Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 51093 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Syaeful Anwar
"Naskah disertasi dengan judul ?Perkembangan Teater Kontemporer Indonesia 1968-2008? adalah suatu hasil penelitian yang tercakup dalam disiplin ilmu sejarah yang fokusnya berada dalam disiplin ilmu sejarah kesenian dan yang secara khusus di dalam seni teater. Kurun waktu dimulainya penelitian yaitu sejak tahun 1968 bertepatan dengan diresmikannya penggunaan pusat kesenian Taman Ismail Marzuki di Jakarta. Sementara itu, masa berakhirnya penelitian pada tahun 2008 bersamaan dengan berakhirnya masa pemerintahan Presiden R.I. ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Di antara rentang waktu itulah teater kontemporer Indonesia dibeberkan sebagai sebuah kajian untuk sumber penulisan naskah disertasi ini. Landasan teori yang dipergunakan untuk mengungkapkan makna di balik peristiwa serta proses berlangsungnya perkembangan teater kontemporer Indonesia bertolak dari teori strukturistik yang diperkenalkan oleh Christoper Lloyd, Anthony Gidden, dan Charles Tilly. Dalam teori strukturistik ini dapat diungkap hal-hal yang tidak kasat mata mengenai relasi, makna, institusi dari agency dan struktur. Pemeran utama atau aktor sebagai agen perubahan maupun institusi sebagai bagian dari struktur secara sadar melakukan perubahan dalam masyarakat. Berdasarkan analisis data yang terkumpul dapat diungkap suatu kesimpulan peran peran dari setiap kelompok teater kontemporer terutama dari Bengkel Teater pimpinan Rendra, Teater Mandiri pimpinan Putu Wijaya, Teater Koma pimpinan N. Riantiarno.

This dissertation ?Development of Indonesian contemporary theatre 1968-2008? is the result of a research encompassed in the discipline of history with the focus being in the realm in the discipline of the history of the arts and specifically in the theatre arts. The time frame in which the research of Taman Ismail Marzuki (TIM) in Jakarta. Then the research ended 2008 coinciding with the end of the presidential term of the 6th President of the Republic of Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Between those time frames, the Indonesian contemporary theatre is described to be an assessment as source materials for the writing of this dissertation. The theoretical platform used to discover the meaning behind the event and the process of the development of the Indonesian contemporary theatre is derived from the structuration theory introduced by Christopher Llyod, Anthony Gidden, and Charles Tilly. The structuration theory can uncover intangible issues regarding relations, meanings, institutions of agency and structure. The main role players or actors are agents of change or institution as part of the structure that is consciously making change in society. Based on the analysis of accumulated data conclusion can be surmised of the roles of each contemporary theatre companies especially of Bengkel Teater led by Rendra, Teater Mandiri led by Putu Wijaya, Teater Koma led by N. Riantiarno."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
D1266
UI - Disertasi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Mustikasari
"Skripsi ini membahas permasalahan yang timbul dari persepsi Boemipoetra terhadap Teater Utan Kayu yang terjadi di dalam kesusastraan kontemporer Indonesia. Boemipoetra dan Teater Utan Kayu merupakan komunitas di dalam kesusastraan kontemporer Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di sejarah kesusastraan Indonesia kontemporer.
Hasil penelitian menunjukkan tiga hal berikut. Pertama, ada dua isu yang dipersoalkan dalam permasalahan ini, yaitu anggapan adanya hegemoni oleh Teater Utan Kayu dalam kesusastraan Indonesia sebagai akibat politik kanonisasi dan anggapan Boemipoetra bahwa Teater Utan Kayu adalah agen-agen imperialisme Barat. Kedua, ada fenomena kekuasaan dalam permasalahan antara Boemipoetra dengan Teater Utan Kayu ini yang memunculkan perlawanan dari Boemipoetra. Ketiga, permasalahan yang timbul dari persepsi Boemipoetra terhadap Teater Utan Kayu ini adalah permasalahan yang masih kurang berdaya.

The focus of this study is problems that occur from Boemipoetra?s toward Teater Utan Kayu in contemporary Indonesian literature. Boemipoetra and Teater Utan Kayu are both communities in contemporary Indonesian literature. This study applies qualitative method. The purpose of the study is to examine the problems that occur in contemporary Indonesian literature.
There are three results from this study. First, there are two issues in question by Boemipoetra against Teater Utan Kayu: the notion of hegemony as a result of political canonization in Indonesian literature and the notion of Teater Utan Kayu as western imperialist agent. Second, there is a phenomenon of power in Boemipoetra and Teater Utan Kayu?s problem. This leads to conflict by Boemipoetra against Teater Utan Kayu. Third, Boemipoetra and Teater Utan Kayu?s problem in contemporary Indonesian literature is still less powerful.
"
2014
S62003
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Bandem
Yogyakarta: Kanisius 1996, 1996
792 BAN t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Amette, Jacques-Pierre, 1943-
Paris: Albin Michel, 2005
FRE 842.4 AME t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1996
792.095 98 NIN t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bertens, K. [Kees]
Jakarta : Gramedia, 2006
190.9 BER f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Donny Gahral Adian
Yogyakarta: Jalasutra, 2006
111 ADI p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Donny Gahral Adian
Yogyakarta: Jalasutra, 2006
111 DON p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lechte, John
Yogyakarta: Kanisius, 2004
190 LEC f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>