Ditemukan 144981 dokumen yang sesuai dengan query
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
S10656
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Herman Gunawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S35986
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rahmat Susanto
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Suryaningsih
"Penelitian yang dilakukan adalah penelitian untuk menghasil sebuah penyetelan mesin pengemasan yang output dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan kekuatan seal yang kuat. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Taguchi dan untuk mendapatkan kombinasinya, peneliti juga menggunakan Artificial Neural Network.
Metode Taguchi digunakan untuk mendapatkan kombinasi yang optimal, sedangkan Neural Network digunakan untuk memprediksi hasil dari kombinasi yang diinginkan. Setelah mendapatkan kombinasi yang tepat, selanjutnya peneliti melakukan eksperimen konfirmasi. Eksperimen konfirmasi ini digunakan sebagai uji coba dari kombinasi yang telah dihasilkan.
The research is research to produce an output adjustment packaging machine of this research is to produce a strong seal strength. In this study, researchers used the Taguchi method and to get the combination, researchers are also using Artificial Neural Network. Taguchi method is used to obtain the optimal combination, while the neural network is used to predict the outcome of the desired combination. After getting the right combination, then the researchers conducted experiments to confirm. Confirmation experiment was used as a test of the combination that has been generated."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51751
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Sebayang, Frendy Herisca
"Skripsi ini membahas tentang sistem pelayanan teller di Bank Rakyat Indonesia Unit Johar Baru dengan menggunakan simulasi metode event diskrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan waktu pelayanan nasabah yang selama ini telah berlangsung dalam perusahaan dan dari skenario yang diusulkan dapat membantu pihak bank untuk dapat semakin meningkatkan pelayanan terhadap nasabah dengan selalu memberikan pelayanan yang prima.
Indikator yang menjadi penilaian kinerja pelayanan adalah waktu tunggu rata-rata length of stay yang dihasilkan mulai dari proses kedatangan nasabah hingga nasabah selesai dilayani yang dihitung dengan satuan dasar menit. Dengan mengusulkan dua skenario alternatif, yaitu pemisahan transaksi berdasarkan jenis transaksi dan menambah petugas pada counter teller, didapatkan hasil bahwa kedua skenario alternatif dapat mengurangi waktu tunggu rata-rata length of stay secara signifikan.
The Study Investigates the flow queue of Bank Rakyat Indonesia teller service by using disecrete event simulation. The purpose of this study is to analyze the current flow of Bank Rakyat Indonesia customer service at Bank Rakyat Indonesia Johar Baru Branch Jakarta and to identify the solution which can be implemented to improve the teller service at BRI Johar Baru Branch. The indicator to measure the service flow performance is the length of stay for customer through the service process until the process is done based on minutes. With two alternative rsquo s scenario, which are separate transaction based of transactions type and add an employees at tellers counter, the result show that both of two alternative scenarios may decrease the customers length of stay significantly."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Justina Susiloningsih
"Penelitian ini dilakukan untuk membantu Bank XYZ dalam menyelesaikan masalah antrian teller di kantor cabang yang mengganggu kualitas pelayanan. Akar masalah yang dijadikan fokus dari penelitian ini adalah jumlah teller yang dianggap kurang memadai. Tujuan penelitian adalah mendapatkan alternatif solusi penyelesaian masalah antrian cabang yang dapat memberikan keseimbangan optimal antara jumlah teller yang perlu disediakan agar waktu antrian nasabah tetap dalam batas yang dapat ditoleransi, dengan kapasitas perusahaan terkait dengan biaya penyediaan teller dan keterbatasan ruang atau counter teller di cabang. Penelitian menggunakan model antrian sebagai alat bantu analisis karena sesuai dengan kebutuhan penelitian yaitu mampu memprediksi kinerja sistem antrian dengan baik serta relatif mudah dan sederhana sehingga dapat disarankan sebagai alternatif alat bantu bagi Bank XYZ untuk upaya peningkatan pelayanan selanjutnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif yang didasarkan pada teori antrian. Hasil penelitian memberikan masukan tentang alternatif perhitungan kebutuhan teller standar untuk kondisi saat ini serta inisiatif atau ide pengembangan dan perbaikan antrian yang optimal sesuai dengan kebutuhan nasabah dan perusahaan.
This study aimed to support PT. Bank XYZ in solving excessive waiting at their teller line in branches. The focus of this study is on the perceived root caused problem i.e. not enough tellers to provide service. The objective of this study is to find an appropriate balance between number of tellers (considering cost of providing teller and limited space or teller counters at branch) and the amount of waiting. Queuing model is used as analysis tool for this study because of its ability to predict queuing system performance such as waiting time. It is also simple and easy to use hence could be recommended as alternative tool for Bank XYZ continuous service improvement program. This research is quantitative and qualitative research based on queuing theory. The researcher suggests the alternative standard number of tellers derived from existing condition using queuing model, and initiatives on queuing system improvement to achieve optimal balance between customer need and company capacity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T 26549
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S35972
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Bacharuddin Jusuf Habibie
Jakarta: THC Mandiri, 2006
321.8 BAC d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Made Yudi Mahendra
"Tesis ini bertujuan untuk menurunkan tingkat persediaan dengan menentukan model persediaan yang tepat sehingga didapat jumlah yang optimal. Tujuan lain yaitu meningkatkan output dari kapasitas terpasang disetiap bagian produksi dan menyeimbangkan aliran material agar tidak terjadi bottleneck atau mengalami resource shortage. Sehingga jumlah order dengan status outstanding, WIP dan barang jadi dapat berkurang disetiap bulannya dan akan meningkatkan jumlah pengiriman produk yang tepat waktu ke pelanggan. Hasil dari penelitian yaitu pengurangan modal kerja dengan menggunakan model Fixed Order Quantity untuk pemesanan bahan baku membuat model tersebut dapat digunakan menggantikan model Fixed Time Period. Dan penetapan target output di masing-masing bagian produksi dengan menggunakan output bagian slitting sebagai acuan dapat menghindari kemungkinan terjadinya bottleneck atau resource shortage serta meminimalkan jumlah WIP disetiap bagian produksi.
This thesis aimed at decreasing the number of inventory by adopting an appropriate inventory model to maintain optimal quantity. This thesis as well aimed at increasing output from working capacity in every product division and balancing the flow of materials to avoid bottleneck or resource shortage. This way, the outstanding order, WIP and finished good can be decreased each month and will eventually increase the quantity of product that delivered timely to customers. This research is decreasing on working Capital using Fixed Order Quantity model to order inventory make this model replaceable to Fixed Time Period model. And defining output target in each product division using slilting output as a reference can avoid the possibility of bottleneck and resource shortage also minimizing quantity of WIP in every product division. The determined output target will increase the quantity of OPJ monthly. And outstanding order quantity will as well decrease therefore the delivery of product to customer timely will be achieved. Increment on order quantity that can be manufactured will as well increase sales quantity and will eventually increase company’s profit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T26382
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Suparsono
"PT. KYC adalah sebuah Perusahaan yang memproduksi kawat las elektroda. Dalam rangka memenuhi kebutuhan permintaan sesuai dengan walctu yang oleh perusahaan pemesan, baik dari luar negeri ataupun dalam negeri. PT. KYC bemsaha untuk memproduksi kawat las sesuai dengan jumlah dan waktu pengiriman yang dinginkan oleh pihak pemesan.
Adanya jumlah pemesanan dalam setiap periodenya, maka PT. KYC dituntut umuk mengatur jumlah produksi yang menguntungkan pada setiap periode. Dengan pengaturan tersebut diharapkan biaya lembur dan penyimpanan dapat dikurangi.
Metode Transporbasi Bowman dapat digunakan sebagai alat bagi pihak manajemen dalam menentukan jumlah produksi yang optimal. Didalam pembuatan Model Transponasi Bowman ini perlu diperhatikan jurnlah produk yang dipesan, jumlah persediaan, dan kapasitas produksi yang tersedia. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36284
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library