Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 183021 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Teuku Fahmi Ariandar
"Tujuan penelitian ini mengetahui dan menjelaskan perbedaan tingkat fear of crime antara pengemudi angkutan barang dan pengemudi kendaraan pribadi ketika melintasi Trans Sumatera di Provinsi Lampung. Selain itu, penelitian ini juga ingin menjelaskan mekanisme coping (penyesuaian) terhadap fear of crime oleh pengemudi angkutan barang dan pengemudi kendaraan pribadi ketika melintasi Trans Sumatera di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif. Jumlah keseluruhan responden mencapai 200 orang. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antarvariabel bahwa ada hubungan yang signifikan antara perceived risk dengan fear of crime. Secara keseluruhan, arah hubungan diantara dua variabel tersebut positif, hal ini memiliki arti semakin tingggi perceived risk, maka semakin tinggi fear of crime.
Bila mengacu pada keeratan hubungan yang terjadi diantara kedua variabel tersebut, kategori responden pengemudi kendaraan pribadi yang telah melintas memiliki tingkat keeratan hubungannya yang cukup (r = 0,392 ; Sig = 0,002 ; KD = 15,4%). Ini berbeda dengan ketegori responden pengemudi angkutan barang (r = 0,743 ; Sig = 0,000 ; KD = 55,2%) dan pengemudi kendaraan pribadi (r = 0,702 ; Sig = 0,000 ; KD = 49,3%) yang akan melintas, dimana keeratan hubungan pada dua kategori ini terbilang kuat. Bahkan, untuk kategori pengemudi angkutan barang yang telah melintas keeratan hubungan yang terjadi adalah sangat kuat (r = 0,755 ; Sig = 0,000 ; KD = 57%). Dari empat kategori responden yang dikaji dalam penelitian ini, terdapat tiga kategori responden yang hasil uji korelasi antarvariabel menunjukkan bahwa perceived risk dan fear of crime secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap strategi coping. Hanya kategori responden pengemudi kendaraan pribadi yang telah melintas saja yang tidak signifikan.

The aims of this research were to identified and described the fear of crime level differentiation among goods transport drivers and private vehicle drivers when they crossed the Trans Sumatra, Lampung Province. This research was also clarified the mechanism of coping (adjustment) to the fear of crime level between goods transport drivers and private vehicle drivers through the journey crossed the Trans Sumatera, Lampung Province. This research used a quantitative approach, meanwhile the type of the research was explanative. The total number of respondents were 200 people. Related to the calculations of correlation between the variables, there was a significant relationship between perceived risk with the fear of crime level. Overall, the relationship between these two variables was positive, In other words, the higher perceived risk, the more higher the fear of crime level.
Based on the closeness of the relationship which occured between these two variables, respondent category of private vehicle drivers who passed the Trans Sumatera have a sufficient level of closeness of relationship (r = 0.392; Sig = 0.002; KD = 15.4%). Different to goods transport drivers (r = 0.743; Sig = 0.000; KD = 55.2%) and private vehicle drivers (r = 0.702; Sig = 0.000; KD = 49.3%) who will cross, where the relationship between these two categories fairly strong. In fact the category of goods transport drivers who crossed the Trans Sumatera the closeness of the relationship was very strong (r = 0.755; Sig = 0.000; KD = 57%). Related to the four categories of respondents which examined in this research, there were three categories of respondents which the results test of correlation between the variables showed that the perceived risk and fear of crime level jointly significant effect on coping strategies. Only respondents category of private vehicle drivers who crossed the Trans Sumatera were not significant.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30892
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rifa Eka Rozani
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana dampak pembangunan jalan tol trans-Sumatera terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung. Dengan menggunakan data dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung dalam rentang waktu 2012 – 2021 serta metode analisis Difference in Difference (DiD), hasil penelitian menunjukkan bahwa jalan tol trans-Sumatera berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Lebih lanjut, dampak dari jalan tol tersebut lebih tinggi di kabupaten/kota yang dilalui oleh jalan tol dibanding di kabupaten/kota yang tidak dilalui oleh jalan tol. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa saat jalan tol sudah beroperasi, dampaknya lebih tinggi dibanding saat jalan tol masih dalam tahap konstruksi.

This study aims to analyze the impact of the construction of the trans-Sumatera toll road on economic growth in Lampung Province. Using data from 15 regencies in Lampung Province during 2012 – 2021 and the Difference in Difference (DiD) analysis method, the results of the study show that the trans-Sumatera toll road has a significant positive effect on the economic growth of regencies in Lampung Province. Furthermore, the impact of these toll roads is higher in regencies that are traversed by toll roads than regencies that are not traversed by toll roads. In addition, the results of the study also indicate that the impact of the toll road is higher when it is already operational, compared to when it is still in the construction phase."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Napitupulu, Tetti
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak investasi pembangunan jalan tol trans sumatera ruas Bakauheni – Tanjung api-api terhadap peekonomian provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Lampung. Data yang digunakan adalah Tabel Input-Output Provinsi Sumatera Selatan dan Tabel Input-Output Provinsi Lampung tahun 2010. Hasil Analisis dengan metode analisis input-output menunjukkan bahwa input primer (balas jasa faktor produksi) yang diperlukan untuk memproduksi satuan unit output sektor angkutan darat jauh lebih besar dibanding dengan input antaranya. Sektor yang mempunyai keterkaitan langsung ke belakang (backward linkage) tertinggi adalah sektor Industri logam dasar bukan besi di Sumatera Selatan adalah sektor ketenagalistrikan di Lampung. Sektor yang mempunyai keterkaitan langsung ke depan (forward linkage) tertinggi adalah sektor industri makanan, minuman & tembakau di Sumatera Selatan dan sektor industri kimia, farmasi dan obat tradisional. Sektor kunci di Sumatera Selatan dan Lampung adalah sektor Industri Makanan, Minuman & Tembakau.

This study aims to analyze the impact of investment on the construction of the Bakauheni - Tanjung Tanjung - Toll road to the South Sumatera and Lampung provinces. The data used is the Input-Output Table of South Sumatera Province and the Input-Output Table of Lampung Province in 2010. The result of the analysis by input-output analysis method shows that the primary input (production factor service) needed to produce unit of output unit of land transportation sector far larger than the input between them. The sector with the highest backward linkage is the non base metal industry sector in South Sumatra is the electricity sector in Lampung. Sectors that have the highest forward linkage are the food, beverage and tobacco industries in South Sumatra and the chemical industry, pharmaceutical and traditional medicine sectors. The key sectors in South Sumatra and Lampung are Food Industry, Beverage & Tobacco Industry sectors."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mikaelse, Kristy
"Perencanaan pemerintah terhadap Rute Jalan Tol Trans Sumatera adalah mengikuti lintas timur jalan provinsi. Sedangkan perkembangan pulau Sumatera belum berkembang seperti Pulau Jawa. Maka penentuan rute JTTS disarankan berdasarkan PDRB dan Jumlah Penduduk yang merupakan faktor penting dalam pengembangan wilayah. Pengembangan wilayah dapat berupa meningkatkan potensi yang dimiliki oleh setiap daerah secara optimal. Dengan metode location quotient dapat dipetakan wilayah yang berpotensi yang akan dilalui rencana rute jalan tol. Pada penelitian ini diadakan penambahan fungsi pada jalan tol yaitu jalur motor, dryport, dan rest area, sehingga initial cost dari perencanaan ini adalah Rp120.766.056.709.343.00. Sektor unggulan pada yang berpotensi pada bagian Selatan Pulau Sumatera adalah pertanian, perikanan, perternakan,kehutanan, perdagangan, pertambangan, dan pariwisata.

Government planning to Route Trans Sumatra is following the road east across the province. While the development of undeveloped Sumatra island like Java. Then determining the route JTTS suggested by GDP and Population is an important factor in the development of the region. Development of the region can be either increase the potential of every region optimally. With a location quotient method can potentially be mapped area to be traversed highway route plans. In this study, the addition of a function held on the motorway which bike lanes, dryport, and a rest area, so the initial cost of this plan is Rp120.766.056.709.343.00. Potentially leading sectors in the southern part of the island of Sumatra are agriculture, fisheries, animal husbandry, forestry, trade, mining, and tourism.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59446
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vania Ceccato, editor
"This book searches for answers to these questions in the nature of the city, particularly in the social interactions that take place in urban space distinctively guided by different land uses and people?s activities. In other words, the book deals with the urban fabric of crime and fear. The novelty of the book is to place safety and security issues on the urban scale by (1) showing links between urban structure, and crime and fear, (2) illustrating how different disciplines deal with urban vulnerability to (and fear of) crime (3) including concrete examples of issues and challenges found in European and North American cities, and, without being too extensive, also in cities of the Global South."
Dordrecht, Netherlands: Springer, 2012
e20401177
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Permata Fitri
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Rifai
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan fear of crime dengan intensitas aktifitas masyarakat di tempat yang pernah terjadi kejahatan terorisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah keseluruhan responden yang diambil secara acak di empat lokasi seperti di Bursa Efek Indonesia (BEI), Ritz Carlton, Kedubes Australia dan Mall Atrium Senen mencapai 150 orang.
Sebagaimana dijelaskan oleh Garofalo (1981), yang mempengaruhi fear of crime diantaranya adalah pengalaman langsung, interaksi interpersonal dan media massa. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antar variabel, diketahui bahwa hubungan ketiga variabel tersebut lemah. Sementara itu hubungan antara fear of crime dengan intensitas aktifitas yang dikontrol oleh protective behavior juga diketahui memiliki hubungan yang lemah. Hubungan antar variabel yang lemah ini menurut pengamatan peneliti bahwa responden yang beraktifitas di tempat yang pernah terjadi kejahatan terorisme tersebut memiliki tingkat durasi, waktu dan frekuensi yang rendah dalam beraktifitas. Diketahui responden secara sadar maupun tidak sadar telah melakukan aktifitasnya di tempat tersebut karena suatu? kebutuhan?. Responden ada yang tidak tahu bahwa tempat tersebut pernah terjadi teror, bahkan mereka ada yang mengetahui tapi telah melupakan peristiwa teror tersebut.
Penelitian ini, diketahui memiliki hubungan yang lemah antara variabel fear of crime dengan intensitas aktifitas masyarakat, disarankan bagi peneliti yang lain untuk menambahkan variabel lain seperti usia, geografis, sosial maupun politik. Teori lain dapat ditambahkan, seperti mekanisme coping, teori manajemen risiko atau teori lain untuk melihat hubungan antara fear of crime dengan intensitas aktifitas masyarakat di tempat yang pernah terjadi kejahatan terorisme.

This study aims to clarify the relationship with the intensity of the fear of crime activity in the community where the crime of terrorism have occurred. This study uses a quantitative research approach. The total number of respondents who were randomly taken at four locations such as Indonesia Stock Exchange (BEI), Ritz Carlton, Embassy of Australia and the Atrium Mall Senen to 150 people.
As described by Garofalo (1981), which affects the fear of crime include direct experience, mass media and interpersonal interaction. Based on the calculation of the correlation between variables, it is known that these three variables the relationship is weak. While the relationship between fear of crime with the intensity of activity that is controlled by the protective behavior known to have a weak and insignificant. Relationships between variables are weak and not significant according to the observations of researchers, known to the respondents who indulge in what ever happened to the crime of terrorism is to have the duration, timing and low frequency in the activity. Known to the respondents consciously or unconsciously has conducted its activities in such places as a 'need'. Respondents who did not know that there was ever a place of terror, there are even those who know but have forgotten the terror events.
This study, known to have a weak relationship between fear of crime with a variable intensity of community activities, it is advisable for other researchers to add other variables such as age, geographic, social and political. Another theory could be added, such as coping mechanisms, risk management theory or other theories to look at the relationship between fear of crime by the intensity of community activities in place that ever happened to the evil of terrorism.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30800
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aaqila Marwaa Daughtervy
"Sejumlah penelitian telah menganalisis hubungan antara disorder dan fear of crime, tetapi hanya sedikit yang berfokus pada hubungan antara disorder policing dan fear of crime. Skripsi ini melakukan analisis terhadap hubungan antara tingkat disorder policing dengan tingkat fear of crime warga Kecamatan Tebet Kota Jakarta Selatan dengan metode penelitian kuantitatif melalui desain survei menggunakan kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat disorder policing dengan tingkat fear of crime yang bersifat negatif. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa dua pendekatan pemolisian yang memiliki hubungan dengan tingkat fear of crime adalah pendekatan problem-oriented disorder policing dan community-oriented disorder policing. Sementara itu, pendekatan zero-tolerance disorder policing tidak berhubungan dengan tingkat fear of crime. Oleh sebab itu, temuan penelitian menyarankan bahwa implementasi disorder policing harus disesuaikan dengan kawasan maupun elemen masyarakat yang terlibat.

A number of studies have analyzed the relationship between disorder and fear of crime, but only a few have focused on the relationship between disorder policing and fear of crime. This thesis analyzes the relationship between the level of disorder policing and the level of fear of crime among residents of Tebet District, South Jakarta City using quantitative research methods through a survey design using a questionnaire. Research findings show that there is a negative relationship between the level of disorder policing and the level of fear of crime. The research also found that two policing approaches that are related to the level of fear of crime are problem-oriented disorder policing and community-oriented disorder policing. Meanwhile, the zero-tolerance disorder policing approach is not related to the level of fear of crime. Therefore, research findings suggest that the implementation of disorder policing must be adapted to the area and elements of society involved."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aloisius David
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh keberadaan kejahatan yang terjadi di dalam angkutan umum terhadap perilaku seseorang ketika menggunakan angkutan umum tersebut. keberadaan kejahatan tersebut menimbulkan perasaan takut akan kejahatan dan kemudian memberikan pengaruh kepada perilaku seseorang yang menggunakan angkutan umum. Penelitian ini mengambil perempuan pekerja sebagai sampel penelitian dengan asumsi bahwa kerentanan perempuan terhadap kejahatan lebih besar dibandingkan laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan survey sebagai sarana pengumpulan data primer. Hasil penelitian menemukan bahwa rasa takut memberikan pengaruh signifikan pada respons seseorang untuk mengasuransikan barang-barangnya dan juga menyebarkan berita akan kejahatan tersebut.
This research is a study about finding the influences between the fear of crime and the behavior response among the passengers. Crime that happens inside the public transportation such as pickpocket, robbery, threaten, sexual harrasment, and hypnosis creating fear that stimulating responses from the passengers. This research is try to find whether it?s true or not that fear of crime have an influence with the behavior or act based on response that coming from the passenger. This study take women that work and using public transportation in Depok city as the research sample based on the assumptions that women is more vulnerable to crime than men. The research done with quantitative method with survey as the primary data collecting tools."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Paulus Sarli Anthoni
"Fear of crime atau rasa ketakutan terhadap tindak kejahatan dapat dimiliki oleh siapa saja dan dapat terjadi untuk tindak kejahatan apapun, salah satunya adalah ketakutan mengalami kejahatan di moda transportasi umum. Sekarang ini, penggunaan transportasi umum, terutama di kota-kota besar, sudah menjadi bagian dari kebutuhan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Skripsi ini menguji lima variabel fear of crime yang mungkin dialami oleh pengguna moda transportasi umum yang dibentuk oleh Carlos J. Vitalta (2011) menggunakan metode kuantitatif, dengan mengumpulkan kuesioner dari 150 responden yang tinggal di Kota Depok dan pernah menjadi korban kejahatan di transportasi umum. lima variabel fear of crime ini terdiri atas victimization, physical vulnerability, social vulnerability, social disorder, dan social network. hasilnya ditemukan bahwa empat variabel memiliki bentuk hubungan yang positif terhadap fear of crime, sementara satu variabel lainnya memiliki hubungan yang negatif. semakin tinggi tingkat victimization, social disorder, social vulnerability, maka semakin tinggi pula tingkat fear of crime yang dimiliki seseorang. sedangkan semakin rendah tingkat physical vulnerability dan social network maka semakin tinggi fear of crime yang dimiliki oleh seseorang

Fear of crime can be possessed by anyone against any kind of crime. One of those includes the fear of crime in public transportation. Utilizing public transportation is inevitable on daily life especially in big cities. This research examines Carlos J. Vitalta’s (2011) the five variables of fear of crime experienced by public transportation user. The method being used is quantitative as 150 respondents live in Depok City who had experienced crime in public transportation were gathered. These five variables consist of victimization, physical vulnerability, social vulnerability, social disorder, and social network. The result shows that four of the variables perform positive relation against fear of crime while the other one shows negative relation. The higher level of victimization, physical vulnerability, social vulnerability, social disorder, and social network will create higher level of someone’s fear of crime. On the other hand, the lower level of victimization, physical vulnerability, social vulnerability, social disorder, and social network will create higher level of someone’s fear of crime will create lower level of someone’s fear of crime"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>