Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 60622 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rama Raditya
"ABSTRAK
Sistem manajemen rantai pasok adalah sistem yang rumit dengan berbagai entitas yang saling berhubungan dan aktor manusia yang dapat mengambil keputusan. Pemahaman sistem manajemen rantai pasok secara langsung pada sistem membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal. Penelitian ini akan membahas penggunaan permainan simulasi sebagai sarana berbasis untuk memahami sistem manaemen rantai pasok. Permainan simulasi ini akan menggabungkan dua buah permainan simulasi yang sudah digunakan di lingkungan departemen teknik industri Universtias Indonesia yaitu PPIC GAME dan Geneshoes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa permainan simulasi berbasis web mampu mengajarkan konsep manajemen rantai pasok pada penggunanya.

ABSTRACT
SupplyChain Management (SCM) is a complex system which consists of a lot of intercorrelated entities dan human decioan making actor. The full understanding of SCM system by experimenting direcly into the system required lengthly time and expensive. This reserach will propuse the use of web based simulatin gaming as a tools to understand SCM. This Simulationgame will fuse two Simulationgame which have used in departemen of industrial engineerin PPIC GAME and Geneshoes. The result of this research shows that web based Simulation could support the learning of SCM for the player."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43189
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Monalisa
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S27785
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
M. Rizky Nur Iman
"Walaupung fungsinya sangat penting, banyak praktisi dalam dunia procurement dan purchasing di berbagai belahan dunia masih memiliki kendala dalam mengembangkan sebuah strategi yang baik terhadap sourcing. Banyak masih menganggap bahwa pendekatan sourcing adalah untuk mendapatkan harga terendah dan melupakan potensi sesungguhnya dalam sourcing. Sourcing sudah tidak lagi sebatas fungsi transaksional, tetapi sudah menjadi fungsi yang strategis yang terintegrasi dengan strategi perusahaan. Ini merupakan sebuah masalah dan lebih lagi mengingat bahwa tantangan dalam sourcing akan terus meningkat seiringan dengan meningkatnya tren global sourcing.
Untuk membantu para sumber daya yang bergerak di bidang sourcing dalam memahami proses pengembangan strategi sourcing, sebuah serious simulation game diaujukan sebagai alternatif solusi. Serious simulation game telah digunakan untuk tujuan pedagogi dalam berbagai bidang seperti rantai pasokan, simulasi bisnis, kesehatan, dan militer. Lingkungan permainan yang ditawarkan memberikan media pembelajaran yang immersive dan dapat meningkatkan proses pembelajaran pesertanya. Permainan yang telah dirancang dalam penelitian kali ini membuktikan sebuah indikasi bahwa serious simulation game dapat digunakan untuk tujuan pedagogi. Selain itu, serious simulation game juga dilihat sebagai media pembelajaran yang cocok untuk generasi millennial.

Despite the importance of its functionality, research shows that many of the world procurement and purchasing specialist around the world are still having trouble in developing and implementing an effective strategy towards sourcing Some still perceive the approach in sourcing is to find the lowest cost and ignores the true potential of sourcing. Sourcing is no longer a transactional function, but is a strategic one which is integrated with the firm strategy. This is a problem as the challenge in sourcing will rise especially with the rising trend of global sourcing.
In order to help the professionals to gain a better understanding of sourcing strategy development process, a serious simulation game is presented as a solution. Serious simulation game has been used in many pedagogical purposes throughout different fields such as supply chain management, business simulation, medical and military. The gaming environment creates an immersive learning medium and therefore is able to improve the learning process of its participants. The game presented in this research proves another indication of a possible pedagogical use of a serious simulation game. Serious simulation game is seen as a suitable learning medium especially for the millennials
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64008
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Wangsa H.
"Peran industri manufaktur terhadap perekonomian Indonesia yang semakin meningkat tentunya harus didukung dengan melakukan continuous improvement pada industri manufaktur. Penelitian ini membahas mengenai perancangan serious simulation game (SSG) sebagai media pembelajaran aktif mengenai manajemen sistem produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan manajemen sistem produksi baik oleh akademisi dan juga praktisi dengan metode pembelajaran experiential learning. Perancangan serious simulation game ini berbasis pada konsep Triadic Game Design. Penelitian ini berfokus pada perancangan serious simulation game dengan papan permainan. Berdasarkan hasil Focus Group Discussion untuk mengevaluasi SSG yang dirancang, pemain mendapatkan pemahaman mengenai variabel dalam sistem produksi dan kemampuan mengaturnya.

The role of manufacturing industry keep growing in Indonesia’s economy needs to be supported by doing the continuous improvement. This research discuss about the serious simulation game design game as learning media for production sistem management. The purpose of this research is to enhance the production sistem managerial ability for both academician and practition through experiential learning method. This game was designed with Triadic Game Design and focused on board game. The focus group discussion shows that game participant get understanding about the variabels consist in the production system and the ability to manage the production system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47021
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The purpose of this research is to find out the characteristics of reservoir parameter and to estimate the pressure of geothermal field. The annealing simulation methods is a conditional simulation that has some advantages, is able to avoid local optimal value mistakes and can be used in data extrapolition. The result of the annealing simulation on the geothermal field are image, contour, and semivariogram of parameter resevior. There are two conclusions gained from this research. Annealing simulation methods gives are two an image of reservoir with limited data and is valid to be used in parameters prediction of reservoir at the Kamojang geothermal field with significance 5% and the optimum pressure of geothermal is 31.85 ksc with location (-22248m.1663.6m)"
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Lingga Resineta
"Simulated annealing merupakan salah satu pendekatan yang relatif baru dalam masalah penjadwalan job shop. Sebagai sebuah heuristik, sirnuiaiea annealing tidak menjamin tercapainya solusi optimal, namun dapat menghasilkan solusi yang baik dalam waktu relatif singkat. Dalam penelitian ini, dirancang empat heuristik yang berbasiskan simulated annealing. Heuristik pertama menerapkan simulaied annealing secara langsung. Heuristik kedua menggunakan simulated annealing dengan rehearing. Heuristik ketiga menggunakan rehealing dan backiracking ke solusi awal, sedangkan heuristik keempat menggunakan rehearing dan baclaracking ke solusi terbaik. Keempat heuristik ini diirnplementasikan dalam program berbaahasa Pascal.
Setelah perancangan dan implementasi selesai, dilakukan perbandingan antara hasil penjadwalan dari penelitian terdahulu yang menggunakan pendekatan prioriiy dispatch rule dengan hasil penjadwalan dari penelitian ini menggunakan data dari penelitian terdahulu tersebut. Untuk maksud perbandingan ini, digunakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Riswan (1993). Penelitian ini juga membandingkan hasil penjadwalan dari penelitian ini dengan hasil penjadwalan optimal pada masalah bencnmark, yaitu FT 06 dan FT 10.
Hasil perbandingan dengan penelitian terdahulu menunjukkan bahwa keempat heuristic marnpu menghasilkan jadwal dengan makeapan lebih balk, rardiness yang sama baik, namun dengan flow time rata-rata yang relatif kurang baik dibandingkan dengan penggunaan pendekatan priority disparch rule. Untuk masalah benchmark FT 06, hasil penelitian ini mampu mendapatkan solusi optimal, scdangkan untuk FT 10, hasil penelitian ini masih belum mampu mencapai solusi optimal."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S50017
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Penelitian ini dimotivasi oleh pentingnya permainan bagi kehidupan anak usia dini untuk membantu menciptakan iklim yang kondusif yang memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk: mengembangkan penerimaan diri dan orang lain, memberikan ide-ide, perasaan, dukungan untuk solusi masalah, membuat keputusan yang tepat, praktek baru perilaku dan bertanggung jawab atas pilihan yang ditentukan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model bimbingan untuk mengembangkan karakter anak usia dini melalui permainan. Studi penelitian ini menggunakan dan pengembangan pendekatan dengan cumpuran desain metode penelitian. Penelitian ini jelaskan dalam tahapan sebagai berikut: (1) mempelajari konsep teoritis dan kebutuhan pembangunan, (2) mengembangkan model panduan hipotesis untuk mengembangkan karakter anak usia dini, (3) menguji model hipotesis, (4) merevisi hipotesis menjadi model bimbingan yang efektif dalam mengembangkan karakter anak usia dini melalui permainan, (5) mengembangkan panduan guru untuk menerapkan model diuji dan (6) mengembangkan program pelatihan bagi para pengguna model. Studi ini muncul dengan temuan utama bahwa model yang dibangun terbukti efektif untuk mengembangkan karakter anak usia dini. Tiga buklet yang disediakan untuk para pengguna model yang diuji: (1) deskripsi mode diuji, (2) pedoman untuk menggunakan model diuji dan (3) program pelatihan bagi pengguna model yang diuji."
JURPEND 14:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Miga M. Julian
"This study is intended to simulate the river discharges in major watersheds of northwestern Java, Indonesia. The five largest watersheds are considered: Ciujung, Cisadane, Ciliwung, Citarum, and Cimanuk. The simulation period covers the 20th century and early 21st century, from January 1901 to June 2006, at a monthly time step. Discharge simulation was carried out using STREAM (Spatial Tools for River Basins and Environmental and Analysis of Management Option). The input data for the simulation are climate (precipitation and temperature), land cover and topographic data. Setup and analysis of input data are also part of this study. The Mann-Kendall test and linear regression were used to detect trends. Temperature datasets show statistically significant increasing trends for all periods and areas. Significant increasing trends of precipitation occurred in the latest 16-year period (1990-2006) in hilly and middle areas. A positive trend of simulated discharge is seen in all watersheds and periods. They are only significant for Ciujung (periods of 1950-2006 and 1975-2006), Cisadane (periods of 1950-2006 and 1990-2006), and Ciliwung (periods of 1950-2006, 1975-2006, and 1990- 2006). The most noteworthy trend is seen in the 1990-2006 period. Over the course of the 20th and early decade of the 21st century, monthly discharges have increased by 3% to 9%."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2011
UI-IJTECH 2:1 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>