Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78174 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fatimah Mucthar
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
S9289
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This study proposed to examine the influence of location and product diversity on spent decision to consumer's loyality. The study was taken place at Carrefour, one of hypermarket in Semarang. This is an explanatory research. The number of sample of the research is 105 consumers the method research with accidental sampling method. Questionnaire was used to obtain the data. Structural equation modeling (SEM) was apllied to prove and examine the hypotheses. Result of the study showed that location positively affect the research begun since spent decision (P-0.007). Product diversity also positively affect (Purchasing decision (P = 0.004), and finally, purchase decision postively affect consumer's loyality."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
S9358
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ririen Riani Kurnia
"ABSTRAK
Keadaan bisnis ritel di Indonesia semakin berubah dengan adanya krisis mata uang dan
kasus kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. Peristiwa terakhir mengakibatkan sebanyak 12 supermarket
dan perkulakan terbakar, dan 33 buah dijarah dan dirusak massa. Sekitar 14.482 karyawan
kehilangan pekerjaan, dan total kerugian sekitar 661,52 milyar rupiah. Deparwrnen store juga
mengalami penurunan penjualan sebesar 30 % untuk tahun 1999, sedangkan nilai penjuIannva
naik sekitar 10 % akibat kenaikan harga barang.
Keadaan industri ritel ini menyebabkan hanya empat pemain asing masuk ke pasar ritel
Indonesia, yang makin terbuka sesuai instruksi IMF. Mereka adalah Carrefour, Continent,
Delhaize Le Lion dan Dairy Farm. Hal ini menjadi sinyal positif ritel selama krisis selain
keuntungan yang diperoleh Ramayana dan Hero sebagai pemain lokal.
Topik ritel tersebut diangkat sehubungan perubahan kondisi ekonomi dan sosial budaya
masyarakat Jakarta saat masa krisis ini. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menentukan
bagaimana strategi pemasaran Carrefour, Kuningan dan perilaku konsumen dan manajemen ritel.
Hasil studi menunjukkan bahwa pembelian konsumen masih bersifat selektif
pengeluaran responden konsumen di hipermarket masih di bawah pengeluaran di supermarket.
dan adanya beberapa keluhan mengenai pelayanan kualitas dan harga serta belum efektifnya
iklan Carrefour, Kuningan di media cetak sebagai salait satu stimulus proses pengambilan
keputusan konsumen.
Beberapa saran yang dapat diajukan baik untuk pihak perusahaan Carrefour (Contimas
khususnya) dan pemerintah adalah sebagai berikut:
. Saran untuk pihak perusahaan adalah perubahan strategi misal dengan aliansi
. Sedangkan saran untuk pemerintah adalah penyelesaian masalah birokrasi dan
pembuatan aturan yang lebih jelas.
Adanya kekurangan pada pelayanan, harga dan kualitas barang tertentu seperti yang dikeluhkan
konsumen dapat diperbaiki melalui pelatihan kepada karyawan, penjelasan dari pihak manajemen
dan penelitian pasar secara untuk memantau perilaku konsumen terutama persepsi sebagai faktor
kunci dalam menjaga kepuasan pelanggan.
"
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
T3836
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antoni Gelorawan
"Direct Marketing Association (DMA) menyatakan bahwa terdapat lebih dari 10.000 jenis katalog dikirimkan kepada konsumen. Konsumen dapat menerima sekitar 70 katalog dalam satu minggunya di musim liburan. Dalam penelitiannya pada awal tahun 2000, Chiger (2001) mendapati adanya peningkatan konsumen yang berbelanja melalui katalog_ Reynolds (1974) mengungkapkan bahwa konsumen yang berbelanja melalui katalog biasanya memiliki tingkat penghasilan yang Iebih tinggi dan merupakan keluarga yang memiliki anak kecil.
Kehadiran Carrefour di Indonesia pada penghujung tahun 1999, merupakan fenomena tersendiri disebabkan keberaniannya menanamkan investasi yang sangat besar dalam melakukan penetrasi di pasar retail, padahaI baru saja Indonesia mengalami krisis ekonomi yang sangat berat, Dengan 11 outlet yang dimilikinya sekarang ini, boleh dikatakan Carrefour merupakan Market Leader di bidangnya. Dalam mensukseskan tujuannya, Carrefour menerapkan strategi promosi tertentu yang salah satunya adalah penyampain katalog (direct mail) kepada calon pembeli, Dengan frekuensi 1-2 minggu sekali dan desain yang selalu dibuat menarik (misalkan dengan cover artis terkenaI), Carrefour berusaha menarik konsumen berbelanja dengan katalog ini.
Tesis ini merupakan studi terhadap usaha promosi Carrefour melalui katalog dikaitkan dengan keinginan konsumen untuk berbelanja. Empat unsur dalam katalog yaitu desain, kategori/pilihan produk, cara promosi dan harga diduga dapat mempengaruhi keinginan berbelanja konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran keempat unsur tersebut secara statistik mempengaruhi keinginan berbelanja konsumen secara signifikan . Dengan demikian, Carrefour dapat meneruskan strategi promosi yang dilakukannya sekarang ini dengan meningkatkan fungsi katalog dalam mempengaruhi keinginan berbelanja konsumen."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T11570
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sembiring, Frans Hendra Suryanta
"Peritel dalam beberapa tahun yang lalu telah menggunakan beberapa dorongan dari lingkungan makro yang telah mengubah landscape dari psalm yang mereka jalankan. Termasuk di dalamnya penyebaran departement store, berkembangnya pusat kota dan munculnya ritel dengan format yang sesuai dengan lifestyle dari konsumen dan munculnya ritel online sebagai platform bare dari ritel yang memberikan kenyamanan iersendiri bagi konsumennya. Sehingga seat ini operasionai ritel secara konvensional tidak lagi menjadi faktor utama dalam mencapai kesuksesan usaha ritel, karena scat ini aspek hiburan dari ritel lebih menjadi kunci sukses dui persaingan di bisnis ritel. Perubahan ini diakibatkan perubahan perilaku konsumen yang Iebih mencerminkan kebutuhan akan hedonic values daripada utility values dari aktifitas berbelanja yang mereka lakukan.
Fokus dari penelitian ini adalah emosi positif yang dialami saat berbelanja dan pengaruhnya pads kepuasan dan intensi berbelanja ulang. Dalam penelitian ini diuji bagaimana orientasi internal pembelanja (enduring involvement dan motif berbelanja) dan tingkat variabel eksternal (image toko) mengakibatkan kegairahan berbelanja konsumen saat di departement store serta menguji per-an variabel kegairahan berbelanja tersebut sebagai mediator orientasi internal dan eksternal terhadap kepuasan pelanggan dan intensi berbelanja ulang.
Responden yang dipilih adalah pare karyawan karena merekalah yang menjadi konsumen utama departement store di Jakarta. Tempat penelitian kami adalah PERTAMINA, ASTRA HONDA MOTOR, dan RCTL Jumlah total respondennya adalah 281 orang, dan kuesioner dibentuk berdasarkan multi skala basil penelitian sebelunmya.
Seluruh hipotesa yang menghubungkan konstruk model struktural diuji dengan LISREL versi 8.30, dan dari hasilnya diperoleh bahwa seluruh hipotesa diterima. Jadi penelitian ini memberikan dukungan pads pengetahuan bahwa kegairahan berbelanja dapat menjadi mediator bagi pembentukan kepuasan berbelanja dan keinginan berbelanja ulang pads departement store di Jakarta.

Over the years, retailers have been buffeted by a number of macro-environmental forces that have changed the landscape of the industry. These include the spread of department stores, the proliferation of suburban power centers and the lifestyle retailing formats, and the recent arrival of the Internet as an alternative retail platform offering consumers unparalleled convenience. In this environment it is no longer enough for a retailer to operate in a conventional manner by enticiting consumers with broad assortments, low pricing, and extended store hour. The entertainment aspect of retailing or "entartailing," is increasingly being recognized as a key competitive tool.
The focus of this research is on the positive emotional experience of shopping that influences on satisfaction and the intention to repatronage behavior. This research examined how a shopper's internal orientation (i.e. enduring involvement and shopping motives) and store level external variable (i.e. store images) affect the excitement of shopping at department stores. A conceptual model of excitement as a mediating variable between selected internal and external factors and shopping outcomes (i.e. satisfaction and repatronage intentions) was build and tested in the context of the Jakarta apparel department store retail industry.
Workers were chosen as respondents since they are the primary shoppers at department stores in Jakarta. Our research sites are PERTAMINA, ASTRA HONDA MOTOR, and RCTI. The total respondent are 280 workers, and the questionary develops base on multi-item scales of prior research studies.
All hypotheses in the model were tested by using LISREL v.8.30, and from the print out and path diagram were found that all hypotheses are not rejected. So this study provides an encouraging start in understanding the mediating role of shopping excitement for departement store retailing in Jakarta markets.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T20119
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tamba, Vera Susanti
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
S9285
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monica Cravenetya
"Tesis ini membahas mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen ketika memutuskan berbelanja di minimarket. Penelitian ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap exploratory research. Tahap pertama adalah pengumpulan faktor-faktor melalui open ended questionnaire kepada sejumlah kecil respondent. Kemudian variabel yang terkumpul diolah untuk penyusunan kuesioner yang disebarkan kepada responden dalam jumlah yang lebih besar. Hasil survei kemudian diolah menggunakan analisa faktor untuk mengetahui variabel-variabel yang memiliki interdependesi yang kuat. Hasil penelitian ini berupa faktor-faktor yang berperan ketika shoppers memutuskan untuk berbelanja di minimarket untuk menjelaskan fenomena kesuksesan perkembangan minimarket di Indonesia.

This thesis is analyzing factors that influence shoppers when they decide to shop in minimarket. This research was conducted in several phases. First phase is exploratory research where small number of respondents fills in the open-ended questionnaires as a tool to collecting the factors. Furtermore, all collected factores were processed into a questionnaire which then distributed to a bigger number of respondents. The survey result is analyzed using factor analysis to group variables which has a strong interdependency. The factors derived from the analysis explain the reason why people choose to shop in minimarket and describe the "booming" minimarket phenomenon in Indonesia."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T34716
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tria Septariana
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang memotivasi konsumen berbelanja di Pasaraya. Variabel-variubel ini didasari atas penelitian-penelitian sebelumnya mengenai motivasi dnlam berbelanja, nilai-nilai yang dicari dari berbelanja, dan gaya pengambilan kepulusan konsumen ketika berbelanja. Dengan memakai meiode Analisa Faktor maka akan dikelahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen berbelanja di Pasaraya.
Selanjutnya penelitian ini juga ingin mengetahui karakteristik konsumen Pasaraya yang paling potensial. Hal ini dilakukan dengan melakukan profiling konsumen-konsumen Pasaraya berdasarkan kesamaan karakteristik responden ke dalam kelompok-kelompok. Dengan memakai Analisa Cluster maka didapatkan kelompok-kelompok segmen konsumen Pasaraya, sehingga Pasaraya dapat menemukan segmen mana yang paling potensial untuk dijadikan target market. Lalu pihak manajemen Pasaraya dapat menggunakan karakteristik segmen potensial ini sebagai salah satu input untuk menyusun strategi promosi, ataupun mengetahui apakah ada kesekarasan antara strategi promosi selama ini dcngan karakteristik segmen potensial ini.
Sebagai pusat perbelanjaan yang telah berdiri cukup lama, maka penting bagi Pasaraya untuk mengetahui image Pasaraya di mata konsumennya, khususnya konsumen yang berada di segmen potensial. Berdasarkan bauran ritel dan tabulasi silang hasil Analisa Cluster maka didapatkan gambamn persepsi konsumen Pasaraya terhadap image Pasaraya. Hal ini juga dapat dijadikan input bagi Pasaraya untuk membangun atnupnn memperbuiki image Pasamya di mam konsumennyn, khususnya di mata konsumen potensialnya.
Penelitian ini merupakan replikasi dari jurnal penelitian sebelumnya yaitu bersumber dari Journal of Retailing Consumer Services yang berjudul "Profiling Consumer: A Study of Qatari Consumer's Shopping Motivation". Di mana jurnal tersebut merupakan peneltian di Qatar paula tahun 2006 yang dilakukan oleh Ahmad Jamal, Fiona Davies, Farooq Chudry dan Mohamed Al Marri.

The paper have a purpose to investigate variables of reason that motivate consumer go shopping at Pasaraya. These variables are based on past research about shopping motivations, value of shopping, and consumer decision making styles. Using analysis of factor, the paper identities factors that give influence to consumers for shopping at Pasaraya.
Furthermore the paper also wanted to investigate about the characteristic of Pasaraya`s consumers, especially for the potential consumers. The paper do the profiling of Pasaraya?s consumer based on similarity of characteristic then categorize them into groups. Using analysis of cluster, the paper result of several group of segments and Pasaraya can choose one of the most potential segment to become their target market. Then Pasaraya can use characteristic of this potential segment as an input of promotion strategic planning or by knowing if there are alignment between current promotion strategies and characteristic of potential segment.
As one of Shopping Center that have been established long time ago, it is important lbr Pasaraya to know Pasaraya?s image from their consumer`s perception, especially their potential consumers. With retail mix and crosstab cluster analysis, the paper have conclusion about the perception of Pasaraya's image. These output also can be an input for building or repairing Pasaraya's image for their consumer`s perspective, especially potential consumers.
The paper is replicate form past research paper with source of Journal of Retailing Consumer Services titled "Profiling Consumer: A Study of Qatari Consumer's Shopping Motivation". The paper has been held at Qatar in 2006 by Ahmad Jamal, Fiona Davies, Farooq Chudry and Mohamed Al Marri.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18496
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sonya Clarissa
"Salah satu cara yang perlu dilakukan oleh pelaku industri retail agar mampu bersaing dengan kompetitornya adalah dengan mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Dalam hal ini dilakukan pendekatan menggunakan integrasi prinsip Taguchi dan Logit untuk mendapatkan rekomendasi yang sistematis dilihat dari choice probability dan S/N Ratio. Penelitian ini dibatasi pada industri retail modern paling berkembang di Indoensia yakni hypermarket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pemilihan tempat berbelanja adalah harga produk, ketersediaan transportasi publik, promosi dan lokasi. Berdasarkan analisis dari choice probability dan S/N Ratio diketahui bahwa seorang konsumen akan cenderung untuk memilih suatu hypermarket dengan ciri-ciri: penawaran harga yang cenderung lebih rendah dibandingkan kompetitornya, variasi produk didominasi oleh merk internasional, tersedia transportasi publik yang sesuai, lokasi berdiri sendiri dan kesesuaian promosi kartu kredit dengan yang dimiliki konsumen.

One way that a retail industry could do to compete with their competitors is to find out why consumers select one store over another. To solve this problem, an approach is conducted using the principle of Taguchi Method and Logit to get a systematic recommendation to analyse. This study is limited in most developing modern retail in Indonesia, which is hypermarket. According to the research performed, the factors that significantly affect consumers in the selection are product prices, availability of public transport, promotion, and the location. Based choice probability and S / N Ratio analysis, it is known that a consumer would be likely to choose a hypermarket with traits : tend to offer lower prices than its competitors, product variety is dominated by international brands, availability of public transportation, stand-alone locations and the suitability of credit card promotion that owned by consumers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35614
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>