Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115792 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sabar Risdadi
"ABSTRAK
Penelitian tentang kecenderungan stilistik Tirani dan Benteng dilakukan dengan tujuan menampilkan kembali kesastrawanan Taufiq Ismail (TI). Salah satu upaya untuk menampilkannya adalah dengan menganalisis secara menyeluruh piranti puitik atau eksperimen bahasa atas kumpulan sajaknya, sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang gaya TI dalam menuliskan kata-kata dalam sajak-sajaknya. Dengan menggunakan landasan teori Panuti Sudjiman dan Rahmat Djoko Pradopo untuk struktur bahasanya dan kombinasi pendapat para ahli untuk studi stilistika, serta metode deskriptif menghasilkan beberapa kesimpulan yang mengungkapkan tentang piranti puitik atau eksperimen bahasa TI. Secara umum dalam menampilkan sajak-sajaknya, TI cenderung memanfaatkan pengimajian dengan begitu kuat, bahasa figuratif atau majas, dan diksi keseharian, serta dalam beberapa sajaknya marnpu mengungkapkannya dalam bentuk yang liris.

"
2000
S11045
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sapardi Djoko Damono, 1940-2020
"ABSTRAK
Pencapaian seorang penyair tentu ditandai oleh perkembangan yang ada dalam sajak-sajak yang ditulisnya selama periode yang cukup panjang. Demikian juga Taufiq Ismail, salah seorang penyair Indonesia yang telah menulis tanpa putus putus sajaknya disiarkan dalam bcrbagai majalah sastra dan kebudayaan yang bcrni!ai dan kemudian diterbitkan dalam bebcrapa buku kumpulan sajak. Jadi, kematangan puitik yang ditunjukkan puisi Taufiq pada tahun 1970-an tidak datang begitu saja. melainkan melalui kegiatan yang terus menerus dilakukannya sejak ia mcnulis puisi 1ahun 1950-an. Perkcmbangan sajak-sajak yang ditulis olch scorang penyair dapat ditinjai dari scgi sti!istik dan tematik. Berdasarkan uraian di atas, timbul masalah ciri dari Pcrkembangan kcpcnyairannya.
Tujuan penclitian ini adaiah untuk mengungkapkan ciri-ciri stiiistik dan tcmatik puisi Taufiq Ismail pada awal pcrkembangan kcpenyairannya. Puisi yang ditu!is daiam masa awal pcrkembangan Tauf!q Ismail disorot berdasarkan pcncapaian puncoknya pada tahun 1970 an dcngan konteks pcrkembangan puisi lndoncsia yang lebih luas yakni yang terjadi pada Periode 1950-an dan 1960-an awal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain menulis puisi tanpa putus scjak 40 tahun yang lalu. Taufiq Ismail juga dengan cerrnat mengadakan eksperirncn bahasa, suatu syarat mutlak bagi karya sastra yang bernilai. Di dalam eksperimennya, ia sama sckali tidak mengharamkan tema apa pun. Ia menulis sajak-sajak sepi tetapi juga menulis pernyataan politik dalam bentuk puisi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Sapardi Djoko Damono, 1940-2020
Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta, 1995
899.221109 SAP s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Depok Fakultas Sastra Universitas Indonesia 1995
LAPEN 01 Djo s
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Taufiq Ismail
Jakarta: Yayasan Ananda, 1993
899.221 1 TAU t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta Dewan Kesenian 1995
I 899.212 I 393 zd
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Burhan Firdaus
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1983
927.78 BUR i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Marleily Asmuni
Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1984
928.598 MAR s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Raliesta
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011
899.221 RAL r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Akbar Muhammad
"Artikel ini membahas mengenai implementasi neorealisme Italia oleh Usmar Ismail terhadap karya filmnya yang berjudul Darah dan Doa tahun 1950. Sejak pertama kali sinema hadir di Indonesia di tahun 1900, aspek komersial menjadi pondasi utama sinema Indonesia sehingga pembuat film memiliki daya kreativitas yang terbatas. Usmar Ismail bertekad untuk membuat film yang realistis sebagai upaya untuk membebaskan diri dari pengaruh komersial melalui penggambaran Long March Divisi Siliwangi. Oleh karenanya, muncullah pola baru dalam dunia sinema Indonesia, pola yang mengedepankan film agar tidak berfokus pada aspek dagang. Usmar Ismail dalam film ini menggunakan aliran neorealisme yang datang dari Italia, Usmar mengaplikasikannya dari sisi teknis dan naratif. Artikel ini ditulis menggunakan metode sejarah. Sumber yang digunakan adalah film, majalah, transkripsi, dan sumber-sumber sekunder seperti buku, artikel jurnal, artikel online, video YouTube yang diperoleh melalui Sinematek, Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Pusat UI, dan secara daring.

This article discusses the implementation of Italian neorealism by Usmar Ismail in his film entitled Darah dan Doa in 1950. Since cinema first appeared in Indonesia in 1900, the commercial aspect was still very strong so that filmmakers had limited creative power. Usmar Ismail was determined to make a realistic film in an effort to free himself from commercial influences through his depiction of the Siliwangi Division's Long March. Therefore, a new pattern has emerged in the world of Indonesian cinema which prioritizes films that do not focus on commercial aspects. Usmar Ismail in this film uses neorealism which came from Italy, he applies it to the film techniques and narratives. This article was written using historical methods. The sources used are films, magazines, transcriptions, and secondary sources such as books, journal articles, online articles, YouTube videos obtained through Sinematek, the National Library, UI Central Library, and the internet."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>