Ditemukan 53169 dokumen yang sesuai dengan query
Betrianis
"Quality Function Deployment (QFD) process quantifies customer explicit and implicit needs, relating them with engineering requirements. Value Analysis (VA) process establishes an optimal allocation of resources according to the importance level of product functions. By combined application of QF D and VA tools, here named QFDVA, it is possible to establish optimum cost values for each engineering requirement according to the customer needs. It is also possible to evaluate the cost of each product function. Furthermore, the methodology provides a tool that supports decision making in product development and enhance value of products. This study applied QFDVA in product development of wardrobe at PTI XYZ. Application of QFDVA is done by identifying every implicit and explicit needs of the customer, finding the importance level of every needs, translating the needs into engineering requirements; and determining the optimum costs allocation to fulfill every customer needs. The application of QFDVA has improved the value of the wardrobe from the aspect of customer needs fulfillment and company 's resources allocation to fulfill the needs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
JUTE-19-1-Mar2005-59
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Tania Kristiani Setiadi
"Proses Quality Function Deployment (QFD) mengkuantifikasikan kebutuhan eksplisit dan implisit dan konsumen, menghubungkan kebutuhan tersebut dengan engineering requirements. Proses Value Analysis (VA) membuat alokasi sumber daya secara optimal menurut level kepenlingan dari fungsi produk. Dengan mengkombinasikan aplikasi roofs QFD dan VA, yang dinamakan QFDVA, maka akan mungkin membuat alokasi biaya yang optimum untuk setiap engineering requirements yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. QFD VA juga memungkinkan evaluasi biaya dari setiap fungsi produk. Lebih jauh lagi, metodologi QFDVA dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pengembangan produk dan meningkatkan nilai dari produk tersebut.
Penelitian skripsi ini menerapkan QFDVA pada pengembangan produk lemari pakaian di PT. Olympic Fumiture. Penerapan QFDVA diiakukan dengan menggali setiap kebutuhan implisit dan eksplisit dari konsumen terhadap produk, mengetahui tingkat kepentingan setiap kebutuhan dan menerjemahkarmya ke dalam engineering requirements, serta menentukan alokasi biaya yang optimum untuk memenuhi setiap kebutuhan konsumen. Penerapan QFDVA ini telah meningkatkan nilai produk Iemari pakaian dari sisi pemenuhan terhadap kebutuhan konsumen dan sisi pengalokasian sumber daya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut.
Quality Function Deployment (QFD) process quantities customer explicit and implicit needs, relating them with engineering requirements. Value Analysis (VA) process establishes an optimal allocation of resources according to the importance level of product functions. By combined application of QFD and VA tools, here named QFDVA, it is possible to establish optimum cost values for each engineering requirement according to the customer needs. It is also possible to evaluate the cost of each product Function. Furthermore, the methodology provides a lool that supports decision making in product development and enhance value of products.This study applied QFDVA in product development of wardrobe at PT. Olympic Furniture. Application of QFDVA is done by identifying every implicit and explicit needs of the customer, finding the importance level of every needs, translating the needs into engineering requirements, and determining the optimum costs allocation to fullill every customer needs. The application of QFDVA has improved the value of the wardrobe from the aspect of customer needs’ fulfillment and company’s resources allocation to fulfill the needs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S50035
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Chandra Kharisma Setiawan
"Tesis ini membahas tentang kesesuaian standar/manual audit kinerja BPK dengan standar/manual audit kinerja lembaga pemeriksa (SAI) negara lain. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan bersifat deskriptif. Hasil penelitian secara umum tidak ada perbedaan yang mendasar dalam hal perbandingan standar/manual audit kinerja yang dimiliki oleh BPK dengan SAI negara lain. Hasil penelitian menyarankan bahwa BPK perlu menyusun rencana strategis audit kinerja, membuat sebuah tim khusus untuk melakukan manajemen audit kinerja, dan melakukan evaluasi atas dampak dan nilai tambah yang diberikan oleh audit kinerja yang dilakukan.
This thesis is a literature and descriptive study that discuses about the appropriateness between performance audits standard/manual used by BPK and other SAI?s. In general, there is no significant difference between performance audits standard/manual used by BPK and other SAI?s. This study recommends BPK to arrange a performance audits strategic plan, make a team to manage performance audits, and evaluate the impact and value added brought by performance audits that have been done."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T27483
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Nia Kurniasih
"Kebutuhan telekomunikasi termasuk kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia, salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan jasa telekomunikasi adalah inovasi teknologi yang dapat mencakup seluruh wilayah Indonesia sampai ke pelosok area, bukan hanya telekomunikasi di darat bahkan saat berada ditengah laut sekalipun. Adanya kerjasama Perusahaan Telekomunikasi Selular untuk mendukung ketersediaan telemetri, yang kemudian memiliki manfaat besar yaitu tersedianya jaringan telepon selular bagi para penumpang diatas kapal, dan untuk terus berinovasi serta memberikan yang terbaik kepada konsumen, pihak penyedia layanan harus terus memperbaiki kualitas.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode SERVQUAL agar dapat diukur kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan dengan menganalisa kesenjangan (gap) yang terjadi akibat ketidaksesuaian antara harapan dan persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diterima. Pada penelitian ini keinginan dan harapan konsumen diterjemahkan kedalam House of Quality pada Quality Function Deployment. Hasil penelitian diusulkan menggunakan nilai strategi perusahaan untuk mendapatkan prioritas perbaikan atribut pelayanan sesuai dengan kemampuan perusahaan.
The need for telecommunications, including the category of primary need for the people of Indonesia, one of the important aspects that need to be considered by the telecommunications company is a technological innovation that can cover all of Indonesia to outlying places, not only telecommunications on land even when in the middle of the ocean though. With Cellular Telecommunications Company cooperation to support the availAbility of telemetry, then develop into the greatest benefit is the availAbility of the Mobile phone network for the passengers on board, to continue to innovate and deliver the best to customers, the service providers must continue to improve quality.Research conducted using the SERVQUAL method to used to measure the quality of service based on the five dimensions of service quality by analyzing gaps that occurs due to a mismatch between customer expectations and perceptions of the quality of service received. In this study wants and expectations of consumers translated into House of Quality in Quality Function Deployment. Results of research propose using strategy value to get priority repairs according to the company’s ability."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44208
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Faradhiba Banat
"Penelitian ini mengeksplorasi pendekatan terpadu dalam pengembangan produk delivery bed dengan mengintegrasikan teknik Quality Function Deployment (QFD) dan Model Kano. QFD digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan esensial pelanggan sehubungan dengan penggunaan delivery bed, sedangkan Model Kano digunakan untuk mengklasifikasikan atribut produk ke dalam kategori kepuasan pelanggan. Metodologi penelitian melibatkan langkah-langkah sistematis, termasuk identifikasi kebutuhan pelanggan, klasifikasi atribut produk, hubungan kebutuhan pelanggan dengan spesifikasi teknis, serta prioritisasi fitur dan spesifikasinya untuk membantu perusahaan atau lembaga kesehatan dalam merancang produk yang tidak hanya memenuhi harapan pelanggan tetapi juga efektif dalam meningkatkan kualitas dan nilai produk delivery bed. Pendekatan melalui kedua metode ini menunjukkan bahwa atribut kenyamanan, keamanan, aksesibilitas, dan higienitas delivery bed berada pada klasifikasi Must be (M) yang berarti produk yang dirancang harus memenuhi semua atributnya sebagai syarat kepuasan pelanggan, sedangkan hasil pendekatan matriks House Of Quality (HOQ) dapat dijadikan acuan menentukan prioritas spesifikasi teknis. Berdasarkan hasil analisis 20 spesifikasi teknis, terdapat 5 hal yang paling penting dan berpengaruh untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu backrest, leg support, mekanisme Hi-Lo, pushing bar, dan kekuatan rangka.
This research explores an integrated approach to developing a delivery bed product by integrating Quality Function Deployment (QFD) and Kano Model techniques. QFD is used to identify essential customer needs regarding the use of delivery beds, while the Kano Model is used to classify product attributes into customer satisfaction categories. The research methodology involves systematic steps, including customer needs identification, product attribute classification, the relationship between customer needs and technical specifications, as well as feature prioritization and their specifications to assist healthcare companies or institutions in designing products that not only meet customer expectations but also effectively improve the quality and value of delivery bed products. The approach through both methods shows that the attributes of comfort, safety, accessibility, and hygiene of delivery beds are in the Must be (M) classification, which means that the designed product must meet all its attributes as a condition of customer satisfaction, while the results of the House Of Quality (HOQ) matrix approach can be used as a reference to determine the priority of technical specifications. Based on the results of analyzing 20 technical specifications, there are 5 things that are the most important and influential in increasing customer satisfaction, namely backrest, leg support, Hi-Lo mechanism, pushing bar, and frame strength."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gobel, Rahmat Ihsan
"Penelitian ini mengaplikasikan metode Quality Function Deployment dan Analytical Hierarchy Process pada produk air conditioner tipe YC-CS9NKJ yang diproduksi oleh Panasonic Indonesia. Tujuan utama dari penelitian dalam skripsi ini adalah mengidentifikasi kebutuhan dan prioritas konsumen terhadap produk air conditioner secara umum untuk dijadikan sebagai dasar dalam menentukan prioritas pengembangan dari setiap atribut teknis produk tersebut, sehingga dapat menghasilkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan prioritas konsumen air conditioner secara tepat.
Penelitian secara garis besar menjelaskan penerapan metode Quality Function Deployment dalam mengidentifikasi atribut kebutuhan yang ada untuk kemudian prioritasnya akan ditentukan melalui metode Analytical Hierarchy Process. Hasil yang diperoleh, lebih lanjut akan diolah dengan matriks House of Quality untuk dihubungkan dengan setiap atribut teknis yang ingin dikembangkan dari produk.
Dari berbagai data yang diperoleh sebagai input dalam pengolahan data penelitian, didapatkan hasil penelitian bahwa pengembangan pada atribut kinerja dan fitur penekan konsumsi daya listrik dari penggunaan produk menjadi pengembangan yang memiliki prioritas paling tinggi untuk dilakukan agar dapat memenuhi prioritas kebutuhan konsumen. Penelitian ini juga berhasil mengidentifikasi berbagai atribut kebutuhan konsumen lainnya beserta prioritasnya terhadap produk air conditioner secara umum yang juga dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam pengembangan produk. Lebih jauh, penelitian ini juga memberikan implikasi manajerial serta saran bagi perusahaan dan penelitian selanjutnya.
This study is implementing the methods of Quality Function Deployment and Analytical Hierarchy Process on air conditioner product type CS-YC9NK which is produced by Panasonic Indonesia. The main objective of the research in this study is to identify the customer requirements and priorities on air conditioner product in general which is going to become the foundation of determining the development priority on every technical attribute of the product, therefore it will able to deliver a product which satisfies customer requirement and priorities on air conditioning precisely. Generaly the research is describing the implementation of Quality Function Deployment method in identifying the available requirement attribute, which the priorities is going to b determined by the Analytical Hierachy Process method. After ward, the result will be calculated inside the House of Quality matrix to be connected to each technical attributes which is subjected to product development. From various data which are obtained as input during research and data calculation, can be concluded that development on performance and features to reduce electrical power consumption during product utilization become the highest priority to be performed in order to satisfy the customer requirement priorities. This research also successfully intended various of other customer requirement attributes, together with priorities on air conditioner product in general which may also be utilized for product development considerations. Furthermore, this research has provided managerial implications and recommendations for company and for further research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60663
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Silo, Judica Theoniti Freira
"Banyaknya merek air minum dalam kemasan (AMDK) membuat market share AQUA, sebagai pelopor AMDK di Indonesia, mengalami penurunan. Salah satu penyebab penurunan ini adalah kualitas yang menurun dan kalah bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan startegi untuk kembali meningkatkan kualitas agar nantinya AQUA dapat kembali mengembalikan market share-nya. Penelitian akan menggunakan 8 Dimensi Kualitas serta metode Importance Performance Analysis, dan Quality Function Deployment. Delapan dimensi kualitas nantinya akan diturunkan menjadi atribut-atribut kualitas yang dinilai tingkat ekspektasi dan persepsinya oleh konsumen. Setelahnya hasil kuisioner yang telah dinilai konsumen akan dipetakan melalui Importance Performance Analysis untuk melihat atribut mana saja yang perlu menjadi fokusan untuk ditingkatkan. Atribut yang menjadi fokusan akan dimasukkan ke dalam QFD Fase 1 untuk dijawab melalui Technical Requirements, begitu seterusnya hingga didapatkan Production Operations Planning pada QFD Fase 4 untuk dikembangkan menjadi startegi. Hasilnya, terdapat 5 atribut kualitas yang masuk ke dalam kuadran "Concentrate Here" dan perlu menjadi fokusan untuk dilakukan peningkatan. Ke-5 atribut tersebut kemudian dijawab oleh 6 roduction Operations Planning yang didapatkan dan dikembangkan menjadi strategi yang bertujuan untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas AQUA.
The increasing number of bottled drinking water brands has led to a decline in AQUA's market share. This decline is attributed to a perceived drop in quality, making it less competitive compared to its rivals. This study aims to develop strategies to enhance quality, enabling AQUA to regain its market share. The research employs the 8 Dimensions of Quality, along with the Importance Performance Analysis and Quality Function Deployment methods. These eight dimensions are translated into quality attributes, which are assessed based on consumer expectations and perceptions. The results of the consumer evaluations are mapped using Importance Performance Analysis to identify the attributes that require the most attention and improvement. These prioritized attributes are then incorporated into QFD Phase 1, where they are addressed through Technical Requirements, progressing through subsequent phases until Production Operations Planning is developed in QFD Phase 4 and refined into actionable strategies. The findings reveal five quality attributes positioned in the "Concentrate Here" quadrant, highlighting the areas that require immediate improvement. These five attributes are addressed through six Production Operations Planning initiatives, which are then developed into strategies aimed at sustaining and enhancing AQUA's quality. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Y. Wahyu Suryawidayat
"Penelitian dilakukan dalam rangka pengembangan komponen Cylinder Head, yaitu sebuah komponen mesin sepeda motor yang diproduksi oleh PT. A. Pengembangan produk penting dalam pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap penggunaan komponen tersebut untuk aplikasi Racing (balap). Dalam hal ini, konsumen adalah delapan Team Partner PT. A yang mengikuti kejuaraan balap sepeda motor Indoprix. Metode Quality Function Deployment digunakan untuk mempertemukan apa yang sebenarnya konsumen inginkan dan apa yang dapat PT. A mampu perbuat. Beberapa tools dalam Value Analysis, semisal Mudge Diagram, Matrik Sumber Daya, dan Matrik Perbandingan Persentase fungsi dan biaya digunakan untuk membantu analisa data. Hasil akhir dari penelitian ini adalah usulan spesifikasi komponen Cylinder Head yang dapat dibuat inplant PT.A dengan mempertimbangkan seberapa besar biaya yang dikeluarkan dengan seberapa penting kebutuhan tersebut harus diwujudkan.
This Research is based on product development of Cylinder Head, an engine of motor cycle component, that PT.A produce. The product development is critically important to fulfill costumer needs to apllicate this component in motorcycle racing event. In this case, customer is eight Partner Teams what PT. A sponsored that follow Indoprix motorcycle race event. Quality Function Deployment method is used to connect what customer really need, with what PT. A can do to fulfill. Some tools of Value Analysis, like Mudge Diagram, Matrix of Resources, and Comparison Matrix is very usefull to help data analizing. The final result is specification suggestion of Cylinder Head, so that PT. A can produce in plant. PT. A will know how much the cost to produce, and how important the customer needs must be applicated."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1731
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Pawenary
"Kegagalan produk adalah kondisi dari suatu produk yang tidak sesuai dengan maksud atau tujuan yang diinginkan. Pengendalian kegagalan produk ini adalah suatu sistem verifikasi dan penjagaan / perawatan dari suatu tingkatan kualitas produk atau proses yang dikehendaki dengan cara perencanaan yang seksama, pemakaian peralatan yang sesuai, inspeksi yang terus menerus, serta tindakan korektif dan inovatif apabila diperlukan. Perancangan dan redesign untuk perbaikan alat bantu ini akan menggunakan empat metode yaitu; focus group discussion, quality function development, design of manufacture dan cost and benefit analysis. Adapun keuntungan dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan output dan dapat meningkatkan profit margin perusahaan.
Product failure is the condition of a product that does not desired with our purpose or goal. Failure control of this product is a system for verification and custody / level maintenance of quality desired product or process by careful planning, use of appropriate equipment, continuous inspection, as well as corrective and innovative actions. Four methods will be use for designing and redesigning to improve the tool: focus group discussions, quality function development, manufacture and design of cost and benefit analysis. The advantage of this research is to increase output and improve our profit margins."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T28808
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library