Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 83811 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
S9262
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annury Citra Seruni
"Industri ritel merupakan Salah satu jenis usaha dengan tingkat kompetisi yang tinggi. Kemampuan bisnis ini untuk tetap berlahan sangat bergantung pada kemampuannya dalam memahami konsumen. Contoh aplikasi yang paling banyak dilakukan pada bidang supermarket dalam memahami konsumen adalah teknik mix merchandise.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan produk-produk apa saja yang saling berasosiasi dan dapat digabungkan dalam kelompok mix merchandise yang sama dengan menggunakan teknik marker basket analysis.
Algoritma yang dipilih dari keseluruhan proses data mining adalah algoritma Apriori. Perhitungan asosiasi dari produk dilakukan dengan menggunakan software WEKA (Waikato Environemt for Knowledge Analysis). Dari 5 aturan asosiasi kategori dan 14 aluran asosiasi sub-kategori yang didapatkan, kemudian diinterpretasikan dalam bentuk corgfidence dan suppert untuk menjadi pertimbangan dalam penyusunan tata letak produk."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S50250
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
S9354
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agita Pramuningrum
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
S25995
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puteri Miranti Nigrum
"Pembangunan pusat perbelanjaan kini banyak bemmnculan dimana-mana dalam konsep International Trade Centre {ITC). Salah satu ciri khas ITC adalah banyaknya pedagang berkumpul dalam satu area, menjual produk-produk yang sama antara satu pedagang dengan pedagang lainnya. Kesediaan para pedagang berkumpul bersama-sama dalam satu area dan menjual produk yang sama merupakan inti penelitian ini. Fenomena ini dapat lebih diamati di ITC Roxy Mas sebagai pusat perdagangan ponsel terbesar di Jakarta.
Para pedagang di ITC Roxy Mas tidak hanya terdiri atas pedagang ponsel, tetapi Juga distributor, penyedia jasa perbaikan ponsel, dan penyedia jasa upgrade fitur-fitur ponsel, penyedia voucher sim card, hingga pedagang khusus aksesoris ponsel. Masing-masing pihak tersebut berkumpul di ITC Roxy Mas dalam suasana kompetisi dan kerja sama. Pusat perdagangan ponsel di ITC Roxy Mas ini diawali dengan hadimya 13 unit kios. Minat para pedagang untuk beralih ke jenis usaha perdagangan ponsel makin meningkat ketika menghadapi kenyataan bahwa salah satu unit kios bisnis ponsel di ITC Roxy Mas temyata laris dan ramai oleh pengunjung. Kondisi ini memberikan stimulasi tersendiri kepada pedagang-pedagang disekitamya sehingga mereka mulai berpikir untuk berganti jenis usaha dan berencana mengikuti jejak.
Di dalam komunitas para pedagang, dimungkinkan adanya tokoh-tokoh kunci sebagai pemimpin. Adapun peran tokoh kunci yaitu jika tokoh tersebut membuka usahanya di salah satu pertokoan, maka pedagang lainnya akan mengikuti. Tokoh-tokoh kunci dianggap membawa hoki, bisa bagi-bagi cuan atau untung, berpengalaman dan memiliki daya cium bisnis yang tajam. Secara keseluruhan bisnis perdagangan tidak hanya melibatkan faktor pedagang dan lingkungannya, akan tetapi perilaku konsumen dalam berbelanja turut mempengaruhi keputusan pedagang dalam memilih lokasi bisnis.
Pada akhimya penelitian ini menghasilkan enam hipotesis yang kemudian hanya tiga hipotesis terbukti, setelah dilakukan wawancara kepada pedagang dan konsumen lTC Roxy Mas. Pengujian hasil wawancara dilakukan dengan uji signifikan Chi-Square. Hipotesis pertama menyangkut tentang peran tokoh kunci, yaitu pedagang ponsel membuka toko di ITC Roxy Mas karena mengikuti anjuran para tokoh kunci di lokasi mereka berdagang sebelumnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan pedagang ponsel di lTC Roxy Mas, tidak ada yang membuka toko atau kios ponsel disebabkan karena adanya anjuran tokoh kunci. Oleh karena itu hipotesis ini tidak didukung dengan data.
Hipotesis kedua (a) membahas tentang kerja sama antar pedagang, seperti pedagang ponsel membuka toko di ITC Roxy Mas karena mereka tertarik akan banyaknya distributor, pedagang, dan penyedia jasa-jasa lain yang masih berkaitan dengan ponsel untuk berkumpul bersama Wawancara dengan pedagang ponsel temyata tidak memperkuat hipotesis ini. Sebagian besar partisipan yaitu sebanyak 77,27 % menyatakan bahwa pada saat mereka membuka toko atau kios ponsel di ITC Roxy Mas, belurn ada distributor.
Kerja sama antar pedagang masih dilanjutkan dengan hipotesis kedua (b) yaitu pedagang ponsel membuka toko di ITC Roxy Mas karena dimungkinkan saling pinjam-meminjam barang antar sesama pedagang. Seperti pada pengujian hipotesis sebelumnya, hipotesis ini tidak didukung data karena sesama pedagang bekerja sama hanya jika stok barang mereka habis. Kemudahan untuk saling pinjam-meminjam barang antar sesama pedagang, tidak menjadi pertimbangan mereka untuk membuka lTC Roxy Mas.
Observasi terhadap pedagang pionir merupakan inti dari hipotesis ketiga yang berbunyi, pedagang ponsel membuka toko di ITC Roxy Mas karena melihat keberhasilan pedagang pionir ponsel di ITC Roxy Mas. Hipotesis ini akhimya dapat didukung dengan data yang didapatkan dari hasil wawancara terhadap pedagang. Sebanyak 72,73% partisipan memiliki kenalan yang lebih dahulu membuka toko ponsel di ITC Roxy Mas dan kemudian berhasil. Hal ini mempengaruhi partisipan tersebut untuk membuka toko atau kios ponsel di lTC Roxy Mas.
Hipotesis keempat dimana pedagang ponsel membuka toko di ITC Roxy Mas karena mereka percaya bahwa konsumen mencari tempat berbelanja ponsel yang one-stop shopping, dapat didukung dengan data yang diperoleh. Hasil wawancara dengan seluruh partisipan pedagang ponsel menyatakan bahwa mereka meyakini bahwa konsumen menyukai gaya berbelanja one­ stop shopping seperti di lTC Roxy Mas.
Analisis terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja diuraikan sebagai hipotesis kelima, yaitu konsumen menyukai berbelanja di ITC Roxy Mas karena tempat tersebut merupakan one-stop shopping untuk memenuhi kebutuhan mereka akan ponsel. Sebanyak 83,33% partisipan konsumen yang diwawancara mengemukakan bahwa mereka selalu mencari ponsel di lTC Roxy Mas karena tempat tersebut terdiri dari banyak toko dan kios yang menjual ponsel sehingga mereka memiliki banyak pilihan. Disamping itu partisipan juga dapat menghemat waktu karena dalam satu kali petjalanan mereka bisa memilih bermacam-macam barang. Oleh karena itu hipotesis ini didukung dengan situasi dan kondisi di lapangan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S9462
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Selly Balerina
"Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari nilai yang dipersepsikan konsumen terhadap keinginan membeli. Dimensi yang digunakan adalah kualitas pelayanan, kualitas produk, nilai resiko yang dipersepsikan, kesenangan serta biaya waktu dan tenaga. Dengan menggarisbawahi pilihan kriteria dimensi tersebut diatas, maka diharapkan dapat meningkatkan pengertian kita akan bagaimana konsumen mengevaluasi jalur belanja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif berdasarkan pada teori-teori untuk kemudian menjelaskan operasionalisasi konsep yang dibangun.
Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yang berhubungan dengan mengumpulkan data dan informasi untuk kemudian mendukung penelitian ini sehingga mencapai kesimpulan. Gramedia sebagai toko buku terbesar di Indoesia memainkan peranan penting dalam dunia bisnis perbukuan yang juga memberi sumbangsih nyata atas pengetahuan yang tak ternilai harganya untuk masyarakat Indonesia dalam meraihinformasi sebanyak mungkin untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan yang kemudian dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Biar bagaimana pun, penelitian ini memiliki keterbatasan atas waktu, informan dan informasi yang tersedia. Analisis lebih lengkap diharapkan dapat dibangun dengna aspek-aspek dan pandangan lebih luas, serta waktu yang lebih panjang.

The main purpose of this study was to explore the influence of perceived value on purchase intention. Dimensions used to measure the influence were service quality, product quality, perceived risk, enjoyment, time and effort cost. By explicating the above choice criteria, this research tried to increase our understanding of how consumers evaluate their shopping channel. Method of analysis was a quantitative analysis based with several theories to be then described into operational concept.
Type of research used was descriptive, that related to data collection in gathering information to support the research. Gramedia as the largest book store in Indonesia have been playing a significant role in book business and as well give invaluable knowledge to Indonesian citizens in gaining information to fulfill the needs of every purpose in order to expanding their personal quality. However, this analysis needed further research, it had restriction with time limit of the informants and data available. A complete analysis might be needed with wider aspects and point of views and much longer time."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bandoro Rangga Dewanto
"Knsis multi dimensl yang menimpa Indonesia pada tahun 1998 tidak menyurutkan aktivitas di dunia perbukuan. Adanya reformasi sendiri cenderung mendorong munculnya penerbitan dan buku-buku baru. Hal ini diikuti dengan berdirinya toko-toko buku dengan konsep yang berbeda
dibanding dengan toko-toko buku konvensional Iainnya. Toko buku ini
menyajikan konsep suasana toko yang sangat nyaman ditunjang dengan koleksi buku yang menank dan pelayanan yang memuaskan. Salah
satunya adalah Toko Buku Aksara. Aksara yang memilki 2 cabang di Kemang dan Cilandak, merupakan toko buku bilingual dimana 70% dan koleksinya adalah buku-buku import. Ditunjang desain interior, suasana
yang nyaman, dan pelayanan yang memuaskan, Aksara memiliki prospek usaha yang cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk: mengidentifikasi faktor-faktor dan Retail Mix Strategy yang mempengaruhi penlaku konsumen di Aksara, mengetahul
hubungan antara faktor-faktor Retail Mix Strategy dengan image yang ditimbulkan Aksara, dan mengetahui hubungan antara faktor-faktor Retail Mix Strategy yang berhubungan dengan kepuasan konsumen Aksara.
Dan hasil penelitian dengan mengunakan analisis faktor diketahui bahwa
variabel harga buku tidak masuk ke dalarn ketiga faktor yang terbentuk.
Ketiga faktor yang terbentuk adalah faktor Experience, faktor Merchandise, dan faktor Location. Ketiga faktor ini akan memudahkan manajemen Aksara untuk lebih berfokus pada peningkatan value yang diterima pengunjungnya. Dan hasil pengujian korelasi, diketahui bahwa variabel Store Atmosphere, Merchandise, Advertising & Promotion, Location, dan
Customer Service berhubungan dengan image yang ditimbulkan Aksara,
walau variabel Customer Service sendiri mempunyah korelasi yang terlemah diantara kelima variabel tersebut. Sedangkan berdasal hasil pengujian korelasi dengan kepuasan konsumen ksara, diketahui bahwa
semua variabel Retail Mix Strategy (Store Atmosphere, Advertising & Promotion, Merchandise, Location, Cuètomer , Service dan Price) memiliki keterkaitan dengan kepuasan konsumen, walau variabel Customer Service dan Price mempunyai korelasi yang paling-lemah.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
S18752
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pusat Grafika Indonesia, 1979
750 TAT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Perdana Putra Leiden
"

Perubahan dan ketidakpastian adalah karakteristik yang mewarnai dunia bisnis, terutama di masa depan. Dampak globalisasi dan perkembangan teknologi, terutama pesatnya perkembangan teknologi informasi juga telah mengubah iklim persaingan menjadi lebih tajam. Perubahan dan perkembangan ini berdampak pada keputusan pembelian pelanggan, karena perubahan ini dapat mengubah diri pelanggan seperti rasa dan aspek psikologis, pelanggan sosial dan budaya. Dalam penelitian ini akan dikaji tentang pengaruh persepsi konsumen Minimarket di DKI Jakarta terhadap atribut took ritel, promosi dan harga terhadap niat pembelian ulang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa store attribute, promotion dan price berpengaruh terhadap attitude towards store dan purchase intention pada Minimarket di DKI Jakarta. Penelitian ini mengambil subjek yaitu pelanggan Minimarket di DKI Jakarta dengan simple random sampling. Data dianalisis menggunakan structural equation modeling dengan bantuan program SPSS Amos. Hasil analisis data menunjukkan bahwa store attribute, promotion dan price secara parsial berpengaruh terhadap attitude towards store dan purchase intention di Minimarket DKI Jakarta. Penelitian ini juga menemukan bahwa attitude towards store berpengaruh terhadap purchase intention di Minimarket DKI Jakarta.


Changes and uncertainties are characteristics that characterize the business world, especially in the future. The impact of globalization and technological development, especially the rapid development of information technology has also changed the climate of competition becomes sharper. These changes and developments have an impact on customer purchasing decisions, as these changes can transform customers like the feelings and aspects of psychological, social and cultural customers. In this research will be studied about the influence of consumer perception Minimarket in DKI Jakarta to retail store attributes, promotion and price to repurchase intention. The purpose of this research is to know what store attribute, promotion and price influence toward attitude toward store and purchase intention at Minimarket in DKI Jakarta. This study took the subject of Minimarket customers in DKI Jakarta with simple random sampling. Data were analyzed using structural equation modeling with SPSS Amos program. the result of data analysis shows that store attribute, promotion and price partially influence toward attitude toward store and purchase intention in Minimarket DKI Jakarta. This study also found that attitude towards store has an effect on purchase intention in Minimarket DKI Jakarta."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>