understanding it can have overarching impact on various economic indicators such as gross value added, income, employment and emission. Using Indonesia’s 2016 Interregional Input-Output table, this research study is able to quantify the project’s impact to a total increase of 69.38 trillion rupiahs in gross value added, 27.39 trillion rupiahs in household income, 353 645 in labor/employment level, and 14.18 million tons of CO2e in emission level."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Nur An-Nisaa Widiani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pergerakan nilai tukar rupiah
terhadap nilai perusahaan dan untuk mengetahui perbedaan tingkat eksposur
antarindustri di Indonesia pada periode 2003-2012. Selain itu, penelitian ini juga
bertujuan untuk melihat variabel yang mempengaruhi tingkat perbedaan eksposur
nilai tukar. Data penelitian menggunakan sampel perusahaan purely domestic dan
perusahaan yang terlibat dalam aktivitas internasional yang diklasifikasikan ke
dalam 8 industri. Dengan menggunakan metode orthogonalize market return,
ditemukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pergerakan nilai tukar
dengan nilai perusahaan dan terdapat perbedaan tingkat eksposur antarindustri.
Industri pertanian, industri dasar dan kimia, dan barang konsumsi memiliki
tingkat koefisien eksposur yang lebih tinggi dibandingkan dengan industr i
lainnya.

ABSTRACT
This study aimed to examine the effect of exchange rate movements on firm value
and determine the exposure level differences among industries in Indonesia
during 2003-2012. In addition, this study also aimed to determine variables that
influence the level of exposure. Samples using purely domestic companies and
companies which involved in international activities which is classified into 8
industries. By using orthogonalize market return, results found that there is a
strong relationship between the movement of the exchange rate and value of the
firm and there are differences in exposure levels among industries. Agricultures,
basic and chemicals, and consumer good industry have the highest exchange rate
exposure among other industry."
2014
S53855
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratriana Astuti
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang tingginya volume plastik pasca konsumsi perkotaan yang belum semua terdaur ulang. Plastik pasca konsumsi akan semakin tidak layak untuk didaur ulang dikarenakan degradasi kualitas apabila tidak ditangani dengan benar. Semakin banyak tidak terkelola, plastik pasca konsumsi perkotaan semakin mengganggu lingkungan dan memboroskan sumber daya. Plastik pasca konsumsi tidak terdaur ulang secara maksimal dikarenakan rugi-rugi material. Oleh karena itu disajikan skema pengurangan sampah plastik pasca konsumsi melalui daur ulang mekanikal dan akan disajikan juga simulasi pengurangan sampah plastik pasca konsumsi menggunakan Simulasi Dinamika Sistem.

ABSTRACT
This thesis discusses the high volume of non-recycled post urban consumption plastic. Post consumption plastic will be more unfeasible to recycle due to the quality degradation if it is not handled properly. The more unmanaged, post urban consumption plastic will be more disrupt the environment and waste resources. Post consumption plastic is not maximally recycled due to losses. Therefore, presented of scheme to reduce post-consumer plastic waste through mechanical recycling and it will also present the simulation of post-consumer plastic waste reduction using System Dynamics Simulation."
2014
S53621
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdiansyah Zhultriza
"ABSTRAK
Perkembangan dunia manufaktur di abad ke-21 ini berkembang seiring bertambahnya permintaan produk. Pembuatan produk baru yang inovatif, cepat, dan murah dapat memberikan keuntungan bagi industri manufaktur. Desain produk dengan pembuatan prototipe nyata membuat harga penelitian produk dan risiko kegagalan menjadi tinggi. Penelitian ini menggagas konsep virtual manufacturing yang dapat digunakan untuk melakukan assembly dan desain memanfaatkan hasil data image processing. Penggunaan perakitan secara virtual dapat memangkas harga pembuatan produk uji coba dan merasakan sensasi langsung. Model software yang dikembangkan menggunakan kamera webcam pada laptop dan integrasi hasil identifikasi dan tracking tangan dengan 3D CAD System. Pengguna menggunakan software ini tanpa perlu terganggu dengan sensor yang banyak maupun pembelian device tambahan yang mahal sehingga lebih leluasa dalam melakukan simulasi virtual manufacturing. Hasil akhir dari penelitian ini adalah model software virtual designing dan virtual assembly sebagai bagian dari virtual manufacturing.

ABSTRACT
The development of the manufacturing world in the 21st century is growing as the demand for product rsquo s increase. Creating innovative, fast, and inexpensive new products can provide benefits for the manufacturing industry. Product design with real prototype has expensive cost for research and the failure is too high. This research initiated a concept of virtual manufacturing that can be used to perform assembly and design utilize the results of image processing data. The use of virtual assembly can cut the price of making test products and feel the sensation instantly. The software model is developed using webcam cameras on laptop and integration of the results of identification and hand tracking based on image processing with 3D CAD System. User can use this software without feeling interupted by the sensors so they can feel more flexible in performing virtual manufacturing simulation and do not have to purchase of additional devices that are expensive. The end results of this research are virtual designing and virtual assembly software model as part of virtual manufacturing. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Ivan Gunawan
"Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain kabin pengemudi kendaraan tempur tipe Armored Personnel Carrier menggunakan model Virtual Environment. Tujuannya adalah mengevaluasi desain aktual kabin pengemudi kendaraan tempur dan menentukan konfigurasi paling ergonomis ditinjau dari kemiringan kursi, ketinggian kursi, dan jarak pedal akselerator dan rem dari kursi tanpa mengabaikan spesifikasi standar militer. Dihasilkan 18 buah konfigurasi yang akan dianalisis. Pengambilan data kebiasaan postur dilakukan dengan observasi langsung pada personil TNI dan kemudian direkonstruksi dan di lakukan analisis menggunakan menggunakan software Jack 6.1. Pendekatan yang digunakan adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian berupa usulan konfigurasi kabin pengemudi yang ergonomis bagi personil TNI.

This research studies the ergonomic aspect of the driver cabin of Armored Personnel Carrier (APC) using virtual environment model. The purpose of this study is to evaluate the actual design of the driver cabin of combat vehicle and determine the most ergonomic configuration which concerns on seat angle, seat height, and the distance between seat and accelerator and brake pedals without compromising military specification standard. There are 18 configuration models that are made and analyzed in this study. Actual driving postures of military personnel are being observed and reconstructed on virtual environment using to be analyzed using Jack 6.1 software task analysis toolkits which are Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. The analysis result was integrated using Posture Evaluation Index approach. The purpose of this study is to design an ergonomic driver cabin models for Indonesian Army personnel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S73
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zainal Arifin
"Agrosilvo ekosistem hutan rakyat (HR) adalah bentuk pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan dan adaptif terhadap perubahan. Penelitian ini merumuskan model keberlanjutan dan adaptasi pengelolaan agrosilvo ekosistem HR, sebagai dasar konsep strategi pengelolaan lahan kritis DAS serta strategi adaptasi perubahan iklim berbasis ekosistem hutan. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan analisis. Pertama, analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik dan fungsi agrosilvo ekosistem HR. Kedua, Analisis Multi Dimensional Scaling menggunakan aplikasi Rapid Appraisal HR (RAP-HR) untuk mengetahui status dan faktor pengungkit keberlanjutan dan adaptasi pengelolaan HR. Ketiga, analisis prospektif untuk merumuskan model keberlanjutan pengelolaan dan adaptasi agrosilvo ekosistem HR dalam rekayasa skenario masa depan. Karateristik agrosilvo ekosistem HR dicirikan oleh pola penanaman multispecies dan multilayer yang mampu memenuhi fungsi sosial ekonomi dan hidrologis lahan dalam perubahan pola iklim yang terjadi. Karateristik agrosilvo ekosistem HR dibentuk oleh inisiatif adaptasi subsistem sosial. Keberlanjutan dan adaptasi pengelolaan HR pada unit analisis cukup adaptif dan berkelanjutan didukung keberlanjutan variabel perencanaan tanaman, karateristik agrosilvo ekosistem, dan kelembagaan. Variabel pola silvikultur dan pola pemanenan berada dalam status kurang adaptif dan kurang berkelanjutan. Keberhasilan model keberlanjutan dan adaptasi pengelolaan agrosilvo ekosistem HR digerakkan oleh faktor program penguatan kelembagaan dan diungkit oleh faktor aktivitas pengendalian lahan, penetapan jarak tanam, serta stratifikasi tanaman dan kesinambungan produksi yang berlangsung dalan skenario optimistik progresif.

Agrosilvo ecosystem of privately owned forest (PoF) is a form of sustainable and adaptive natural resource management. This study formulates a model of sustainability and adaptive management of PoF agrosilvo ecosystems, as a basis for formulating the strategic concept of degraded watersheds management and rehabilitation and also forest ecosystem-based climate change adaptation strategies. This study uses three phases of analysis. First, descriptive statistical analysis to describe the characteristics and functions of PoF agrosilvo ecosystem. Secondly, multi dimensional scaling analysis using Rapid Appraisal HR (RAPHR) application to determine the status and leverage factors of sustainability and adaptive management of PoF. Third, prospective analysis to formulate a model of sustainability and adaptive management of agrosilvo ecosystems in engineered future scenarios. Agrosilvo ecosystem of PoF are characterized by multispecies and multilayer planting that is able to meet socio-economic needs and continuously maintain the carrying capacity of land in a changing climate pattern. The characteristic of agrosilvo ecosystem of POF were formed by autonomous adaptation initiatives of social subsystems. The sustainability and adaptation of PoF management on the unit of analysis is quite adaptive and sustainable, which are supported by the sustainability of plants planning, agrosilvo ecosystem characteristics, and institutional variables. Silvicultural pattern and harvesting pattern are less adaptive and less sustainable. The model of sustainability and adaptive management of PoF are driven by institutional strengthening program and supported by land management activities, plant spacing determination, plant stratification, and sustainability of production factors in progressive optimistic future scenario.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2013
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>